Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram - Instagram adalah sosial media yang menggoda dan mempesona siapa pun untuk mencobanya. Itulah yang dapat aku katakan pada aplikasi sosial media berbagi foto milik Facebook ini. Bagaimana tidak, jumlah pengguna aplikasi Instagram tiap hari semakin bejibun. Mungkin siapa tau beberapa tahun kedepan bisa mengalahkan kakak nya yaitu Facebook yang menduduki posisi paling atas media sosial paling banyak penggunanya di dunia dan di Indonesia.

Di Instagram, selain kamu bisa upload foto, kamu juga bisa upload video yang durasi nya sekarang sudah ditingkatkan menjadi satu menit, beda di awal-awal kemunculan Instagram yang hanya dibatasi 15 detik saja. Dengan durasi yang panjang ini yaitu 1 menit, kamu bisa berkreasi membuat video bagus yang lebih panjang lagi.

Nah, seperti pada judul artikel ini, apakah video yang kamu upload ke Instagram tiba-tiba dihapus oleh pihak Instagram? Lalu keluar pemberitahuan yang berbunyi "Video Anda dihapus karena mungkin ini memiliki konten berhak cipta yang merupakan milik orang lain". Nah apa yang akan kamu lakukan setelah kejadian seperti ini? Apakah kamu langsung membuka pemberitahuan tersebut, dan langsung klik "Hapus Video" dengan alasan karena kuatir takut akun Instagram kamu di blokir pihak Instagram atau hal lainnya yang akan terjadi?

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Memang betul apa yang dikatakan pihak Instagram video kamu dihapus karena memiliki konten berhak cipta milik orang lain. Coba deh cek lagu yang kamu masukkan ke video yang kamu upload ke Instagram apakah mengandung lagu-lagu berhak cipta atau copyright? Dan perhatikan juga saat kamu merekam video jangan sampai ada terdengar lagu-lagu yang memiliki hak cipta.

Kamu perlu tau, dulu memang bisa kita upload video-video berhak cipta ke Instagram, tapi sekarang tidak bisa lagi, karena sekarang ini aplikasi Instagram telah canggih. Di saat kita upload video, robot Instagram akan mendeteksi otomatis video yang kita upload, bila terdapat musik atau audio yang memiliki copyright, makan video tersebut akan terhapus secara otomatis.

Teknologi yang digunakan Instagram ini dalam mendeteksi copyright sepertinya mirip dengan yang digunakan oleh Youtube, tapi bedanya video yang kita upload ke Youtube tidak dihapus oleh pihak Youtube, akan tetapi kita tidak bisa memonetize video nya. Iklan Adsense di video kita akan tetap muncul, namun uang nya akan dibayarkan ke pemilik lagu atau video tersebut.

Kamu di dalam hati pasti berpikir, "duh, cape-cape bikin video bagus-bagus eh di hapus. Padahal lagu yang dimasukkan di video nya bagus sekali dan cocok banget dengan tema video nya 😒 ".

Nah bila kamu tidak mau menghapus videonya dan tetap ingin menguploadnya ke Instagram dengan alasan kamu malas edit lagi untuk menghapus lagu atau musik dalam video tersebut dan menggantikannya dengan lagu yang bebas copyright. Kamu bisa kok ajukan banding asal video yang kamu masukkan ke Instagram itu tidak untuk tujuan mencari keuntungan dan hanya sebagai hiburan saja.

Bagaimana cara menghilangkan hak cipta pada video Instagram?


Cara mengatasi masalah audio copyright di Instagram sangat mudah. Yang pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuka isi pemberitahuan dari Instagram tersebut seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya Klik "Banding" seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Selanjutnya conteng "Saya setuju". Di tanda tangan elektronik kamu jangan bingung mau isi apa, silahkan masukkan nama pengguna Instagram kamu. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, nama pengguna Instagram aku adalah "musdeoranje", jadi aku isi "musdeoranje". Lalu klik "Banding" sekali lagi.


Nah silahkan tunggu kurang lebih satu menit, dan lihat video kamu telah di kirim ulang.


Selamat video copyright kamu yang dihapus pihak Instagram tadi sudah kembali πŸ˜ƒ.


Followers kamu sekarang sudah dapat melihat dan menonton video kamu yang kena hak cipta tersebut.

Di atas adalah video aku yang dihapus Instagram karena memasukkan lagu terbaru milik Cash Cash yang berjudul How To Love. Video aku tersebut sekarang telah dipulihkan kembali oleh Instagram setelah aku mengajukan banding seperti cara mengatasi copyright Instagram di atas.

Itulah cara mengatasi copyright di Instagram atau cara mengatasi masalah audio copyright di Instagram. Ternyata sangat mudah cara mengajukan banding video yang dihapus Instagram karena masalah hak cipta. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit saja, video yang kena hak cipta tersebut telah dikirim kembali dan tidak jadi dihapus oleh Instagram.

Tips


Agar masalah copyright video Instagram ini tidak terulang lagi, jangan memasukkan musik, lagu, instrumen, atau audio yang sedang populer sekarang ini, misal lagu-lagu terbaru dari penyanyi top dunia atau Indonesia. Cari lagu-lagu lawas, atau kamu bisa buat lagu sendiri atau bisa juga lipsing lagu-lagu terbaru kesukaan kamu. Dengan cara ini aku jamin pasti video kamu akan terbebas dari copyright.

Selain artikel cara mengatasi hak cipta di Instagram di atas, lihat juga artikel menarik lainnya dari musdeoranje.net, seperti aplikasi edit video Instagram yang populer, dan cara download video di Instagram lewat hp dan pc.

Semoga artikel tentang masalah cara menghilangkan hak cipta pada video Instagram ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa, like, share, komentar, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih 😊!

Oh ya bila ingin beli followers Instagram dengan harga yang murah bisa dilihat disini ya, serta like Instagram disini.

Artikel lainnya:
Cara menambah followers Instagram
Cara memperbanyak like pada Instagram
Cara mengambil foto dari Instagram
Cara mengetahui unfollowers Instagram

87 komentar

Tapi notif tentang video yg telah diupload ulang itu gak hilang2 gan,cara menghapusnya gimana ?

Masalah ini saya tak tau gan cara hilanginnya, karena saya juga ada notif ini berbulan2 tak hilang2 juga. Itu sepertinya di IG nya yang bermasalah

thanks om, work ternyata tipsnya

Sama" mas, memang ampuh tips ini kok untuk mengatasi copyright

Mas klo pmberitauan nya ga muncul lg trlnjut di no gimna ya 😒

Gak muncul gimana ya mbak? Coba upload ulang aja

Setelah seperti itu tidak menjadi masalah lagi kah mas? Sblum baca artikel ini sya iseng cba cra tsb tp krna sya sking takutnya akan ada msalah di kemudian hari akhirnya sya hapus lagi video itu dr instagram saya

Setelah saya banding, muncul notif "video anda sudah dikirim ulang" tapi videonya tidak muncul-muncul. Notifnya juga ikut hilang. Tolong bantuannyaπŸ™

tak masalah kok asal video yang menggunakan musik berhak cipta tersebut tidak kita gunakan buat tujuan komersial tapi kita hanya sekedar buat senang senang saja :)

wah kok bisa begini ya, jarang saya dapat masalah seperti ini. coba upload lagi mas video nya, mungkin akan tampil.

Tp kl ada apa2 videonya bs dihapus kah mas?

aku ngaploud video yg ada copyrightnya dan lagu itu milik penanyi terkenal, dan langsung ada peringatan kayak gitu jadi aku hapua deh itu video, tpi masalahnya kalau kita uploud video itu lagi apa gk bakalan dituntut?

gak bakal di tuntut kok, aman saja asal tujuan kita upload video itu bukan untuk tujuan mencari keuntungan, tapi hanya untuk iseng atau hiburan buat kita saja :)

ini aku kok udah direpost, tapi pas diakun temanku, malah lagunya gak ada, videonya padahal jalan, tapi lagunya ga keluar.. gimana yaa mas?

mas sudah lakuin cara di atas kan. kalau masalah video gak keluar lagu nya itu saya tak paham mas, belum pernah kejadian. mungkin bisa jadi di hapus oleh ig :)

saya download video youtube akun official gitu, dan saya mau upload di instagram. Dan ada notif kegtu, nah kalo begini bisa ga mas banding ?

dicoba banding aja dulu mbak siapa tau bisa

Thanks Kak ,bermanfaat banget buat aku .yg Baru aja bikin video Dan langsung googling ketemu ini😊

Thanks Kak ,bermanfaat banget buat aku .yg Baru aja bikin video Dan langsung googling ketemu ini😊

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Makasih kak caranya berhasil ��

kak, mau tanya.. kan uda di repost ulang, tapi ngga muncul di feed, di ig temen temen juga ngga muncul.. uda dicoba berulang ulang.. mohon bantuannya :))

wah kok bisa gitu ya. mungkin telah di hapus kembali oleh ig

Kalo ngirim yang di sudah banding nanti di tuntut ndak ?

video mas nya dihapus mas sendiri atau dihapus pihak ig ya kok gaada di ig mas nya

Oh video itu sudah saya hapus :)

kenapa dihapus mas? apakah jika video yg terkena copyright bisa menimbulkan dampak apa gitu jika tidak dihapus?

Memang video itu terkena copyright seperti tutorial di atas dan berhasil saya ajukan banding dan diterima. Saya hapus bukan karena bisa menimbulkan dampak apa, saya hapus karena alasan pribadi saja :)

Tetep aja, kualitas video dan audionya jadi jelek kalau kena copyright instagram

wah gitu ya mas, saya kok bagus2 kualitas video nya yg kena hakcipta. coba cek ig saya

Mau nanya ni ... tolong bantu jawab ya...
Sayakan posting film india di akun instagramku guys... sudah banyak ku upload ada 200 video .. kok tiba" hilangan ya ... ada notif begini masuk ke email ku

We've removed or disabled access to the following content you posted on Instagram because we received a notice from a third party that the content infringes their copyright(s):


For reference, this content was removed due to Report #246455632533429.

We strongly encourage you to review the content you have posted to Instagram to make sure that you have not posted any other infringing content, as it is our policy to terminate the accounts of repeat infringers when appropriate.
Iti kenapa ya teman" tolong beritahu ya ... dan solusinya gimana 😒😒

Itu karena ada orang yang lapor ke Instagram, bisa jadi dari pemilik hak cipta video tersebut, karena anda menyebar luaskan video tersebut tanpa meminta izin.

saya udah coba banding, dan udah ada tulisan video anda sudah dikirim ulang, tapi kok di ig saya tetep gak muncul ya video nya, itu kenapa?

Mksh solusinya.. Saya udh bingung bgt tadi πŸ˜…

Saya mau klaim copyright saya kok susah sekali di IG ya. Ada beberapa jg di Facebook. Ada tutorial klaim copyright?

Susah gimana ya, coba ikut itutorial di atas pasti berhasil kok, kala kalau di Facebook sepertinya lebih mudah, tak perlu tanda tangan digital, tinggal klik conteng pernyataan gitu aja : )

kak, aku udah coba dan udah ada tulisan video anda sudah dikirim ulang tapi kok masih gak ada ya di profile dan berandaku :( infonya ya kaa makasiii

wah kok bisa gak ada ya, sudah nunggu berapa lama? biasanya tak langsung tampil

Kak, saya buatnya video dari kumpulan foto yang ada musiknya, musiknya itu dari penyanyi lama, itu bisa gak yah?

bisa, dicoba aja dulu. kalau kena copyright kan bisa di clam seperti tutorial di atas

iya sama sy juga mba, setelah sy ajuin banding dll, kolom pemberitahuan/notofication sy jadi ilang semuanya, yg ada cuma tombol refresh di situ, tapi pas di tekan tombolny refreshnya, malah muncul tulisan "tidak dapat memperbarui kabar berita".

iya sama sy juga mas, setelah sy ajuin banding dll, kolom pemberitahuan/notification sy jadi ilang semuanya, yg ada cuma tombol refresh di situ, tapi pas di tekan tombolny refreshnya, malah muncul tulisan "tidak dapat memperbarui kabar berita".

tanya, bagaimana cara agar tidak ketahuan foto yang kita upload di instagram ambilnya dari google dan bagaimana caranya agar tidak terdeteksi oleh gambar google

Mas ..ngak bisa masuk page nya
Yang hapus-banding itu ? Loading trus berhenti "layar putih"
Mau aku hapus ngak bisa
Gimna caranya ?

wah kok bisa, mungkin koneksi internetnya lagi bermasalah mas

work gan, mauliate gan merci merci

biasanya kalau foto tidak kena copyright mas, bisa langsung uppload aja

mas mau nanya. videonya udh ke upload. tpi yg keluar bukan notif video terupload. tpi notif awal lag(video bakal diapus) padahal udh ke upload.

sama gan, nanti bakalan hilang sendiri kok lama2

Trimaksih mas stelah banding aq dh bisa ngaplod video yg pke lagu pussycatdolls.... eh kalo pakelagu despacito gmn y??apkh boleh banding juga?

Gan,mau nanya,punya saya kok gk ada tulisan "lihat apa yang salah",itu solusinya gmna ya?

Mas saya jg gitu. Udh dicoba cara di atas tp kehapus terus uplod ny

kok bisa ya. mungkin ada yang laporin mbak

punya aku gaada tulisan lihat yg salah,terus klw diklik cuma putih ajh ,pliiiiiisss bantuuuu....:'((

wah kok bisa ya mbak. itu saya tak paham karena belum pernah kejadia seperti ini. saya tiap kena copyright selalu berhasil ajukan banding dan selalu ada ada tulisan "Lihat apa yang salah".

Gan untuk jangka panjang kita misalkan aplod yg k2 kali sama copyright apa gk bakalan ada efek samping.... Haduh obat kali efek samping.... Magsdnya gda rawan blokir akun

Mas, 9 bulan yg lalu aku upload video di ig ada notif kaya gitu juga, tapi aku abaiin aja, sampai sekarang videonya masih tetap ada, apa besok besok bakal hilang tu video aku mas? Kalau mau aju banding notif nya udah tenggelam soalnya udah lama :( gimana itu mas solusinya

aman kok, video di ig saya rata2 banyak pake lagu copyright tapi masih aman2 saja sampai sekarang :D

saya dapat notive kayak gitu, cuma waktu di klik itu tidak ada isinya. trs bagaimana biar tidak kena copyright?... tlng y

Kak, punyaku cuma muncul pilihan "ajukan sengketa" sama "hapus video" gimana itu?

Kalo ambil video orang ber copyrigh (video dan lagunya berhak cipta.. Trus si pemilik melapor ke ig ..kalo itu terjadi beberapa kali Apa akun kita bisa kena masalah??

Mas kalau waktu dipencet pemberitahuan, tidak ada teks nya itu gimna ya mas

wah gimana itu ya, saya kurang paham juga. kirim tangkapan layar nya saja biar saya lihat dulu

wah gimana itu, coba kirim ke saya tangkapan layar nya biar tak cek dulu

Mas kalo habis ajukan banding kan vodeonya udah bisa ke upload lagi tuh, lah itu kira" akun saya amam aja ga, apa suatu saat bakal di blokir sama instagram?

sya pas buka di situnya kok kosong gk ada tulisan kya gitu ?

mau nanya. aku kan punya akun fp di instagram. kadang upload video yang aku rekam di youtube (make screen recording) terus aku upload di instagram. aman gak ya? lalu juga kadang suka nge recorn video2 (drama/film) yang aku download di situs lain, dan di videonya ada watermark nama situsnya, tapi di kolom desc instagram tetep aku tulis kok sumber nya yang di watermark itu. kira2 termasuk copyright jga gak ya? soalnya kan itu video film/drama jepang

Termasuk melanggar kalau upload karya orang :)

Emang bener sih ada notif video di kirim ulang dan videonya masih muncul di akun saya, tapi saya coba cek login pakai akun IG temen kok nggak muncul ya videonya td di akun IG saya dan di beranda followers saya? Dan notifnya tadi mendadak hilang sendiri dr akun IG saya.mohon pencerahannya !!!...

memang tidak semua video bisa lolos copyrigh mas. coba upload ulang, trus bila gak bisa banding juga ganti aja backsound nya :)

Lah mas mus, saya malah bukan ajukan banding, disuruh Ajukan sengketa Gimana nihh?

Bang mau nanya, saya kan punya akun yang buat share tentang film gitu, itu kalo di banding kena masalah ga yah? Biasanya sih saya apus tapi baru kemaren saya banding balik lagi sih, cuman kira kira aman ga yah?

Kalau tujuannya bukan buat komersial aman saja kok

Tujuan komersial itu yang gimana ya bang?

om mau nanya, kalau stlah klik pelajari selngkapnya tapi gak ada tulisan hubungi kami gimana ya

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon