PENGERTIAN WEBSITE: Jenis, Manfaat Dan Unsur Website

Sudah tau apa itu Pengertian Website? Dengan perkembangan zaman pada saat ini, teknologi memang sudah semakin canggih dan sudah banyak orang yang membuat website untuk berbagai macam keperluan, baik itu untuk bisnis, pekerjaan dan lainnya.

Namun, tahukah Anda apa itu arti website dan apa saja jenis serta manfaatnya? Tentu saja mungkin Anda bisa mengetahui secara sekilas mengenai pengertian dari website. Namun, untuk mendalami informasi tersebut, maka Anda bisa melihatnya disini.

Pengertian Website


Pengertian website merupakan suatu kumpulan halaman yang ada pada sebuah domain di internet yang memang khusus dibuat sesuai dengan tujuan tertentu dan pastinya dapat dihubungkan serta diakses secara luas melalui home page ataupun halaman depan pada sebuah browser.

Pengertian Website

Tak hanya itu saja, jika Anda ingin membuat usaha di bidang online, website sekolah, website kantor dan lainnya, tentu Anda juga akan menggunakan cara yang seperti sehingga masyarakat bisa mengetahui lebih jelas mengenai website Anda.

Tak hanya itu saja, pada umumnya website tersebut atau disebut juga dengan web memang merupakan sebuah sekumpulan halaman yang memang terdiri langsung oleh beberapa halaman dan juga berisikan informasi-informasi dalam bentuk digital seperti tulisan (teks) ataupun gambar animasi yang memang disediakan langsung di dalam internet.

Nah, jika Anda sudah memiliki website maka website Anda dapat di akses oleh banyak orang bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia dengan melalui koneksi internet.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai pengertian website, Anda bisa melihatnya seperti berikut ini mengenai pengertian website menurut para ahli.

Pengertian Website Menurut Para Ahli


1. Wahana Komputer


Pengertian website yang pertama yaitu dikemukakan oleh Wahana Komputer. Dimana web merupakan sebuah bentuk interaktif komunikasi yang memang digunakan langsung di dalam jaringan komputer.

2. Suwanto Raharjo


Berikutnya ada juga pengertian website menurut Suwanto Raharjo. Dimana layanan web merupakan salah satu internet paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan layanan yang lainnya yaitu seperti Gopher, News, Ftp atau bahkan Email.

Lihat juga:
Pengertian Teknologi
Pengertian Database

3. Boone (Thomson)


Boone (Thomson) berpendapat bahwa pengertian website adalah suatu kumpulan grafis yang memiliki kaya akan sumber daya yang memang saling berhubungan langsung satu sama lain pada sebuah internet yang lebih besar.

4. Ali Zaki & Smitdev Community


Pada poin ini ada juga dikemukakan oleh Ali Zaki & Smitdev Community mengenai pengertian website. Dimana pengetian web merupakan beberapa kumpulan pada halaman website yang memang terdapat langsung pada satu domain, dua bahkan lebih pada halaman web tersebut.

5. Bekti


Yang terakhir ada juga dikemukakan oleh Bekti. Dimana pengertian website sendiri adalah suatu kumpulan halaman yang digunakan langsung untuk menampilkan sebuah informasi teks, gambar yang bersifat bergerak atau diam, suara, animasi hingga gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis ataupun dinamis yang nantinya dapat membentuk suatu rangkaian bangunan yang memang saling terkait satu sama lain serta di hubungan dengan jaringan-jaringan pada suatu halaman web.

Jadi itulah, ada beberapa pengertian website yang dapat Anda lihat seperti diatas jika menurut para ahli. Namun, selain dari pengertian web tersebut, maka Anda juga dapat melihat juga mengenai jenis-jenis website sebagai pelengkap informasi yang dapat Anda ketahui juga.

Jenis-Jenis Website



Website memang merupakan sebuah media yang dapat menampilkan berbagai informasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada awal kemunculan website ini, hanya informasi yang berupa tulisan saja. Akan tetapi semakin berkembangnya jaman, maka semakin canggih saja sudah. Untuk saat ini tidak hanya informasi dalam bentuk tulisan saja, tetapi untuk saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan dengan sebaik mungkin.

Untuk itu, selain pengertian website yang sudah Anda lihat sebelumnya di atas, maka berikut ini Anda juga bisa melihat beberapa jenis-jenis dari website yang dapat Anda temukan untuk saat ini. Apa saja itu, berikut dapat Anda lihat seperti di bawah ini:

1. Website Pribadi


Untuk jenis website yang pertama yaitu website pribadi. Dimana untuk layanan website tersebut sudah banyak tersedia sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman, baik itu mulai yang gratis hingga layanan berbayar. Selain itu, biasanya untuk layanan gratis Anda bisa menggunakan seperti alamat website ini yaitu www.namalayananwebsite.com/unsernameanda ataupun Anda juga bisa menggunakan www.namawebsiteanda.blogspot.com.

Namun, jika Anda ingin menggunakan alamat website seperti diatas maka tidak disarankan kepada Anda yang memang ingin memiliki konten-konten yang lengkap, seperti video dan banyak gambar. Mengapa demikian? karena pada biasanya penyedia layanan website yang gratis seperti ini tentu akan memberikan resource yang terbilang cukup terbatas sehingga Anda tidak bisa menggunakan konten secara lengkap. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan konten yang lengkap maka Anda bisa memilih layanan website berbayar.

Tak hanya itu saja, untuk alamat website juga akan sangat sulit sekali bersaing pada mesin pencari. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan halaman website Anda di nomor satu pada mesin pencari maka Anda bisa membuat website dengan cara menggunakan jasa layanan penyedia hosting dan juga domain sehingga website Anda bisa dibuat dengan secara maksimal dan terbaik.

Lihat juga:
Pengertian Seni
Pengertian Jaringan Komputer

2. Website Untuk Toko Online


Berikutnya ada juga website toko online. Dimana seperti yang Anda ketahui dan lihat bahwa website toko online untuk saat ini sudah sangat banyak sekali. Tentu berbagai macam desain website yang telah dibuat sehingga dapat menarik para pengunjungnya. Untuk itu, jika Anda memiliki bisnis online dan ingin membuatnya maka Anda bisa membuatnya dengan nyaman. Disini Anda bisa menggunakan jasa penyedia layanan website untuk membuat sebuah web untuk toko online Anda. Jika Anda mempercayakan kepada jasa maka sang jasa akan membuat website toko online Anda sesuai dengan keinginan Anda dan yang pastinya sangat keren. Namun, jika Anda ingin membuatnya dengan layanan gratis maka Anda juga bisa mencari caranya di internet mengenai tutorial membuat toko online secara gratis bagi pemula.

3. Blog


Blog merupakan sebuah website yang biasanya memang diisi oleh berbagai macam informasi baik itu seputar pengetahuan, pengalaman penulis, ide dan lainnya. Untuk saat ini, Anda juga bisa dapat melihat ada banyak blog dengan konten-konten yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda semua baik itu mengenai konten pengetahuan, hiburan dan lainnya. Tujuan dibuat blog ini memang tidak ada lain yaitu hanya berbagi pengetahuan saja untuk para pengguna internet. Namun hal ini tentu tetap berhubungan langsung dengan web hosting, internet marketing serta yang lainnya.

Selain itu, untuk artikel yang memang diterbitkan untuk setiap blog tentu sangat berbeda-beda, baik itu mulai satu hari hanya satu artikel ataupun bisa saja satu artikel dalam satu minggu. Hal-hal seperti ini tentu tergantung dengan kualitas artikel yang memang dibuat oleh penulis dan juga jumlah penulisnya. Nah, jika Anda memang tertarik dengan blog maka Anda bisa membuatnya dengan nyaman, baik itu secara gratis ataupun berbayar. Untuk caranya Anda bisa mencari tahu di internet sehingga Anda bisa mengikuti dan membuatnya dengan mudah.

Manfaat Website dan Fungsinya



Jika berbicara dan membahas masalah pengertian website tentu sangat banyak sekali. Nah, bagaimana dengan manfaat website dan fungsinya? Tentu hal-hal seperti ini Anda juga sangat penting sekali untuk diketahui bukan? Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan website untuk saat ini memang sudah banyak sekali.

Tak hanya untuk web toko online saja, akan tetapi untuk saat ini sudah ada banyak perusahaan ataupun website sekolah terkenal lainnya yang menggunakan website sehingga masyarakat bisa melihat dan mengaksesnya dengan mudah terlebih lagi dalam mencari informasi mengenai perusahaan ataupun sekolah tersebut.

Nah, pasti Anda penasaran bukan dengan manfaat yang ditawarkan oleh website dan fungsinya. Untuk itu, langsung saja Anda melihatnya seperti berikut ini:

1. Sebagai Media Iklan


Website memang memiliki banyak manfaat dan keuntungan jika Anda melihatnya yaitu sebagai media iklan. Hal ini tentu dapat membantu Anda terlebih lagi bagi Anda yang memiliki produk yang ingin dijual. Jika Anda membuat website ini, maka produk Anda bisa dipasarkan dengan baik dan semua orang dapat melihatnya mengenai produk yang Anda tawarkan. Tak hanya itu saja, sebenarnya ada begitu banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan sebuah iklan produk pada internet. Sebagai contohnya yaitu melalui media sosial seperti facebook, instagram dan lainnya. Dimana media sosial ini menyediakan layanan seperti penawaran pemasangan iklan yang dapat Anda coba.

Lihat juga:
Pengertian Kewirausahaan
Pengertian Akuntansi

2. Murah dan Terjangkau


Mungkin Anda memang sering sekali melihat dengan berbagai jenis iklan yang telah ditampilkan melalui media televisi, media cetak, radio dan lainnya serta harga yang ditawarkan tentu tidaklah murah. Namun, jika berbicara masalah pemasangan iklan tentu hal ini merupakan jalan dan hal yang sangat penting sekali terlebih lagi jika Anda ingin mempromosikan produk Anda dan lainnya. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan tentu memang tidak sedikit dan itu dapat menguras isi kantong Anda juga nantinya. Akan tetapi jika Anda memang memiliki sebuah website perusahaan ataupun website pribadi, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan pemasangan iklan.

3. Kepuasan Para Pelanggan


Seperti yang Anda lihat di atas dimana pengertian website merupakan sebuah halaman yang memang menyajikan berbagai macam informasi yang berguna untuk para pengguna internet, baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, video, suara dan lainnya yang diletakkan langsung pada sebuah halaman di dalam website. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan promosi mengenai produk Anda atau yang lainnya, tentu Anda membutuhkan website ini bukan?

Dengan adanya website ini maka para pengguna website dapat melihat berbagai macam informasi sesuai dengan yang mereka cari terlebih lagi mengenai sebuah produk. Biasanya pihak pembeli akan melakukan sebuah pencarian informasi mengenai produk yang dicarinya melalui internet. Untuk itu, apabila website Anda memang sudah menampilkan informasi mengenai produk dengan secara lengkap maka bisa membuat para calon pembeli dapat tertarik dan bisa saja melakukan pemesanan.

Oleh sebab itu, hal-hal seperti ini tentu sangat perlu diperhatikan sehingga para pengguna internet atau calon pembeli bisa mengetahui informasi produk tersebut dengan secara lengkap. Tak hanya itu saja, dengan adanya website yang menjual berbagai macam produk maka calon pembeli tidak perlu harus ke toko lagi dan mereka bisa membeli melalui website Anda dengan nyaman.

Unsur-Unsur Website



Dalam membuat website tentu Anda harus melihat akan unsur penunjangnya. Dimana tanpa adanya unsur seperti ini maka website yang Anda buat tidak akan dapat diakses dengan baik. Oleh karena itu, disini Anda tidak hanya melihat pengertian website saja akan tetapi unsur-unsur website juga penting dan perlu diketahui.

1. Nama Domain


Unsur website yang pertama yang dapat Anda lihat yaitu nama domain. Dimana nama domain ini memang sangat penting sekali manfaatnya untuk website. Mengapa tidak? Nama domain ini merupakan sebuah alamat yang nantinya digunakan untuk dapat menemukan website Anda di dunia internet. Seperti contoh yang dapat Anda lihat yaitu http://www.namawebsite.co.id. Tak hanya itu saja, jika berbicara masalah nama domain untuk saat ini memang sudah banyak diperjualbelikan sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Selain itu, untuk nama domain ini juga memiliki indentifikasi ekstensi sesuai dengan akhirannya yang nantinya digunakan langsung sesuai kepentingan dan juga lokasi mengenai keberadaan website Anda tersebut. Sebagai contoh yaitu seperti co.id, ac.id, go.id, or.id, mil.id, sch.id, web.id dan war.net.id. Namun, selain berekstensi dengan lokasi negara Indonesia maka ada juga beberapa ekstensi internasional yang dapat Anda lihat yaitu seperti net, com, biz, name, org, info dan ws.

2. Terdapatnya Web Hosting


Web hosting ini disebut juga sebagai rumah penyimpanan untuk data base yaitu seperti teks, video, gambar dan juga lainnya yang dihasilkan langsung pada sebuah website. Web hosting ini juga sama pentingnya dengan domain jika Anda ingin membuat sebuah website. Untuk mendapatkan web hosting ini Anda bisa mendapatkannya dengan cara menyewanya dari para jasa yang menyediakan layanan web hosting. Tidak hanya itu saja, web hosting ini tersedia berbagai macam jenis yang dapat Anda pilih dan pastinya sesuai dengan kebutuhan website Anda.

3. Konten Website


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya konten website bukan? Konten website ini yaitu merupakan sebuah isi yang terdapat dari sebuah website yang Anda buat. Jika Anda memiliki dan membuat website hal ini sangat penting sekali. Mengapa tidak? Karena jika Anda tidak memiliki konten website maka para pengunjung tidak bisa menemukan apapun dari website Anda. Sebagai contoh yang dapat Anda lihat yaitu website toko online.

Dimana jika Anda membuat sebuah website toko online, sudah pasti yang Anda lakukan adalah mengupload semua isi konten dengan berbagai macam produk yang Anda tawarkan, dengan begitu para pengguna internet dapat mengetahui dengan pasti serta jelas mengenai produk yang Anda tawarkan. Tak hanya itu saja, isi konten juga harus ditulis dengan secara menarik sehingga para pengguna internet yang melihatnya dapat lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan sehingga mereka juga bisa membelinya di website Anda. Oleh karena itu, hal-hal seperti ini sangat penting sekali diperhatikan dengan baik.

Nah, itulah ada beberapa informasi yang dapat Anda lihat mengenai pengertian website, jenis, manfaat dan juga unsur-unsur website. Untuk itu, dengan adanya informasi seperti ini diharapkan untuk Anda bisa membuat website dengan isi-isi konten yang menarik dan pastinya sangat berguna untuk para pengguna internet lainnya.

Artikel lainnya:
Pengertian Filsafat
Pengertian Negara
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba