PENGERTIAN DATABASE: Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Apa itu Pengertian Database? Untuk anda yang berkecimpung dalam dunia IT tentu tidak asing dengan kata database bukan? Sesuai dengan namanya, database atau basis data adalah sebuah alat untuk menyimpan data yang dihasilkan atau dibutuhkan oleh sebuah aplikasi. Untuk mengetahui lebih lengkap dan dalam mengenai arti database ini. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian database secara umum


Jika dilihat pengertian database secara umum adalah merupakan sebuah kumpulan data dan informasi yang tersimpan secara sistematis di dalam sebuah komputer. Data yang sistematis ini memang sudah dirancang supaya ketika dilakukan pencarian data bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih efektif.

Pengertian database

Data yang ada di dalam database bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti untuk pencarian, untuk pengolahan atau bisa juga dimanipulasi untuk keperluan lainnya. Data yang akan diolah ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi baik aplikasi yang berkaitan atau aplikasi lain yang berhubungan untuk mengolah database secara khusus.

Aplikasi yang secara khusus digunakan untuk mengolah database disebut dengan database Management system. Biasanya data di dalam database ini saling terkait satu dengan yang lain sehingga dapat lebih mudah dan efektif ketika akan dikelola.

Pengertian database menurut para Ahli


Selain membahas pengertian database secara umum, kami juga akan membahas pengertian dari database berdasarkan teori dari para ahli. Bagaimana pengertian dari database menurut para ahli ini berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian dari database menurut Abdul Kadir


Menurut Abdul Kadir, database atau yang disebut juga dengan basis data adalah sebuah kegiatan untuk mengorganisir sekumpulan data. Data diorganisir sehingga saling terhubung sehingga memudahkan pemilik data untuk menggunakan data tersebut.

Data yang dimiliki oleh sebuah aplikasi atau perangkat lunak nantinya akan diolah untuk menghasilkan informasi. Informasi inilah yang menjadi hasil dari pengolahan database. Untuk mendapatkan informasi yang lebih menguntungkan dan lebih cepat maka organisme harus dilakukan dengan baik.

Pengertian dari database menurut C.J. Date


Teori selanjutnya yang membahas mengenai pengertian database adalah teori dari C.J. Date. Menurut beliau, basis data atau database adalah sebuah koleksi data atau informasi operasional. Informasi atau data ini tidak hanya sengaja disimpan tapi juga akan digunakan untuk sebuah aplikasi yang berhubungan dengan sebuah organisasi.

Pengertian dari database menurut Fabbri dan Schwab


Selanjutnya, menurut teori dari Fabbri dan juga Schwab basis data adalah sebuah sistem pemberkasan yang terpadu. Sistem tersebut dirancang secara khusus untuk meminimalkan masalah pada sebuah penyimpanan data. Salah satu masalah utama yang ditangani dalam sistem tersebut adalah masalah pengulangan atau redudansi data.

Pengertian dari database menurut Gordon C. Everest


Menurut Everest, basis data adalah sebuah kumpulan data. Kumpulan data ini memiliki sifat mekanis, terbagi dan juga terdefinisi secara formal. Data yang ada dalam sebuah kumpulan data tersebut juga dikontrol secara terpusat oleh sebuah organisasi.

Pengertian dari database menurut Jogiyanto


Menurut teori dari Jogiyanto, pengertian database adalah sebuah kumpulan informasi dan data yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Menurutnya data atau kumpulan data ini disimpan di luar komputer dan membutuhkan software khusus untuk bisa menggunakan dan memanipulasinya.

Dari pengertian-pengertian yang disebutkan sebelumnya mungkin anda akan menemukan banyak pengertian mengenai database adalah sebuah kumpulan informasi dan juga data. Untuk anda yang awam mungkin anda belum paham mengenai perbedaan keduanya. Padahal sesungguhnya kedua hal tersebut memang sangat berbeda.

Data adalah sebuah kumpulan dari dat. Data yang diolah nantinya akan menghasilkan informasi. Jadi informasi adalah hasil ekstraksi dan juga pengolahan dari data. Kini anda sudah tahu perbedaan antara keduanya bukan? Pasti menjadi lebih mudah memahami maksud dari pengertian di atas.

Pengertian dari jenis-jenis database



Database adalah sebuah alat untuk menyimpan data, namun tidak semua data bisa disimpan dengan menggunakan database yang sama. Hal inilah yang menyebabkan ada banyak jenis database yang bisa ditemukan dalam dunia IT. Berikut ini adalah ulasan dan pengertian database berdasarkan jenis-jenisnya.

Operasional database


Salah satu jenis dari database yang populer di dunia IT adalah jenis operasional database. Jenis database ini merupakan database yang digunakan untuk menyimpan data secara lebih terperinci. Data dalam jenis database ini memang sengaja dibuat dengan terperinci agar dapat digunakan sebagai data utama dari sebuah organisasi.

Dengan keberadaan data yang lebih terperinci ini maka setiap bagian dari sebuah perusahaan atau organisasi bisa menggunakan database ini. Selain disebut sebagai operasional database, jenis database ini juga sering dikenal dengan nama SADB atau Subject Area Database. Ia juga dikenal dengan nama transaksi database atau produksi database.

Relasional database


Jenis dari database yang lainnya adalah relasional database. Pengertian database adalah merupakan database yang dikenal sangat fungsional. Hal ini disebabkan karena dalam database ini user yang menggunakan database dapat mencari informasi yang diinginkannya meski berasal dari tabel yang berbeda.

Karena fungsinya ini, jenis database ini bisa disebut sebagai database yang paling populer. Untuk bisa mengakses informasi dari database ini anda akan membutuhkan query yang terdiri dari beberapa tabel karena fungsi relasi yang dimilikinya.

Distributed database


Selanjutnya pengertian database yang akan kami bahas adalah pengertian tentang distributed database. Database ini adalah sebuah database yang memiliki susunan yang tersebar. Sesuai dengan namanya bukan? Meskipun tersebar, jenis database ini tetap menghubungkan data satu dengan data lain yang dimilikinya.

Jenis database ini merupakan jenis database yang sangat populer digunakan pada perusahaan yang memiliki banyak cabang. Tujuannya adalah untuk memudahkan user itu mengakses data dari cabang satu ke cabang lainnya.

Eksternal database


Jenis dari database selanjutnya adalah eksternal database. Database ini merupakan data yang ada di luar komputer. Komputer diberikan akses ke bagian luar dimana data disimpan. Data yang disimpan dalam database ini biasanya merupakan data yang digunakan untuk keperluan komersial.

End User Database


Pengertian database selanjutnya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah pengertian mengenai end user database. Sesuai dengan namanya, end user database adalah sebuah database yang dikembangkan oleh end user. End user dalam sebuah database adalah orang yang menggunakan aplikasi atau pengguna data di dalam database untuk mencari informasi.

Contoh dari end user database seperti koleksi dokumen dalam bentuk spreadsheet, word processing dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara lebih mudah, end user database adalah database yang anda miliki di komputer anda. Di Drive-drive yang ada komputer anda. Ada banyak file bukan? Kumpulan dari file inilah yang disebut dengan end user database.

Navigation Database


Database jenis ini merupakan database yang sebetulnya kurang populer untuk digunakan. Jenis database ini merupakan database yang beroperasi dengan menggunakan referensi dari objek di dalam database. Artinya, untuk menemukan sebuah record atau data database akan menggunakan referensi yang ada di data lainnya.

In Memory Database


In memory database sering dikenal dengan nama IMDB. Database ini merupakan database yang bekerja dengan menggunakan memori utama yang dimiliki oleh komputer. Ia dikenal juga dengan nama main memory database system atau MMDB dan juga memori residen database.

Jenis dari database ini memiliki kelebihan berupa anda kemampuannya untuk melakukan pemrosesan lebih cepat dibanding database biasa. Hal ini disebabkan karena database biasanya biasanya menggunakan disk storage untuk melakukan akses terhadap datanya sedangkan pada IMDB ini akses data hanya dilakukan dengan menggunakan memori utama.

Real Time Database


Pengertian database real time database adalah sebuah database yang menyimpan data yang memiliki fluktuasi perubahan data yang tinggi. Database ini merupakan database yang sangat kuat. Contoh penggunaan dari database ini adalah untuk menyimpan data stock Market. Stock Market memiliki data yang selalu berubah, sangat cepat dan sangat dinamis.

Selain digunakan sebagai database untuk menyimpan data dari stock Market atau pasar modal, jenis database ini juga banyak digunakan sebagai model database untuk perusahaan akuntansi, perbankan, database mengenai catatan medis, sistem reservasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Document Oriented Database


Document oriented database atau dikenal juga dengan document store adalah sebuah program komputer yang didesain untuk melakukan kegiatan database yang berhubungan satu berorientasi terhadap dokumen.

Kegiatan database yang dimaksud antara lain adalah menyimpan, menarik, mengatur data dengan orientasi dokumen dengan baik, jenis database ini juga banyak dikenal sebagai semi struktur data karena fungsinya ini.

Analitical database


Pengertian database selanjutnya adalah database analitis. Analitical database adalah sebuah database yang digunakan untuk menyimpan sejarah atau history dari data yang ada di dalam sebuah bisnis. Database ini juga dikenal sebagai read only system. Yang disimpan di dalam database ini antara lain adalah mengenai performa penjualan dan juga penyimpanan.

Hypermedia database


Hypermedia database adalah sebuah d yang digunakan untuk menyimpan data-data yang dimiliki oleh sebuah situs. Data yang disimpan dapat berupa halaman website, teks, grafis, gambar, video, audio dan masih banyak lagi lainnya.

Data warehouse


Merupakan sebuah database yang digunakan untuk menyimpan data yang usianya sudah lanjut. Biasanya disimpan sebagai salah satu referensi tidak untuk digunakan secara aktual. Biasanya digunakan untuk menyimpan data dari perusahaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Pengertian database dalam bentuk software



Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebuah data mungkin akan sulit menjadi informasi jika tidak digunakan aplikasi atau alat untuk melakukan manipulasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Database Firebird


Selanjutnya jenis program database yang akan dibahas adalah database Firebird. Database ini merupakan database yang sangat populer dengan fitur yang dimilikinya. Aplikasi Firebird ini merupakan sistem yang memiliki fungsi yang standar. Fungsi standar inilah yang menjadikan aplikasi ini lebih mudah digunakan.

Selain memiliki fungsi yang standar, ia juga memiliki bobot yang ringan untuk komputer anda dan bisa digunakan untuk ragam sistem operasi. Mulai dari Windows, Linux ataupun Unix semuanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk membangun dan memanipulasi database.

Database Microsoft access


Pengertian database berupa alat yang pertama akan kami berikan adalah pengertian mengenai Microsoft access. Microsoft access adalah salah satu jenis software database yang paling banyak digunakan. Microsoft Access adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk manipulasi database yang biasanya dimiliki oleh komputer dengan Sistem operasi Windows.

Jenis database ini banyak digunakan karena sifatnya yang mudah dibangun terutama untuk usaha dalam bentuk yang masih kecil atau menengah. Selain itu, format data yang dimiliki oleh peringkat lunak database ini juga masih bersifat umum sehingga lebih mudah diolah atau dibaca bagi orang-orang yang awam dalam dunia IT.

Database Ms SQL Server


Pengertian database selanjutnya adalah pengertian mengenai database Ms SQL Server. Database ini merupakan database yang sangat banyak digunakan pada sisop Microsoft. Jenis bahasa yang digunakan oleh database ini adalah Transact SQL. Popularitas dari database ini salah satunya disebabkan karena tipe data yang dimilikinya cukup banyak.

Database MySQL


Jenis aplikasi database selanjutnya adalah database MySQL. Database ini merupakan database yang bisa diakses dengan mudah oleh orang-orang umum. Biasanya jenis database ini dapat digunakan untuk komputer dengan sistem operasi Windows atau sistem operasi Linux.

Kelebihan utama dari database ini adalah dari penggunaannya. Database ini merupakan database yang bisa digunakan oleh multi user, selain itu ia juga bisa digunakan secara gratis dan memiliki query data yang dapat digunakan untuk akses data dengan cepat. Hal ini membuat jenis database ini sangat cocok sebagai database untuk pemula dalam belajar database.

Database Oracle


Satu lagi aplikasi yang digunakan untuk membuat database adalah Oracle. Pengertian database Oracle ini adalah sebuah software database yang digunakan untuk menyimpan data dalam ukuran yang sangat besar. Hal ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh jenis aplikasi database yang satu ini.

Karena kemampuannya untuk menyimpan data dalam ukuran yang sangat besar, jenis database ini banyak digunakan oleh perusahaan yang sudah maju atau berkembang. Kelebihan lain yang dimiliki oleh perangkat lunak database ini adalah mengenai aksesnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa membayar alias gratis. Hal inilah kelebihan lain dari Oracle.

Postgre SQL


Jenis aplikasi database terakhir yang akan kami bahas adalah Postgre SQL. Pengertian database Postgre SQL ini berupa sebuah database open source yang menggunakan bahasa pemrograman C, C++, PHP, SQL dan masih banyak lagi lainnya. Jenis database ini merupakan jenis database yang sangat cocok jika anda akan menggunakannya sendiri.

Karena sifatnya yang open source maka sudah dipastikan bahwa database ini bisa didapatkan secara gratis. Ha lini juga diperkuat dengan keberadaan GPL atau general Public License. Sehingga sudah pasti bisa digunakan secara gratis untuk kebutuhan personal.

Untuk anda yang akan membuat database maka penting bagi anda untuk mengenal aplikasi satu perangkat lunak yang akan anda gunakan untuk membuat database. Hal ini disebabkan karena database tidak akan bisa dibuat jika tidak menggunakan aplikasi database tersebut.

Sesungguhnya selain aplikasi database yang disebutkan sebelumnya anda masih bisa menemukan banyak jenis aplikasi database yang lainnya. Akan tetapi aplikasi database yang kami berikan diatas merupakan aplikasi rekomendasi baik untuk kebutuhan personal atau kebutuhan perusahaan menengah. Untuk mencari pengertian database yang lainnya, anda bisa mencarinya sendiri.