Pengertian Internet, Sejarah Singkat, Fungsi, dan Manfaatnya

Sudah tau apa itu Pengertian Internet? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah internet. Sebagai bagian dari perkembangan teknologi, terutama di bidang komunikasi, internet saat ini telah memainkan peran yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari manusia di berbagai penjuru dunia.

Pengertian Internet
Ilustrasi Internet
Dengan internet, Anda bisa mengakses informasi dengan cepat, mudah, dan praktis, dan dapat berkomunikasi dengan siapapun dari berbagai tempat di dunia dengan biaya yang jauh lebih ekonomis.

Nah, di bawah ini adalah panduan lengkap tentang internet, dimulai dari pengertian internet, baik itu secara umum maupun pengertian internet menurut para ahli. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang sejarah perkembangan internet, di dunia serta di Tanah Air, serta beragam manfaat yang selama ini bisa Anda rasakan berkat adanya teknologi modern yang satu ini.

Selamat membaca dan semoga informasi berikut ini bermanfaat bagi Anda!

Definisi Internet


Istilah internet merupakan gabungan dari interconnection dan networking. Pengertian internet secara umum sendiri merujuk pada sebuah jaringan komunikasi dunia yang menghubungkan berbagai jaringan komputer secara terbuka dengan memanfaatkan sistem standar global yang disebut dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Selain definisi tersebut, ada juga yang menjelaskan pengertian internet sebagai International Network, yaitu jaringan yang menghubungkan seluruh jenis perangkan komputer di dunia dengan menggunakan telepon, satelit, maupun tipe komunikasi lainnya. Dan seiring dengan perkembangannya, seperti yang sudah Anda ketahui dengan sangat baik dan alami sendiri, internet tak lagi sekadar menghubungkan perangkat komputer, tapi juga perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Di atas, sudah disinggung secara sekilas di dalam pengertian internet bahwa kata “internet” merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Maksudnya adalah bahwa berbagai perangkat yang terhubung dengan internet akan mempunyai identitas unik, yaitu Internet Protocol Address alias IP Address, atau alamat IP. Masing-masing perangkat akan memiliki alamat IP yang unik, dan alamat tersebut adlaah sebuah kombinasi angka sebagai identitas perangkat tersebut pada sebuah jaringan internet.

Dan berikut ini adalah pengertian internet berdasarkan pendapat beberapa ahli


1. Menurut Sibero.


Pengertian internet menurut Sibero adalah sebuah jaringan yang menghubungkan berbagai komputer secara global atau mendunia. Ia pun menjelaskan dengan lebih jauh soal internet, yang juga dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan alam, atau jaringan yang sangat luas.

2. Menurut Sarwono.


Pengertian internet menurut Sarwono adalah sebuah kelompok jaringan dengan skala global, yang mana tak seorang pun memiliki tanggung jawab untuk menjalankan internet tersebut sendiri.

3. Menurut Berners Lee.


Pengertian internet menurut Berners Lee adalah sebuah jaringan yang terdiri atas beberapa jaringan. Pengertian internet yang ia jabarkan merujuk pada sebuah konsep yang mana suatu jaringan komputasi maupun jaringan lokal tertentu pun dapat terhubung di dalam jaringan lainnya.

4. Menurut Ned Snell.


Pengertian internet menurut Ned Snell adalah sebuah koridor untuk beragam jenis sumber daya yang ada pada koridor tersebut, dan masing-masing dari sumber daya tersebut dapat diakses lewat berbagai perangkat.

5. Menurut Onno W. Purbo.


Pengertian internet menurut Onno W. Purbo adalah sebuah media yang dimanfaatkan untuk membuat proses komunikasi menjadi efisiensi, yang menggunakan bermacam aplikasi untuk saling menghubungkan para penggunanya, seperti e-mail, web, dan VoIP.

6. Menurut Lani Sidharta.


Pengertian internet menurut Lani Sidharta adalah sebuah bentuk interjaringan (interkoneksi) dari suatu jaringan komputer, yang mana mampu menyediakan bentuk layanan informasi yang lengkap. Lebih jauh lagi, Lani juga menjelaskan bahwa internet adalah suatu rekan virtual atau maya yang ampuh, dan biasa dimanfaatkan dalam beragam media, seperti politik dan bisnis, atau bahkan untuk media hiburan saja.

7. Menurut O’Brien.


Pengertian internet menurut O’Brien adalah suatu jaringan komputer yang perkembangannya sangat pesat, dan memiliki manfaat untuk beragam jenis kepentingan. Misalnya kepentingan pendidikan, bisnis, bahkan untuk dimanfaatkan dalam jaringan pemerintahan yang saling terhubung antara satu dengan yang lain.

Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia


Setelah penjabaran berbagai pengertian internet di atas, berikut ini adalah sejarah internet dan perkembangannya hingga akhirnya berkembang menjadi sebuah elemen penting di dalam kehidupan manusia di era sekarang ini.

Komputer zaman dahulu
Internet yang kita kenal saat ini berakar dari proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), sebuah jaringan komputer yang dikembangkan ARPA di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 silam. Dari proyek ARPANET itu, diperoleh temuan bahwa software atau perangkat lunak berbasis UNIX bisa berpadu dengan hardware atau perangkat keras.

Para pengembang yang terlibat pun mulai menyadari bahwa temuan tersebut akan sangat membantu memudahkan komunikasi jarak jauh manusia lewat saluran telepon, meskipun proyek ini pada mulanya dikembangkan hanya untuk kebutuhan militer.

Seluruh standar yang dikembangkan pada proyek ARPANET menjadi titik tolak terbentuknya protocol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP. Dan seperti yang sudah disebut sebelumnya, proyek ini awalnya dijalankan untuk kepentingan militer, terutama untuk meminimalisir ancaman serangan nuklir dan mencegah terbatasnya persebaran informasi penting.

Pada tanggal 5 Desember 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk pertama kalinya menghubungkan 4 jaringan komputer yang lokasinya berbeda-beda, yaitu di UCLA (University of California, Los Angeles), UCSB (U.C. Santa Barbara), Stanford Research Institute, dan University of Utah. Demonstrasi tersebut membuat banyak universitas di Amerika yang ingin bergabung juga di dalam proyek tersebut, hingga akhirnya ARPA kewalahan.

Hal tersebut mendorong Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membagi proyek ARPANET ke dalam dua bagian di tahun 1984: MILNET (Military Network) yang dikhususkan untuk kebutuhan militer, dan ARPANET yang fokus pada kepentingan komunitas riset akademis atau non-militer. Seiring berlalunya waktu, ARPA berganti nama menjadi DARPA (Maret 1972), ARPA (Februari 1993), dan kembali lagi menjadi DARPA (Maret 1996).

Hal lain yang tak lepas dari perkembangan internet adalah perkembangan WWW atau World Wide Web oleh Leonard Kleinrock. Selain itu, ada berbagai peristiwa penting lainnya yang berperan penting di dalam sejarah perkembangan internet di dunia, dan akan dijelaskan dalam timeline atau linimasa berdasarkan tahunnya di bawah ini.

Tahun 1959-1959

Proyek ARPA dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai tindakan pemerintah AS dalam menghadapi ancaman Uni Soviet di tengah Perang Dingin yang tenga berlangsung.

Tahun 1960

Seorang peneliti bernama Paul Baran mengembangkan konsep yang berperan penting dalam perkembangan internet, yaitu konsep packet switching.

Tahun 1961

Seorang ilmuwan komputer bernama Laonard Kleinrock menulis artikel ilmiah berjudul “Information Flow in Large Communication Nets” yang juga berisi tentang ARPANET.

Tahun 1962

Seorang psikolog bernama J.C.R. Licklider menerbitkan konsep terhubungnya berbagai komputer satu sama lain secara luas untuk pertukaran data, program, dan informasi.

Tahun 1965

Thomas Merrill dan Lawrence G. Roberts berhasil menghubungkan dua komputer di MIT Lincoln Lab dengan memanfaatkan teknologi packet switching melalui kabel telepon, yang juga dikembangkan dengan bantuan ARPA. Di tahun yang sama, istilah “hypertext” diperkenalkan oleh Ted Nelson.

Tahun 1968

Tymnet, sebuah jaringan komunikasi data internasional berbasis di California, didirikan. Tymnet mengadaptasi berbagai teknologi untuk menghubungkan berbagai komputer atau server para perusahaan besar, institusi pendidikan, dan agensi pemerintah. Teknologi yang diadaptasi termasuk packet switching, SNA/SDLC, virtual card, dan ASCII.

Tahun 1971

Jumlah jaringan komputer yang terkoneksi di bawah jaringan milik ARPANET bertambah menjadi 23 dengan fungsi untuk riset dan dimiliki intansi pemerintah AS dan berbagai universitas.

Tahun 1972

Ilmuwan bernama Vint Cerf, yang kemudian dikenal sebagai Bapak Internet, membangun kelompiok bernama INWG (International Network Working Group) yang bertujuan membantu mengembangkan teknologi jaringan komputer.

Tahun 1972-1974

Jumlah layanan yang mendaftar ke ARPANET memabfaatkan jaringan dial-up bertambah, termasuk The New York Times, DataBaank, SDC Orbit, dan sebagainya.

Tahun 1973

Istilah “Internet” muncul untuk pertama kalinya. Pada tahun yang sama, berbagai universitas dari luar AS ikut bergabung ke dalam ARPANET, termasuk University College of London (Inggris) dan Royal Radar Establishment (Norwegia).

Tahun 1974

Vint Cerf dan Bob Kahn memperkenalkan detail spesifikasi dari Transmission Control Protocol (TCP) du dalam artikel ilmiah berjudul “A Protocol for Packet Netwoek Interconnection”. Pada tahun yang sama, Telenet sebagai penyedia layanan internet (ISP) pertama didirikan dan beroperasi. Telenet merupakan ARPANET versi komersial.

Tahun 1976

Ratu Elizabeth II mengirimkan e-mail untuk pertama kalinya.

Tahun 1977

Jumlah jaringan internet yang terhubung di bawah jaringan milik ARPANET bertambah menjadi 111.

Tahun 1978

Protocol TCP dikembangkan dan akhirnya terbagi ke dalam dua bagian: Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, atau yang juga biasa disingkat dengan istilah TCP/IP.

Tahun 1979

Usenet, kelompok diskusi yang dikembangkan Tom Truscott dan Jim Ellis, muncul. Keduanya adalah mahasiswa program pascasarjana dari Duke University. Pengguna Usenet semakin banyak seiring dengan berjalannya waktu. Di tahun yang sama, penggunaan emoticon diusulkan untuk pertama kalinya oleh Kevin McKenzie.

Tahun 1980-1981

PC alias komputer pribadi sudah semakin banyak digunakan dan telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama di AS. Hal tersebut pun menyebabkan terjadinya lonjakan jumlah komputer yang terhubung di bawah jaringan ARPANET, yang mencapai angka 213. Pada periode yang sama, layanan BITNET (Because It’s Time Network) mulai menawarkan layanan FTP (File Transfer Protocol), e-mail, dan mailing list.

Tahun 1982

Departemen Pertahanan Amerika Serika menetapkan TCP/IP sebagai standar untuk ARPANET. Dan hal inilah yang menjadi cikal bakal pengertian internet, yang didefiisikan sebagai sekelompok jaringan dengan TCP/IP yang dimanfaatka sebagai protocol. Di tahun ini, name server juga dikembangkan. Tercatat, pada periode ini sudah ada lebih dari 1.000 host yang tersambung ke internet.

Tahun 1983

Domain Name System atau DNS diperkenalkan untuk pertama kali ke public, dengan peran untuk mempermudah sistem pemberian nama alamat yang terdapat di jaringan komputer agar dapat diingat dengan lebih mudah. Maka dari itu, pemberian nama website dengan .com, .org, .net, .info, dan sebagainya diperkenalkan juga.

Tahun 1985

Domain pertama didaftarkan, yatitu symbolics.com, pada 15 Maret 1985. Domain tersebut dimiliki perusahaan Symbolics Computer Crop yang berbasis di AMssachusetts, AS.

Tahun 1990

HTML atau HyperText Markup Language dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dari European Organization for Nuclear Research pada periode ini/

Tahun 1992

Konten video dan audio disebarkan lewat internet untuk pertama kalinya, pun dengan istilah “surfing the web” atau “berselancar di dunia maya”.

Tahun 1993

Jumlah website yang mengudara bertambah pesat hingga mencapai angka 600, termasuk website pemerintah Amerika Serikat (White House) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations (PBB/UN). Pada tahun ini, web browswer (perambah web) juga dikembangkan, yang awalnya bernama Mosaic Web Browser dan dikembangkan Marc Andreesen di University of Illinois. Dan jumlah komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet bertambah menjadi sekitar 2 juta.

Tahun 1994

Dua mahasiswa dari Stanford University, Jerry Yang dan David Filo, mendirikan dan mengembangkan Yahoo! sebelum akhirnya didirikan secara resmi di tahun berikutnya.

Tahun 1995

Situs seperti Amazon.com, Craigslist, da eBay muncul. Selain itu, muncul pula layanan virtual bank dan situs kencan online seperti Match.com.

Tahun 1996

Microsoft dan Netscape bersaing di bidang web browser dengan produk andalan masing-masing, Internet Explorer (Microsoft) dan Navigator (Netscape).

Tahun 1998

Google muncul untuk pertama kalinya, dan telah memengaruhi kehidupan manusia setiap hari sampai sekarang.

Tahun 2000

Adanya serangan DoS (denial of service) yang juga menimpa Yahoo! dan eBay membuat masyarakat menyoroti kelemahan dalam jaringan internet.

Tahun 2003-2006

Berbagai situs besar dan layanan yang namanya masih familiar sampai sekarang bermunculan, termasuk Skype, Safari Web Browser, WordPress, Facebook, Mozilla Firefox, YouTube, Reddit,dan Twitter.

Tahun 2009-Sekarang

Angka pengguna internet meningkat pesat dari waktu ke waktu, termasuk angka pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Lonjakan tersebut juga dikarenakan rilisnya iPad oleh Apple Inc. sehingga para pengguna internet dapat mengakses layanan tersebut dengan makin mudah dan nyaman.

Fungsi Internet untuk Masyarakat


Ada berbagai fungsi yang diberikan dengan adanya internet. Dan beragam fungsi tersebut dapat dirangkum menjadi beberapa poin penting berikut ini.

1. Sebagai media komunikasi.


Ilustrasi fungsi internet
Tak perlu dipertanyakan lagi, pengertian internet dan fungsinya mengacu jelas pada kegunaannya sebagai media komunikasi yang menghubungkan individu satu dengan individu lain di penjuru dunia. Apalagi, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sarana untuk berkomunikasi lewat internet pun makin mudah diperoleh dan variatif, baik itu perangkatnya sendiri (komputer/laptop, smartphone) dan aplikasi perpesanan atau media sosial.

2. Sebagai media untuk mengakses informasi.


Dengan adanya internet, Anda bisa mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, buku, majalah, atau koran tak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan, apalagi dengan berkembangnya e-Book maupun versi digital dari media cetak, termasuk koran dan majalah.

3. Sebagai media untuk bertukar sumber daya.


Selain berinteraksi dan mengakses informasi, internet juga mempermudah masyarakat dunia untuk berbagi dan bertukar konten atau sumber daya yang mereka miliki, seperti tulisan, jurnal ilmiah, video, foto, desain, dan sebagainya. Karena itu, tidak mengherankan jika internet pun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menawarkan jasa atau keahlian yang mereka miliki. Hal ini juga mendorong perubahan dalam lingkungan kerja juga, karena kerja kantoran sudah tak lagi jadi satu-satunya opsi yang dimiliki masyarakat.

Manfaat Internet


Ilustrasi manfaat internet

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang sudah Anda dan orang-orang rasakan dengan adanya internet.
  1. Komunikasi yang lebih cepat.
  2. Wawasan dan pengetahuan yang makin luas.
  3. Kemudahan untuk berbelanja dengan berkembangnya dunia bisnis e-commerce.
  4. Kemudahan untuk memasarkan bisnis atau produk.
  5. Sarana hiburan.
  6. Kemudahan untuk mengakses informasi.
Itulah artikel lengkap yang membahas pengertian internet, sejarah singkat internet, fungsi internet, dan manfaat internet bagi kehidupan dunia ini. Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang internet.