PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Menurt Para Ahli, Ciri, Dan Tujuan

Apa itu pengertian kewirausahaan? Pasti Anda pernah dengar yang namanya kewirausahaan bukan? Tapi apakah Anda sudah mengetahui apa itu pengertian dari kewirausahaan? Pasti ada sebagian dari Anda belum mengetahuinya dengan jelas mengenai hal ini bukan?

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Mengenai pengertian kewirausahaan merupakan suatu proses dimana untuk menciptakan ataupun melakukan sesuatu hal yang baru dengan cara yang kreatif dan juga penuh inovasi sehingga dapat memberi manfaat kepada orang lain serta bernilai tambah.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa definisi kewirausahaan ini merupakan suatu sikap dari mental seseorang yang memiliki kreativitas yang tinggi, aktif, bercipta saya sehingga dapat membuat sesuatu yang baru dan unik sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain. Untuk kewirausahaan ini tentu memiliki sebuah proses yang cukup dinamis sehingga dapat menciptakan sesuatu yang baru yang kemudian disertai dengan modal, tenggang waktu, resiko dan lainnya.

Sebenarnya jika membahas mengenai definisi tentu akan banyak sekali yang akan Anda jumpai. Oleh karena itu, di artikel ini akan membahas definisi-definisi mengenai kewirausahaan menurut para ahli dan juga mengenai tujuan serta ciri-ciri kewirausahaan. Untuk itu, informasinya Anda dapat melihatnya seperti berikut ini.

Definisi Atau Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli


Agar Anda dapat mememahami lagi apa itu kewirausahaan, maka berikut ini Anda dapat melihat definisi ataupun pengertian kewirausahaan menurut para ahli :

1. Menurut Eddy Soeryanto Soegoto


Pengertian kewirausahaan yang pertama menurut para ahli yaitu Eddy Soeryanto Soegoto adalah usaha yang kreatif yang dapat dilakukan berdasarkan inovasi sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang terbilang baru, memberikan manfaat, memiliki nilai tambah dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain serta hasilnya juga dapat berguna untuk orang lain.

2. Menurut Drs. Joko Untoro


Berikutnya yaitu menurut Drs. Joko Untoro. Dimana untuk pengertian kewirausahaan adalah merupakan suatu keberanian diri untuk melakukan segala upaya sebagai bentuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilakukan langsung oleh seseorang tersebut. Proses ini berdasarkan kemampuan sehingga dapat memanfaatkan segala potensi yang telah dimilikinya agar dapat menghasilkan sesuatu yang baik serta dapat bermanfaat bagi dirinya dan juga bagi orang lain.

3. Menurut Soeharto Prawiro


Soeharto Prawiro juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian kewirausahaan. Dimana untuk pengertian ini adalah suatu nilai yang memang sangat dibutuhkan oleh seseorang agar dapat memulai usaha dengan baik dan juga mengembangkan usaha tersebut.

4. Menurut Ahmad Sanusi


Pengertian kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi adalah suatu nilai yang memang di wujudkan langsung di dalam prilaku yang nantinya akan di jadikan sebagai sumber daya, tujuan, kiat, proses, tenaga penggerak dan juga hasil bisnis.

5. Siswanto Sudomo


Selanjutnya ada juga menurut para ahli yaitu Siswanto Sudomo. Dimana pengertian Kewirausahaan ini merupakan segala sesutu yang terbilang sangat penting mengenai seseorang wirausaha, yakni sebagai orang yang memang memiliki sifat yang pekerja keras dan mau berkorban untuk memusatkan segala daya serta berani mengambil sebuah resiko untuk mewujudkan gagasannya tersebut.

6. Peter Drucker


Jika menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan ini merupakan suatu kemampuan agar dapat menciptakan sesuatu yang terbilang masih baru dan juga berbeda dari orang lain.

7. Zimmerer


Yang terakhir yaitu menurut Zimmerer. Untuk pengertian kewirausahaan adalah dimana sebuah proses pada penerapan kreativitas dan juga inovasi bagi seseorang dalam memecahkan mengenai persoalan serta menemukan peluang-peluang agar dapat memperbaiki kehidupan bisnisnya.

Lihat juga:
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba

Nah, di atas tadi Anda sudah melihat bukan, apa saja pengertian kewirausahaan tersebut menurut para ahli. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus melihat mengenai ciri-ciri dan juga tujuan dari kewirausahaan ini. Oleh karena itu, sebagai informasi yang berguna untuk Anda mengenai hal ini, maka Anda dapat melihatnya seperti di bawah ini.

Ciri-Ciri Mengenai Orang Yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan



Bagi seseorang yang memang ingin memulai sebuah bisnis tentu harus mempunyai atau memiliki jiwa kewirausahaan sehingga hal tersebut dapat berjalan dengan baik serta memberikan inovasi-inovasi yang baru dengan tujuan dapat bermanfaat bagi orang lain. Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak memiliki jiwa kewirausahaan? Tentu hal ini akan menjadi cukup sulit untuk bisnis Anda, dimana bisnis yang Anda bangun atau Anda rintis selama ini bisa saja berhenti di tengah jalan.

Hal ini disebabkan oleh faktor yang sangat sederhana yaitu ketidakmampuan Anda untuk mengatasi kepercayaan diri dan tidak dapat memberikan inovasi yang baru untuk menjalankan bisnis Anda. Oleh karena itu, berikut Anda juga dapat melihat bagaimana yang dikatakan sebagai seseorang pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan? Adapun ciri-cirinya berikut dapat Anda lihat dan simak:

1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi Tinggi


Untuk hal pertama yang dapat Anda lihat yaitu memiliki keberanian dan juga daya kreasi yang tinggi. Oleh karena itu, pebisnis-pebisnis di luar sana yang sukses adalah seseorang yang memang memiliki keberanian yang sangat tinggi untuk melakukan kreasi yang baik. Tak hanya itu saja, memiliki kreativitas tentu saja tidak cukup sebagai modal bisnis Anda, akan tetapi jika Anda juga memiliki keberanian yang tinggi maka hal ini dapat menjadikan bisnis Anda menjadi sukses.

Bagi orang-orang yang memang memiliki keberanian untuk memulainya tentu tidak akan pernah merasa takut akan risiko kegagalan yang bisa saja akan terjadi sewaktu-waktu. Hal ini juga bukan hanya berarti memiliki keberanian Anda sudah bisa melakukan hal yang terbaik.

Itu adalah hal yang salah besar, jika Anda ingin memulai bisnis maka Anda juga harus memiliki perencanaan dan juga perimbangan yang matang sehingga bisnis Anda bisa terarah dengan baik. Jiwa kewirausahaan ini tercipta karena adanya kepercayaan diri sehingga dapat mewujudkan suatu mimpi dan juga keinginan agar dapat hidup lebih baik lagi serta lebih besar.

2. Mempunyai Semangat Yang Tinggi dan Kemauan Yang Keras


Bagi para pebisnis tentu tidak hanya memiliki modal keberanian dan juga kreativitas yang tinggi saja, akan tetapi memiliki semangat dan kemauan yang keras juga merupakan modal utama bagi seorang pebisnis. Hal ini juga bisa dapat dijadikan sebagai tujuan yang baik yaitu untuk dapat menumbuhkan segala rasa percaya diri bahwa apa saja yang akan Anda kerjakan nantinya bisa membawa Anda pada sebuah keberhasilan. Oleh karena itu, dengan adanya kemauan keras ini maka akan membuat seseorang tersebut bisa memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan semua yang diinginkannya.

3. Memiliki Daya Analisis Yang Sangat Baik


Untuk seorang wirausaha tentu harus memiliki daya analisis yang sangat baik terhadap apa yang dikerjakannya. Sebagai contoh yang dapat Anda lihat yaitu mengenai perhitungan untung dan rugi, nilai jual pada barang ataupun jasa, persaingan hingga kemampuan analisis mengenai pasar serta yang lainnya. Hal seperti ini tentu sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang wirausahawan yang memang saat ini sedang menggeluti dunia bisnis sebagai tujuan untuk dapat meminimalisir kerugian pada bisnis Anda.

Lihat juga:
Pengertian Filsafat
Pengertian Negara

4. Memiliki Jiwa Pemimpin


Seorang pebisnis tentu harus mempunyai dan memiliki jiwa pemimpin, baik itu untuk dirinya sendiri ataupun bawahannya. Hal ini di maksud adalah bahwa Anda bisa mampu memimpin ataupun mengendalikan diri sendiri dan juga para anggota lainnya khususnya dalam mengambil sebuah keputusan dengan tujuan bersama.

Di sini dalam menjalan bisnis tentu seorang pemimpin tidak boleh memiliki perilaku yang konsumtif, dimana karena pengeluaran biaya harus lebih kecil di bandingkan dengan pemasukan. Jika Anda memiliki jiwa yang seperti ini, maka bisnis yang baru saja Anda bangun dan rintis dapat terus berkembang hanya dengan terus memanfaatkan keuntungan yang ada sebagai salah satu modal untuk bisnis Anda yang lebih besar lagi.

5. Membuat Sebuah Keputusan dan Melaksanakannya Dengan Baik


Pebisnis yang handal dan hebat adalah seseorang yang mampu untuk membuat sebuah keputusan yang baik dengan cepat dan tepat dalam menghasilkan sesuatu. Untuk itu pebisnis yang memang memiliki jiwa kewirausahaan yaitu yang memiliki perhitungan di dalam setiap keputusan yang di ambilnya sehingga dalam melaksanakan keputusan itu bisa sesuai dan telah di sepakati bersama dengan timnya.

Dalam melaksanakan keputusan seperti ini dengan cepat tentu dapat meminimalkan hilangnya sebuah peluang yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah keputusan yang baik dan bijak sehingga hal ini tidak salah dalam mengambil langkah.

6. Memiliki Pengabdian Besar Terhadap Bisnis Yang di Jalani


Pebisnis bukan hanya memiliki jiwa pemimpin, keberanian, kreativitas dan lainnya. Namun, dalam menjalani sebuah bisnis juga dibutuhkan pengabdian diri terhadap pekerjaannya. Tak hanya itu saja, para pebisnis yang memang sedang memulai bisnisnya harus dapat mengesampingkan semua kepentingan-kepentingan yang ada demi pekerjaannya.

Walaupun ada banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis merupakan salah satu yang tidak memiliki waktu yang terikat, namun sebenarnya ada yang perlu Anda ketahui mengenai hal ini. Dimana untuk menekuni bisnis yang Anda jalankan tentu membutuhkan waktu untuk belajar sehingga Anda bisa memahami dan juga menjalankan bisnis tersebut dengan sebaik mungkin.

Sebenarnya ini juga tidak hanya untuk diri sendiri saja, akan tetapi pebisnis juga harus dapat menerapkan jiwa-jiwa wirausahanya kepada pelanggan ataupun calon pelanggan. Untuk itu, menjadi seorang wirausaha yang memang dapat dikatakan profesional dan juga handal, Anda bisa melakukan hal-hal seperti ini, yakni:
  1. Harus dapat mengenal dan menyakini produk-produk yang ditawarkan.
  2. Bisa mampu untuk menerima semua kritik dan saran dengan baik serta tidak berdebat dengan para pelanggan ataupun calon pelanggan nantinya.
  3. Seorang pebisnis juga harus dapat memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sangat baik dengan anggota tim ataupun para pelanggannya.
  4. Memiliki sikap yang santun, jujur dan juga berani dalam mengambil sebuah keputusan.
  5. Dapat bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan dalam bisnisnya yang menyebabkan kerugian para pelanggan.
Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ataupun sedang merintis bisnis agar lebih berkembang lagi, Anda bisa melihat pengertian kewirausahaan dan juga ciri-ciri kewirausahaan tersebut seperti diatas. Hal ini sangat berguna untuk Anda sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan lebih baik lagi serta dapat mengetahui jiwa yang bagaimana yang harus di miliki oleh seorang pebisnis untuk menjalankan bisnisnya tersebut.

Lihat juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni

Tujuan Seseorang Berwirausaha



Sebelumnya Anda sudah melihat mengenai pengertian kewirausahaan seperti diatas dan juga ciri-cirinya. Untuk itu, sebagai pelengkap informasi yang berguna untuk Anda sebagai pelaku bisnis Anda juga bisa melihat dengan jelas apa saja tujuan seseorang berwirausaha. Sebagai seorang pebisnis wirausaha tentu memiliki tujuan tertentu untuk mencapai semua keinginannya.

Selain memang untuk melakukannya bagi diri sendiri, seorang wirausahawan juga dapat melakukan sebuah kegiatan yang memang dapat bermanfaat bagi orang lain. Hal seperti ini telah di sebutkan ke dalam definisi atau pengertian kewirausahaan seperti diatas sebelumnya, yang menyatakan bahwa kewirausahaan ini merupakan suatu proses untuk mengerjakan sesuatu yang terbilang baru, inovasi dan unik sehingga dapat bermanfaat untuk diri sendiri serta bagi orang lain.

Untuk itu, berikut ini Anda dapat melihat ada beberapa tujuan dari seseorang berwirausaha:

1. Membuka Lapangan Pekerjaan


Tujuan utama yang dapat dapat Anda lihat yaitu membuka peluang untuk lapangan pekerjaan. Hal ini merupakan salah satu tujuan yang baik sekali. Dimana seperti yang Anda lihat bahwa saat ini mencari pekerjaan tentu sangat sulit sekali, peluang pekerjaan yang dibuka tentu sangat tidak banyak. Oleh karena itu, jika Anda yang ingin bergerak untuk membuka sebuah bisnis maka hal ini memiliki tujuan dan manfaat bagi orang lain salah satunya yaitu membuka lapangan pekerjaan.

2. Dapat Memberikan Contoh Kepada Orang Lain


Tidak hanya membuka lapangan kerja saja bagi orang lain. Hal ini juga memiliki tujuan yang baik juga. Dimana jika Anda membuka sebuah bisnis dan memberikan inovasi-inovasi yang baru serta kreatif maka orang lain akan melihat bisnis Anda tersebut. Hal seperti ini pasti akan mengerakkan hati para wirausahawan lainnya untuk dapat lebih mengembangkan bakat-bakatnya dalam menjalankan bisnis.

3. Dapat Membantu Para Pengusaha Muda Agar Lebih Berkreasi dan Inovasi

Jika berbicara masalah tujuan seseorang berwirausaha tentu sangat banyak sekali. Dimana salah satunya yaitu dapat membantu para pengusaha muda untuk dapat lebih berkreasi dan berinovasi lagi. Hal ini dapat memberikan tujuan dan manfaat untuk pengusaha muda agar dapat lebih mengembangkan lagi bakat-bakat kreatifnya sehingga bisa menjadikan usaha bisnisnya semakin besar.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup


Tujuan dari seseorang berwirausaha tentu tidak hanya berfokus pada peluang pekerjaan saja yang diberikan kepada orang lain, akan tetapi dengan adanya bisnis ini Anda juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup untuk Anda sendiri dan juga orang lain. Dengan adanya peluang pekerjaan maka seseorang bisa memberikan tenaganya untuk bekerja disini dan memberikan juga ide-ide atau inovasi terbaru lagi sehingga bisnis Anda akan tetap terus berkembang.

5. Menumbuhkan Tingkat Kesadaran Bagi Masyarakat


Saat ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencari lapangan pekerjaan di mana saja. Tapi tahu kah Anda bahwa tersedianya lowongan pekerjaan tidak sebanyak yang Anda pikirkan? Tentu hal ini akan membuat Anda menjadi kesulitan dalam mencari pekerjaan. Akan tetapi kesadaran Anda dalam membuka sebuah usaha dan memberikan peluang pekerjaan bagi orang lain tentu sangat kecil sekali bukan?

Hal ini dikarenakan, kebanyakan dari mereka memang tidak mau mengambil risiko dimana jika mereka membuka bisnis mereka akan di takuti dengan yang namanya rugi. Oleh karena itu, kebanyakan dari Anda lebih memilih menunggu lapangan pekerjaan terbuka dan mencarinya.

Namun, jika Anda memiliki tekad, keberanian serta inovasi yang bagus tentu hal ini bisa menjadi peluang baik untuk Anda dalam membuka sebuah usaha bisnis. Kembali lagi ke dalam pengertian kewirausahaan tersebut dimana hal ini berhubungan langsung kepada suatu proses untuk menciptakan sesuatu dengan cara kreatif dan juga penuh inovasi yang nantinya dapat memberikan sebuah manfaat yang baik bagi orang lain.

Oleh karena itu, untuk saat ini cobalah Anda melihat pebisnis-pebisnis lainnya yang terus berkembang dan sukses. Hal ini dilakukan dengan cara menanamkan tekad yang kuat serta keberanian dalam mengambil sebuah keputusan. Tak hanya itu saja, perencanaan dan pertimbangan yang matang juga termasuk ke dalam kunci kesuksesan seorang pebisnis wirausaha.

Jadi, di atas ada beberapa informasi yang sangat baik dan berguna untuk Anda lihat mengenai pengertian kewirausahaan, ciri-ciri dan juga tujuan kewirausahaan yang dapat Anda lihat serta pelajari lagi lebih dalam khususnya bagi para pebisnis wirausaha pemula.

Artikel lainnya:
Pengertian Data
Pengertian Belajar
Pengertian Koperasi
Pengertian Teknologi