PENGERTIAN TEKNOLOGI: Sejarah, Jenis, Manfaat, Dan Perkembangannya

Pengertian Teknologi adalah kebutuhan manusia, jika mungkin dulu sebelum adanya teknologi seperti saat ini, manusia mengerjakan sesuatu halnya secara manual. Misalnya menebang pohon, mengirim surat, dan lain-lain sebagainya. Dan semenjak teknologi hadir, manusia menjadi lebih mudah dalam mengerjakan sesuatu kegiatan sehari-hari.

Pengertian teknologi

Pengertian teknologi dapat diartikan sebagai segala kebutuhan atau sarana yang dapat berupa beraneka ragam peralatan atau sistem yang fungsinya dapat memberikan suatu kemudahan dan kenyamanan untuk kehidupan sehari-hari.

Teknologi merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu technologia atau techno yang artinya “keahlian” dan kata logia yaitu pengetahuan. Awalnya pengertian teknologi hanya terbatas pada makna yang berwujud benda seperi mesin atau peralatan. Dan semakin berjalannya waktu teknologi juga semakin mengalami perkembangan.

Saat ini pengertian teknologi tidak hanya terbatas pada wujud suatu benda, namun dapat juga dapat dimaknai tanpa sebuah wujud. Misal teknologi tidak berwujud yaitu perangkat lunak, suatu metode tertentu misalnya metode bisnis, metode pembelajaran, metode pertanian, metode kesehatan, dan lain sebagainya.

Pengertian teknologi menurut para ahli


M maryono


Pengertian teknologi menurut M Maryono adalah suatu perkembangan yang diterapkan pada peralatan ataupun sistem-sistem yang dapat berguna untuk menyelesaikan dan mengatasi persoalan atau masalah yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari.

Jacques Ellil


Menurutnya pengertian teknologi adalah keseluruhan dari metode yang secara logika atau rasional memiliki ciri yang dapat mempermudah dan sifat efesiensi dalam berbagai kegiatan manusia sehari-hari.

Gary J Anglin


Pengertian teknologi menurut Gary adalah ilmu perilaku, ilmu alam, dan ilmu pengetahuan yang diterapkan secara bersama-sama yang tersistem untuk dapat memecahkan suatu kesulitan atau masalah yang dihadapi manusia dalam kegiatannya sehari-hari.

NN


Teknologi adalah suatu benda yang memiliki identitas tertentu, namun bukan suatu benda yang dengan sengaja dibuat terpadu yang melalui proses perbuatan dan suatu pemikiran tertentu untuk mencapai suatu target atau nilai.

Iskandar Alisyahbana


Pengertian teknologi adalah suatu cara untuk melakukan sesuatu tertentu untuk dapat memenuhi kebutuhan yang dibantu dengan alat dan akal. Yang dimana teknologi tersebut akan melindungi atau memperkuat anggota tubuh manusia, pancaindra, hingga otak.

Manuel Castells


Pengertian teknologi menurut Manuel adalah alat, sistem, aturan, dan cara atau prosedur untuk menerapkan suatu ilmu pengetahuan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu yang memungkinkan untuk dapat diulang.

Lihat juga:
Pengertian Pancasila
Pengertian Globalisasi

Merriam Webster


Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan secara praktis untuk suatu bidang tertentu dan cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas menggunakan metode, pengetahuan, atau sistem teknis dalam bidang tertentu.

Jadi dapat disimpulkan pengertian teknologi dari para ahli adalah semua alat, mesin, sistem, cara, proses, aktivitas, ataupun gagasan yang sengaja dibuat untuk dapat mempermudah kesulitan manusia dalam beraktivitas di kegiatan sehari-hari.

Sejarah perkembangan teknologi



Perkembangan pengertian teknologi terjadi secara sistematis. Sudah sejak lama beribu-ribu tahun yang lalu, sebenarnya teknologi sudah diketahui dan dikenal oleh manusia. hanya saja bentuk dan manfaat yang diperoleh tidak secanggih seperti saat ini yang telah ditemukan.

Pra sejarah teknologi


Saat masa pra sejarah teknologi yang banyak digunakan terbuat dari batu, perunggu, atau besi. Contoh teknologi pra sejarah antara lain pedang, bejana perunggu, kapak, tombak, dan lain sebagainya.

Jaman kuno


Setelah masa pra sejarah, muncullah teknologi pada jaman kuno. Teknologi di jaman kuno sudah mulai berkembang menuju arah konstruksi, pertanian, maritim, perkebunan, alat-alat tulis, dan lain sebagainya. Pada jaman kuno, manusia sudah mulai mengenal cara membangun konstruksi untuk suatu bangunan tertentu dari yang mudah sampai yang memiliki kerumitan. Contoh kecanggihan teknologi pada jaman kuno antara lain piramid, mercusuar, kapal, arah mata angin, jam matahari, dan lain sebagainya.

Abad pertengahan dan era modern


Dimasa abad pertengahan dan modern teknologi sangat mengalami kemajuan yang pesat. Kemajuan teknologi di jaman abad pertengahan dan era modern ditandai dengan banyak penemuan-penemuan dalam ilmu pengetahuan. Teknologi pada abad pertengahan ditandai dengan banyaknya penggunaan mesin yang sederhana seperti tuas, katrol, baut, dan lainnya yang dapat digabung dan membentuk suatu alat yang kompleks. Bidang teknologi abad pertengahan dan era modern antara lain ilmu astronomi, ilmu kedokteran atau medis, matematika, militer, ilmu kaligrafi, dan masih banyak lagi. contoh hasil teknologi abad ini seperti mesin cetak, aljabar, busur silang, navigasi pada kapal, dan lain sebagainya.

Era revolusi industri


Era revolusi industri semakin memperjelas keberadaan dari teknologi. Teknologi semakin pesat diciptakan dan berkembang untuk dijadikan tenaga mesin yang dapat membantu manusia dan menggantikan tenaga manusia. di era revolusi industrilah yang menjadi cikal bakal teknologi yang berkembang di masa kini. Era revolusi industri di Inggris misalnya pada abad ke 18 adalah babak permulaan ditemukannya teknologi dalam bidang pertambangan, pertanian, manufaktur, dan masih banyak lagi. di era ini kemajuan ilmu sains dan teknologi sangat mendominasi dengan adanya perkembangan teknologi yang lebih maju dan tinggi dari masa atau jaman yang sebelumnya. pada akhir abad 19 dan permulaan abad 20 teknologi yang berkembang pesat adalah transportasi. Contoh teknologi era revolusi industri antara lain alat transportasi yaitu mobil generasi awal, sepeda, kereta api, telepon, telegraf, mesin tenun, mesin uap, dan masih banyak lagi.

Abad 20 an


Pada abad ke 20 an kemajuan teknologi semakin membuat manusia menjadi terpukau. Di era itu dalam ilmu astronomi seseorang ilmuan bernama Neil Amstrong berhasil mendarat dan menjejakkan kakinya di bulan. Kemudian teknologi lain dalam berbagai macam bidang juga saling berkembang dengan pesat. Dalam bidang militer, terciptalah bom atom. Muncul juga temuan transistor yang merupakan cikal bakal dari ukuran pada komputer kecil yang saat ini ditemukan. Dan pada abad ini dunia online atau internet juga diperkenalkan pada umum dan dikomersialkan. Penemuan teknologi lain pada abad 20 an seperti kulkas, microwave, teknologi vaksinasi, dan masih banyak lagi.

Abad 21


Pada abad 21 teknologi semakin berkembang dan terus dikembangkan. Mulai dari teknologi yang sengaja diciptakan untuk kebutuhan rumah tangga, informasi, pendidikan, sosial dan masih banyak lagi. di abad teknologi yang canggih ini ada kewajiban untuk mendorong mengembangkan generasi baru sehingga akan muncul dan tercipta berbagai macam teknologi baru yang akan lebih kompleks. Dimana perkembangan teknologinya sangat bergantung pada pelatihan maupun pendidikan, dan sering kali juga akan dibutuhkan pendidikan dari para pemakai teknologinya.

Jenis-jenis teknologi



Teknologi diaplikasi dalam hampir seluruh bidang keilmuan yang ada dan menyentuh semua sektor dalam bidang kehidupan manusia. berikut adalah jenis-jenis teknologi antara lain:

1. Teknologi informasi


Teknologi informasi atau TI merupakan teknologi khusus yang diciptakan untuk dapat membantu manusia dalam memberikan suatu informasi dengan waktu yang cepat pada orang lain. Contoh teknologi informasi antara lain radio, televisi, telegram, media online, dan masih banyak lagi.

2. Teknologi komunikasi


Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang membuat manusia dapat berkomunikasi dengan lainnya sehingga dapat bertukar informasi dengan bantuan perangkat yang mempermudah manusia. contoh teknologi komunikasi antara lain mesin fax, telepon, smartphone, email, media online, aplikasi chatting, dan masih banyak lagi.

Lihat juga:
Pengertian Sistem Informasi
Pengertian Pajak

3. Teknologi transportasi


Teknologi transportasi merupakan teknologi yang berhasil diciptakan untuk membantu manusia berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya dalam waktu singkat atau cepat. Contoh teknologi transportasi antara lain sepeda, motor, mobil, pesawat, kereta api listrik, kapal laut, helicopter, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Teknologi medis


Teknologi medis adalah teknologi dalam ilmu kedokteran untuk membantu kegiatan medis dan juga sudah menerapkan teknologi komputer. Contoh teknologi medis antara lain stetoskop, tensimeter, termometer, alat suntik, mesin USG, alat X-ray, CT Scan, laboratorium, dan masih banyak lagi.

5. Teknologi pendidikan


Teknologi pendidikan adalah berbagai macam teknologi yang digunakan untuk dapat membantu proses pendidikan. Contoh teknologi pendidikan antara lain metode pembelajaran, laboratorium sekolah seperti laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium matematika dan lain-lain, komputer, proyektor, OHP, dan masih banyak lagi.

6. Teknologi konstruksi


Teknologi konstruksi dimanfaatkan untuk dapat membatu pekerjaan struktur bangunan. Contoh teknologi konstruksi antara lain metode kerja, alat-alat berat, AutoCAD atau software gambar, dan lain sebagainya.

7. Teknologi pangan


Teknologi pangan merupakan teknologi yang dapat membantu proses pertanian dan perkebunan.

Manfaat teknologi



Seperti yang telah dijelaskan dari pengertian teknologi bahwa hakikatnya teknologi diciptakan guna keperluan manusia. teknologi memiliki manfaat untuk dapat membatu pekerjaan dan aktivitas manusia dalam berbagai aspek dan bidang di kehidupan. Mengacu dari pengertian teknologi, berikut adalah manfaat teknologi bagi manusia antara lain:

1. Dalam bidang komunikasi dan informasi


Manfaat utama yang paling dirasakan dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi adalah proses yang cepat, mudah, dan juga murah. Bila sebelumnya tanpa teknologi komunikasi dan informasi, Anda hanya bisa berkomunikasi dengan jarak jauh menggunakan surat, telegram, telepon, namun saat ini Anda bisa melakukannya dengan cepat melalui handphone canggih yang memiliki fitur chating, email, dan lain sebagainya.

2. Dalam bidang ekonomi dan bisnis


Dalam bidang ekonomi dan bisnis seperti diciptakannya automated teller machine atau mesin ATM dan internet banking membuat manusia menjadi sangat mudah melakukan transaksi pembayaran. Ada juga teknologi delivery berbasis internet atau aplikasi mobile, membuat pengiriman barang menjadi cepat dan dapat dipantau.

3. Dalam bidang pendidikan


Manfaat teknologi dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah e-learning system. Sistem tersebut memiliki manfaat dimana para peserta didik tidak harus datang ke sekolah namun cukup dengan berdiskusi secara online menggunakan website atau aplikasi tertentu.

4. Dalam bidang transportasi


Teknologi dalam bidang transportasi memberikan manfaat yang sangat penting bagi manusia, sehingga proses perjalanan manusia dengan adanya alat-alat transportasi menjadi lebih mudah dan juga cepat.

5. Dalam bidang medis


Keberadaan teknologi juga sangat dirasakan manfaatnya dalam bidang medis. Seperti ditemukannya metode medis terbaru, perlatan dan mesin, obat-obatan, dan lain sebagainya yang dapat membantu petugas kesehatan melakukan pekerjaannya.

Lihat juga:
Pengertian Budaya
Pengertian Komputer

Dampak negatif teknologi


Selain memberikan sejuta manfaat, perkembangan teknologi juga mendorong terjadinya hal-hal tidak baik atau negatif yang dilakukan oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa dampak negatif teknologi dalam berbagai bidang:

1. Bidang informasi dan komunikasi
  1. Dimanfaatkan para pelaku jaringan teroris dalam berkomunikasi
  2. Alat tes yang semakin terancam kerahasiaannya
  3. Terjadinya serangan virus pada komputer berakibat hilangnya file dalam komputer
2. Bidang ekonomi dan industri
  1. Tingkat pengangguran semakin tinggi seiring juga semakin tinggi kualifikasi kompetensi bagi seorang tenaga kerja
  2. Boros dalam hal konsumtif
3. Bidang sosial dan budaya
  1. Hilangnya rasa sosialisasi dan interaksi antar sesame manusia
  2. Tidak peduli terhadap budaya nenek moyang
  3. Nilai moral semakin merosot
  4. Kenakalan remaja
4. Bidang pendidikan
  1. Ilmu pengetahuan banyak disalah gunakan

Contoh perkembangan teknologi di Indonesia


Sama halnya dengan sejarah perkembangan teknologi yang telah dijelaskan di atas, perkembangan teknologi di Indonesia juga berkembang secara bertahap. Hal tersebut dikarenakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan teknologi di Indonesia. Berikut adalah contoh perkembangan teknologi di Indonesia yang dijelaskan menjadi 3 tahap antara lain:

1. Perkembangan teknologi televisi


Saluran televisi di Indonesia pertama kali muncul pada tanggal 24 Agustus 1963 dan merupakan saluran televisi milik pemerintah bernama TVRI singkatan dari televisi republik Indonesia. TVRI bahkan menjadi awal mula atau cikal bakal dari banyaknya saluran televisi lain yang banyak bermunculan seperti saat ini yang dikenal.

2. Perkembangan teknologi satelit


Guna menciptakan sistem komunikasi yang lebih canggih dan modern, untuk pertama kalinya pada tahun 1975 Indonesia meluncurkan satelit yang diberi nama PALAPA A1. Kemudian muncullah satelit lainnya yaitu PALAPA A2, PALAPA B1, PALAPA B2, dan lain sebagainya.

3. Perkembangan teknologi komputer dan internet


Internet baru dikenal oleh Indonesia pada tanggal 1970 an. Keberadaan internet saat itu hanya digunakan oleh beberapa organisasi dan akademis perguruan tinggi saja. Selanjutnya pada tahun 1993 Indonesia secara resmi telah terhubung dengan jaringan internet yang protokolnya menggunakan TCP/IP dan simbol negara yaitu domain “id”.

Contoh teknologi terbaru yang ada di dunia saat ini


Teknologi yang sering kita jumpai seperti smartphone, komputer, laptop, mesin, mobil, motor dan lain sebagainya merupakan teknologi canggih. Namun ada juga teknologi canggih dunia saat ini yang mungkin Anda belum mengetahuinya seperti pesawat tanpa awak disebut drone, virtual reality disebut VR yang umunya digunakan untuk mengembangkan video game, wigig sebagai pengganti wifi, matrix power watch adalah baterai yang dapat di recash menggunakan panas tubuh manusia, invicible car mobil yaitu mobil yang dapat berubah warna menyesuaikan warna lingkungannya seperti hewan bunglon.

Tokoh penting dalam perkembangan teknologi di dunia


Berbagai pengertian teknologi berkembang semakin pesat, namun hal tersebut tentu tidak lepas dari para tokoh penggagasnya. Tanpa mereka tentu saja teknologi tidak akan seperti saat ini. Berikut adalah daftar tokoh yang sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi antara lain:

1. Douglas Engelbart


Penemu teknologi bantu komputer berupa mouse. Berawal dari benda kecil tersebut, banyak perkembangan dunia yang dilakukan oleh komputer.

2. Martin Cooper


Tokoh yang menemukan telefon genggam atau dikenal dengan nama handphone.

3. Norman Abramson


Tokoh yang menemukan jaringan nirkabel lokal pertama yang dikembangkan oleh university of Hawaii.

4. Bill Gates


Tokoh terkenal dan terkaya di dunia berkat temuaannya yaitu Microsoft.

5. Steve Jobs


Pendiri teknologi komunikasi dan informasi bernama Apple.

Demikianlah penjelasan seputar pengertian teknologi, jenis-jenisnya, manfaat, dan perkembangannya di dunia dan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:
Pengertian Akuntansi
Pengertian Hukum
Pengertian Etika
Pengertian Sejarah