PENGERTIAN BUDAYA: Unsur, Konsep, Fungsi, Wujud, dan Contoh

Pengertian budaya adalah cara dalam hidup yang dilakukan sekelompok manusia tertentu yang mengalami perkembangan dan dapat diwariskan ke generasi berikutnya secara turun menurun. Arti budaya yang lain menyatakan bahwa budaya adalah pola hidup manusia yang berkembang pada sekelompok atau golongan manusia tertentu yang mengatur perilaku setiap individunya dalam berinteraksi, berkomunikasi, atau bersosialisasi dengan manusia lainnya.

Pengertian budaya secara bahasa adalah “buddhayah” yang berasal dari bahasa sansekerta. Buddhayah merupakan bentuk jamak dari asal kata “buddi” yang berarti akal pikiran ataupun budi. Jadi dapat disimpulkan dalam bahasa sansekerta bahwa budaya adalah semua yang berhubungan dengan akal, pikiran, dan budi.

pengertian budaya

Sedangkan pengertian budaya dalam bahasa latin berawal dari kata “colere” yang artinya mengolah atau mengerjakan. Dan budaya dalam bahasa inggris adalah “culture” artinya budaya. Secara umum pengertian budaya adalah suatu kehidupan yang diatur agar manusia dapat memahami sekaligus mengerti dengan apa yang harus diperbuat untuk memilih dan menentukan suatu perilaku hubungan antar manusia. Yang dimana budaya berhubungan dengan cara berkomunikasi dan kebiasaan hidup manusia yang disebut sebagai adat istiadat.

Pengertian Budaya berdasarkan para ahli


Sebagaimana yang telah dibahas pengertian budaya secara umum diatas. Ada juga pengertian budaya yang dikemukakan oleh para ahli. Para ahli tersebut mendefinisikan budaya berdasarkan kondisi masyarakat.

Kamus besar bahasa Indonesia


Budaya adalah adat istiadat, budi, akal pikiran yang merujuk pada kebiasaan manusia.

Ralph Linton


Budaya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengetahuan, perilaku atau sikap, pola pikir dari suatu kebiasaan masyarakat tertentu. Budaya tersebut dimiliki dan diturunkan langsung oleh para leluhur atau nenek moyang turun temurun.

Edward Burnett Tylor


Dalam bukunya yang berjudul primitive culture menafsirkan pengertian budaya sebagai sifat-sifat rumit dan kompleks yang mengandung pengetahuan, kepercayaan, adat istiadat, kesenian, moral, hukum, dan lain sebagainya.

Soemardjan dan Soemardi


Menurut keduanya pengertian budaya adalah seluruh ciptaan yang menghasilkan karya dan rasa dalam lingkungan masyarakat. Karya tersebut menciptakan suatu kebudayaan dan teknologi yang akan dimanfaatkan oleh manusia untuk memanfaatkan kondisi alam sekitarnya.

Kelly dan Kluckhohn


Budaya adalah suatu rencana yang merancang kehidupan manusia dan dapat digunakan sebagai pedoman manusia dalam berperilaku.

Lihat juga:
Pengertian Hukum
Pengertian Etika

Koentjaraningrat


Pengertian budaya menurut koentjaraningrat merupakan semua bentuk ide, dan hasil karya dari manusia saat berusaha dalam hidup bermasyarakat dan dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran.

Levi Strauss


Budaya adalah wujud dari komponen sosial yang bermula dari pikiran manusia dan dilakukan secara terus menerus dan berulang ulang sehingga membentuk dan menjadikannya sebuah kebiasaan.

Melville J. Herskovits


Menurutnya pengertian budaya adalah hasil karya manusia dari lingkungannya. Artinya manusia akan selalu senantiasa berada di lingkungan yang menghasilkan budaya.

Ki Hajar Dewantara


Budaya merupakan hasil perjuangan manusia yang didapat dari dua pengaruh yang sangat kuat yaitu alam dan waktu atau zaman. Keduanya dapat dikatakan sebagai bukti kejayaan dalam hidup untuk menghadapi dan mengatasi rintangan dan kesulitan dalam hidup. Dan digunakan untuk keselamatan dan mencapai suatu kebahagiaan.

L. Kroeber dan C. Kluckhohn


Seperti tulisan yang ada dalam bukunya menyatakan bahwa pengertian budaya merupakan sebuah manifestasi atau hasil kerja dari manusia yang memiliki arti sangat luas.

Malinowski


Budaya merupakan prinsip yang didasarkan dari segala kebutuhan manusia. dan setiap kebutuhan menghasilkan budaya yang berbeda dan khas. Contohnya untuk menjaga keselamatannya manusia membuat suatu budaya perlindungan dalam bentuk tertentu.

Nilai-Nilai Budaya


Ilustrasi nilai budaya
Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui akan pengertian budaya dan nilai-nilai suatu budaya. Pengertian nilai budaya itu sendiri adalah suatu konsep dengan sifat abstrak yang berisikan masalah-masalah umum maupun besar yang dianggap sangat penting untuk hidup bermasyarakat.

Nilai budaya tersebut akan dijadikan dasar tingkah laku masyarakat. Nilai budaya merupakan sesuatu yang akan sulit untuk dapat dijelaskan secara logika atau rasional. Nilai budaya bersifat langgeng atau hampir abadi dan tidak mudah untuk dihilangkan atau digantikan, itulah yang membuat suatu nilai budaya tertentu tidak mudah diubah atau mengalami suatu perubahan, dan tidak mudah tergantikan.

Salah satu contohnya adalah nilai budaya yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki budaya yaitu pancasila berisikan lima sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sila-sila pancasila tersebut sangat berarti dan penting bagi bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Seperti diketahui bahwa Indonesia terdiri dari aneka ragam suku, dan golongan yang menyebabkan banyaknya dan beragamnya nilai-nilai budaya. Semua suku yang ada di Indonesia tersebut selalu mengamalkan nilai nasionalisme, gotong royong, toleransi, musyawarah, harga diri, tata tertib, dan lain sebagainya. Dengan segala perbedaan nilai budaya pancasila membuat Indonesia tetap bersatu, dikarenakan sila-sila pancasila memiliki kekuatan dengan nilai budaya suku maupun golongan yang ada di Nusantara.

Unsur-Unsur Budaya


Ilustrasi unsur budaya
Unsur-unsur budaya menurut pendapat para ahli antara lain:

1. Clyde Kluckhohn


Menurut Clyde, budaya atau kebudayaan terbentuk dari tujuh unsur antara lain:

Pengetahuan

Pengetahuan terdiri dari kondisi lingkungan dan peralatan yang digunakan. Sistem pengetahuannya mencakup segala aspek seperti tumbuhan, binatang, sifat dan perilaku manusia, alam, dan lain sebagainya.

Teknologi

Teknologi merupakan teknik yang dapat membantu kehidupan manusia. dimana proses pembuatannya bertujuan untuk membantu manusia memenuhi kebutuhannya.

Lihat juga:
Pengertian Narkoba
Pengertian Akuntansi

Bahasa

Bahasa merupakan media perantara paling penting bagi manusia untuk dapat melaksanakan budaya dan melanjutkan budaya.

Mata Pencaharian
Mata pencaharian adalah aktivitas pekerjaan manusia untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti menanam, berburu, berdagang, dan lain sebagainya.

Agama

Agama merupakan suatu keyakinan yang dianut oleh seseorang. Agama merupakan hal yang suci dan tidak dapat dipikir secara logika atau rasional oleh pikiran manusia. religi meliputi keyakinan, pandangan dalam berkehidupan, komunikasi agama, upacara keagamaan dan lain sebagainya.

Seni

Seni atau kesenian dapat meliputi seni tari, seni suara, seni rupa, dan lain sebagainya. Seni merupakan suatu keindahan yang diinginkan oleh manusia.

Kemasyarakatan
Masyarakat berarti siapa saja yang terikat dalam kegiatan budaya dapat mencakup keluarga, kerabat, komunitas, organisasi, sampai dengan negara.

2. Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski


Menurut keduanya, budaya terdiri dari empat unsur antara lain

Norma

Norma merupakan sesuatu yang dapat menciptakan terjadinya suatu tindakan kerja sama atau gotong royong sekelompok manusia tertentu sebagai suatu upaya untuk menguasai alam.

Ekonomi

Segala sesuatu yang membuat manusia untuk dapat bertahan hidup dan mendapatkan kesejahteraan.

Pendidikan

Segala sesuatu yang terjadi karena adanya proses sosialisasi norma dan nilai-nilai lainnya di masyarakat.

Kekuatan

Segala sesuatu yang terjadi karena inisiatif untuk dapat mengatur atau mengorganisir kehidupan bermasyarakat.

Unsur-unsur budaya tersebut tidak dapat berdiri secara lepas dengan unsur lainnya. budaya bukan dari seberapa banyak unsur, namun unsur-unsur tersebut harus saling berhubungan atau berkaitan satu sama lain sehingga dapat membentuk suatu keharmonisan. Masing-masing dari unsur tersebut memiliki pengaruh timbal balik, dimana jika ada perubahan yang terjadi pada salah satu unsur saja maka akan terjadi perubahan pada unsur lainnya juga.

Konsep budaya


Budaya memiliki banyak konsep yang disesuaikan dengan bidangnya masing-masing seperti antropologi, ekonomi, politik, sosial, dan lain sebagainya. Konsep suatu budaya juga tergantung dari budaya yang dipahami dengan perubahan tingkah laku yang ada pada masyarakat. Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya perubahan dan perkembangan terhadap teknologi dari masa ke masa.

Wujud budaya


Wujud budaya dapat dikategorikan dari gagasan, aktivitas, dan hasil dari budaya yang didapat.
Gagasan

Maksud dari gagasan sebagai dari wujud dari budaya adalah pola pikir yang terbentuk dari suatu gagasan yang abstrak. Gagasan ini terlahir dari pikiran manusia dimana masyarakat memiliki ekspektasi dari sesuatu yang dilihat, diamati, dan dijalani dalam kehidupan.

Aktivitas


Aktivitas merupakan suatu tindakan atau kegiatan manusia. aktivitas dapat didapat dari lingkungan sosial sehingga manusia dapat saling berhubungan, berkomunikasi, berinteraksi, bekerja sama untuk melakukan suatu aktivitas atau kegiatan dengan orang lain yang sesuai dengan kebiasaan atau adat istiadat masing-masing.

Hasil budaya


Hasil budaya merupakan hasil karya dari kegiatan atau aktivitas yang dilakukan manusia. hasil karya didapat dari gagasan yang dilakukan dan dapat dilihat atau didokumentasikan secara nyata dan langsung oleh manusia.

Ciri-ciri budaya


Ilustrasi ciri budaya
Selain memiliki nilai, unsur, konsep dan wujud, budaya dapat diamati dari ciri-cirinya antara lain:
  1. Simbol dari suku atau daerah tertentu
  2. Hal yang harus dipelajari
  3. Dapat diturunkan atau diwariskan
  4. Disebar melalui komunikasi yang dilakukan ke golongan, individu, dan generasi
  5. Memiliki sifat dinamis yang dapat berubah seiring perkembangan zaman
  6. Bersifat selektif yaitu hanya mempertunjukkan perilaku dan pengalaman dari manusia
  7. Dapat berhubungan dengan unsur-unsur budaya lain
  8. Bersifat etnosentrik yaitu mengaku bahwa budayanya adalah yang terbaik
  9. Dapat berubah seiring terjadinya globalisasi

1. Faktor-faktor budaya

  1. Faktor budaya terdiri dari faktor pendorong dan faktor penghambat.
  2. Faktor pendorong budaya
  3. Ada niat untuk menjaga dan melestarikan nilai dan wujud budaya
  4. Adanya generasi penerus budaya
  5. Memiliki rasa cinta dan bangga pada budaya
  6. Membuat perubahan yang tetap bisa mendukung budaya
  7. Dan lain-lain
Lihat juga:

2. Faktor penghambat

  1. Masuknya dan banyaknya budaya asing
  2. Hilang rasa untuk melestarikan budaya
  3. Generasi penerus yang tidak peduli budaya
  4. Budaya dianggap kuno
  5. Membiarkan budaya hilang
  6. Dan lain-lain

Fungsi serta manfaat budaya


Keutamaan pengertian budaya fungsi adalah penerus dapat mempelajari dan mengetahui warisan yang diturunkan dari para leluhur dan nenek moyang. Budaya dapat diubah berdasarkan dorongan faktor-faktor budaya. Faktor budaya tersebut jugalah yang akan menentukan lambat atau cepatnya perubahan dalam budaya.
  1. Adapun manfaat dari budaya antara lain
  2. Memiliki rasa toleransi dan rasa empati sesame
  3. Meningkatkan nilai nasionalisme
  4. Dapat saling menghargai antar sesama manusia
  5. Sarana terjalinnya sebuah sosialisasi
  6. Media untuk belajar
  7. Dan lain lain

Contoh budaya


Setiap tempat, suku, dan golongan memiliki budaya yang berbeda-beda contohnya adalah rumah adat yang berbeda-beda, bahasa daerah, seni suara atau musik ada musik dangdut dan musik keroncong, seni tari reog di Ponorogo, upacara potong jari dan pesta bakar batu di Papua, dan lain-lain sebagainya.

Keragaman budaya Indonesia


Indonesia adalah negara yang terdiri dari suku bangsa dan adat istiadat atau budaya yang berbeda-beda setiap sukunya. Budaya tersebut menggambarkan perwakilan dari suku bangsa di kawasan yang berbeda-beda. Terlebih lagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 200 juta orang dan tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Mereka adalah penduduk yang menempati wilayah geografis berbeda-beda mulai dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pesisir pantai, pedesaan, perkotaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan adanya berbagai macam agama besar yang ada di Indonesia turut berkontribusi dan mendukung perkembangan budaya di Indonesia. Sehingga membuat Indonesia dikatakan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari banyak ragam budaya.

1. Manfaat adanya keragaman budaya di Indonesia


Dengan banyak ragam budaya di Indonesia menimbulkan manfaat antara lain:
Promotor nilai kemanusiaan

Keragaman budaya dapat dijadikan sebagai promotor untuk nilai kemanusiaan. Contohnya dalam sebuah organisasi yang terdiri dari budaya karyawan yang berbeda-beda, membuat organisasi tersebut menyadari bahwa pada dasarnya seseorang memiliki latar belakang yang berbeda untuk diakui, dan dirayakan.

2. Meningkatkan produktivitas dan profitabilitas


Budaya ternyata juga dapat memberikan manfaat dalam bidang bisnis di seluruh belahan dunia. Contohnya keberagaman budaya dalam tempat kerja dapat memberikan dampak yang dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bagi organisasi dan karyawan.

3. Membuat kolam bakat


Keberagaman yang ada di Indonesia dapat menciptakan kolam bakat yang begitu besar. Ketika suatu organisasi telah melakukan investasi untuk mengeksplorasi beragam budaya, maka dapat menonjolkan kompetensi yang unggul dan dapat memajukan lingkungan dengan besar.

4. Bertukar ide kreatif dan inovatif


Ketika dalam organisasi terdiri dari anggota yang memiliki latar belakang yang berbeda dan beragam, pengalaman, budaya, ide-ide inovatif, maka akan membuat orang untuk memiliki pikiran yang juga berbeda-beda.

Ciri-ciri keragaman budaya Indonesia


1. Suku bangsa


Berdasarkan sejarah antropologi dijelaskan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunani dan China Selatan. Dan pada tahun 3000-5000 sebelum masehi banyak penduduk imigran berasal dari Submongoloid Asia menempati tanah Indonesia. Kemudian mereka bercampur dan tinggal bersama pribumi atau penduduk asli Indonesia.

Menurut Van Vollenhoven suku bangsa di Indonesia diklasifikasikan menjadi 19 kawasan antara lain Aceh, Bangka dan Belitung, Bali dan Lombok, Gorontalo, Minangkabau dan Mentawai, Kalimantan, Minahasa, Ambon, Sulawesi Selatan, Ternate, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Irian, Timor, Gayo Alas dan Batak, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Surakarta dan Yogyakarta, dan Toraja.

2. Bahasa


Indonesia adalah bangsa dengan rumpun bahasa Austronesia yaitu Australia dan Asia yang terdiri dari Austronesia barat dan Austronesia timur.

3. Religi


Indonesia memiliki keragaman kepercayaan atau agama. Indonesia memiliki 6 agama yang diakui antara lain Islam, Budha, Hindu, Konghucu, Katolik, dan Protestan.

4. Seni dan budaya


Selain yang dijelaskan sebelumnya di atas, Indonesia juga memiliki budaya dan seni yang sangat beragam dan berbeda satu dengan lainnya. misalnya ada seni tari, seni suara, seni musik, seni sastra, seni rupa, seni drama, dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan mengenai segala informasi seputar pengertian budaya dan keragaman budaya yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Artikel lainnya:
Pengertian Teknologi
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni
Pengertian Filsafat