PENGERTIAN SEJARAH: Sumber, Ruang Lingkup dan Unsur

Apa Pengertian Sejarah? Sejarah adalah salah satu aspek terpenting dalam pendidikan, dengan mempelajari sejarah anda akan mengetahui bagaimana cerita di masa lampau. Sejarah juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena sejarah mencangkup peristiwa masa lalu yang memiliki peran penting terhadap perkembangan masyarakatnya.

Pengertian sejarah

Oleh karena itu peristiwa itu perlu dicatat dan diingat agar masyarakat yang hidup di zaman sekarang bisa mempelajarinya dan tahu bagaimana sejarah dari Negara kita, nah di sini saya akan membahas mengenai pengertian sejarah, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Sejarah Secara Umum


Apa yang dimaksud dengan sejarah? Pengertian Sejarah adalah sebuah kejadian yang sudah terjadi di masa lalu yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan yang diambil dari berbagai peristiwa yang mengandung sejarah. Dalam dunia pendidikan sejarah diartikan sebagai kejadian yang sudah terjadi dimasa lampau dengan konteks waktu yang tidak bisa ditentukan.

Sejarah secara umum adalah kata sejarah yang diambil dari bahasa Yunani istoria yang berarti belajar yang memiliki arti pengetahuan atau penyelidikan yang bisa didapatkan dari sebuah hasil penyelidikan yang sudah diteliti terlebih dahulu kebenarannya.

Sejarah menurut bahasa Arab yaitu syajaratun yang mempunyai makna pohon yang bercabang. Hal ini menjelaskan sebuah sejarah mempunyai banyak cabang jadi tidak hanya membahas satu cabang saja, bahkan sejarah bisa berubah dari waktu ke waktu

Sejarah dalam bahasa Jerman, geschichte yang berati sesuatu yang sudah terjadi, maksudnya adalah sesuatu peristiwa yang sudah terjadi dimasa lampau yang mempunyai aspek sejarah.

Untuk mengetahui pengertian sejarah lebih terperinci anda harus tahu jika sejarah mempunyai tiga aspek sejarah yaitu, masa lampau, dan masa yang akan datang, masa lampau sebagai titik tolak untuk masa yang akan datang, sebuah peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah apabila peristiwa tersebut mempunyai pelajaran tentang sebuah nilai dan moral.

Tidak hanya arti sejarah secara umum, di sini saya akan memaparkan pengertian sejarah menurut pandangan para ahli yang berbeda-beda namun mempunyai satu tujuan yaitu memaparkan pengertian sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli


1. Menurut Etimologis/Istilah


Pengertian sejarah secara istilah merujuk pada bahasa Inggris sejarah yang berasal dari kata history yang memiliki makna masa lampau, jadi sebuah peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau dan dipastikan kebenarannya.

2. Secara Terminologi


Pengertian Sejarah Secara Terminologi adalah sejarah pada masa lampau dimana manusia belum mengenal tulisan. Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi dimasa lampau.

Pengertian prasejarah adalah zaman dimana sebuah sejarah belum terbentuk, jadi pada zaman prasejarah manusia belum mengenal tulisan sama sekali sehingga sejarah dapat diwariskan melalui tulisan.

Lihat juga:
Pengertian Seni
Pengertian Jaringan Komputer

3. Menurut Moh. Hatta


Pengertian sejarah menurut para ahli yang pertama adalah menurut Moh. Hatta yaitu bagaimana cara memahami kejadian yang terjadi pada masa lampau, dan bagaimana cara menghargai jasa-jasa masyarakat yang terdahulu yang sudah rela untuk memperjuangkan bangsa Indonesia, agar terbebas dari jajahan Negara tetangga.

4. Menurut Moh. Ali


Pengertian sejarah yang kedua menurut Moh. Ali adalah sebuah penelitian yang mengkaji banyak pelajaran yang bisa dipetik ketika mempelajari sebuah sejarah yang di dalamnya mengandung pembelajaran yang memaparkan bagaimana kehidupan dahulu dan sekarang.

Kehidupan pada zaman dahulu bisa dikatakan sangat tertinggal jika dibandingkan zaman sekarang, namun banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah kejadian di masa lampau yaitu bagaimana caranya berjuang dari para penjajahan ataupun dari sulitnya mencari bahan makanan. Sangat berbeda di zaman sekarang yang apa-apa serba maju dan instan tetapi mempunyai dampak yang negatif untuk masyarakatnya.

5. Menurut Kuntowijoyo


Pengertian sejarah yang ketiga menurut Kuntowijoyo sebuah kejadian yang digambarkan kembali baik berupa tulisan maupun catatan yang berisi tentang masyarakat yang hidup pada masa lampau baik dari keunikannya maupun bagaimana perjuangannya.

6. Menurut Rochiati Wiratmaja


Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiratmaja adalah ilmu yang bisa anda kaji untuk mengubah tindak tanduk yang kurang terpuji akibat pengaruh lingkungan yang datang dari luar yang menyimpang dari norma-norma agama.

7. Menurut Nugroho Notosusanto


Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto adalah cerita yang menjelaskan sebuah peristiwa yang berisikan masyarakat menjadi topik utama untuk di ceritakan.

8. Menurut Abdullah Taufik Abdullah


Pengertian sejarah menurut Abdullah Taufik Abdullah sebuah kejadian yang sudah jelas waktu, tepat dan masyarakatnya, jadi tidak bisa diubah lagi kebenarannya.

9. Menurut Ibnu Khladun


Pengertian sejarah menurut Ibnu Khladun sejarah adalah sebuah gambaran yang sudah jelas kebenarannya, yang mengisahkan seluk beluk masyarakat yang hidup pada masa lampau.

10. Menurut Aristoteles


Pengertian sejarah menurut Aristoteles berpendapat sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau dan disertai sebuah bukti agar memperkuat dari sebuah kejadian sejarah.

11. Menurut Muhammad Yamin


Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin adalah penelitian yang dilakukan oleh para pakar untuk memperoleh hasil yang kongkret bagaimana penggalan-penggalan sejarah menjadi cerita yang utuh.

12. Menurut Benedetto Croce


Pengertian sejarah menurut Benedetto Croce adalah sebuah bentuk catatan yang menceritakan bagaimana cerita dari awal hingga akhir bagaimana masyarakat yang hidup pada masa lampau yang teruji kebenarannya.

13. Menurut J.V Bryce


Pengertian sejarah menurut J. V Bryce sejarah adalah sebuah kejadian pada masa lampau yang mempunyai peristiwa-peristiwa yang bisa dipelajari dan dikenang.

14. Menurut Roslean Abdulgani


Pengertian sejarah menurut Roslean Abdulgani adalah gambaran yang diceritakan dalam ilmu pengetahuan agar sejarah selalu diingat dan dikenang oleh masyarakat yang mempelajarinya, bisa anda bayangkan jika sebuah sejarah terlupakan, pasti semua itu bagaikan penggalan cerita yang di tidak sempurna.

15. Menurut W. J. S. Poerwadarminta


Pengertian sejarah menurut W. J. S. Poerwadarminta adalah menceritakan sebuah kejadian secara terperinci dari sudut pandang masyarakat yang hidup pada masa lampau. Yang sudah dipastikan kejadiannya sudah terjadi.

16. Menurut Sartoni Kartodiredjo


pengertian sejarah menurut Sartoni Kartodiredjo adalah sebuah gambaran yang menceritakan kembali bagaimana masyarakat yang hidup pada zaman dahulu, bagaimana bertahan hidup, bercocok tanam, hal ini dilakukan agar bangsa Indonesia tidak lupa akan perjuangan para pahlawan yang telah membawa kebebasan dari tangan penjajaan.

17. Menurut Ismaun


Pengertian sejarah menurut ismaun adalah kajian yang membahas mengenai manusia yang di hidup pada masa lampau, pembahasannya hal-hal yang terperinci sehingga tidak tertinggal satu sejarah sekalipun.

Lihat juga:
Pengertian Negara
Pengertian Filsafat

18. Menurut Drs. Sidi Gazalba


pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah sebuah kajian yang menjelaskan secara detail dengan sebuah pemahaman yang mumpuni untuk meneliti, hal ini dilakukan agar sebuah sejarah terjaga keasliannya, sehingga dapat dipelajari oleh masyarakat yang hidup di masa sekarang maupun masa depan.

19. Meurut W. H Walsh


Pengertian sejarah menurut W. H Walsh membahas mengenai manusia pada masa lampau mampu bertahan dari kerasnya kehidupan dan sulitnya mencari makanan untuk bertahan hidup.

20. Menurut J. Bank


Pengertian sejarah menurut J. Bank adalah sebuah cara untuk lebih memahami kejadian pada masa lampau yang sudah dituliskan dalam sebuah sejarah agar anda bisa mempelajari dengan baik bagaimana manusia yang hidup di masa lampau mampu bertahan dan berjuang dari kehidupan.

Contohnya cara nenek moyang yang bisa hidup tanpa pakaian, makanan dan tempat tinggal, bisa anda bayangkan bagaimana kerasnya hidup di zaman dahulu, tidak seperti sekarang ini yang apa-apa serba instan, bahkan umur nenek moyang pada zaman dahulu bisa mencapai seratus tahun lebih, hal ini terbukti jika makanan yang di makan tidak banyak mengandung bahan pengawet dan lebih alami karena masyarakat di zaman dahulu lebih suka makan dari hasil alam.

21. Menurut Patrick Gardiner


Sejarah menurut Patrick Gardiner adalah memaparkan bagaimana seorang masyarakat yang hidup papa masa lampau. sebuah ilmu yang mempelajari tentang perbuatan manusia yang dilakukan pada masa lampau. Jadi ilmu ini bisa anda pelajari dan bedakan perbuatan di masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.

22. Menurut R. G. Callingwood


Pengertian sejarah menurut R. G. Callingwood adalah penelitian yang mengkaji bagaimana kehidupan manusia yang hidup di masa lampau, hal ini terlihat jelas bagaimana manusia yang hidup pada masa lampau tidak mengenal pengetahuan, tidak mengenal bagaimana caranya menulis dan membaca.

23. Menurut Herodotus


Pengertian sejarah menurut perputaran Herodotus adalah menceritakan bagaimana cara berjuang seorang tokoh yang berjuang demi tumpah darah Negaranya.

24. Menurut Norman E. Cantor


Pengertian sejarah menurut Norman E. Cantor adalah penelitian yang menjelaskan bagaimana manusia pada masa lampau yang tidak dibekali ilmu pengetahuan tetapi ilmunya dapat sampai pada masa sekarang.

25. Menurut Robin Winks


Pengertian sejarah menurut Robin Winks adalah penelitian untuk mengkaji bagaimana manusia hidup pada masa lampau, dan bagaimana cara mengungkapkan kebenaran yang sudah dipendam selama berjuta-juta tahun lamanya.

26. Menurut Henry Steele Commager


Pengertian sejarah menurut Henry Steele Commager adalah sejarah yang menceritakan bagaimana pada zaman dahulu, sedangkan untuk mengungkapkannya memerlukan sebuah hukum dan sebuah teori yang dapat menjawab penelitian yang dilakukan.

27. Menurut Sunnal dan Haas


Pengertian sejarah menurut Sunnal dan Haas adalah sebuah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang mengungkapkannya memerlukan beberapa pemaparan agar menemukan sebuah kebenaran yang konkret.

Sumber-Sumber Sejarah


Ilustrasi sumber sejarah
Untuk memperjelas sebuah sejarah haruslah mempunyai sebuah sumber, hal ini menjadi sebuah pokok dari sebuah sejarah itu sendiri. Menurut Yamin Pengertian sumber sejarah adalah kumpulan benda-benda kebudayaan, hal ini dapat dikatakan sebagai sumber sejarah.

Lihat juga:
Pengertian Narkoba
Pengertian Puisi

Sedangkan menurut Ali pengertian sumber sejarah merupakan hal yang bermanfaat bagi seorang peneliti sejarah pada zaman purba hingga saat ini, baik itu memiliki wujud atau tidak memiliki sebuah wujud.

1. Sumber Lisan


Sumber sejarah lisan ini harus mengisahkan sebuah keterangan yang menjuru langsung dengan sejarah baik itu saksi dari sebuah sejarah atau seseorang yang langsung mengalaminya.

Contohnya G30S PKI banyak saksi yang harus mengisahkan mengenai kejadian tersebut, baik di hari kejadian atau saksi yang melihat sesudah kejadian jadi semua itu bisa dikuatkan dengan bukti yang didapatkan di lapangan.

2. Sumber Tertulis


Sumber sejarah secara tertulis berasal dari sebuah peninggalan para tokoh sejarah, hal ini menunjukkan jika sumber sejarah harus ada, bisa di bayangkan jika sebuah kejadian sejarah tidak didukung oleh sumber pastilah masyarakatnya banyak yang meragukan.

Contoh sumber tertulis adalah teks proklamasi kemerdekaan, hal ini sudah terbukti jelas jika 17 agustus adalah hari kemerdekaan untuk masyarakat Indonesia yang sudah di jajah oleh Negara asing selama berpuluh-puluh tahun yang menyebabkan masyarakat Indonesia banyak yang sengsara dari kejamnya Negara yang asing.

3. Sumber Benda


Sumber sejarah yang berbentuk benda hal ini pasti berkaitan dengan peninggalan kebudayaan pada masa lampau, sumber sejarah benda ini bisa dibilang sumber sejarah yang kuat karena tidak bisa diragukan lagi kebenarannya, contohnya candi, patung dan gerabah

Ruang Lingkup Sejarah


Ilustrasi ruang lingkup sejarah
Pengertian sejarah berdasarkan ruang lingkup adalah pemahaman ilmu sebagai sejarah pengetahuan yang memacu pada sebuah pengertian sejarah adapun ruang lingkup sejarah meliputi.

Konsep Sejarah


Konsep sebuah sejarah adalah bentuk kemampuan mengenai sebuah logika dalam menciptakan gambaran baru yang bersifat abstrak berdasarkan sebuah kajian. Sejarah sebagai sebuah peristiwa, yaitu berisi tentang sebuah kajian tentang sebuah peristiwa atau kejadian, kenyataan atau aktualisasi sejarah yang terjadi di masa lalu.

Pengertian sejarah sebagai kisah adalah sesuatu yang berbentuk narasi yang menjelaskan sebuah cerita dari tafsiran, ingatan atau kesan manusia. Jadi sebuah peristiwa di masa lampau tidak semua disebut sebagai peristiwa sejarah.

Pengertian sejarah sebagai ilmu adalah mempelajari sebuah sejarah dengan melakukan sebuah penelitian dan kajian tentang cerita sejarah yang terjadi di masa lampau.

Pengertian sejarah sebagai seni adalah sebuah proses penulisan sebuah sejarah yang harus berimajinasi, gaya bahasa, intuisi dan emosi.

Unsur-Unsur Sejarah


Sejarah mengandung 3 unsur yang pertama unsur ruang adalah sebuah tempat terjadinya kejadian yang dapat dijadikan sebagai bukti sebuah sejarah yang nyata.

Yang kedua unsur sejarah adalah waktu, yaitu sejarah sangat erat dengan waktu yang terjadi pada sebuah peristiwa yang bersejarah dan menjelaskan sebuah kronologis dalam kajian sebuah sejarah.

Yang ketiga unsur sejarah adalah manusia. Manusia adalah unsur terpenting dalam sebuah sejarah, karena banyak tokoh pahlawan yang menjadi kajian sejarah pada masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Kaitan Sejarah dengan Ilmu


Sejarah adalah salah satu sumber pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari dan diingat oleh masyarakat yang hidup di masa sekarang mupun masa depan, namun antara sejarah dan ilmu ternyata mempunyai perbedaan, simak ulasannya berikut ini.

Persamaan antara sejarah dengan ilmu adalah sama-sama mengandung sebuah teori dan sebuah metode didalam prosesnya yang dilakukan berdasarkan sebuah pengamatan, pengalaman dan penyerapan.

Perbedaan sejarah dengan ilmu adalah sejarah lebih terikat dengan waktu, tempat dan kekhususan. Berbeda dengan ilmu pengetahuan yang tidak terikat dengan tiga hal tersebut, ilmu bisa berlaku untuk semua orang yang ingin mempelajarinya

Jenis-jenis Sejarah


Menurut Lois Gattaschalk jenis-jenis sejarah adalah yang pertama sejarah untuk menentukan kelangsungan hidup manusia, dari sebuah rekaman yang sengaja ditemukan untuk digali kebenaran dan dipelajari.

Yang kedua penulisan sejarah pada masa yang akan datang teknik penulisan menggunakan teknik sampling hal ini dilakukan untuk menemukan bukti yang kongret.

Yang ketiga penulisan dalam sejarah menggunakan sebuah contoh par excellen yaitu individu dalam bangsanya yang memiliki sebuah watak agar dapat memperbaiki perilaku sebuah bangsa agar lebih optimal. Demikianlah ulasan mengenai pengertian sejarah, semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
Pengertian Etika
Pengertian Hukum
Pengertian Akuntansi
Pengertian Kewirausahaan