PENGERTIAN SENI: Jenis dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Apa itu Pengertian Seni? Kehidupan manusia tak bisa dilepaskan dari seni. Mulai dari zaman presejarah hingga zaman modern seperti saat ini, seni selalu menjadi bagian dari perkembangan peradaban. Keberadaannya tak bisa dilepaskan dari berbagai aspek kehidupan.

Seiring dengan perkembangannya, ada beberapa arti seni yang diungkapkan oleh para ahli.

Pengertian seni


Pengertian Seni Menurut Para Ahli


Setiap ahli memiliki konsep berbeda mengenai pengertian seni. Tapi, secara umum seni bisa diartikan sebagai apa saja yang diciptakan oleh manusia dan memiliki unsur keindahan. Karena keindahan bersifat objektif, keindahan di sini yang dimaksud adalah keindahan yang mampu membangkitkan suatu perasaan baik pada diri pencipta seni tersebut maupun pada orang lain yang melihatnya. Bisa dikatakan seni merupakan suatu produk dengan nilai keindahan yang mampu membangkitkan rasa senang bagi siapapun yang melihatnya.

Menurut arti katanya, seni diambil dari bahasa Sansekerta “Sani” yang artinya pemujaan atau persembahan. Hal ini terkait dengan penggunaan seni pada upacara adat maupun upacara keagamaan yang akhirnya membuat seni disebut sebagai kesenian daerah. Sedangkan pengertian seni menurut para ahli dijabarkan seperti berikut ini :

Seni Menurut Padma Pusphita


Padma Pushpita menjabarkan seni diambil dari bahasa Belanda “Genie” yang artinya dalam bahasa latin adalah “genius”. Seni dalam hal ini dikaitkan dengan bakat atau kemampuan yang dimiliki seseorang sejak lahir. Orang yang memiliki kemampuan ini disebut juga sebagai seniman.

Seni Menurut Aristoteles


Aristoteles mengungkapkan seni merupakan bentuk yang tampilannya tak pernah menyimpang dari kenyataan. Pengertian seni ini serupa dengan apa yang disampaikan oleh Plato bahwa seni meniru alam “Art Imitates Life”. Hal ini cukup masuk akal karena sebagian besar karya seni saat ini terinspirasi dari alam terutama dalam penerapan seni rupa.

Seni Menurut Thomas Munro


Pengertian seni menurut Thomas Munro adalah suatu sarana atau alat yang dibuat manusia. Alat ini dengan tujuan untuk menimbulkan efek-efek psikologis bagi siapapun yang melihatnya. Arti seni ini mendekati arti seni secara umum yang membuat manusia lain yang mengamati seni akan merasakan “sesuatu”.

Seni Menurut James Murko


Menurut James Murko, seni merupakan suatu rasa indah yang dilahirkan melalui perantara alat komunikasi agar bisa ditangkap oleh panca indera. Rasa indah ini ada di dalam jiwa setiap manusia dan bisa dinikmati melalui indra penglihat (seni lukis), indra pendengar (seni suara) atau dengan perantaraan gerakan seperti seni tari dan seni drama.

Seni Menurut Herbert Read


Herbert Read berpendapat bahwa pengertian seni merupakan ekspresi dari hasil pengamatan maupun pengalaman yang berkaitan dengan aktivitas fisik, perasaan dan psikologis ke dalam suatu bentuk hasil karya. Hasil karya ini nantinya bisa dinikmati oleh orang lain dan diharapkan bisa memunculkan suatu perasaan atau pemahaman mengenai apa yang dirasakan oleh pencipta karya seni tersebut.

Lihat juga:
Pengertian Pajak
Pengertian Pancasila

Seni Menurut Hilary Bel


Hilary Bel menjabarkan pengertian seni lebih sederhana yakni sebutan yang diterapkan pada semua ciptaan yang bisa menggugah hati para penikmatnya untuk mengetahui siapa pencipta seni tersebut.

Seni menurut Ki Hajar Dewantara


Ki Hajar Dewantara menjabarkan bahwa seni merupakan hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah. Perasaan indah ini muncul bagi siapapun yang melihatnya. Jadi, apapun perbuatan manusia yang bisa memunculkan perasaan indah bisa disebut sebagai seni.

Seni Menurut Leo Tolstoy


Pengertian seni menurut Leo Tolstoy lebih berkaitan dengan seni lukis. Tolstoy menyatakan bahwa seni merupakan ungkapan rasa dari pencipta seni atau pelukis kepada orang lain sehingga mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh seorang pelukis.

Ensiklopedia Indonesia


Sedangkan ensiklopedia Indonesia menjabarkan pengertian seni adalah ciptaan dari segala hal. Berkat keindahan dari ciptaan ini, maka orang senang ketika mendengarkannya maupun melihatnya. Dalam hal ini seni bisa membangkitkan rasa bahagia bagi siapapun yang menikmatinya.

Jenis-jenis Seni



Sebagai suatu karya cipta, seni bisa dinikmati dalam beberapa bentuk media seperti media pendengaran seperti seni audio, media penglihatan seperti seni visual atau kombinasi keduanya seperti seni audio visual. Tapi, secara garis besar, seni bisa dikelompokkan menjadi lima jenis seperti berikut :

1. Seni Musik


Seni musik merupakan salah satu bentuk dari seni yang umum Anda jumpai baik di televisi, radio bahkan di internet. Secara umum, pengertian seni musik adalah hasil dari ciptaan manusia berupa bunyi dengan ritme dan harmoni yang menggugah rasa indah bagi siapapun yang mendengarnya. Seni musik atau seni audio ini sudah berkembang sejak zaman dahulu tepatnya sejak zaman Renaissance sampai saat ini. Unsur-unsur seni musik yang bisa Anda temukan berupa unsur bunyi, harmoni, notasi musik dan melodi.

2. Seni Rupa


Di samping seni musik, seni rupa juga banyak peminatnya. Tak seperti seni musik, seni rupa bisa Anda lihat bahkan ada pula yang bisa Anda sentuh. Pengertian seni rupa adalah karya seni yang memiliki wujud dan rupa seperti lukisan, kerajinan tangan, multimedia, patung dan lainnya. Umumnya keindahan seni rupa bisa Anda nikmati melalui media yang bisa dilihat atau visual art.

Menurut dimensi dan ukuran karyanya, seni rupa terbagi menjadi dua jenis yakni seni dua dimensi dan seni tiga dimensi. Pengertian seni rupa 2 dimensi atau dwimatra bisa diartikan sebagai hasil karya seni yang tercipta dari dua unsur yakni panjang dan lebar. Anda hanya bisa melihat keindahan karya seni dua dimensi ini dari sisi tertentu saja. Sebagai contoh seperti sketsa, lukisan, ilustrasi, kain batik, kain tenun dan seni dua dimensi lainnya.

Sementara itu, seni rupa tiga dimensi merupakan seni rupa yang terbentuk dari tiga unsur yakni panjang, lebar dan tinggi. Dari ketiga unsur seni tersebut, terbentuklah suatu dimensi ruang yang bervolume dan berbentuk sehingga bisa dinikmati dari segala arah. Anda bisa melihat perwujudan dari pengertian seni ini pada karya patung, bonsai, diorama, kriya dan masih banyak lagi.

Lihat juga:
Pengertian Organisasi
Pengertian Sistem Informasi

3. Seni Tari


Pengertian seni tari adalah seni yang diciptakan untuk menampilkan keindahan melalui gerakan tubuh. Seni tari biasa dipakai sebagai media komunikasi untuk menyampaikan maksud tertentu sesuai keinginan dari koreografer atau pengarah gerakan tari tersebut. Untuk menyampaikan maksudnya, seni tari biasa ditampilkan bersama dengan seni musik. Hal ini membuat gerakan tari jadi lebih sempurna, lebih konsisten dan pesan yang disampaikan pun lebih mengena karena disampaikan dengan penuh perasaan.

Indonesia sendiri memiliki beragam koleksi tari tradisional yang dijadikan sebagai ekspresi budaya. Seni tari daerah ditampilkan dalam gerakan yang dijiwai oleh nilai-nilai budaya lokal yang khas sehingga antara satu daerah dengan lainnya memiliki gerakan tari berbeda. Beberapa tarian daerah Indonesia dikembangkan sebagai tarian sakral atau tarian keagamaan. Namun, ada pula yang berkembang mengikuti perubahan zaman.

4. Seni Teater


Seni teater merupakan suatu bentuk seni yang merupakan kombinasi dari seni musik, seni tari dan seni rupa. Pengertian seni teater tersebut sebenarnya fleksibel karena terkadang ada pula seni teater yang tak menggunakan musik. Seni teater memvisualisasikan imajinasi dari buah pikiran seseorang yang berkaitan dengan tingkah laku makhluk hidup baik di dalam kelompok maupun secara individu.

Untuk bisa menampilkan seni teater dengan sempurna dibutuhkan suatu kemampuan khusus dan latihan yang intensif. Anda harus bisa menciptakan naskah cerita, memahami naskah cerita, memahami karakter di dalam cerita dan mengekspresikan karakter dari dalam naskah tersebut. Bila Anda menguasai semua kemampuan tersebut, bukan hal tak mungkin bila penonton akan merasa tersentuh dan bisa melihat keindahan dari seni teater yang Anda suguhkan.

5. Seni Sastra


Seperti halnya seni teater, seni sastra juga bisa Anda nikmati melalui indera penglihatan dan indera pendengaran. Pengertian seni sastra merupakan buah pikiran seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan seperti kaligrafi maupun suara seperti puisi. Melalui seni sastra, seorang sastrawan bisa menyampaikan pesan yang dia maksudkan dengan penuh keindahan.

Fungsi Seni Bagi Kehidupan Manusia



Bila merujuk ke pengertian seni di atas, seni berfungsi untuk menggugah rasa bagi siapapun yang menikmatinya. Namun, secara umum, seni memiliki dua fungsi utama yakni fungsi individu maupun fungsi sosial. Berikut penjabarannya :

Fungsi Seni untuk Individu


Disadari maupun tidak disadari, seni memiliki peran tertentu bagi individu. Seni bisa berperan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan mendasar manusia yakni kebutuhan fisik dan kebutuhan emosional.

Sarana Memenuhi Kebutuhan Fisik

Sebagai makhluk yang mampu memberikan apresiasi terhadap keindahan suatu benda baik dari segi kegunaan maupun bentuknya, manusia membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan fisiknya. Seni terapan kemudian diwujudkan dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan fisik tersebut. itu sebabnya banyak seni diciptakan dengan mempertimbangkan segi kenyamanan baik dari pemakainya maupun bagi orang yang melihatnya.

Sarana Memenuhi Kebutuhan Emosional

Seni juga bisa berperan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya. Setiap manusia memiliki kebutuhan emosional seperti perasaan marah, haru, senang, cinta, sedih, benci dan lainnya. Seni menjadi sarana untuk meluapkan perasaan tersebut agar mereka kembali menjadi seimbang.

Peluapan emosi tersebut bisa berbentuk penciptaan karya seni atau menikmati karya seni. Sebagai contoh, Anda bisa meluapkan emosi melalui seni dengan menciptakan lagu, lukisan, patung, puisi dan karya lainnya. Bisa juga meluapkan emosi dengan menikmati seni seperti mendengarkan lagu, menonton bioskop atau menikmati keindahan seni lainnya untuk meredakan tekanan yang ada di dalam jiwa.

Fungsi Seni Untuk Sosial


Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Pengertian seni sebagai penggugah rasa membuatnya sebagai sarana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sosial tersebut. hal itu terpancar dari dipakainya seni dalam upacara keagamaan hingga media pendidikan.

Lihat juga:
Pengertian Budaya
Pengertian Komputer

Sebagai Media Pendidikan

Seni memiliki peran penting bagi dunia pendidikan. Baik bagi pendidikan formal (sekolah), non formal (masyarakat) maupun informal (keluarga). Pendidikan formal seperti pendidikan di lingkup sekolah umumnya menjadikan seni sebagai salah satu mata pelajaran. Sedangkan seni di lingkungan nonformal dan informal biasa dijalankan sebagai salah satu cara untuk mendalami hobi atau minat dan bersosialisasi dengan orang lain dengan minat yang sama.

Dengan menggunakan seni, Anda bisa mempelajari nilai-nilai pengetahuan maupun budaya dengan cara yang lebih menyenangkan. Sebagai contoh, Anda bisa mempelajari seni musik, seni sastra atau drama sebagai ekspresi diri. Mengekspresikan diri dengan mengikuti pendidikan seni juga bisa memupuk rasa percaya diri seseorang serta membangun gambaran diri yang lebih positif.

Sebagai Media Informasi

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menjelaskan sesuatu kepada orang lain, seperti menjelaskan perasaan misalnya, jelaskanlah menggunakan puisi dan lagu. Anda juga bisa menggunakan seni visual sebagai sarana berpromosi atau memberikan himbauan kepada masyarakat dalam bentuk poster, baliho, drama komedi, atau pagelaran wayang misalnya. Dengan menggunakan seni, Anda bisa menjelaskan hal-hal tersebut lebih mudah. Seperti yang dimaksudkan dalam pengertian seni menurut Thomas Munro yakni untuk memberikan dampak psikologis bagi siapapun yang menikmatinya.

Sebagai Media Hiburan

Hampir semua hal yang berhubungan dengan hiburan pasti memiliki unsur seni. Maklum, dunia hiburan menjadi salah satu ajang untuk mengekspresikan diri secara aktif bagi para seniman. Para penikmat seni bisa merasa terhibur ketika menonton konser musik, menyaksikan drama teater atau melihat karya seni di galeri.

Sebagai Media Keagamaan

Sejak zaman dahulu, seni dipakai sebagai sarana menyampaikan pesan keagamaan atau di dalam upacara keagamaan. Sebagai contoh, zaman dahulu para wali menyebarkan nilai-nilai agama Islam menggunakan seni drama atau pergelaran wayang. Ada pula masyarakat kerajaan kuno yang memanfaatkan seni patung untuk menggambarkan dewa-dewa yang mereka sembah. Hingga kini seni masih dipakai berkaitan dengan upacara religi, spiritual maupun gaya hidup baik berupa lagu, kaligrafi, busana muslim dna lainnya.

Sebagai Media Penyembuhan

Pengertian seni menurut ensiklopedia Indonesia adalah suatu ciptaan yang bisa membangkitkan rasa bahagia pada seseorang. Efek dari seni ini ternyata bisa dipakai sebagai sarana penyembuhan atau terapi. Penggunaan musik sebagai media terapi bagi penderita gangguan psikis mampu membuat pasien merasa lebih baik dan lebih tenang.

Bahkan musik terbukti mampu menyembuhkan penderita gangguan trauma psikologis dan penyandang autis. Musik klasik dan musik gamelan juga dipercaya mampu merangsang sistem saraf otak dan mempertajam pikiran. Jadi, kalau ingin pikiran lebih fokus, cobalah mainkan musik klasik atau mendengarkan alunan gamelan.

Sebagai Seni Terapan

Seni bisa diciptakan tanpa harus memiliki manfaat atau kegunaan. Dalam hal ini snei sebagai media ekspresi murni. Seniman menciptakan seni terapan ini tanpa mempertimbangkan aspek kegunaan maupun meninggalkan aspek keindahannya. Hal ini bisa Anda lihat dalam peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan maupun gerabah. Meski sekarang sudah banyak furnitur yang terbuat dari kayu dan kompor modern, gerabah dan furnitur rotan tampak istimewa karena terlihat unik, indah dan memiliki nilai historis.

Sebagai Ajang Ekspresi

Tak selamanya seniman menciptakan sebuah karya dengan tujuan komersial. Terkadang seniman hanya ingin mengekspresikan apa yang ada di pikirannya secara bebas melalui sebuah pertunjukan. Umumnya pertunjukan seperti ini sulit dinikmati oleh pengunjung atau pendengar. Hal ini seperti pengertian seni menurut James Murko hanya saja yang bisa benar-benar menikmati keindahannya hanya komunitas seni maupun para seniman lainnya. Sebagai contoh seperti seni rupa kontemporer, musik kontemporer dan tari kontemporer.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pengertian seni, jenis-jenis seni dan fungsi dari seni. Keberadaan seni tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Anda bisa menemukan aspek seni hampir di mana saja, di bidang pendidikan, arsitektur, hiburan, kesehatan, wisata dan bidang lainnya. Keberadaan seni memudahkan manusia untuk mengekspresikan diri sehingga penikmat karya seni bisa turut merasakan dan tergugah melihat keindahan seni tersebut.

Artikel lainnya:
Pengertian Akuntansi
Pengertian Hukum
Pengertian Etika
Pengertian Sejarah