Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Cara merekam layar Android - Apakah kamu pernah mencari sesuatu tutorial atau cara melakukan sesuatu settingan di Youtube, misalnya cara bermain game kesukaan kamu, atau tutorial cara melakukan setting aplikasi tertentu di handphone? Dan kamu heran kenapa bisa video nya dibuat bukan direkam dengan menggunakan kamera tapi langsung layarnya yang terekam.

Nah apakah kamu ingin juga membuat video suatu tutorial, berbagi tips, cara bermain game, ingin mereview aplikasi/game di hp Android, atau aktivitas di layar smartphone Android yang kamu gunakan agar bisa dimasukkan ke Youtube juga atau ke akun Instagram dan Facebook kamu?

Orang akan lebih mudah memahami bila kamu menggunakan file dalam bentuk video ketimbang dalam bentuk teks atau berbicara.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Cara merekam layar di Android sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan, karena sudah banyak aplikasi perekam layar Android yang bertebaran di Google Play Store yang bisa kamu gunakan secara gratis, bahkan hp kamu tidak perlu di root asal Android yang kamu gunakan sudah versi 4.4 ke atas.

Cara merekam layar Android tanpa root ini kamu cukup menggunakan aplikasi perekam layar Android yang gratis tanpa perlu membeli aplikasinya. Aplikasi ini biarpun gratis tapi fitur nya sangat lengkap dan sangat mudah untuk kamu gunakan dalam merekam layar di hp.

Dari banyaknya aplikasi perekam layar Android yang ada di Google Play Store, yang paling bagus yang pernah aku coba adalah Perekam Layar Mobizen. Perekam Layar Mobizen atau Mobizen Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar gratis yang memiliki fitur pro, seperti bisa simpan video dalam resolusi full hd, dan bisa menghilangkan watermark.

Fitur Unggulan Perekam Layar Mobizen


1. Pilihan resolusi 240p, 360p, 480p, 720p, dan 1080p.
2. Kualitas: 0,5 Mbps - 12,0 Mbps
3. Bingkai Per Detik: 5fps - 60fps
4. Bisa menghilangkan watermark
5. Bisa merekam tanpa batasan durasi
6. Face cam, yaitu dapat mengaktifkan kamera depan saat merekam layar.
7. Sound, bisa dimatikan atau dihidupkan.
8. Bisa ambil screenshot hp.


Cara Merekam Layar Android Tanpa Root Dengan Perekam Layar Mobizen


Cara menggunakan Mobizen Screen Recorder untuk merekam layar hp Android kamu sangat mudah dengan syarat Android hp kamu sudah 4.4 ke atas, dan satu lagi memori hp kamu masih tersisa karena dipakai untuk menyimpan hasil rekaman layar ini. Langkah-langkah cara merekam layar hp Android sebagai berikut:

1. Silahkan download aplikasi Perekam Layar Mobizen di Google Play. Atau buka Google Play Store di hp Android kamu, lalu cari Perekam Layar Mobizen seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


2. Bila aplikasi perekam layar Android ini sudah ketemu, klik "Pasang" untuk menginstall nya di smartphone Android kamu.


3. Bila sudah terpasang di smartphone Android kamu, silahkan buka aplikasinya dan bila aplikasinya terbuka seperti gambar di bawah ini langsung saja klik "Close".


4. Aplikasi mobizen screen recorder sudah terbuka dan akan keluar icon menu nya seperti yang terlihat seperti gambar di bawah ini. Silahkan di klik.


5. Bila sudah kamu klik selanjutnya akan keluar 3 icon menu lagi seperti yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


Keterangan gambar
no 1 rekam layar
no 2 menu pengaturan
no 3 ambil screenshot hp.

6. Sebelum lanjut ke cara merekam layar hp, kamu perlu tau settingannya dulu. Klik menu pengaturan no 2 seperti penjelasan keterangan gambar di atas dan akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini.



Keterangan gambar di atas:

- Video setting: Pilihan resolusi video, pilihan kualitas video, dan pilihan fps video.
- Clean recording mode: menyembunyikan logo saat perekaman layar berjalan agar rekamannya bersih.
- Record Internal Sound!: Alat sejenis headset yang berfungsi sebagai mic external. Ini kamu harus beli yang di jual di amazon. Aku rasa ini tidak perlu, kamu bisa memanfaatkan mic yang ada di hp kamu.
- Sound: Suara rekaman, bisa dimatikan bila kamu ingin rekaman layar nya tanpa suara.
- Air Circle option: Nah ini adalah logo aplikasi Mobizen yang bisa kamu ganti dengan logo atau gambar kamu sendiri.
- Face Cam: Aktifkan bila kamu ingin menyalakan kamera dan menampilkan wajah kamu dalam rekam layar nanti.
- Watermark: Tanda air yang bisa kamu hilangkan.
- Countdown: Waktu hitung mundur saat mulai merekam layar yang bisa kamu atur.
- Touch gesture: Gerakan sentuh
- Recording time: Tetapkan lokasi untuk menunjukkan waktu rekaman.
- Storage path: Lokasi dimana hasil rekaman layar tersimpan di hp kamu.
- Add Editor icon to Home: Ini adalah menambahkan icon aplikasi ini ke depan layar hp kamu.
- Launch Editor: Kamu bisa edit lagi video yang direkam tadi menggunakan Launch Editor ini, seperti memotong video, menggabungkan atau menambahkan video di bagian awal atau akhir video yang direkam tadi.

7. Bila kamu sudah paham semua settingan di atas, sekarang kita mulai merekam layar hp. Silahkan tekan tombol rekam untuk memulai rekam dan akan terlihat waktu rekaman yang mulai menghitung mundur 3 sampai 1 seperti yang terlihat seperti gambar di bawah ini.


8. Saat rekaman sedang berlangsung kamu bisa lihat waktu rekaman yang terus berjalan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


9. Silahkan klik pintasan menu tersebut dan akan keluar tiga menu untuk melakukan stop rekam layar atau melakukan jeda (pause), serta mengambil screenshot layar.


Keterangan gambar:
1. Stop rekam layar
2. Jeda rekam layar
3. mengambil screenshot layar hp.

10. Bila kamu tekan stop, maka akan keluar lagi menu seperti gambar di bawah. Kamu bisa hapus rekaman layar nya, menontonnya, atau klik close saja dan hasil rekam layar tadi secara otomatis tersimpan di hp.


11. Untuk menutup aplikasi perekam layar mobizen ini, cukup klik tahan dan geser ke bawah pada tombol x seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


12. Selamat kamu telah berhasil merekam layar Android dengan mudah, dan sudah tersimpan di hp kamu.


Hasil rekaman layar tadi tersimpan dalam format mp4, dan kualitas dan resolusi video nya tergantung bagaimana yang kamu pilih tadi di pengaturan di atas. Nah, video nya sudah bisa kamu tonton dan kamu upload ke Youtube atau ke sosial media lainnya.

Berikut ini adalah contoh video aku yang telah aku masukkan ke Youtube dengan menggunakan aplikasi perekam layar Mobizen, atau Mobizen Screen Recorder di hp Android aku.



Demikian artikel tentang cara merekam layar Android tanpa root dengan mudah dan gampang untuk kamu coba. Semoga artikel cara rekam layar di hp Android ini bermanfaat bagi kamu, dan bila ada masalah atau kendala mari kita berdiskusi di kolom komentar.

Jangan lupa lihat artikel menarik lainnya dari musdeoranje.net, seperti 10 aplikasi edit video Instagram terbaik, dan cara download video di Instagram dengan gampang. Jangan lupa komen, like, share, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih! 

Ingin menambah ratusan bahkan ribuan like foto di Instagram? Lihat caranya disini!


Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon