8 Cara Mengatasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti" Ampuh

Cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti - Tak semua aplikasi yang kamu pasang di HP Android akan berjalan tanpa kendala atau akan lancar-lancar saja. Baik aplikasi biasa saja sampai aplikasi populer milik perusahaan besar Facebook pun bisa mengalami error atau masalah saat kamu sedang bermain menggunakannya.

Hal ini sering aku alami saat bermain dengan hp Android aku pas membuka aplikasi Instagram. Nah lagi asyik-asyiknya stalking foto-foto orang eh tiba-tiba muncul pesan "Unfortunately Instagram has stopped" atau bila aplikasi Instagram kamu dalam bahasa Indonesia pesan notifikasinya yaitu  "Sayangnya, Instagram telah berhenti". Siapa yang tidak bikin kesal coba?

8 Cara Mengatasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti" Ampuh

Tapi tidak hanya notifikasi "Sayangnya, Instagram telah berhenti" saja, pada saat menggunakan aplikasi Instagram, aku juga sering mendapati notifikasi "Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?".


notifikasi "Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?"
Notifikasi "Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?"

Kalau keluar notifikasi kedua ini memang aplikasi Instagram tidak akan terhenti seperti notifikasi pertama sebelum kamu klik OK, kamu bisa klik Tunggu biar aplikasinya tidak berhenti, tapi akan membuat aplikasi Instagramnya tidak menanggapi beberapa saat. Klik Laporkan supaya pihak Instagram mengetahui masalah ini dan memperbaikinya.

Sebelum aku membahas bagaimana cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti / terhenti atau cara memperbaiki sayangnya Instagram telah berhenti di hp Android kesayangan kamu, sebaiknya kamu ketahui dulu apa penyebab kenapa Instagram tiba-tiba berhenti, kenapa Instagram macet, Instagram terhenti sendiri, dan atau Instagram terhenti terus.

Apa Penyebab Muncul Notifikasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti"?


Banyak aplikasi lain yang berjalan bersamaan di latar belakang - Hal ini akan menurunkan kinerja aplikasi Instagram kamu, respon yang lambat, jadi akan membuat Instagram terhenti saat kamu mainkan.

RAN HP Android kamu penuh - Kenapa Instagram sering keluar sendiri? Penyebab utamanya sudah pasti ran hp kamu sudah penuh atau terlalu kecil. Apa lagi ran hp kamu di bawah 1 GB, tidak hanya aplikasi Instagram, aplikasi lain pun juga akan terhenti.

Menumpuk nya file sampah - Menumpuk nya file sampah atau cache akan membuat hp Android kamu lemot, maka sistem pada hp kamu akan meningkat yang mengakibatkan tidak kuatnya hp kamu menahan beban.

Versi Android sudah usang - Bila kamu masih menggunakan OS Android lama, sedangkan aplikasi Instagram mengharuskan kamu untuk menjalankannya di Android versi terbaru, sedangkan kamu masih menggunakan OS versi lama tersebut, maka aplikasi Android tidak akan berjalan dengan sempurna.

Cara Mengatasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti" Ampuh


Langsung saja bagaimana cara mengatasi Instagram tidak menanggapi berdasarkan pengalaman aku pribadi yang sering terjadi pada handphone aku:


Sayangnya Instagram Telah Berhenti

1. Tekan tombol "Recent Apps"


Tombol Recent Apps lingkaran kuning (foto by: mysmartphonetutor.com)
Cara memperbaiki Instagram yang error yang tiba tiba berhenti dan keluar pesan "Sayangnya Instagram telah berhenti adalah dengan menekan tombol Recent Apps. Tombol ini sebenarnya berfungsi untuk melihat dan mengatur aplikasi-aplikasi yang terakhir kamu buka.

Tombol Recent Apps ini mungkin beda merek hp berbeda pula bentuk nya. Tombol ini berada di paling bawah hp kamu, bisa sebelah kiri atau kanan tombol home, dan dekat tombol kembali. Tombol ini tampak seperti persegi panjang yang tumpang tindih.

Nah sekarang silahkan kamu cari Aplikasi Instagram, kamu bisa klik x atau klik tahan dan geser ke kanan atau ke kiri untuk menutupnya. Bisa juga kamu tutup semua aplikasi tersebut agar hp kamu cepat lagi.

2. Hapus Cache


Buka Pengaturan>Manager Aplikasi, lalu cari aplikasi Instagram dan klik Hapus cache. File cache pada aplikasi Instagram yang menumpuk sangat banyak akan membuat aplikasi Instagram kamu lemot, lalu lama-kelamaan pas saat kamu sedang bermain dengan Instagram beban aplikasinya makin berat, lalu keluar deh pesan "Sayangnya Instagram telah terhenti".

3. Hapus Semua File Cache


Bila kedua cara di atas hp kamu masih lambat saat membuka aplikasi Instagram, kamu bisa menghapus semua file sampah atau cache di hp Android kamu, kamu bisa melakukan dengan cara menggunakan aplikasi penghapus cache seperti CCleaner, CleanMaster, dan lain-lain.

Untuk menghapus file sampah dengan cara manual kamu bisa klik menu pengaturan atau pengelola file (beda merek hp beda letak dan namanya), lalu klik pembersih file atau untuk hp tertentu ada yang bernama pemeliharaan perangkap, lalu klik perbaiki sekarang.

4. Update Aplikasi Instagram


Cara yang ke empat untuk mengatasi Instagram tidak menanggapi adalah dengan cara mengupdate aplikasi Instagram kamu. Buka Play Store, lalu ke menu pilihan, klik Aplikasi & game saya, cari aplikasi Instagram dan klik Update.

5. Restart HP


Restart hp kamu supaya lebih fresh dan ringan. Degan cara restart, aplikasi Instagram dan beberapa aplikasi yang lain yang masih berjalan di latar belakang akan tertutup semua. Jadi akan membuat hp kamu ringan, otomatis aplikasi Instagram bisa lebih ringan saat kamu gunakan.

6. Hapus dan Pasang Kembali Instagram


Copot pemasangan aplikasi Instagram di hp kamu, lalu kamu memasangnya lagi melalui Google Play Store. Nah sebelum menggunakan cara ini kamu harus hafal dulu sandi akun Instagram kamu ya, karena nanti pas aplikasi nya di buka akan diminta sandi dan nama pengguna. Jadi nama pengguna jangan lupa juga.

7. Update Android ke Versi Terbaru


Bila OS Android kamu telah usang, segera update OS Android kamu ke versi terbaru. Caranya pergi ke pengaturan, lalu ke Tentang perangkap, klik pembaruan. Nah bila diminta pembaruan dan file nya mungkin sekitar 1 Gb, itu kemungkinan update OS Android hp kamu tersedia. Klik saja untuk mendownload Android versi terbaru.

8. Reset HP


Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Lakukan cara ini bila kesemua cara di atas masih membuat aplikasi Instagram kamu lemot dan sering keluar sendiri dengan notifikasi " Instagram tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?", atau notifikasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti".

Peringatan, bila kamu ingin melakukan cara no 8 ini yaitu dengan cara reset HP untuk kembali ke pengaturan pabrik, semua aplikasi yang terpasang di hp kamu akan lenyap, baik informasi login, kontak hp, sms, file media, dokumen, dan lainnya akan terhapus. Jadi jangan lupa untuk melakukan backup dulu ya supaya aman.

Bonus


Pas saat bermain dengan Instagram, apakah pernah keluar notifikasi "Instagram tidak dapat memuat ulang kabar berita" atau "Terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui di Instagram"? Nah cara mengatasinya cukup mudah, yaitu cek apakah koneksi Internet kamu kencang apa lelet, atau putus koneksi nya. Bila iya, inilah penyebab nya dan segera kamu atasinya.

Nah itulah 8 Cara Mengatasi "Sayangnya Instagram telah berhenti" ampuh dan sangat mudah untuk kamu lakukan tanpa perlu keahlian khusus.

Kalau menurut pengalaman aku, menggunakan cara 1, 2, dan 3 di atas sudah cukup untuk mengatasi aplikasi Instagram yang tiba-tiba terhenti, error, macet, serta tidak menanggapi.

Semoga artikel cara memperbaiki sayangnya Instagram telah berhenti di atas dapat bermanfaat bagi kamu, dan dapat terjawab semua pertanyaan kamu seperti kenapa Instagram tiba tiba berhenti, Instagram terhenti terus, kenapa Instagram sering keluar sendiri, kenapa Instagram selalu terhenti, atau pertanyaan kenapa Instagram macet.

Selain artikel cara mengatasi Instagram tidak menanggapi di atas, lihat juga artikel menarik lainnya tentang Instagram juga seperti cara download snapgram orang lain, dan cara mengembalikan akun Instagram yang di blokir.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar bila ada masalah dan kendala tentang masalah Instagram telah terhenti ini. Jangan lupa juga untuk share artikel ini. Terimakasih!

Artikel lainnya:
Cara menambah followers Instagram
Cara mendapat like banyak di Instagram
Cara mengatasi masalah hak cipta pada video Instagram
Cara menambah tombol kontak di Instagram

Ini Adalah Artikel Terbaru

6 komentar

Iya gan, terimakasih juga telah meninggalkan komentar :)

Penyebab itu karena kurang respon atau jaringan gak full. Sehingga respon dari server Instagram gagal dimuat.
Tapi kalo pengalaman Kau cukup dengan recent app..
Siap itu login lagi.

wah begitu ya. Kalau saya pas menekan tombol recent app gak perlu login lagi kok ig nya. Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar :)

mas instagram saya kena hack selalu expired token link dan kesalahan jaringan terus . mohon bantuannya untuk saya terima kasih .
saya contact mas tidak ada balasan melalui line

Wah sebelumnya emang ada lakukan hal apa mas sama akunnya? Apa mas ada kunjungi situs-situs tambah followers atau auto like? Mungkin akun mas telah di banned oleh ig.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon