PENGERTIAN SISTEM INFORMASI: Komponen, Jenis, Fungsi Dan Sistem

Apa Pengertian Sistem Informasi? Saat ini, di zaman milenial ini, sistem informasi telah menjadi suatu hal yang sangat penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam melakukan kebutuhan sehari – hari. Sistem informasi dianggap menjadi suatu hal yang sakral, yang mampu mengubah sebuah peradaban yang ada. Dengan sistem informasi yang baik, keadaan suatu wilayah dapat menjadi lebih baik daripada keadaan wilayah tersebut itu sebelumnya.

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

Dengan segala perkembangan jaman, pada akhirnya, sistem informasi terus menerus mengadakan gebrakan terbaru untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Nah, namun, sebelum Anda mengetahui lebih jauh mengenai sistem informasi, mari kita ketahui dulu beberapa hal mengenai pengertian sistem informasi. Simak informasi berikut ini ya!

Pengertian Sistem Informasi


Nah, pengertian sistem informasi sendiri terdiri dari beberapa pendapat. Namun, secara umum, sistem informasi sendiri memiliki definisi sebagai suatu sistem yang terdiri dari suatu hal yang dapat dijadikan sebagai penyedia informasi dalam masalah manajemen serta pengambilan keputusan atau kebijakan serta menjalankan operasional dari perpaduan orang – orang yang ada.

Namun, pengertian sistem informasi ini tidak hanya sampai disini saja, karena, dalam semakin majunya peradaban, banyak tokoh – tokoh terkemuka yang menyampaikan pendapatnya mengenai sistem informasi ini. nah, berikut ini adalah beberapa pengertian sistem informasi dan disertai dengan tokoh yang mengemukakannya.

Pengertian Sistem Informasi menurut John F. Nash


Menurut ahli bernama John F. Nash, Sistem informasi adalah suatu kombinasi yang dapat berupa manusia, fasilitas, atau bahkan peralatan dengan teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian yang memiliki tujuan agar jaringan komunikasi yang dianggap penting, proses serta transaksi tertentu yang rutin menjadi lebih tertata. Selain itu, sistem informasi juga dapat dilakukan untuk membantu manajemen serta pemakai dari internal dan juga eksternal serta menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat pula.

Robert A. Leitch


Menurut Robert A. Leitch, sistem informasi merupakan suatu sistem yang harus ada dalam suatu badan organisasi yang memiliki fungsi sebagai ajang pertemuan akan kebutuhan pengolahan transaksi harian, dukungan operasi, dan memiliki sifat manajerial serta strategi kegiatan organisasi yang menyediakan pihak – pihak dari luar tertentu dilengkapi dengan adanya laporan – laporan yang mungkin diperlukan.

Henry Lucas


Menurut Henry Lucas, sistem informasi sendiri merupakan sebuah kegiatan yang terdiri dari beberapa prosedur yang dapat disatukan dan diorganisasikan. Jika salah satu prosedur tersebut dieksekusi maka informasi akan dapat muncul serta mendukung adanya proses pengambilan keputusan dan juga pengendalian di dalamnya.

Alter


Menurut Alter, sistem informasi merupakan suatu tipe khusus dari sebuah sistem kerja dimana manusia ataupun mesin yang dapat melakukan pekerjaan dengan menggunakan suatu sumber daya untuk dapat memproduksi produk tertentu untuk para pelanggan.

Jogiyanto


Menurut Jogiyanto, pengertian sistem informasi adalah sebuah jaringan kerja dimana pada jaringan tersebut terdapat beberapa prosedur yang memiliki keterkaitan. Keterkaitan tersebut menjadikan adanya suatu kumpulan bersama – sama untuk melakukan sebuah kegiatan untuk dapat menyelesaikan suatu sasaran.

Sutabri


Menurut Sutabri, sistem informasi merupakan sebuah sistem yang ada didalam organisasi dimana organisasi berfungsi untuk mempertemukan kebutuhan adanya pengolahan transaksi harian yang dijadikan sebagai pendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial. Hal tersebut dilakukan dengan banyak strategi dari organisasi tersebut dan dapat menjadi penyedia untuk pihak luar dengan laporan – laporan yang lengkap jika diperlukan.

Gordon B. Davis ( 1991 : 8 )


Menurut Gordon B. Davis, pengertian sistem informasi adalah sistem yang dapat dijadikan sebagai penerima input data sebagai pemasok data dan instruksi, kemudian dapat juga sebagai pengolah data yang memiliki kesesuaian dengan instruksi dan hasilnya sendiri aan dikeluarkan.

Hanif Al – Fatta ( 2009 : 9 )


Menurut Hanif Al – Fatta, pengertian sistem informasi memiliki pengertian sebagai suatu kumpulan data yang teratur dan terorganisir beserta dengan tata cara dalam penggunaannya yang cakupannya lebih jauh dari pada hanya sekedar penyajian. Nah, dengan istilah ini, dapat menyiratkan bahwa sesuatu yang ingin dicapai dapat dilakukan dengan memilih jalan dan juga mengatur segala data dalam menyusun masalah tatacara dan penggunaannya.

K. Roscoe Davis dan Robert A. Leitch ( 1999 : 11 )


Menurut K. Roscoe Davis beserta Robert A Leitch, pengertian sistem informasi merupakan sistem yang terdapat dalam setiap organisasi yang dapat mempertemukan beberapa kebutuhan pengolahan mengenai transaksi harian, mendukung sistem operasi, bersifat manajerial serta memiliki strategi dalam setiap tahapan kegiatan suatu organisasi. Dan yang terpenting adalah dapat memberikan beberapa data apabila ada suatu pihak luar yang memintanya.

Kertahadi ( 2007 )


Menurut Kertahadi, pengertian sistem informasi adalah suatu alat untuk dapat digunakan sebagai penyaji data – data informasi dengan sedemikian rupa sehingga dapat memberi manfaat bagi para penerimanya. Nah, untuk tujuannya sendiri adalah sebagai pemberi informasi dalam sega perencanaan, permulaan, dan pengorganisasian operasional pada sebuah perusahaan yang memiliki pelayanan yang sinergi organisasi dalam proses pengendalian pengambilan keputusan.

Lani Sidharta ( 1995 : 11 )


Sistem informasi merupakan suatu sistem buatan manusia dimana pada sistem ini berisi beberapa himpunan yang terintegrasi dari beberapa komponen – komponen manual dan komponen – komponen terkomputerisasi yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan data – data, melakukan pemrosesan data, serta menghasilkan informasi yang berguna kepada para pemakai.

Rommey ( 1997 : 16 )


Nah, menurut Rommey, pengertian sistem informasi yang dapat diselenggarakan dengan menggunakan cara pengumpulan, pemasukkan, pengolahan, serta penyimpanan data yang terorganisir meliputi tahap penyimpanan, pengelolaan, pengendalian, serta laporan informasi dengan cara mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Leitch Rosses ( 2005 : 11 )


Menurut Leitch Rosses, sistem informasi adalah suatu sistem dimana sistem ini harus ada dalam setiap organisasi yang dapat mempertemukan segala kebutuhan pengelola transaksi harian, pendukung operasi, dan memiliki sifat manajerial juga berstrategi dalam setiap kegiatan organisasi.

Mc Leod


Menurut Mc Leod, Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem yang kemampuannya adalah sebagai pengumpul informasi dari berbagai sumber dan memilih media sebagai fasilitas dalam menampilkan informasi – informasi tersebut.

O ‘ Brien 2005, 5


Menurut O ‘ Brien, pengertian sistem informasi adalah sebuah kombinasi yang memiliki keteraturan dari segi apapun seperti orang – orang, hardware ( perangkat keras ), software ( piranti lunak ), jaringan komputer serta jaringan komunikasi dan database yang ada serta mengumpulkan , mengolah, dan menyebarkan informasi di dalam suatu organisasi yang ada.

Tafri D. Muhyuzir ( 2001 , 8 )


Menurut Tafri D. Muhyuzir ( 2001 , 8 ), pengertian sistem informasi merupakan sebuah data yang sengaja dikumpulkan, dan kemudian dikelompokkan serta diolah menjadi bentuk yang sedemikian rupa sehingga nantinya akan dapat menjadi suatu informasi yang berarti bagi para penerimanya.

Erwan Arbie ( 2002 : 35 )


Menurut Erwan Arbie ( 2002 : 35 ), Pengertian sistem informasi adalah sebuah sistem yang ada di dalam organisasi yang mempertemukan segala kebutuhan mengenai pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, memiliki sifat manajerial dan membantu suatu organisasi untuk mempermudah segala penyediaan bukti laporan yang diperlukan.

Komponen Sistem Informasi


Ilustrasi komponen sistem informasi

Nah, setelah Anda mengetahui sedikit banyak mengenai pengertian sistem informasi, kini Saatnya Anda mengetahui kiranya komponen apa saja yang ada pada setiap sistem informasi. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh komponen yang biasanya ada pada setiap sistem informasi.

Komponen Input


Nah, komponen yang ada pada sistem informasi yang pertama adalah komponen input. Sebenarnya, apa sih maksud dari komponen input ini? jadi, komponen input ini dimaksudkan pada suatu data yang memang diinput atau dimasukkan ke dalam suatu sistem. Nah, setelah data tersebut diinput atau dimasukkan, data akan di proses secara lebih lanjut untuk dapat memenuhi informasi yang diminta.

Komponen Model


Setelah sukses dengan komponen inputnya, maka langkah selanjutnya adalah proses dengan komponen model. Nah, untuk komponen model ini, Anda sudah memulai berpikir karena pada komponen ini memungkinkan Anda menggunakan sebuah teknologi canggih, dimana Anda akan membutuhkan bantuan prosedur, logika, serta pemodelan matematika agar nantinya hasil output dari data yang awalnya Anda masukkan dapat sesuai dengan keinginan Anda.

Komponen Output


Setelah melalui komponen model, kemudian, data di proses pada komponen output, dimana komponen output ini sendiri dimaksudkan untuk mengeluarkan hasil informasi yang sudah di olah dari awal penginputan. Informasi yang keluar pun biasanya merupakan informasi yang telah berkualitas dan dapat dijadikan sebagai suatu dokumentasi pada semua tingkatan manajemen.

Komponen Teknologi


Nah, setelah mengetahui 3 komponen awal, ada lagi yang bernama komponen teknologi. Nah, komponen teknologi memiliki fungsi sebagai sistem yang menjalankan fungsi model, melakukan penyimpanan dan akses data agar nantinya mendapatkan hasil yang berkualitas. Nah, untuk komponen teknologi ini memang lebih sering bertindak dan biasanya tersebar pada seluruh alur dari proses sistem informasi itu sendiri, mulai dari input sampai dengan nanti hasil outputnya akan keluar.

Komponen Basis Data


Selanjutnya adalah komponen basis data. Nah, komponen basis data ini merupakan sebuah data yang setelah dimasukkan atau di input, nantinya akan disimpan pada suatu tempat bernama basis data atau komponen basis data. Nah, dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa di dalam basis data atau komponen basis data tersebut, terdapat banyak kumpulan data yang memiliki kesinambungan dengan software dari pengolah database itu sendiri.

Komponen Kontrol


Nah, yang terakhir adalah komponen control. Nah, sesuai juga dengan namanya, komponen control ini memiliki tugas sebagai pengendali. Namun hal ini hanya dilakukan jika memang terjadi gangguan pada informasi dan data – data Anda, selebihnya komponen control ini tidak akan terlalu berdampak untuk keberlangsungan sistem informasi.

Contoh Sistem Informasi


Ilustrasi contoh sistem informasi

Nah, setelah Anda mengetahui mengenai pengertian sistem informasi dan juga komponen – komponen yang melengkapinya, ada baiknya Anda juga mengetahui mengenai contoh – contoh dari sistem informasi itu sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh sistem informasi yang dapat Anda temui sepanjang hidup Anda.

Sistem Informasi Knowledge Work System


Nah, sistem informasi ini memiliki arti yang berupa sistem informasi pengetahuan. Nah, sesuai dengan namanya, sistem informasi ini yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan ( knowledge ). Nah, ilmu pengetahuan yang dapat dimuat di dalam sistem informasi ini nantinya akan dapat diakses oleh para penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah yang ada.

Sistem Informasi Transaction Processing System


Sistem informasi ini merupakan jenis sistem informasi yang biasanya banyak digunakan oleh para organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional dengan frekuensi yang rutin. Contoh dari operasional rutin antara lain seperti pada saat melakukan transaksi keuangan, kemudian dalam proses registrasi ulang yang berkala dan lain sebagainya. Nah, segala kegiatan tersebut dapat dicatat dalam suatu database yang sudah terkomputerisasi.

Sistem Informasi Office Automation System


Sistem informasi jenis office automation system ini merupakan sistem informasi yang memiliki tugas untuk menggabungkan dari berbagai macam IT di dalam suatu jaringan dan nantinya akan dipusatkan pada suatu server yang ada. Nah, penggabungan dari peralatan – peralatan IT ini nantinya akan bertujuan untuk memudahkan serta memberikan segala efisiensi yang berhubungan dengan hal – hal komunikasi.

Fungsi Sistem Informasi


Ilustrasi fungsi sistem informasi

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis sistem informasi, nah Anda juga perlu mengetahui mengetahui berbagai fungsi yang ditujukan dari adanya sistem informasi, yaitu :
  1. Meningkatnya adanya aksesibilitas pada data – data agar dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk para penggunanya.
  2. Membuat perbaikan mengenai produktivitas aplikasi pengembangan dan juga proses pemeliharaan sistem.
  3. Menjamin ada ketersediaan kualitas dan juga keterampilan dalam melakukan pemanfaatan sistem informasi dengan kritis.
  4. Melakukan identifikasi terhadap kebutuhan mengenai keterampilan pendukung mengenai sistem informasi
  5. Menetapkan segala investasi yang nantinya akan diarahkan kepada sebuah sistem informasi.
  6. Melakukan pengembangan terhadap proses perencanaan yang efektif.

Selain itu, sistem informasi juga memiliki beberapa ciri – ciri yang perlu Anda ketahui, berikut ini adalah beberapa ciri – ciri yang perlu Anda ketahui, antara lain :

Baru


Sistem informasi harus bersifat baru dan segar untuk para penerima informasi berikut. Sebab, penerima informasi tentunya menginginkan untuk mendapatkan informasi yang baru dan terkini sehingga dapat digunakan sebagai bantuan informasi pada saat itu atau di kemudian hari.

Tambahan


Sistem informasi haruslah menambah segala informasi pada hari – hari selanjutnya untuk dapat melengkapi segala informasi yang telah ada. Sehingga penerima informasi tentunya memiliki pengetahuan dan informasi yang bertambah pula.

Kolektif


Sistem informasi haruslah kolektif dan juga harus menjadi sebuah koreksi apabila suatu saat di hari sebelumnya, terdapat penyebaran informasi yang salah dan tidak sesuai dengan apa yang ada di kenyataan lapangan.

Penegas


Sistem informasi juga memiliki fungsi sebagai penegas, dimana dengan adanya sistem informasi dapat menegaskan suatu informasi yang telah banyak beredar.

Itu dia beberapa hal yang berhubungan mengenai pengertian sistem informasi, komponen, jenis, serta fungsi dari sistem informasi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda.