PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER: Menurut Para Ahli Dan Lengkap

Untuk Anda yang sedang mencari berbagai macam hal mengenai pengertian jaringan komputer, berikut ini adalah definisi lengkap mengenai sistem jaringan komputer yang bisa anda dapatkan.

Mengenai sistem jaringan komputer


Sistem jaringan komputer merupakan sebuah hasil teknologi yang sangat penting dalam dunia komputer modern. Apalagi dalam dunia bisnis, penggunaannya sangat penting. Dengan menggunakan konsep jaringan komputer ini hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya menjadi lebih mudah dan lebih mudah dan lebih cepat.

Pengertian Jaringan Komputer


Bukan hanya lebih mudah, tapi juga lebih aman dan lebih menguntungkan untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena pengertian jaringan komputer pada pengaplikasiannya tidak hanya serta merta merupakan pengaplikasian pada penghubungan komputer tapi juga menyangkut hal yang lebih luas lagi seperti mengenai penggunaan keamanan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk anda yang sedang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer, berikut ini adalah hal yang bisa kami berikan untuk anda.

Pengertian sistem jaringan komputer secara umum


Hal pertama yang akan kita pelajari adalah mengenai pengertian umum mengenai sistem jaringan komputer. Sistem jaringan komputer atau disebut juga dengan network management system (NMS) merupakan sebuah aplikasi atau sebuah set pengaplikasian yang membiarkan administrator jaringan untuk mengatur sebuah komponen mandiri dari sebuah jaringan yang ada di dalam sebuah framework manajemen jaringan yang lebih besar.

Sistem jaringan komputer mungkin digunakan untuk memonitor baik software maupun hardware komponen dalam sebuah jaringan. Sistem ini memperbolehkan anda untuk merekam data dari remote points untuk dibawa ke sistem administrator.

Tujuan utama dari penggunaan sistem jaringan komputer ini adalah untuk memperbolehkan user untuk memonitor atau memanage operasi bisnis mereka menggunakan komputer yang tersentralisasi. Ya tujuannya adalah memudahkan pengoperasian bisnis yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dengan cara monitoring, maintaining dan juga optomisasi jaringan dari sebuah perusahaan.

Penggunaan dari sistem jaringan komputer ini akan sangat menguntungkan untuk dilakukan dalam beberapa bidang berikut ini. Antara lain adalah :
  1. · Monitoring perangkat jaringan
  2. · Monitoring analisis performa
  3. · Mengatur perangkat management
  4. · Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Demikianlah pengertian jaringan komputer secara umum untuk anda yang ingin mendapatkan pengertian jaringan menurut para ahli, berikut ini akan kami berikan ulasan mengenai pendapat pada ahli mengenai sistem jaringan komputer.

Pendapat pada ahli mengenai sistem jaringan komputer


Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain membahas mengenai pengertian sistem jaringan komputer secara umum, kami juga akan membahas beberapa pengertian lain mengenai jaringan komputer menurut para ahli. Siapa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Menurut Abdul Kadir, dalam bukunya “jaringan komputer” pada tahun 2003


Salah satu ahli yang memberikan idenya mengenai pengertian dari sistem jaringan komputer adalah Abdul Kadir. Menurut beliau sistem jaringan komputer merupakan sebuah hubungan antara dua simpul atau lebih. Simpul tersebut adalah komputer dan tujuan dari hubungan dua simpul ini adalah untuk melakukan pertukaran data.

Menurut Andi Kristanto


Salah satu ahli yang juga membahas mengenai pengertian jaringan komputer adalah Andi Kristanto. Dalam bukunya yang berjudul “jaringan komputer”, beliau memberikan pendapatnya mengenai pengertian dari sistem jaringan komputer.

Menurut beliau, sistem jaringan komputer merupakan sebuah kelompok komputer otonom yang saling memiliki keterhubungan satu dengan lainnya. Hubungan yang dimiliki dilakukan dengan menggunakan 1 protokol komunikasi sehingga dalam hubungan tersebut terjadi transparansi data dimana komputer satu dapat berbagi informasi dengan komputer lainnya.

Bukan hanya itu. Selain berbagi informasi, masing-masing komputer juga dapat berbagi sumber daya, penggunaan program dan juga saling menggunakan perangkat keras seperti printer yang dimiliki oleh masing-masing komputer.

Lihat juga:
Pengertian Pancasila
Pengertian Pajak

Menurut Budhi Irawan


Satu lagi pengertian jaringan komputer menurut para ahli yang bisa anda gunakan adalah pengertian jaringan komputer menurut Budhi Irawan. Menurut ahli yang satu ini, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer dan juga perangkat keras yang lainnya. Perangkat yang ada dalam satu sistem ini kemudian bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Pengertian yang singkat namun tepat bukan?

Menurut Izaaz el Said


Untuk pengertian sistem jaringan komputer ini, Izaaz el Said memberikan pengertian mengenai topologi dari jaringan komputer. Menurutnya topologi dalam sistem jaringan komputer adalah merupakan sistem yang terdapat beberapa jenis komputer. Komputer dalam sistem tersebut saing terhubung atau dengan yang lainnya sedangkan tujuan keterhubungan yang dilakukan dalam komputer dalam 1 sistem ini adalah untuk bertukar data maupun untuk berbagi sumber daya seperti berbagi CPU atau berbagi printer dan hardware lainnya.

Menurut M Jafar Noor Yudianto


M Jafar Noor Yudianto mengartikan sistem jaringan komputer berdasarkan bentuk fisiknya. Menurut beliau, sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari perangkat komputer yang kemudian di desain dengan tujuan untuk :
  1. - Berbagi hardware yang disebut sebagai sumber daya seperti CPU dan juga printer.
  2. - Melakukan komunikasi seperti surel atau pesan instan
  3. - Saling mengakses informasi
Menurut beliau, tujuan dari penggunaan sistem jaringan komputer ini adalah untuk mencapai tujuan dari sebuah usaha. Menurutnya setiap bagian dari sistem jaringan komputer bisa memberikan atau meminta layanan pada satu sama lain.

Menurut Umi Proboyekti, dalam pengantar teknologi informasi


Menurut beliau, pengertian jaringan komputer ini adalah mengenai hubungan yang dimiliki oleh komputer yang jumlahnya banyak dan berlokasi di tempat yang berbeda-beda. Hubungan tersebut dilakukan oleh komputer agar dapat melakukan tugasnya. Syarat satu ciri komunikasi dari satu komputer dengan komputer lainnya di nyatakan dengan aktivitas tukar informasi yang dilakukan.

Banyak komputer yang terhubung ini bisa dihubungkan dengan berbagai cara mulai dari menggunakan satelit komunikasi, menggunakan gelombang mikro, menggunakan serat optik atau bisa juga dengan menggunakan kawat tembaga. Tujuan dari hubungan yang dibangun oleh 2 jaringan komputer atau lebih ini sesungguhnya adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Menurut Zymon Machajewski


Menurut beliau, pengertian jaringan komputer yang dikemukakannya juga tidak jauh berbeda dengan pendapat pada ahli sebelumnya. Menurutnya, sebuah jaringan komputer merupakan seperangkat komputer yang saling terkoneksi dengan adanya tujuan utama. Tujuan utama dalam keterhubungan antara satu satu dengan yang lainnya tersebut adalah untuk membagikan resource sehingga dapat digunakan secara bersama-sama.

Kesimpulan pengertian jaringan komputer menurut pada ahli



Setelah membahas secara detail mengenai beragam pengertian sistem jaringan komputer yang ada di dunia pendidikan ini kita bisa mengetahui bahwa pengertian sistem jaringan komputer ini memiliki beberapa aspek untuk disebutkan. Aspek tersebut antara lain adalah:

Lihat juga:
Pengertian Demokrasi
Pengertian Globalisasi

Hal-hal yang terlibat dalam pembuatan sistem


Dalam pengertian dari ahli mengenai sistem jaringan komputer ini yang terlibat dalam pembuatan sistem adalah beberapa komputer atau setidaknya 2 komputer dan juga perangkat lainnya (dari pengertian Budhi Irawan).

Apa yang dilakukan


Hal yang dilakukan oleh masing-masing komputer adalah menghubungkan dirinya satu sama lain. Komputer yang ada di dalam sistem ini dapat dihubungkan satu dengan yang lain karena memiliki tujuan yang sama.

Tujuan yang ingin dicapai


Supaya dapat bertukar data, bertukar resource seperti hardisk dan menggunakan hardware secara bersama-sama seperti printer.

Jadi jika di rangkum mengenai pengertian jaringan komputer ini kita bisa membuat kesimpulan bahwa sistem jaringan komputer adalah sebuah hubungan antara minimal 2 komputer atau lebih yang dikoneksikan untuk mencapai tujuan yang sama yaitu tujuan penggunaan data secara bersama, penggunaan resource secara bersama dan juga menggunakan hardware secara bersama.

Pengertian jenis-jenis dari jaringan komputer



Selain membahas mengenai pengertian jaringan komputer, kami juga akan membahas mengenai jenis dari jaringan komputer yang ada di dunia teknologi dan juga pengertiannya. Sesungguhnya dilihat dari beberapa aspek, pengertian dan jenis dari sistem jaringan komputer bisa dilihat dari beberapa aspek. Berikut ini adalah beberapa pengertian dan jenis jaringan komputer berdasarkan aspeknya.

Jenis dari jaringan komputer berdasarkan jangkauan yang dimilikinya


Salah satu pengertian jaringan komputer dan jenis jenis jaringan komputer yang akan kami bahas adalah mengenai jenis sistem jaringan komputer yang dilihat berdasarkan dengan jangkauan yang dimilikinya. Dilihat dari jangkauannya. Sistem jaringan komputer dibagi menjadi 3 jenis, jenis ini antara lain adalah :

Local Area Network


Jenis dari sistem jaringan komputer berdasarkan jangkauannya yang paling pertama dan paling sempit adalah Local Area Network atau LAN. Seperti namanya, penggunaan dari LAN ini memang hanya dilakukan pada sebuah area lokal saja. Biasanya digunakan di perkantoran dan juga di warnet. Penggunaannya bisa dilakukan untuk beberapa komputer tapi hanya terbatas untuk beberapa kilometer saja.

Metropolitan Area Network


Pengertian jaringan komputer yang lebih luas ini di kenal sebagai MAN. Sesungguhnya penggunaan dari sistem jaringan komputer MAN ini memiliki persamaan dengan LAN hanya saja jenis perangkat ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat serta memiliki cakupan yang lebih besar. Dapat dibilang.

Lihat juga:
Pengertian Komunikasi
Pengertian HAM

Wan


Jenis dari sistem jaringan komputer yang terakhir menurut jangkauannya yang akan kita gunakan adalah WAN. WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network. Jenis penggunaan sistem jaringan komputer ini biasanya dilakukan pada sebuah area yang sangat besar. Bahkan biasa digunakan di seluruh negara. WAN ini merupakan sebuah sistem jaringan komputer LAN yang terhubung satu sama lainnya dan biasanya digunakan router sebagai perangkat untuk penghubung tersebut.

Jenis dari jaringan komputer berdasarkan fungsinya


Jenis dari sistem jaringan komputer juga bisa dibedakan berdasarkan fungsi yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenisnya, berikut kami berikan pengertiannya.

Sistem jaringan komputer client server


Pengertian jaringan komputer yang satu ini merupakan jenis dari sistem jaringan komputer yang di gunakan berdasarkan jenis penggunaanya yaitu apakah sebagai client atau sebagai server. Layanan ini biasa diberikan pada 1 komputer atau lebih.

Sistem jaringan komputer peer to peer


Penggunaan lain dari sistem jaringan komputer ini adalah untuk komputer peer to peer. Jaringan ini merupakan jaringan dimana setiap komputer yang dimilikinya dapat menjadi client atau server secara bersamaan. Biasanya penggunaan sistem jaringan komputer ini banyak dilakukan di perkantoran pada saat dilakukan kegiatan file sharing dalam sebuah sistem jaringan komputer. Inilah pengertian jaringan komputer dan manfaatnya.

Jenis dari jaringan komputer berdasarkan topologinya


Topologi adalah bentuk jadi jika kita bicara mengenai pengertian jaringan komputer berdasarkan dengan topologinya maka kita akan membahas mengenai bentuk dari jaringan tersebut. Dilihat dari bentuknya, jaringan memiliki beberapa bentuk. Bentuk tersebut antara lain adalah :

Sistem jaringan komputer bus


Jenis jaringan ini merupakan jenis jaringan yang mirip dengan pegangan pada bus. Yaitu memanjang dan memiliki bentuk seperti rangkaian listrik paralel.

Sistem jaringan komputer ring


Jenis sistem jaringan komputer ini memiliki bentuk jaringan melingkar tanpa ujung.

Sistem jaringan komputer star


Jenis sistem jaringan komputer yang satu ini merupakan jenis bentuk sistem jaringan komputer dimana setiap komputer terhubung dengan server tanpa terhubung antara satu dengan lainnya.

Sistem jaringan komputer linier


Merupakan jenis sistem jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan sistem yang mirip dengan rangkaian listrik seri.

Sistem jaringan komputer tree


Merupakan sistem jaringan komputer yang memiliki sistem jaringan mirip dengan akar pohon.

Sistem jaringan komputer mesh


Merupakan sistem jaringan komputer yang tidak memiliki keteraturan antara server dengan komputer penggunaannya.

Jenis dari jaringan komputer berdasarkan media transmisinya


Jenis dan pengertian jaringan komputer yang terakhir adalah bentuk dan pengertian sistem jaringan komputer berdasarkan dengan media transmisinya berdasarkan dengan media transmisinya, sebuah sistem jaringan komputer dibedakan menjadi 2 jenis jaringan. Jenis tersebut antara lain adalah :

Sistem jaringan komputer dengan kabel


Sistem jaringan komputer dengan kabel disebut sebagai sebuah sistem jaringan komputer yang keterhubungan komputernya dilakukan dengan menggunakan kabel. Jenis sistem jaringan komputer dengan kabel ini memiliki banyak kelebihan terutama dari kemudahan aksesnya. Sayangnya penggunaannya sangat tergantung dengan kabel sehingga penambahan anggota baru dalam sistem jaringan komputer ini akan menyebabkan dibutuhkan kabel baru untuk penghubung. Kabel juga merupakan media transmisi yang rawan karena dapat mudah rusak karena hama seperti tikus.

Sistem jaringan komputer nirkabel


Untuk pengertian jaringan komputer ini adalah berkebalikan dengan sistem jaringan komputer dengan kabel. Untuk menggunakan sistem jaringan komputer nirkabel ini anda tidak akan membutuhkan media transmisi yang berbayar karena sistem jaringan komputer anda akan menggunakan media transmisi berupa gelombang elektro magnet.

Kelebihannya adalah anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kabel baru dan mengganti kabel lama yang rusak sehingga lebih hemat dalam operasionalnya.

Untuk kekurangannya, jenis sistem jaringan komputer ini memang memiliki harga awal yang lebih mahal.. Selain itu, pengiriman data yang dilakukan juga sangat tergantung dengan posisi komputer dengan router. Makin jauh router maka makin kecil penerimaan sinyal yang dimilikinya. Hal ini juga termasuk dalam kekurangan dari sistem jaringan komputer nirkabel ini.

Kesimpulan

Dari pengertian jaringan komputer yang disebutkan sebelumnya yaitu pengertian menurut ahli, pengertian menurut umum dan juga pengertian mengenai jenis yang dimiliki oleh setiap sistem jaringan komputer ini membuat anda menjadi lebih mudah memahaminya bukan?

Sayangnya pengertian mengenai sistem jaringan komputer ini masih terbatas pada pengertian berdasarkan bentuk dan juga fungsinya. Di luar bentuk dan fungsinya masih ada banyak hal yang bisa anda gali dari sistem jaringan komputer ini. Mulai dari penggunaannya, keamanannya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi karena artikel ini merupakan artikel yang khusus membahas mengenai pengertian jaringan komputer, maka kami kira cukup lengkap sudah informasi yang kami sajikan. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Pengertian Manajemen
Pengertian Internet
Pengertian Sistem
Pengertian Pendidikan