PENGERTIAN KOMPUTER: Sejarah, Fungsi, Jenis, Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan saat ini, kita tidak terlepas dengan yang namanya komputer.namun seperti apa itu komputer? Pengertian komputer sendiri merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk mengolah data, kemudian data tersebut bisa disimpan ke dalam perangkat penyimpanan yang telah tersedia di dalam komputer. Komponen penyimpanan data itulah yang dikenal dengan nama hardisk.

Pengertian komputer
Sedangkan, pengertian komputer secara etimologis, komputer berasal dari bahasa latin, yakni “Computare” yang berarti menghitung. Pada awalnya, komputer memang diartikan sebagai alat bantu untuk menghitung. Di mana, komputer bisa memudahkan pekerjaan manusia. Bisa disimpulkan, pengertian komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data dengan sistem pemograman dan sesuai dengan prosedur yang ada sehingga bisa berguna untuk penggunanya.

Namun, pengertian komputer pada umumnya adalah sebuah alat elektronik yang terdiri atas rangkaian dari beberapa komponen pendukung sehingga bisa salung terhubung dan membentuk suatu sistem kerja. Perangkat elektronik itulah yang bisa digunakan untuk mengolah data input dan menghasilkan data output, sesuai dengan perintah yang diberikan.

Pengertian komputer menurut para ahli


Beberapa ahli juga mendefinisikan apa itu komputer. Berikut ini beberapa pengertian komputer menurut para ahli.

1. Robert H Blissmer mengatakan bahwa komputer merupakan suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan dalam melakukan beberapa tugas, seperti menerima input, kemudian memproses input tersebut dengan sistem programnya, melaksanakan perintah – perintah serta hasil akan pengolahan data dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Willian M. Fouri mengatakan pengertian komputer merupakan suatu alat pemproses data yang bisa melakukan perhitungan dalam jumlah yang besar secara cepat, meliputi operasi logika dan aritmatika, tanpa bantuan manusia sekalipun.

3. Jhon J. Longkutoy mendefinisikan komputer sebagai alat pemecah persoalan dan pengolah data yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

4. Donald H. Sanders menjabarkan pengertian komputer sebagai sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar bisa menerima dan menyimpan data input secara otomatis, kemudian memprosesnya dan bisa menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah – langkah dan intruksi – inturksi yang ada pada program dan sudah tersimpan dalam memori.

5. Gordon B. Davis mengatakan komputer merupakan suatu alat penghitung tipu khusus yang memiliki sifat tertentu dan pasti.

6. V.C. Hamacher, S.G. Zacky, Z.G. Vranesic berpendapat komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dan bisa menerima informasi input secara digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan suatu program yang sudah ada di dalam memorinya dan bisa menghasilkan informasi output.

7. Elias M. Awad berpendapat pengertian komputer merupakan alat hitung untuk memproses data yang telah disajikan dalam bentuk data digital atau diskret dan data analog atau kontinyu.

8. Juni Parson mengatakan bahwa komputer merupakan suatu perangkat usaha serbaguna yang digunakan untuk menerima input, memproses data, menyimpan data dan menghasilkan output berdasarkan sekumpulan intruksi yang sudah tersimpan di dalamnya.

9. Larry Long & Nancy Long menjabarkan bahwa komputer menjadi alat hitung elektronik yang memiliki kemampuan untuk menginterprestasikan dan melakukan perintah – perintah pemrograman yang diberikan untuk input, output, perhitungan dan operasi – operasi logik.

10. Garry B. Shelly & Rondolp E. Gunter mengatakan pengertian komputer adalah perangkat elektronik yang beroperasi di bawah kendali intruksi yang ada dalam memorinya untuk bisa menerima data, mengolah data sesuai dengan aturan yang telah berlaku dan bisa memberikan hasil.

11. Arif Susanto menjabarkan bahwa komputer sebagai sekumpulan alat elektronik yang terdiri akan perintah input, alat pengolah input dan peralatan output yang bisa memberikan informasi dan bekerja dengan otomatis.

Kesimpulan pengertian komputer


Dari penjabaran beberapa ahli di atas bisa disimpulkan bawah pengertian komputer adalah sebuat mesin elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat perhitungan. Namun, agar komputer bisa mengolah, memanipulasi, dan mengubah suatu data menjadi informasi tersebut dibutuhkan beberapa perangkat pendukung, seperti hardward dan software yang merupakan elemen penting dari komputer. Dengan begitu, komputer bisa memberikan output berupa informasi dalam bentuk digital maupun analog.

Sejarah perkembangan komputer


Ilustrasi sejarah komputer
Tidak hanya sebatas mengenal pengertian komputer saja, rupanya sejarah perkembangan komputer memiliki beberapa generasi panjang yang tidak bisa ditinggalkan. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage yang dikenal sebagai Different Engine No.1. Di mana, alat tersebut menjadi salah satu ikon yang cukup populer dan terkenal dalam sejarah. Hal inilah yang membuat Charless Babbage dikenal sebagai bapak komputer.

Sejarah perkembangan komputer terdiri dari beberapa generasi hingga menjadi komputer yang Anda kenal saat ini. Sejarah perkembangan komputer di mulai dari komputer generasi pertama, kedua, ketiga, keempat hingga komputer yang Anda kenal saat ini. Berikut ini perkembangan komputer yang perlu Anda ketahui.

1. Komputer generasi pertama (1946 – 1959)


Komputer generasi pertama dirancang dengan menggunakan media tabung vakum sebagai komponen utamanya. Sayangnya, tabung vakum sangat mudah menghantarkan panas, sehingga sangat tidak efektif jika digunakan pada masa sekarang ini. Bukan hanya itu saja, komputer generasi pertama juga membutuhkan daya listik yang sangat besar, yakni 140 KW.

Lebih mengejutkannya lagi, berat dari komputer generasi pertama mencapai 30 ton, terdiri dari 18 ribu tabung vakum. Komputer generasi pertama diberina nama ENIAC singkata dari Elctronic Numerical Integrator and Computer. Bahasa yang digunakan pada komputer generasi pertama adalah bahasa mesin, yakni bahasa pemrograman dasar yang hanya dipahami oleh komputer, seperti kode biner.

Bisa dikatakan, komputer generasi pertama memiliki keterbatasan kemampuan, sehingga tidak bisa menyelesaikan suatu masalah pada waktu itu. Bahkan, biaya pembuatannya juga sangat fantastik, yakni satu juta dollar.

2. Komputer generasi kedua (1959 – 1964)


Perubahan penting dalam komputer generasi kedua adalah transistor, yakni alat canggih yang bisa memaksimalkan kerja komputer, walaupun dengan ukurannya yang kecil. Hal ini yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama. Dengan adanya penemuan alat ini, perkembangan komputer menjadi cukup pesat.

Alhasil, tahun 1959 hingga 1960 banyak ilmuan yang mengembangkan komputer. Bahkan beberapa universitas, instansi, perusahaan hingga pemerintahan juga telah menggunakan kecanggihan akan komputer generasi kedua ini.

Komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan tabung vakum, melainkan transistor. Bukan hanya ukurannya yang lebih kecil, alat tersebut juga tidak menghasilkan panas berlebihan. Selain itu, komputer generasi kedua juga tidak menggunakan komponen pendahulunya. Di mana, bahasa mesin yang digunakan pada komputer generasi pertama diganti dengan bahasa simbolik atau assembly. Hal ini memudahkan para penggunannya untuk memberikan instruksi hanya dengan kata – kata.

Dengan adanya komputer generasi kedua ini juga membuat banyak bahasa pemrograman mulai dikembangkan kala itu. Sebut saja FORTRAN dan CBOL. Dengan adanya bahasa pemrograman tingkat tinggi tentu akan memberikan kerja komputer semakin efektif dan fungsi komputasi menjadi lebih cepat dan akurat.

3. Komputer generasi ketiga (1965 – 1971)


Perkembangan komputer generasi ketiga sudah tidak menggunakan tabung vakum dan transistor lagi, melainkan mengguanakan teknologi Integrated Circuit. Walaupun begitu, teknologi transistor tidak sepenuhnya ditinggalkan. Pasalnya, masih digunakan untuk membantu kerja komputer generasi ketiga kala itu.

Pastinya, transistor yang digunakan tidak lagi berukuran besar. Transistor yang digunakan sudah berukuran mini dan diletakan pada IC. Jadi satu IC bisa terdiri atas beberapa transistor, kapasitor dan resistor.

Teknologi IC yang digunakan untuk komputer generasi ketiga dirasa memiliki manfaat yang cukup signifikan akan kecepatan komputer dan efisiensinya. Komputer generasi ketiga memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan generasi pertama dan kedua.

Bahkan, pada komputer generasa ketiga diperkenalkan penggunaan keyboard dan mouse. Di mana komputer pendahulunya lebih banyak menggunakan pita kertas dan kartu berlubang sebagai media untuk penginputannya. Bukan hanya ukurannya yang lebih kecil, harganya pun juga lebih murah.

4. Komputer generasi keempat (1971 – sekarang)


Komputer generasi keempat memiliki teknologi microprocessor. Di mana, teknologi ini juga masih digunakan hingga saat ini. Microprocessor merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa komponen yang dibutuhkan komputer dalam satu chip kecil. Dalam satu chip bisa terdiri dari ribuan elemen sirkuit dan transistor yang digabungkan menjadi satu. Itu artinya, ukuran komputer bisa menjadi lebih kecil lagi.

Sejarah perkembangan komputer generasi keempat ini banyak dibuat dan dicetuskan oleh perusahaan Intel, yakni perusahaan yang menciptakan Intel 4004. Alat tersebut merupakan cikal bakal komponen utama akan perangkat komputer. Namun, penciptaan komputer modern dilakukan oleh IBM yang mendesain komputer rumahan. Kemudian disusul oleh Apple dengan komputer Mancinthos mereka pada tahun 1984.

Dengan adanya perkembangan komputer yang pesat inilah secara tidak langsung melahirkan suatu gagasan akan terciptanya suatu jaringan komputer. Jaringan inilah yang merupakan cikal bakal adanya internet. Selain itu, komputer generasi keempat juga sudah memanfaatkan mouse dan GUI atau Graphic User Interface.

Komputer generasi keempat merupakan perkembangan komputer ke arah yang lebih praktis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

5. Komputer generasi kelima


Komputer generasi kelima merupakan jenis komputer yang sedang dikembangkan saat ini. Di mana, nantinya komputer generasi kelima merupakan komputer dengan teknologi dengan kecerdasan buatan yang luar biasa. Salah satu negara yang terus mengembangkan komputer generasi kelima adalah Jepang. Bahkan adanya lembaga khusus dan laboratorium untuk mengembangkan komputer generasi kelima.

Mungkin komputer generasi kelima sering Anda jumpai saat ini, yakni robot. Robot menjadi seperangkat komputer masa depan yang mungkin akan mengubah dunia nantinya.

Fungsi komputer


Dari pengertian komputer yang sudah dijabarkan, bisa disimpulkan fungsi dari komputer, yakni.
  1. Sebagai data input, yakni menerima data dari sumber luar.
  2. Sebagai pengolahan data yang sudah dimasukkan kemudian menghasilkan data output, yakni informasi.
  3. Sebagai penyimpan data atau informasi. Dengan begitu, Anda bisa mudah menemukan kembali data yang akan digunakan lagi.
  4. Sebagai data output, yakni menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Jenis – jenis komputer


Ilustrasi jenis komputer
Perkembangan komputer memang sangat pesat. Hal ini membuat komputer tidak hanya memiliki satu jenis saja. Setidaknya ada 10 jenis komputer yang digunakan di dunia. Berikut ini jenis – jenis komputer yang digunakan.
  1. PC (Personal Komputer) merupakan komputer yang didesain untuk bisa digunakan oleh satu orang saja. Windows dan Mac merupakan sistem yang banyak dijalankan pada PC saat ini. Pasalnya kebanyakan orang salah kaprah dan menganggap bahwa PC hany dijalankan oleh sistem Windows saja.
  2. Desktop merupakan jenis komputer yang tidak bisa dipindahkan. Artinya, penggunaannya hanya pada tempat permanen. Komputer yang satu ini memiliki kelebihan berupa fleksibilitas, kekuatan, penyimpanan lebih banyak dan harga lebih murah dibandingkan komputer portable.
  3. Laptop merupakan komputer portable yang banyak digunakan saat ini. Komputer ini mengintegrasikan layar, keyboard, trackball, memori, processor dan hard drive dalam satu kesatuan dan dioperasikan menggunakan baterai.
  4. Netbook merupakan komputer ultra portable yang memiliki ukuran lebih kecil daripada laptop. Selain itu harganya juga lebih murah. Hanya saja, komponennya kurang dibandingkan dengan laptop.
  5. PDA (Personal Digital Assistant) merupakan komputer yang sering menggunakan flash disk daripada hard drive. Kebanyakan komputer ini tidak menggunakan keyboar, melainkan melalui teknologi layar sentuh untuk penginputannya. PDA biasanya lebih kecil dari ukuran novel dan sangat ringan. Namun daya baterainya juga wajar.
  6. Workstation merupaan tipe lain desktop komputer yang memiliki prosesor dengan kemampuan yang tinggi. Selain itu, ditambahkan pula memori sehingga bisa memiliki kemampuan untuk melakukan tugas graphic dan pengembangan game.
  7. Server merupakan komputer yang sudah dimaksimalkan untuk bisa memberikan layanan kepada komputer lainnya dalam sebuah jaringan. Nah, penerima layanan dari komputer server itulah yang merupakan pengertian komputer client. Kebanyakan server memiliki prosesor besar, memori banyak dan hard drive besar.
  8. Mainframe merupakan komputer dengan ukuran yang sangat besar pada mulanya. Namun dengan adanya perkembangan saat ini, komputer ini berukuran lebih kecil dan digunakan oleh perusahaan besar sebagai pengolahan transaksi jutaan setiap harinya.
  9. Supercomputer merupakan jenis komputer yang memiliki satuan sistem dengan kinerja tinggi. Maka tidak heran, harganya sangat mahal, bahkan jutaan dolar.
  10. Wearable computer merupakan jenis komputer yang digunakan untuk aplikasi komputer yang umum. Sistem komputer ini biasanya terintegrasi dengan ponsel, jam tangan hingga pakaian.

Teknologi komputer masa depan


Ilustrasi teknologi komputer masa depan
Mungkin ke depannya, pengertian komputer bukan lagi sebagai alat hitung atau seperangkat alat elektronik, dikarenakan adanya perkembangan komputer yang lebih modern lagi. Komputer yang Anda gunakan saat ini mungkin juga mengalami perubahan menjadi lebih canggih lagi. Hal ini tentunya dilakukan untuk memudahkan kegiatan manusia. Berikut ini beberapa teknologi komputer masa depan yang mungkin mengubah kehidupan Anda.

1. Pengendalian komputer dengan pikiran


Teknologi komputer yang satu ini bukan tidak mungkin terjadi. Bahkan bisa dikatakan sudah ada pada jaman sekarang. Walaupun hanya sebatas menggerakkan robot dengan pikiran. Bukan tidak mungkin, menggerakkan komputer di masa depan hanya menggunakan pikiran saja. Bahkan baru – baru ini, ada perkembangan komputer berupa pengendalian komputer hanya dengan sensor gerak saja.

2. Komputer hanya dalam genggaman tangan


Mungkin rata – rata, ukuran komputer saat ini masih sama. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya sejarah perkembangan komputer membuatnya memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini tentunya bukan tidak mungkin lagi kalau di masa depan komputer berukuran sangat kecil.

3. Komputer yang ada dimanapun


Di masa depan, komputer juga sudah diprediksi akan bisa dijumpai di mana. Artinya, komputer masa depan bisa kamu temui lebih mudah di meja, kursi, kaca dan banyak benda lainnya. Bahkan bisa diprediksi komputer ada pada tembok rumah Anda.

Demikian artikel singkat yang membahas pengertian komputer, sejarah komputer, fungsi komputer, jenis komputer, perkembangan komputer, dan pengertian komputer menurut para ahli. Semoga bermanfaat. Terimakasih.