PENGERTIAN NORMA: Secara Umum Dan Jenisnya

Hukum yang tidak tertulis disebut dengan norma. Untuk anda yang ingin tahu pengertian norma yang lebih dalam lagi, berikut ini kami ulas segala pengertian norma secara tuntas.

Kemunculan dari norma


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pengertian norma, kami akan membahas terlebih dahulu bagaimana awalnya kemunculan dari norma.

Manusia sebagai makhluk sosial


Pada dasarnya norma muncul disebabkan karena keinginan manusia untuk hidup dalam kelompok. Hal ini merupakan salah satu hal yang disebabkan karena manusia merupakan makhluk sosial. Sesuai dengan teori dari salah satu filsafat Yunani yaitu Aristoteles, bahwa manusia adalah zoon politicon yang artinya manusia adalah makhluk sosial.

Pengertian norma

Karena merupakan makhluk yang membutuhkan aspek sosial maka manusia lebih cenderung untuk hidup berkelompok dalam masyarakat. Dalam masyarakat ada banyak anggota kelompok. Masing-masing anggota kelompok memiliki kepentingan antara satu dengan yang lainnya. Kepentingan inilah yang menyebabkan timbulnya bentrokan dalam masyarakat.

Kemunculan norma dari bentrokan dalam masyarakat


Dalam sebuah masyarakat akan ditemukan kepentingan bersama. Contohnya jika seorang tidak tahan dengan lingkungan sekitarnya karena satu dan lain hal mereka akan mempertimbangkan apakah akan tetap tinggal atau pergi dari lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Jadi setiap kelompok masyarakat yang terbentuk pasti memiliki kepentingan bersama.

Jika memang kepentingan sudah tidak sama maka orang akan meninggalkan lingkungan tempatnya tinggal. Namun jika masih memiliki kepentingan yang sama tapi tetap terganggu dengan salah satu kebiasaan maka akan muncul bentrokan. Untuk mengatur antara kepentingan pribadi agar tidak saling bentrok ini maka muncullah sebuah norma di masyarakat.

Dengan begitu pengertian norma yang sesungguhnya memang aturan yang muncul dari sebuah hubungan dengan sesama. Seorang yang tidak memiliki toleransi terhadap orang lain akan menyebabkannya mengabaikan norma. Jika hal ini terjadi maka sanksi dari norma akan berlaku.

Pengertian norma secara umum


Norma adalah bisa disebut dengan banyak nama seperti kaidah, acuan, pedoman hingga bisa juga disebut dengan ketentuan. Ketentuan, kaidah, acuan dan hal-hal lain yang disebut sebagai nama lain dari norma ini tujuannya hanya 1 yaitu untuk mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi dalam sebuah kelompok dan masyarakat.

Sebuah kelompok atau masyarakat tidak akan dapat hidup dengan tenang dan damai jika tidak ada norma yang berlaku dalam mengaturnya. Hal ini disebabkan karena setiap manusia memiliki hak dan juga kewajiban. Hak dan kewajiban yang dimiliki oleh seorang dengan orang lainnya ini bisa berbenturan. Hal ini adalah hal yang menyebabkan norma muncul sebagai penengahnya.

Meskipun bukan merupakan aturan yang ada secara tertulis, tapi norma adalah merupakan sebuah aturan yang sifatnya memaksa. Memaksa anggota dalam masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan aturan masyarakat yang berlaku. Jika aturan tersebut dilanggar maka sanksi masyarakat akan dikenakan pada orang tersebut.

Pengertian norma berdasarkan kata pembentuknya


Selain memiliki artisan umum, kata norma tentu saja merupakan sebuah kata yang dibentuk dari sebuah bahasa. Sesungguhnya kata norma di Indonesia berasal dari bahasa Belanda. Kata dari bahasa Belanda yang diambil untuk dijadikan kata norma ini adalah “Norm”.

Kata “Norm” dalam bahasa Belanda sendiri merupakan salah satu hal yang diartikan ke dalam artisan patokan, kaidah dan juga pedoman. Selain dari bahasa Belanda. Banyak juga yang mengatakan bahwa kata norma ini berasal dari bahasa latin yaitu “Mos”.

Lihat juga:
Pengertian Budaya
Pengertian Komputer

Kata “Mos” dalam bahasa latin memiliki makna yang lebih mendalam jika dihubungkan dengan kata norma yang ada di Indonesia. Hal ini jika kata norma berasal dari kata “Mos” dalam bahasa latin maka pengertian norma bisa disebut mengenai kebiasaan, adat istiadat dan juga kelakuan. Hal ini lebih cukup mewakilkan arti kata norma yang berlaku di Indonesia bukan?

Pengertian norma berdasarkan pendapat Ahli


Selain dilihat dari arti namanya, pengertian norma juga bisa didapatkan dari pendapat orang-orang yang ahli. Orang-orang yang ahli ini adalah orang-orang yang sudah berkecimpung dalam dunia sosial dalam waktu yang cukup lama sehingga teorinya banyak digunakan. Apa saja pendapat ahli mengenai pengertian dari aturan tidak tertulis ini? Berikut ulasannya.

· Pengertian menurut Antony Giddens


Menurut Antony Giddens, norma adalah sebuah prinsip atau aturan. Prinsip atau aturan tersebut dibuat secara konkret dan harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh anggota masyarakat.

Pengertian menurut Bromo dan Selznic


Pengertian norma selanjutnya adalah pengertian menurut Bromo dan Selznic. Menurut kedua ahli ini, norma adalah sebuah rancangan ideal mengenai perilaku manusia. Rancangan ini tugasnya adalah untuk memberikan batasan bagi anggota masyarakat sehingga tujuan hidup bermasyarakat dapat tercapai.

Pengertian menurut Craig Calhoun


Menurut beliau, pengertian norma berhubungan dengan pedoman dan juga aturan. Pedoman dan juga aturan ini menyatakan mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu.

Pengertian menurut E. Ultrecht


Berdasarkan teori yang disampaikan oleh beliau, pengertian dari norma dimaknai sebagai sebuah petunjuk hidup. Petunjuk ini digunakan untuk mengatur tata tertib dari sebuah masyarakat atau kelompok yang lebih besar seperti sebuah negara. Menurut beliau, aturan yang terbentuk dalam kelompok tersebut wajib untuk ditaati agar tidak ada sanksi berupa tindakan dari pemerintah.

Pengertian menurut Isworo Hadi Wiyono


Salah satu ahli yang mengeluarkan pendapatnya mengenai norma yang berlaku di masyarakat adalah Isworo Hadi Wiyono. Menurut beliau, norma adalah sebuah peraturan yang lebih tepat disebut sebagai petunjuk kehidupan.

Petunjuk ini memberikan ancar-ancar mengenai perbuatan mana yang boleh dilakukan dan juga perbuatan mana yang haru dihindari. Menurut beliau ancar-ancar yang diberlakukan di masyarakat ini tujuannya adalah untuk membantu menertibkan dan mewujudkan keteraturan dalam masyarakat.

Pengertian menurut John J. Macionis


Teori selanjutnya mengenai pengertian norma di utarakan oleh John J. Macionis. Menurutnya, norma adalah sebuah aturan dan juga harapan yang dimiliki oleh masyarakat. Harapan ini ditujukan untuk memandu perilaku anggota dari sebuah masyarakat atau kelompok yang membentuknya.

Pengertian menurut Robet Mz. Lawang


Menurut Lawang, norma adalah sebuah gambaran. Gambaran tersebut adalah mengenai hal-hal yang memiliki maksud baik dan juga pantas untuk dilakukan. Bukan hanya baik untuk dilakukan tapi juga baik sehingga harus dihargai.

Lihat juga:
Pengertian Etika
Pengertian Sejarah

Pengertian menurut Soerjono Soekarno


Menurut Soerjono Soekarno, sebuah norma adalah sebuah perangkat aturan. Perangkat aturan ini digunakan untuk mengatur hubungan antar manusia dalam masyarakat agar dapat dijalin dengan baik.

Pengertian norma berdasarkan sumbernya



Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis dari norma ada sangat banyak. Jenis dari norma ini muncul berdasarkan gaya hidup dan juga aspek kehidupan dari masyarakat oleh karena itu pelaksanaannya tentu lekat dengan kondisi masyarakat secara umum. Apa saja jenis dari norma ini? Berikut ini adalah pengertian norma berdasarkan dengan jenisnya yang bisa kami berikan.

Norma agama


Salah satu norma yang paling tinggi yang ada di masyarakat adalah norma agama. Norma agama merupakan salah satu panduan hidup manusia yang sumbernya ada pada kepercayaan pada Tuhan Yang Esa. Norma ini merupakan norma yang memiliki sifat dogmatis dan tidak bisa ditambah ataupun dikurangi.

Seperti yang kita tahu bahwa agama yang dipercayai di Indonesia ada 5 macam. Oleh karena itu, norma agama antara satu agama dengan agama lainnya tentu berbeda. Hal ini disebabkan karena ajaran agama yang juga berbeda. Tapi tetap tujuan dari norma agama tetap 1 yaitu untuk mengatur perilaku manusia agar tetap baik dengan penciptanya.

Sesuai dengan pengertian norma yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa setiap norma yang dilanggar akan mendatangkan sanksi atau konsekuensi. Untuk pelanggaran dari norma agama ini akan menyebabkan hukuman yang berat di akhirat. Hal ini akan dijelaskan pada kitab masing-masing agama.

Norma kesusilaan


Norma ini adalah norma yang muncul dari hati sanubari manusia. Setiap manusia memang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Akan tetapi hatinya diciptakan oleh 1 pencipta sehingga masing-masing manusia memiliki perasaan yang sama. Hal inilah yang menyebabkan norma kesusilaan muncul yaitu dari persamaan perasaan mengenai yang buruk dan yang baik.

Jenis norma ini merupakan norma yang juga memiliki sanksi jika dilanggar. Sanksi pelanggaran ini bisa disebut cukup berat karena biasanya diberikan oleh diri sendiri. Contohnya adalah rasa malu, rasa bersalah dan penyesalan.

Contoh dari pelanggaran untuk norma kesusilaan adalah mencuri, berbohong dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun pada saat anda melanggar tidak ada orang yang mengetahuinya tapi secara hati nurani anda menyadari bahwa kesalahan telah anda perbuat sehingga membuat anda merasa takut dan malu jika ketahuan.

Norma kesopanan


Pengertian norma yang akan kami bahas adalah pengertian mengenai norma kesopanan. Norma kesopanan ini adalah norma yang muncul dari hubungan antara satu orang dengan orang lainnya dalam masyarakat. Jenis norma ini merupakan norma yang paling penting untuk dilakukan di dalam masyarakat.

Norma kesopanan adalah norma yang sangat penting dalam masyarakat disebabkan karena norma ini adalah norma yang akan membantu anda untuk menemukan tempat anda di dalam sebuah kelompok. Dalam bergaul anda perlu menempatkan diri dengan tepat dan norma inilah yang akan membantu anda.

Berbeda dengan norma kesusilaan, norma ini merupakan norma yang memiliki banyak jenis. Pasalnya norma ini muncul dari golongan tertentu sehingga tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Contohnya di salah satu daerah, berkata kasar adalah hal yang buruk untuk dilakukan, tapi berbeda di daerah lain di mana kata kasar merupakan hal yang menunjukkan keakraban.

Jika norma kesopanan ini dilanggar, sanksinya cukup berat yaitu sanksi berupa ejekan dan juga celaan. Bahkan orang yang tidak memiliki pengertian norma dan menyebabkannya melakukan pelanggaran akan dikucilkan dari masyarakat dan pergaulan. Inilah sanksi berat dari norma kesopanan ini.

Lihat juga:
Pengertian Akuntansi
Pengertian Hukum

Norma hukum


Hukum merupakan aturan yang tertulis, akan tetapi untuk melaksanakannya diperlukan norma hukum. Norma hukum adalah norma yang bersumber dari undang-undang, kebiasaan, doktrin dan hal-hal lainnya yang berhubungan.

Norma ini muncul sebagai pelengkap dari norma lainnya. Ia juga memiliki sifat yang sangat tegas dan juga memaksa, termasuk dalam pemberian sanksinya. Aturan yang belum ada di dalam norma lainnya biasanya akan muncul di norma hukum ini. Terkadang sanksi yang muncul dari norma ini mungkin bertentangan dengan norma lainnya seperti larangan untuk membunuh.

Norma kebiasaan


Satu lagi jenis norma yang akan kami bahas dalam artikel pengertian norma ini, ia adalah norma kebiasaan. Norma ini adalah norma yang muncul dari aturan sosial yang dibentuk secara tidak sadar dalam masyarakat. Jenis norma ini muncul dari kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menimbulkan aturan yang dan kebiasaan.

Sanksi dari norma kebiasaan ini cukup mirip dengan norma kesopanan yaitu kritikan, ejekan dan juga dikucilkan oleh masyarakat. Contoh dari pelaksanaan norma kebiasaan ini salah satunya adalah mandi setiap hari. Mandi setiap hari membuat badan anda menjadi jauh dari aroma yang tidak menyenangkan. Norma ini memang tidak ditulis tapi menjadi standar kebiasaan.

Pengertian Norma Berdasarkan Ikatannya



Selain berdasarkan sumbernya sebuah norma juga bisa diartikan berdasarkan ikatan yang dimilikinya. Apa saja jenis pengertian dan jenis norma berdasarkan ikatannya ini. Berikut ini adalah ulasannya.

Norma cara


Norma cara adalah norma yang menunjuk pada perbuatan orang perseorangan. Norma ini merupakan norma yang terlihat jelas dari hubungan antara satu individu dengan individu lainnya. Biasanya jenis norma ini tidak menyebabkan reaksi yang besar dari masyarakat luas tapi hanya berupa cemoohan.

Contoh pelaksanaan dari norma ini adalah makan tanpa bersuara. Jika ada pelanggaran terhadap norma ini maka akan menyebabkan seorang di perbincangkan di belakang atau bahkan di ejek karena cara makan yang tidak sesuai dengan norma.

Norma kebiasaan


Jenis norma ini juga masuk dalam norma berdasarkan sumbernya. Untuk jenis norma ini, pengertian norma sudah dijelaskan dengan jelas pada sub bab sebelumnya bukan?

Norma kelakuan


Salah satu jenis norma berdasarkan ikatan lainnya adalah norma kelakuan. Norma kelakuan ini adalah norma yang digunakan untuk mengatur kelakuan. Biasnya norma ini merupakan norma yang muncul dalam sebuah kelompok. Hal ini menyebabkan norma ini memiliki aturan yang berbeda-beda pada satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Norma adat


Norma ini merupakan norma yang bertujuan untuk meningkatkan persatuan yang ada di masyarakat. Biasanya sumbernya adalah dari hukum adat. Jika seorang melanggar aturan adat ini maka orang tersebut akan mendapatkan sanksi adat yang berlaku pada sebuah masyarakat.

Salah satu contoh dari penegakan hukum adat adalah ketika seseorang melakukan pelanggaran terhadap hukum adat maka ia akan diasingkan satu dibuang dari daerah tempatnya tinggal biasanya norma adat ini sangat kental dimiliki oleh masyarakat yang masih menggunakan sistem pemerintahan ketua adat. Selain itu biasanya norma ini sangat dihormati.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel mengenai norma ini sesungguhnya merujuk pada kewajiban dan juga hak dari tiap orang di dalam masyarakat. Setiap orang bisa saja menggunakan hal dan kewajibannya dalam masyarakat. Akan tetapi hak pribadi ini tidak boleh melanggar hak dari orang lain dalam sebuah masyarakat.

Keberadaan norma ditujukan untuk memastikan bahwa hak dan kewajiban individu dapat terus berjalan namun tidak bergesekan antara satu dengan yang lainnya. Mengapa? Karena gesekan kepentingan berupa hak dapat menyebabkan satu orang dengan orang yang lainnya mengalami masalah seperti perpecahan.

Kebanyakan dari norma muncul dari pelanggaran di masa lalu. Karena adanya bentrok di masa lalu maka secara tidak sadar satu secara sadar hal-hal yang buruk yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam masyarakat harus dihindari yaitu dengan munculnya pengertian norma seperti di atas.

Artikel lainnya:
Pengertian Negara
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba
Pengertian Kewirausahaan