PENGERTIAN PUISI: Menurut Para Ahli, Wikipedia, Dan KBBI

Sudah tau apa itu Pengertian Puisi? Kita mungkin sering melihat atau mendengar puisi? Tapi, tak sedikit orang memahami apa arti puisi? Ya, secara umum puisi adalah sebuah karya sastra yang biasanya terikat oleh rima, penyusun bait, baris, irama dan beberapa pemilihan kata-kata indah yang mengandung banyak makna. Ada banyak sekali jenis dan bentuk puisi yang sering kita jumpai, tapi definisi dan arti puisi, secara umum hampir sama saja di setiap jenisnya.

pengertian puisi


Pengertian Puisi Secara Umum


Definisi dan pengertian puisi pada umumnya ialah bentuk karya sastra berupa ungkapan perasaan dan ekspresi penyair lewat bahasa-bahasa yang mengandung rima, irama, bait, matra, serta penyusunan kata dan lirik yang mengandung makna. Definisi puisi sering dijabarkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan para ahli.

Ada banyak unsur puisi berbentuk struktur fisik, seperti imaji, kata konkret, diksi, irama, perwajahan puisi, irama, atau gaya bahasa. Struktur batin puisi itu sendiri terdiri atas rasa, tujuan, nada, dan tema. Hal ini penting sekali dalam sebuah puisi dan sering kita jumpai di setiap contoh barisan puisi. Jenis-jenis puisi umumnya terdiri dari 2 bagian, yaitu puisi baru dan puisi lama.

Pengertian Puisi Baru dan Puisi Lama


Pengertian puisi lamaialah karya sastra berbentuk puisi yang di dalamnya masih terikat oleh berbagai aturan, seperti jumlah baris, bait, dan irama yang tersedia di akhir kalimat. Contoh bentuk puisi lama, diantaranya seperti talibun, gurindam, seloka, dan pantun. Sedangkan definisi puisi baru biasanya lebih bebas, dan tidak terikat oleh kaidah aturan puisi yang ada. Pada puisi lama, penyair dapat menangkan ekspresinya lewat karya puisi yang lebih bebas, namun masih tergolong ke dalam definisi puisi. Selain penyusunan syair pada puisi, hal yang tak kalah penting ialah musikalisasi puisi.

Definisi Puisi Secara Umum


Pengertian puisi secara umum bisa diartikan sebagai karya sastra dengan kandungan ritma, lirik, diksi, irama, dan memakai kata kiasan di setiap baitnya dalam menciptakan keindahan perpaduan bahasa sebagai unsur-unsur di dalamnya. Puisi adalah karya sastra dari hasil ekspresi dan perasaan yang diungkapkan sang penyair.

Puisi terdiri dari 2 jenis, diantaranya puisi baru/modern dan puisi lama. Puisi lama kandungannya masih terikat oleh bait, rima/sajak, dan jumlah baris. Sementara pada puisi modern atau baru, tidak terikat oleh jumlah baris, sajak atau bait dalam penulisannya. Maka dari itu, baik puisi modern atau puisi baru disebut juga dengan puisi bebas.

Pengertian Puisi Menurut Wikipedia


Menurut Wikipedia, pengertian puisi merupakan seni tertulis, yang mana penyair menggunakan bahasa-bahasa yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas estetis dalam makna semantis.

Definisi Puisi Menurut Balai Pustaka


Menurut Balai Pustaka, pengertian puisi ialah gubahan bahasa dengan bentuk yang ditata dan dipilih secara cermat, sampai mempertajam kesadaran pengalaman untuk membangkitkan tanggapan secara khusus, lewat irama, penataan bunyi, dan makna-makna tertentu secara khusus.

Definisi Puisi Menurut Bahasa


Menurut bahasa, definisi puisi diadaptasi dari bahasa Yunani Kuno, yang terdiri dari Pocima atau Poieo. Kata-kata tersebut menurut bahasa Inggris bisa diartikan “i Create” yang artinya aku membuat. Definisi puisi secara singkat ialah seni tertulis hasil karya manusia.

Lihat juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni

Definisi Puisi Menurut KBBI


Pengertian puisi menurut KBBI ialah ragam sastra dengan penggunaan bahasa yang masih terikat oleh matra, irama, penyusunan larik, bait, atau rima. Arti puisi lainnya ialah sebagai sebuah gubahan atau sajak dalam bahasa, dimana bentuknya dapat ditata dan dipilih dengan cermat, sehingga dapat mempertajam kesadaran orang terhadap pengalaman sekaligus membangkitkan tanggapan secara khusus lewat irama, penataan bunyi, dan juga makna khusus.

Pengertian Puisi Menurut Banyak Ahli




1. Arti Puisi Menurut Aminuddin


Arti Puisi menurut Aminuddin diadaptasi dari kata yang terdapat dalam bahasa Yunani, yakni Pocima yang artinya membuat, atau kata poeisis yang artinya pembuatan. Dengan kata lain, Puisi berarti sebagai sebuah proses membuat serta pembuatan karena melalui puisi, seseorang pada dasarnya sudah telah membuat dunia tersendiri, dengan kata-kata berisi gambaran suasana atau pesan tertentu, baik itu secara batin maupun fisik.

2. Arti Puisi Menurut Hudson


Menurut Hudson, pengertian puisi adalah sebuah cabang sastra dengan kata-kata yang dijadikan media penyampaian sehingga membuahkan imajinasi dan ilusi, seperti lukisan yang terdapat warna dan garis dalam penggambaran gagasan si pelukisnya.

3. Arti Puisi Menurut Aristoteles


Menurut Aristoteles sendiri, pengertian puisi ialah fragmen penyair yang mendeskripsikan 3 genre puisi, diantaranya komik, epik, yang tragis serta mengembangkan aturan dalam membedakan puisi yang memiliki kualitas tertinggi dari setiap genre, sesuai tujuan puisi yang mendasari setiap genre itu sendiri.

4. Arti Puisi Menurut Parrine


Definisi puisi berdasarkan penjelasan Parrine adalah bentuk sastra terkonsentrasi dan paling padat. Kepadatan komposisi puisi tersebut ditandai oleh penggunaan sedikit kata, tapi mengungkap berbagai hal.

5. Arti Puisi Menurut Sumardi


Pengertian puisi berdasarkan penjelasan Sumardi ialah sebuah karya sastra yang bahasanya dipersingkat, dengan bahasa yang dipadatkan serta diberi irama berdasarkan perpaduan bunyi lewat penggunaan kata kiasan tertentu yang imajinatif.

6. Arti Puisi Menurut William Shakespeare


Definisi puisi berdasarkan pemahaman William Shakespeare ialah puisi lirik sebab membingungkan berbagai macam bentuk, seperti lewat pembuatan yang rumit dengan pandangan sendiri dan emosi penulis.

7. Arti Puisi Menurut Herman Waluyo


Definisi puisi menurut Herman Waluyo adalah sebuah karya sastra tertulis dari manusia dan sebagai sebuah bentuk karya sastra, dimana di dalamnya mengungkapkan perasaan dan pikiran penyair bersifat imajinatif lalu disusun dengan cara mengonsentrasikan berbagai kekuatan bahasa pada sebuah struktur batin maupun fisiknya.

8. Arti Puisi Menurut Najid


Definisi puisi menurut Najid termasuk sebuah bentuk karya sastra. Dimana puisi ialah sejenis sastra yang imajinatif, mengutamakan nilai seni, unsur fiksionalitas, maupun rekayasa bahasa.

9. Arti Puisi Shahnon Ahmad


Definisi puisi menurut pendapat Shahnon Ahmad adalah unsur-unsur berbentuk imajinasi, emosi, nada, ide, pemikiran, susunan kata, kesan panca indera, perasaan, kepadatan, dan kata kiasan yang saling berpadu.

10. Arti Puisi Menurut Daniel Ward


Menurut pendapat Daniel Ward, pengertian puisi ialah sebagai sebuah kenikmatan menonton teater lewat aksi panggung spektakuler.

11. Arti Puisi Menurut Pradopo


Menurut Pradopo, definisi puisi ialah sebuah interpretasi dan rekaman pengalaman manusia, diubah dalam bentuk yang lebih berkesan.

12. Arti Puisi Menurut Herbert Spencer


Definisi puisi menurut Herbet Spencer adalah bentuk pengucapan gagasan bersifat emosional yang mempertimbangkan keindahan.

13. Arti Puisi Menurut Thomas Carly


Thomas Carlye juga mengemukakan pendapat definisi puisi, yang menurutnya sebagai ungkapan hasil pikiran yang dituangkan secara musikalisasi.

14. Arti Puisi Menurut Shelley


Pengertian puisi ialah rekaman detik-detik paling indah yang terjadi dalam hidup, semisal peristiwa-peristiwa tertentu yang sangat berkesan dan menyebabkan keharuan yang sangat kuat, seperti kegembiraan, kebahagiaan yang memuncak, hingga kesedihan akibat kematian seseorang yang amat dicintai.

15. Arti Puisi Menurut Harold Bloom


Definisi puisi menurut Harold Bloom ialah sebuah kata atau bahasa kiasan yang terkonsentrasi, sampai membentuk kata-kata yang menggugah dan ekspresif.

16. Arti Puisi Menurut Paul Valery


Menurut Paul Valery, definisi puisi adalah sebuah seni berdasarkan bahasa, tapi puisi mengandung makna lebih umum dan biasanya sulit menentukan maknanya. Selain itu, tujuan puisi juga untuk mengungkapkan kondisi pikiran tertentu.

17. Arti Puisi Menurut Zulfahnur


Puisi merupakan ekspresi pengalaman batin maupun jiwa seseorang mengenai kehidupan alam, manusia, dan Tuhan keindahan media bahasa yang secara utuh dan terpadu dipadatkan kata-katanya, lalu disusun berbentuk teks.

18. Arti Puisi Menurut Ratih Mihardja


Puisi bisa diartikan sebagai karya seni tertulis dengan bahasa tertentu untuk menambah kualitas estetiknya atau selain mengandung arti semantiknya.

19. Arti Puisi Menurut James Reeves


James Reeves juga turut mengemukakan pendapatnya mengenai arti puisi sebagai penggunaan ekspresi bahasa yang penuh dan kaya oleh pemilihan kata yang memikat.

Lihat juga:
Pengertian Koperasi
Pengertian Teknologi

20. Arti Puisi Menurut Watt Dunton


Puisi bisa diartikan sebagai sebuah ekspresi konkret yang bersifat artistik dalam pikiran dalam berirama dan bahasa emosional manusia.

21. Arti Puisi Menurut Samuel Taylor Coleridge


Definisi puisi adalah kata-kata terindah dari susunan terindah. Dimana penyair memilih bahasa dan kata-kata paling tepat yang disusun sebaik-baiknya, secara simetris, seimbang, antara unsur yang satu dengan unsur yang lain yang erat hubungannya.

22. Arti Puisi Menurut Edgar Allan Poe


Definisi puisi adalah ciptaan mengenai sesuatu keindahan yang bentuknya berirama, dengan cita rasa sebagai unsur yang paling diutamakan.

23. Arti Puisi Menurut Wallace Steven


Definisi puisi menurut pendapat Wallace Steven adalah sebuah kenikmatan kata lewat sarana dari kata-kata.

24. Arti Puisi Menurut Samad Said


Puisi menurut Samad Said adalah sebuah pandangan hidup dan pernyataan dari seorang penyair yang menggambarkan sebuah peristiwa alam melalui ketajaman perasaannya.

25. Arti Puisi Menurut Dresden


Menurut Dresden, definisi puisi ialah sebuah dunia berbentuk kata. Kandungan yang terdapat dalam puisi adalah cerminan pengalaman, perasaan, dan pengetahuan penyair yang menciptakan sebuah dunia yang dinamakan puisi.

26. Arti Puisi Menurut H.B. Jassin


H.B Jassin mengungkapkan pengertian puisi merupakan sebuah pengucapan yang mengandung sebuah perasaan di dalamnya lewat sebuah tanggapan-tanggapan dan pikiran-pikiran.

27. Arti Puisi Menurut William Wordsworth


Menurut William Wordsworth, definisi puisi adalah peluapan secara spontan terhadap perasaan-perasaan penuh daya, yang berasal dari rasa atau emosi yang dikumpulkan lagi dalam kedamaian

28. Arti Puisi Menurut Carol


Definisi puisi menurut Carol adala karya sastra atau pakaian perasaan darimana tampaknya kata-kata dibuat khusus berdasarkan keinginan atau memori.

29. Arti Puisi Menurut Sastra Sudjiman


Pengertian puisi menurut Kamus Sastra Sudjiman ialah sebuah ragam sastra dengan bahasa yang terikat oleh rima, matra, irama, dan sesuatu lewat penyusunan bait dan lirik.

30. Arti Puisi menurut Steve Borne


Pendapat dari Steve Borne, definisi puisi ibarat seseorang yang kerasukan, namun yang dilontarkan adalah hasil kata-kata yang indah.

31. Arti Puisi Menurut Ralph Waldo Emerson


Menurut Ralph Waldo Emerson pengertian puisi ialah sebuah pengajaran yang sebanyak mungkin lewat kumpulan kata-kata lebih sedikit.

32. Arti Puisi Menurut Tarigan


Menurut Tarigan, definisi puisi ialah pengucapan lewat perasaan, berbeda dari prosa yang biasanya diungkapkan lewat pengucapan pikiran.

33. Arti Puisi Menurut Hasanuddin


Pengertian puisi menurut Hasanuddin ialah pernyataan perasaan imajinatif dari penyair yang dianggap abstrak untuk dikonkretkan, adapun untuk mengkonkretkan kejadian-kejadian yang sudah ada dalam perasaan dan pikiran penyair serta puisi sebagai sarananya.

34. Arti Puisi Menurut Semi


Puisi bisa diumpamakan sebagai sebuah pernyataan menyenangkan yang hadir dari sebuah kemampuan, para penyairnya memandang sesuatu dengan antusias lewat jurus-jurus yang tepat. Selain itu, penyair mempertimbangkan apa yang mereka lihat secara matang, lalu mengungkapkan hasil dari penglihatannya tanpa berkecenderungan untuk mempersoalkannya.

Lihat juga:
Pengertian Data
Pengertian Belajar

35. Arti Puisi Menurut Vicil C Coulter


Pengertian puisi menurut Vicil C. Coulter ialah teknologi yang menggunakan bahasa tubuh manusia menjadi media perantara, lalu berevolusi untuk kebutuhan spesifik dengan menahan sesuatu dalam memori, entah itu di luar maupun di dalam rentang kehidupan seseorang, untuk mencapai daya tarik sensual dan intensitas.

36. Arti Puisi Menurut Muhammad H. Salleh


Puisi bisa didefinisikan sebagai karya sastra yang dihasilkan dan kental dengan musikalisasi bahasa dan sebuah kebijaksanaan oleh tradisi dan si penyairnya.

37. Arti Puisi Menurut Adam Stelle


Menurut Adam Stelle, definisi puisi ialah berupa susunan not musik dari jiwa yang beritama sampai membuat individu yang mendengarnya mudah terlelap.

38. Arti Puisi Menurut Lescelles Abercrombie


Puisi ialah ekspresi pengalaman secara imajinatif, yang berlaku dan bernilai dalam pernyataan atau pengucapan yang bernilai kemasyarakat yang diungkapkan lewat bahasa yang menggunakan setiap rencana dengan matang dan bermanfaat.

39. Arti Puisi Menurut Djososuroto


Menurut Djososuroto, arti puisi bisa diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan melukiskan dan mencari yang diidamkan.

40. Arti Puisi Menurut Antilan Purba


Menurut Antilan Purba, arti puisi adalah sebagai sebuah karya sastra bersifat tradisional.

41. Arti Puisi Menurut Mulyana


Menurut Mulyana, arti puisi adalah sintetis dari peristiwa-peristiwa yang semurni-murninya tersaring dan tiap-tiap proses jiwa mencari hakikat berdasarkan pengalamannya, tersusun melalui korespondensi dalam sebuah bentuk.

42. Arti Puisi Menurut Usman Awang


Menurut Usman Awang, definisi puisi bukanlah sebuah nyanyian individu putus asa yang ingin mencari kepuasan dan ketenangan lewat puisi yang telah ditulisnya.

43. Arti Puisi Menurut Andrew Bradley


Menurut pendapat Andrew Bradley, susunan puisi terdiri atas rangkaian pengalaman mengenai bunyi, emosi, gambar, dan pemikiran yang dialami sewaktu membacanya sepuitis mungkin.

44. Arti Puisi Menurut Kawirian


Menurut Kawirian, puisi diibaratkan seperti ketika sedang memainkan alat dengan ekspresi di atas panggung yang luar biasa.

45. Arti Puisi Menurut Matius Hollis


Definisi puisi menurut Matius Hollis adalah bulletin masyarakat, seperti musim semi yang meninggalkan catatan untuk orang lain dalam menemukan keinginan.

46. Arti Puisi Menurut Riffaterre


Arti puisi menurut Riffaterre, puisi selalu berubah-ubah berasarkan perubahan konsepsi keindahan dan evolusi seleranya.

47. Arti Puisi Menurut Anne Rouse


Arti puisi berdasarkan pendapat Anne Rouse ialah intensitas dalam pusat kehidupan, mengenai kerumitan mengungkapkan ekspresi tanpa apresiasi.

48. Arti Puisi Menurut Frieda Hughes


Definisi puisi adalah cara berkomunikasi secara luas dari perasaan dan pikiran, dengan berkonsentrasi hingga berbentuk minimal, bahkan berupa titik tunggal sebagai gambaran dari keseluruhan.

49. Arti Puisi Menurut Dick Hartono


Pengertian puisi menurut Dick Hartono ialah karya sastra yang didalamnya terdiri atas unsur-unsur terpenting, yakni unsur semantik atau tematik puisi serta unsur sintaksis dalam puisi. Pada unsur tematik, lebih menunjuk pada struktur batin puisi itu sendiri, sedangkan unsur sintaksi lebih menunjuk ke dalam struktur fisik puisi.

Itulah pengertian puisi secara umum, menurut Wikipedia, KBBI, dan para ahli yang masing-masing mengungkapkan penjelasan yang berbeda namun dengan tujuan yang sama.

Artikel lainnya:
Pengertian Manajemen
Pengertian Internet
Pengertian Sistem
Pengertian Pendidikan