PENGERTIAN GLOBALISASI: Menurut Para Ahli dan Umum

Anda pasti sudah sangat sering mendengar tentang kata globalisasi bukan? Tahukah Anda mengenai pengertian globalisasi yang sesungguhnya? Dengan adanya globalisasi ini membuat seluruh dunia seolah berada di atap yang sama dan tanpa batas, hal ini juga berkaitan dengan perkembangan teknologi yang mendorong adanya globalisasi bisa terjadi.

Bagi sebagian orang menganggap bahwa adanya globalisasi sangat menguntungkan namun di satu sisi lainnya juga dipandang merugikan sehingga dengan demikian mengenai globalisasi ini sebaiknya disikapi dengan sewajarnya agar bisa seimbang serta tidak begitu merugikan.

Pengertian Globalisasi

Agar Anda bisa mengetahui dengan lebih jelas mengenai globalisasi dan menyikapinya dengan lebih bijak berikut ini ada beberapa pembahasan terkait pengertian globalisasi dan hal yang terkait dengannya.

Pengertian Globalisasi Dari Segi Bahasa


Untuk mengetahui mengenai pengertian globalisasi dengan lebih mendalam maka Anda harus tahu tentang pengertian globalisasi dari segi bahasa. Globalisasi berasal dari kata global dan ization dalam bahasa Inggris. Global berarti dunia dan ization berarti proses. Melihat dari penguraian katanya, maka pengertian globalisasi dari segi bahasa berarti proses yang mendunia.

Jika ditelaah lagi maka Anda bisa mendapatkan arti kata tersebut adalah mengenai sebuah proses yang menyebarkan suatu hal kepada dunia sehingga dengan demikian hal tersebut bisa menjadi lebih dikenal oleh dunia, hal yang disebarkan itu berupa informasi, budaya, teknologi, gaya hidup dan berbagai hal lainnya. Salah satu pendorong terbesar terjadinya proses yang mendunia ini adalah kecanggihan internet dan teknologi yang membuat penyebaran ini menjadi lebih cepat serta mudah dilakukan.

Pengertian globalisasi Secara Umum


Setelah menelaah mengenai pengertian globalisasi dari segi bahasa, Anda juga perlu tahu mengenai pengertian globalisasi secara umum. Pengertian globalisasi yang diakui secara umum adalah proses yang menyeluruh yang membuat setiap orang yang terkait didalamnya tidak terbatasi dengan waktu dan tempat dimana ia berada, sehingga dengan demikian segala informasi bisa diakses dengan mudah.

Dengan adanya globalisasi ini maka seolah-olah dunia ini terasa kecil karena dalam sekejap saja Anda bisa mengetahui segala hal yang terjadi di belahan dunia lain. Anda pun bisa bebas bepergian dari satu Negara ke Negara lainnya dalam waktu tempuh hitungan jam saja dengan adanya kecanggihan teknologi dari pesawat terbang sebagai kendaraan tercepat saat ini.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


Selain dari pengertian globalisasi yang sudah dibahas sebelumnya, ada juga pengertian globalisasi menurut ahli. Para ahli ini menyumbangkan pemikirannya mengenai globalisasi untuk semakin memperluas pengertian globalisasi.

Dengan adanya pengertian globalisasi secara luas ini bisa membuat kita menjadi lebih memahami pengertian globalisasi modern ini menjadi lebih baik dan menyikapinya dengan bijak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa globalisasi ini bisa memberikan dampak yang baik dan buruk, maka dari itu masing-masing dari kita yang terkena dampak globalisasi harus bisa menyaring efek dari globalisasi agar tidak mendapatkan hal buruk darinya.

Banyak yang takut bahwa adanya globalisasi ini menyebabkan para generasi muda lupa akan jati diri bangsanya, maka dari itulah perlu adanya keseimbangan antara masuknya informasi dari luar budaya sendiri dan dari dalam budaya sendiri.

Dengan demikian generasi muda bisa bertambah maju dan mengambil hal-hal baik dari budaya luar tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai anak bangsa Indonesia. Tentunya banyak hal baik yang bisa kita tiru dari budaya lain untuk membuat diri kita lebih baik namun untuk hal-hal yang membawa pengaruh buruk tentu harus dihindari.

Menurut Achmad Suparman


Achmad Suparman memberikan pendapatnya mengenai globalisasi yang menurutnya adalah sebuah proses dalam menjadikan sebuah perilaku ataupun sebuah benda menjadi ciri khas dari suatu masyarakat tanpa membedakan tempat dimana masyarakat itu berada.

Sehingga dengan demikian pengertian globalisasi menurut ahli ini memberikan kita pemahaman dimana masyarakat secara keseluruhan menjadi mendapatkan sebuah perilaku yang serupa dalam suatu hal akibat adanya globalisasi yang terjadi.

Dari pengertian ini sebenarnya kita bisa menarik kesimpulan adanya masyarakat yang seragam dalam satu hal tertentu, ini tentunya baik dari segi perdamaian dunia sehingga seluruh masyarakat menjadi satu ide namun jika itu menghilangkan jati diri bangsanya maka tentunya harus berusaha dikurangi.

Menurut Scholte


Ada juga pengertian globalisasi menurut Scholte yang sepertinya lebih melihat pengertian globalisasi secara positif. Scholte mengatakan bahwa globalisasi adalah perkembangan hubungan antar bangsa atau hubungan internasional yang membuat setiap Negara mulai memiliki keterikatan antara satu sama lain namun tetap memperhatikan identitas budaya bangsanya masing-masing.

Pengertian globalisasi yang satu ini sepertinya memang merupakan pengertian globalisasi secara positif, seperti inilah memang seharusnya globalisasi itu. Karena tentunya agar pikiran kita lebih terbuka dan bisa menjadi pribadi yang lebih maju, ada banyak hal di dunia ini yang perlu kita ketahui namun tentunya tidak boleh meninggalkan budaya sendiri.

Menurut Malcom Waters


Malcom Waters menyumbangkan mengenai pengertian globalisasi yang menurutnya adalah sebuah proses sosial dimana masyarakat tidak mementingkan lagi masalah batas geografis dalam bidang sosial budaya yang ada secara sadar. Semuanya terasa dekat dan mudah karena tidak ada lagi hal yang sulit digapai.

Dahulu rasanya bertransmigrasi dari satu pulau ke pulau lain membuat Anda merasa sedih karena terasa jauh dari kampung halaman dan keluarga, namun kini bahkan jika Anda bepergian ke Negara lain yang jaraknya jauh dari Negara asal Anda pun tidak terasa jauh lagi.

Dengan pesawat Anda bisa pulang dalam waktu yang cepat, dengan internet Anda pun bisa langsung bertatap muka dengan sanak saudara di kampung halaman menggunakan aplikasi komunikasi yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video. Bisa dilihat bahwa pengertian globalisasi menurut ahli yang satu ini mencakup pengertian globalisasi dari segi teknologi.

Menurut Princenton N. Lyman


Satu lagi pengertian globalisasi menurut ahli yang diutarakan oleh Princeton N. Lyman adalah proses yang berkembang sangat cepat serta meliputi hubungan saling ketergantungan antara Negara-negara dalam bidang perdagangan dan keuangan. Princenton N. Lyman dalam hal ini menggarisbawahi pengertian globalisasi dari segi ekonomi global yang membuat Negara-negara saling tergantung satu sama lain.

Sebagai contoh, adanya Negara yang bergantung dari ekspor beras dari Negara tetangganya untuk mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat dalam negeri. Tentunya wilayah geografis suatu Negara tidak sama keadaannya dengan demikian mempengaruhi alamnya dan tidak semua komoditas bisa didapatkan dengan mudah di dalam negeri sendiri.

Namun tentunya globalisasi sendiri tidak hanya berpengaruh pada hal perdagangan dan keuangan dunia saja, namun mencakup hampir semua aspek kehidupan. Sehingga dengan demikian pengertian globalisasi menurut Princenton N. Lyman ini merupakan pengertian globalisasi secara sempit. Pengertian globalisasi secara luas akan melingkupi aspek kehidupan lain seperti budaya, seni bahkan hingga ke aspek pemerintahan dari suatu Negara.

Ciri Khas Terjadinya Globalisasi


Ilustrasi ciri terjadinya globalisasi

Setelah menelaah tentang pengertian globalisasi maka tentunya Anda sedikit banyak sudah bisa memahami dengan jelas apa itu pengertian globalisasi. Kini saatnya mengenali lebih dalam mengenai pengertian globalisasi berdasarkan ciri terjadinya.

Tak Ada Batas Ruang Dan Waktu


Ciri khas yang paling mencolok dari terjadinya globalisasi adalah tidak adanya batas ruang dan waktu. Ciri khas ini adalah ciri khas yang dirasakan oleh semua orang di dunia saat ini. Hal ini dikarenakan adanya kemudahan transportasi dan internet yang membuat semuanya terasa dekat serta cepat.

Maka dari itu tidak peduli dimana saja Anda berada, Anda tidak akan terasa jauh dengan sanak saudara. Semua orang yang berada di tempat yang sama pun meskipun berasal dari suku bangsa yang berbeda namun bisa dengan mudah berbaur satu sama lain sehingga dengan demikian meski Anda berada jauh di tempat yang baru namun Anda pasti akan mudah beradaptasi.

Pemikiran masyarakat saat ini dengan adanya globalisasi menjadi semakin terbuka sehingga mudah untuk menerima orang yang berbeda asalnya, ini adalah salah satu ciri khas dari pengertian globalisasi yang membuatnya menjadi dinilai positif.

Hubungan Ketergantungan Dalam Bidang Ekonomi


Ciri khas ini juga sudah disebutkan sekilas dalam pengertian globalisasi ekonomi yang disebutkan dalam pengertian globalisasi menurut ahli di atas. Adanya globalisasi dalam bidang ekonomi ini juga membuat hubungan antar Negara menjadi lebih baik.

Sebab untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan masyarakat di dalam Negara maka ada beberapa komoditas yang harus dibeli dari Negara lain, begitu juga dengan beberapa barang dalam negeri yang kemudian dikirimkan ke Negara lain untuk menambah pendapatan Negara.

Untuk mengurus masalah perdagangan dunia yang terjadi akibat adanya globalisasi ini maka dibentuklah organisasi perdagangan dunia yang berada di bawah PBB yang bernama WTO atau World Trade Organization.

Penambahan Inter-Kultural


Seperti yang sudah disebutkan berkali-kali dalam pengertian globalisasi sebelumnya bahwa dengan adanya globalisasi maka budaya luar makin mudah masuk dan tersebar dengan kebudayaan lainnya. Hal ini merupakan dampak dari kemudahan informasi yang tersebar melalui internet serta berbagai media seperti media cetak, media penyiaran dan media hiburan.

Budaya luar yang masuk ke budaya kita sebaiknya disikapi berimbang, karena tentunya ada juga hal baik yang bisa diambil dari budaya lain dan juga dari budaya sendiri pun belum tentu hanya ada hal baik, di dalam budaya sendiri pun pasti ada hal buruk yang harus ditinggalkan dan diganti dengan yang lebih baik. Keseimbangan ini menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik.

Menyelesaikan Masalah Dunia Bersama


Dengan perasaan yang satu dan saling keterkaitan antara satu sama lain maka dengan demikian antar Negara pun saling membantu dalam mengatasi masalah yang dialami oleh seluruh dunia atau satu masalah yang dialami suatu Negara namun dirasakan dampaknya bersama atas dasar toleransi bersama.

Hal ini tentunya menjadikan pengertian globalisasi menjadi positif. Seperti contohnya masalah dunia yang menyeluruh dirasakan saat ini adalah adanya penurunan kualitas alam sebagai akibat dari global warming atau pemanasan global.

Jika tidak diatasi bersama oleh seluruh dunia maka tentunya akan merugikan kita semua, seperti misalnya saat ini pun ada banyak sekali hewan yang sudah punah akibat ulah manusia karena habitatnya berkurang, sudah menjadi tugas bersama untuk kembali melestarikan alam dan menyelamatkan seluruh makhluk hidup yang terancam punah.

Penyebab Terjadinya Globalisasi


Ilustrasi penyebab terjadinya globalisasi

Pembahasan pengertian globalisasi tentunya tidak lengkap jika Anda tidak mengikutkan penyebab terjadinya globalisasi di dalamnya. Pembahasan mengenai penyebab terjadinya globalisasi ini bisa menjadikan pendalaman mengenai pengertian globalisasi menjadi lebih baik. Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya globalisasi yang perlu Anda ketahui :

Perkembangan Dalam Bidang Teknologi Dan Informasi


Sering kali bidang teknologi dan informasi ini dikaitkan menjadi satu karena memang sering berjalan beriringan. Pengaruh teknologi dan informasi yang paling dirasakan saat ini dan paling dekat dampaknya pada kehidupan seluruh masyarakat adalah kemudahan belanja online.

Pastinya Anda sendiri juga sudah merasakan sendiri bagaimana mudahnya belanja online yang ada saat ini bisa Anda lakukan akibat perkembangan teknologi dan informasi, sehingga dengan mudahnya Anda bisa berbelanja berbagai hal dari berbagai tempat sekalipun tempat itu berada di luar negeri.

Sistem belanja online yang transparan dan aman menjadikan belanja online ini menjadi salah satu gaya hidup yang menyeluruh bagi masyarakat saat ini. Bahkan ada juga orang yang begitu keranjingan berbelanja online dan kemudian membuatnya pun mendapatkan peluang untuk memulai bisnisnya sendiri.

Pengertian globalisasi yang meluas ini nampaknya juga membuat banyak orang memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Adanya Kerjasama Bilateral Dan Multilateral


Selain perkembangan dalam bidang teknologi informasi itu maka adanya globalisasi yang meluas ini bisa terjadi karena adanya kerjasama bilateral dan multilateral. Kerjasama bilateral adalah kerjasama yang dilakukan antara dua Negara sedangkan kerjasama multilateral adalah kerjasama yang dilakukan oleh banyak Negara.

Kerjasama ini bisa dalam bidang ekonomi, perdagangan, budaya dan seni, pendidikan serta banyak lagi lainnya. Contoh kerjasama antara Indonesia dan Australia dalam bidang pendidikan yang memberikan banyak beasiswa kepada masyarakat Indonesia untuk bisa bersekolah di Australia sehingga dengan demikian terjadilah globalisasi yang terjadi antara dua Negara tersebut.

Adanya Sistem Transportasi Yang Canggih


Sistem transportasi yang canggih ini masih berkaitan dengan kemudahan sistem belanja online saat ini, dengan adanya transportasi yang canggih inilah yang membuat belanja online menjadi lebih mudah saat ini. Banyak jasa pengiriman barang yang kemudian dibuka dan melayani pengiriman barang antar kota dan antar Negara.

Dengan adanya sistem transportasi yang canggih ini pun Anda dengan mudah bisa menjelajahi satu Negara ke Negara lainnya, pada saat Anda pergi ke Negara lain tentunya terjadi pertukaran informasi serta budaya yang membuat globalisasi akhirnya terjadi dari individu yang satu kepada individu lainnya yang berasal dari Negara yang berbeda.

Melalui pembahasan mengenai pengertian globalisasi dan berbagai hal yang mencakup globalisasi maka tentunya lebih kurang telah memberikan Anda banyak pengetahuan mengenai keadaan yang terjadi di dunia saat ini bukan?

Kesimpulannya globalisasi itu ada baik dan buruknya, tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Sebagai masyarakat modern saat ini Anda harus bisa memiliki filter atau penyaring pada diri masing-masing agar tidak terbawa pengaruh buruknya dan bisa mendapatkan pengaruh baiknya saja dari globalisasi yang sedang terus terjadi di dunia saat ini.

Pengertian globalisasi ini bisa membuka jalan Anda untuk bisa mengambil hanya hal-hal baiknya saja dari globalisasi yang terjadi, sehingga dengan demikian globalisasi bisa menjadi sesuatu hal positif bagi semua orang.