PENGERTIAN ORGANISASI: Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Ciri

Tentunya Anda sudah sering mendengar kata organisasi, bukan? Lalu apa sebenarnya definisi atau pengertian organisasi tersebut? Pada umumnya, organisasi merupakan sebuah wadah berkumpulnya orang atau kelompok yang saling bekerjasama secara sistematis dan terencana demi mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam sebuah organisasi, tentu ada sumber daya yang mengelolanya. Pengelolaan inipun dilakukan agar tujuannya tercapai.

Pengertian organisasi adalah

Banyak sekali definisi yang mengartikan organisasi ini. bahkan dalam beberapa ilmu sosial baik ilmu politik, ekonomi, manajemen, hingga psikologi bahkan sosial, banyak para ahli yang melakukan peresetan mengenai organisasi ini. Meskipun memiliki perspektif yang beragam, namun secara umum organisasi ini selalu diartikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang punya tujuan.

Ditinjau dari berbagai bidang yang melatarbelakanginya, organisasi ini punya pengertian yang beragam. Seperti pengertian organisasi dalam dunia bisnis, yang mana pengertiannya adalah sekelompok orang yang saling berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan khususnya untuk tujuan komersil. Dalam penerapannya pun terdapat struktur-struktur yang jelas serta punya sistem hingga budaya kerjanya masing-masing.

Berbeda juga dengan pengertian organisasi politik, di mana artinya merupakan kelompok orang yang mempunyai kepentingan atau terlibat dalam proses politik itu sendiri yang berkaitan langsung dengan kenegaraan, pemerintahan, dan sebagainya untuk bisa menentukan bagaimana nasib sebuah bangsa sebagai tugas yang diembannya.

Pengertian lain menjelaskan pula dalam bidang organisasi sosial, di mana pengertian organisasi sosial ini merupakan sebuah perkumpulan sosial yang sengaja dibentuk oleh masyarakat, baik yang sudah berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, yang mana perkumpulan ini pun berfungsi untuk jadi sarana partisipasi dan aspirasi masyarakat untuk membangun bangsa serta negara.

Selain beberapa bidang tersebut, keilmuan psikologi pun sama halnya membahas perihal organisasi ini. Di mana pada kajian Psikologi, akan dibahas bagaimana perilaku orang-orang atau grup yang tergabung dalam sebuah organisasi tersebut. Pembahasan ini pun ditinjau dari berbagai macam teori-teori hingga kaidah yang menyertainya.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli


Selain beberapa pengertian organisasi ditinjau bagaimana dan bidang apa yang menyertainya, beberapa tokoh ahli pun membuat pengertian khusus mengenai organisasi. Adapun beberapa pengertian organisasi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh berikut ini baik tokoh di Indonesia maupun dunia internasional.

1. James D Mooney


James D Mooney

Menurut James D Mooney, organisasi diartikan sebagai bentuk perserikatan dari beberapa manusia yang dibentuk guna mencapai tujuan bersama.

2. Stephen P Robbinss


Bagi Stephen P Robbins, organisasi merupakan kesatuan sosial yang mana dikoordinasikan dengan sadar juga dengan batasan relatif yang dapat diidentifikasikan, yang bekerja dengan rasionalitas secara kontinyu untuk meraih tujuan bersama dari kesatuan tersebut.

3. Stoner


Menurut salah satu tokoh ahli bernama Stoner, pengertian organisasi adalah pola yang dibuat dari berbagai hubungan dari tiap individu di bawah pengarahan seorang pemimpin atau atasan untuk mengejar tujuan yang diberlakukan oleh kumpulannya.

4. Richard Scott


Sedangkan menurut Richard Scott, organisasi didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan secara kolektif dengan sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan khusus yang didasari pada asas kelangsungan.

5. Max Weber


Tentunya Anda sudah tidak asing dengan Max Weber, sebagai salah satu tokoh terkemuka, Max Weber pun membuat pengertian organisasi. Dalam pengertiannya, Max Weber mengungkapkan bahwa organisasi ini merupakan sebuah kerangka hubungan yang mempunyai struktur di mana terdapat wewenang, tanggung jawab serta pembagian kerja yang dilakukan untuk mengelola dan menjalankan sebuah fungsi dan tujuan tertentu.

6. Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani


Di Indonesia sendiri, Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani mengungkapkan bahwa organisasi adalah suatu sistem sosial yang mempunyai prosedur, identitas kolektif secara tegas, hingga mempunyai program-program kegiatan yang jelas dan punya daftar anggota secara terperinci dan terstruktur.

7. Drs. H. Malayu S.P, Hasibuan


Sebagai salah satu tokoh akademisi terkemuka, Malayu dan Hasibuan pun membuat pernyataan bahwasannya organisasi merupakan proses pengelompokkan, penentuan, dan pengaturan berbagai macam aktivitas yang diperlukan guna mencapai tujuan dari sebuah organisasi tersebut.

8. Chester I Bernard


Menurut Chester, organisasi diartikan sebagai sistem aktivitas kerja sama yang mana dilakukan oleh orang-orang dengan jumlah sekitar 2 orang atau lebih.

9. Thompson


Bagi Thompson, pengertian organisasi dikatakan sebagai suatu integrasi dari setiap individu yang rasional serta impersonal atau pun adil di mana semuanya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

10. Sehein


Sehein mengungkapkan bahwa organisasi merupakan sebuah koordinasi secara rasional dalam membentuk sebuah kegiatan untuk meraih suatu tujuan melalui pembagian pekerjaan serta fungsinya atas hierarki otoritas atau kebijakan yang dilakukan oleh pemimpin yang juga punya tanggung jawab Menurut Sehein, organisasi pun punya sebuah karakteristik yang mana terdiri dari; tujuan organisasi, saling berhubungan dan bekerja sama guna mengkoordinasikan aktivitas, dan punya struktur yang jelas.

11. J.R. Schermehorn


Menurutnya, organisasi merupakan sekumpulan orang yang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi.

12. Kochler


Kochler pun berpendapat bahwa pengertian organisasi ini merupakan sistem hubungan yang mempunyai struktur untuk mengkoordinasikan usaha dari sebuah kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

13. Philip Selznick


Organisasi merupakan sebuah peraturan personal yang bisa digunakan untuk mempermudah pencapaian sebuah tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan melalui pemindahan fungsi dan juga tanggung jawab.

14. Prof. Dr. Sondang P. Siagian


Bagi salah satu tokoh terkemuka ini berpendapat bahwa organisasi adalah bentuk persekutuan antara 2 atau lebih orang yang mana mereka saling melakukan kerjasama dan juga masih terikat secara resmi untuk mencapai tujuan.

15. Paul Preston dan Thomas Zimmerer


Organisasi adalah sekumpulan dari individu atau orang-orang yang disusun ke dalam suatu kelompok di mana mereka saling bekerjasama antar masing-masingnya untuk mencapai sebuah tujuan.

Adapun pengertian organisasi yang dikutip dari Kamus U Bahasa Indonesia baik umum, khusus, maupun modern yang kembali diungkapkan oleh beberapa ahli, seperti:

Kamus Umum Bahasa Indonesia , W.J.S Poerwadarminta


Organisasi merupakan susunan dan juga aturan dari sebuah bagian-bagian yang nantinya membentuk suatu kesatuan yang tertib dan teratur.

Kamus Modern Bahasa Indonesia, M. Dahlan Al Barry


Organisasi adalah sebuah penyusunan serta pengaturan dari berbagai bagian yang menjadi sebuah kesatuan, susunan, dan juga aturan dari bagian-bagian tersebut yang kemudian menjadi kesatuan yang teratur sehingga gabungan tersebut mampu menjalin kerjasama untuk meraih tujuan tertentu.

TUJUAN ORGANISASI


Ilustrasi tujuan organisasi
Setelah membahas berbagai macam pengertian organisasi, tentunya Anda sering mendapatkan pernyataan bahwasannya organisasi ditujukan untuk mencapai tujuan bersama dari organisasi tersebut. Lantas, sebenarnya apakah tujuan dari organisasi tersebut? Adapun beberapa tujuan dari organisasi yaitu sebagai berikut ini.

Tujuan Umum


Secara umum, sebuah organisasi mempunyai beberapa tujuan yang mana bertujuan untuk menjadi wadah untuk mencapai keinginan kelompok lebih efektif sebab dilakukan secara bersama-sama. Organisasi juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas, sumberdaya, hingga kemandirian yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Tak hanya itu, sebuah organisasi pun tentu dijadikan sebagai tempat mencari pembelajaran dan pekerjaan bagi orang-orang yang ingin memiliki keuntungan, jabatan, ilmu, relasi, hingga penghargaan yang bisa membantu dan mengelola lingkungan agar lebih terstruktur dan bisa memanfaatkan waktu luangnya dengan baik.

Tujuan Organisasi untuk Jangka Pendek


Selain tujuan secara umum, organisasi pun bisa saja mempunyai tujuan yang berdasarkan jangka waktunya. Untuk tujuan jangka pendek, bisa dilihat dari bagaimana acuan oleh suatu organisasi yang ditetapkan dalam kurun waktu kira-kira per enam bulan atau per tahun. Misalnya saja sebuah organisasi bisnis yang ingin mencapai tujuan profit hingga 100 juta per enam bulan, maka masing-masing individu saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut dengan melakukan pengelolaan besar-besaran.

Tujuan Organisasi Jangka Panjang


Tak hanya untuk jangka pendek, dalam jangka panjang pun sebuah organisasi tentunya menentukan tujuan yang beragam juga. sama seperti tujuan organisasi jangka pendek, hanya saja mempunyai perbedaan dari rentang waktu yang ditentukan. Biasanya berjangka waktu sekitar 3 , 5 atau 10 tahun. Dalam penerapan tujuan ini, biasanya disebut juga sebagai pencapaian tujuan secara strategis.

Tujuan Menurut Organisasinya


Seperti yang diketahui, bahwa organisasi pun mempunyai jenisnya tersendiri sesuai dengan apa yang melatarbelakanginya. Begitu pun dengan penentuan dari tujuan itu sendiri yang bisa disandarkan pada jenis organisasinya. Misalnya organisasi dunia bisnis, tentu tujuannya adalah untuk mencari keuntungan atau profit, sehingga anggotanya melakukan kerjasama untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Begitu halnya dengan organisasi politik, dari pengertian organisasi saja sudah jelas berhubungan dengan hal politik, pemerintahan, kesejahteraan bangsa, hingga jabatan. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa tujuannya pun berupa keinginan untuk memperoleh jabatan di dunia pemerintahan, menang dalam kompetisi politik seperti partai politik, hingga tujuan untuk membantu peningkatan kesejahteraan bangsa dan masyarakat di suatu daerah kelolanya.

CIRI DAN KARAKTERISTIK ORGANISASI


Ilustrasi ciri dan karakteristik organisasi
Pada dasarnya, organisasi mempunyai sebuah ciri-ciri atau karakteristik yang menyertainya. Beberapa ciri-ciri tersebut adalah sebagaimana berikut ini:

1. Terdiri dari 2 Orang atauLebih


Agar bisa dikatakan sebagai suatu organisasi, maka setidaknya kumpulan tersebut harus mempunyai anggota 2 orang atau lebih. Tak heran, setiap organisasinya pastinya mempunyai jumlah anggota yang banyak sebab merupakan ciri dari organisasi.

2. Punya Tujuan


Dari pengertian organisasi, sudah diketahui bahwa organisasi mempunyai tujuan. Dengan begitu, salah satu ciri yang mencerminkan kehadiran dari organisasi adalah mempunyai tujuan yang jelas dalam pengaplikasiannya. Untuk itu, setiap anggota dari sebuah organisasi tentunya akan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

3. Punya Aturan Jelas


Dalam mencapai setiap tujuannya dan agar tercipta sebuah kerukunan serta keteraturan, maka setiap organisasi mempunyai ciri adanya peraturan jelas yang mengiringi kehadiran dari sebuah organisasi. Dengan begitu, setiap anggota, pekerjaan anggota, hingga program dan kegiatannya yang dilakukan, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan ini pun dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan atau manajemen dari sebuah organisasi. Apalagi organisasi ini terdiri dari jumlah yang tidak sedikit, sehingga perlu aturan-aturan yang berguna untuk menciptakan ketertiban..

4. Menjalin Kerjasama


Ciri lain dari sebuah organisasi adalah seperti pada pengertian organisasi yang mana setiap anggota atau individu yang tergabung dalam sebuah perkumpulan, maka mereka saling bekerjasama untuk mencapai tujuan. Jika dalam sebuah perkumpulan tidak adanya jalinan kerjasama, maka bisa jadi perkumpulan tersebut bukanlah sepenuhnya organisasi yang sebenarnya atau hanya perkumpulan semata tanpa tujuan.

5. Ada Hak dan Tanggung Jawab


Dalam sebuah organisasi tentunya mempunyai aturan-aturan tertentu. Dengan begitu, setiap anggotanya pun mempunyai hak dan tanggung jawabnya masing-masing. Itulah juga yang menjadikan ciri dari sebuah organisasi.

UNSUR DALAM ORGANISASI


Setiap organisasi tentunya ingin berjalan baik sesuai dengan tujuannya. Itulah mengapa, dalam setiap organisasi setidaknya harus memenuhi beberapa unsur berikut ini:

Anggota


Unsur terpenting yang harus ada dalam sebuah organisasi adalah anggota. Anggota ini terdiri dari orang-orang atau individu yang masing-masingnya mempunyai tugas dan fungsi yang telah ditentukan.

Kerjasama


Selain anggota, tentu sebuah organisasi pun tidak boleh melupakan unsur yang tidak kalah penting yaitu jalinan kerjasama. Tanpa adanya kerjasama, maka organisasi pun tidak mungkin terjalin dengan baik untuk mencapai tujuannya.

Tujuan


Selain kerjasama yang dilakukan oleh anggota, maka anggota dari organisasi pun harus punya tujuan yang jelas. Tujuan ini merupakan sasaran yang tepat dan harus dicapai oleh sebuah organisasi baik dari sisi programnya, hasilnya, hingga pola pelaksanaan.

Sumber Daya dan Lingkungan


Anggota memang sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, namun sebuah organisasi pun harus mempunyai sumber daya yang bisa menunjang keberhasilan dari sebuah organisasi. Sumber daya ini pun bisa didasarkan pada pembekalan beberapa peralatan yang diperlukan seperti fasilitas, sarana dan prasarana hingga tempat atau ruang untuk perkumpulan sebuah organisasi.

Selain itu, sebuah organisasi pun harus mempunyai lingkungan yang mendukung. Dari mulai lingkungan kerja yang disandarkan pada kebijakan-kebijakan yang diberlakukan, hingga keadaan ekonomi dan sosial budaya.

FUNGSI DAN MANFAAT ORGANISASI


Setelah membahas perihal pengertian organisasi dan tujuan dari organisasi, maka pembahasan selanjutnya adalah mengenai fungsi dari organisasi. Pada dasarnya, fungsi dari sebuah organisasi adalah untuk menjembatani individu yang mempunyai tujuan yang sama hingga bisa dikolaborasikan dengan individu lainnya.

Selain itu, sebuah organisasi pun mempunyai sebuah manfaat sebagaimana berikut ini:
  1. Dengan kehadiran organisasi, bisa menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin mencapai sebuah tujuan tertentu.
  2. Melatih mental individu sehingga lebih kuat dan lebih baik
  3. Membantu dalam memecahkan masalah lebih mudah karena bisa dilakukan secara bersama-sama
  4. Dapat melatih jiwa kepemimpinan seseorang agar bisa menjadi pemimpin yang tepat
  5. Memperluas jaringan dan relasi sehingga mudah dalam mengakses kebutuhan
  6. Bisa menambah wawasan dan informasi karena bertemu banyak orang dan pengalaman
  7. Dapat membantu pembentukan kepribadian juga karakter sehingga bisa menjadi ajang pembelajaran yang luas bagi para anggotanya.

STRUKTUR ORGANISASI


Dari beberapa penjelasan diatas, tentu diperoleh suatu kesimpulan bahwasannya kehadiran organisasi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah biasanya organisasi ini terbentuk bersamaan dengan sebuah struktur organisasi yang menyertainya. Struktur tersebut bisa dimulai dari ketua organisasi yang berperan sebagai pemimpin dan mengkoordinasi jalannya organisasi dibantu dengan wakilnya, dilanjutkan juga oleh sekretaris yang bertugas mengurus urusan pendataan, bendahara untuk masalah keuangan, disusul oleh para anggota yang terbagi lagi ke dalam berbagai macam divisi.

Dengan pemahaman ini, Anda bisa lebih mengenal bagaimana sebenarnya pengertian organisasi yang sifatnya relatif dan tergantung bagaimana individu menghadapinya. Untuk itu, sudahkah Anda ikut dalam organisasi dan merasakan segala macam pengalamannya?