3 Cara Download Video Di Instagram Lewat HP Dan PC

Cara download video di Instagram - Sudah punya akun Instagram? Tentunya kamu sudah memilikinya. Media sosial yang mengfokuskan berbagi foto atau video ini saja semakin hari semakin bertambah saja penggunanya. Betapa tidak, yang dulunya cukup sulit membuat akunnya tapi sekarang pihak Instagram telah mempermudahnya.

Bila kamu sudah mempunyai akun Facebook, kamu bisa masuk dengan akun Facebook. Dan bila kamu tidak mempunyai akun Facebook, lewat no HP pun kamu juga bisa mendaftar Instagram tanpa perlu ribet menggunakan email. Nah, sebelum aku bahas cara download video di Instagram, bila kamu baru menggunakan Instagram, kamu bisa baca artikel Cara Menggunakan Instagram dulu.

Instagram yang telah di beli oleh Facebook senilai $1 miliar pada 9 April 2012 ini sejak awal kemunculannya tidak hanya bisa mengupload foto saja, akan tetapi kamu bisa mengupload video juga. Bila dulu Instagram hanya bisa mengizinkan kamu untuk mengupload video dengan durasi singkat, yaitu 15 detik, tapi kini Instagram telah meningkatkannya sampai 1 menit. Jadi kamu bisa berkarya lebih dengan video durasi satu menit ini.

Selain itu, Instagram tidak hanya bisa memposting video dengan durasi 1 menit saja, pada tanggal 11 Mei 2016 lalu, Instagram memperkenalkan tampilan baru sekaligus ikon baru dan desain aplikasi baru. Terinspirasi oleh ikon aplikasi sebelumnya, ikon baru merupakan kamera sederhana dan pelangi hidup dalam bentuk gradien, Wikipedia.

Sejumlah fitur baru lainnya yaitu Instagram bisa melakukan zoom foto, sudah bisa live streamin atau siaran langsung bila di Facebook. Sekarang bila ada yang komentar di foto kita atau foto orang, kita bisa klik like atau menyukai komentar orang, dan klik balas untuk langsung memention/tag akun yang ingin kita balas komentar nya. Lalu bagaimana cara download video di Instagram?

Lihat juga: 4 Cara Menyimpan Foto Dari Instagram Lengkap

Kamu mungkin kesulitan untuk menyimpan video di Instagram langsung ke HP atau laptop kamu, karena di aplikasi Instagram baik di smartphone atau di PC tidak memiliki fitur untuk mendownload video tersebut sampai saat sekarang. Alasan Instagram memang cukup bagus, yaitu untuk mengurangi angka pencurian konten atau privasi orang, apalagi ada yang memanfaatkan foto atau video di Instagram untuk tujuan komersial.
Cara Download Video Di Instagram
Tapi bila kamu ingin mengambil video di Instagram bukan untuk tujuan komersial, atau mencari untung, tapi hanya sekedar menyimpan di HP atau di laptop, dan hanya untuk konsumsi pribadi, menghibur diri, dan memperlihatnya pada teman-teman kamu. Dan bila juga alasan kamu untuk menghemat kuota internet yang pas-pasan, berikut cara download video di Instagram lengkap.

Cara Download Video Di Instagram Lewat PC Dan Android


1. Cara mengambil video di instagram lewat komputer/laptop tanpa bantuan pihak ke tiga


Ini adalah cara yang termudah bila kamu menggunakan komputer atau laptop. Buka Instagram lewat Google Chrome, cari video yang hendak di download. Klik kanan di video tersebut, lalu klik "Inspeksi" atau "Inspect Element".


Kemudian akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


Keterangan gambar diatas:

1. Klik di simbol segitiga tersebut sampai terlihat seperti gambar di atas.
2. Klik 2 x pada link yang ujungnya .mp4
3. Kemudian klik kanan pada link yang ujungnya .mp4 dan klik salin.

Buka tab baru, kemudian tempel kan link url video tersebut dan buka link nya. Dan video yang kamu hendak download tersebut akan terputar otomatis. Lalu klik kanan pada video tersebut, dan klik "simpan video sebagai" seperti yang terlihat seperti gambar di bawah ini.


Nah sekarang kamu tinggal pilih mau disimpan di folder mana video tersebut di laptop kamu. Bila browser kamu lelet saat mendownload videonya, kamu bisa mendownload nya lewat IDM (Internet Download Manager). Kamu tinggal buka IDM dan tempelkan link tersebut di Add Url IDM. Bila kamu menggunakan web browser Firefox, caranya kurang lebih sama.

2. Cara mengambil video di instagram lewat komputer/laptop dengan bantuan pihak ke tiga


Langkah pertama cara download video di Instagram dengan bantuan pihak ke tiga, buka situs Instagram.com di web browser kamu, cari video yang hendak di download. Lalu salin url video tersebut. Selanjutnya langsung saja kamu kunjungi situs W3toys.com, kemudian tempelkan url tersebut di kontak "enter instagram URL", dan klik "Go". Contohnya seperti pada gambar di bawa ini:


Langsung saja klik "DOWNLOAD" video tersebut, atau kamu juga bisa klik kanan pada video tersebut dan klik "simpan video sebagai". Atau setelah klik kanan pada video tersebut kamu bisa klik salin alamat url video dan kamu bisa download gunakan IDM seperti yang aku jelaskan di atas.

3. Cara mengambil video di instagram lewat lewat hp smartphone Android, iPhone atau ios


Berikut cara download video Instagram melalui smarphone kamu. Buka Play Store, bila IPhone atau IOS bisa membuka Apple Aps Store. Cari aplikasi InstaSaver for Instagram seperti gambar di bawah ini, dan klik "PASANG".


Buka aplikasi Instagram melalui smarphone kamu, lalu cari video yang hendak di unduh. Klik di tombol pilihan paling kanan atas lalu klik "salin url".


Buka aplikasi InstaSaver tadi, dan klik tombol "PASTE", dan lihat di bawahnya video tersebut sudah bisa kamu simpan. Klik "SAVE VIDEO", atau klik "SAVE IMAGE" untuk menyimpan gambar tersebut.


Itulah cara download video di Instagram melalui komputer dan smartphone. Bagaimana sangat mudah kan cara menyimpan video dari Instagram? Bila di PC cukup beberapa klik saja kamu sudah bisa save video kesukaan kamu, dan bila di smartphone yang kamu gunakan cukup Install aplikasi InstaSave nya saja, dan video tersebut sudah tersimpan di smartphone kamu.


Sekarang kamu sudah bisa menikmati video yang telah kamu download di hp/pc tanpa perlu terhubung ke internet, dan kuota internet kamu tak boros lagi walaupun kamu berulang kali memutar videonya.

Tapi perlu di ingat, bila ingin menggunakan video tersebut dengan tujuan mencari keuntungan minta lah izin sama pemilik video di Instagram tersebut, kamu bisa DM mereka atau berkomentar di video nya. Tapi kalau ingin mengupload ulang di akun Instagram kamu, kamu cukup tag atau mention akun Instagram yang kamu ambil video nya.

Selain cara mengambil video di instagram di atas, lihat juga artikel tentang Instagram lainnya, seperti cara mendapatkan like banyak di Instagram, dan cara menambah followers Instagram. Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa like, share, comment, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Bila ada kendala dan masalah, silahkan bertanya di kolom komentar. Terimakasih!

Artikel lainnya:

8 komentar

mksh infonya.... google yg muncul web ini di halaman atas

sama-sama. semoga bermanfaat

Thanks om atas tutorialnya, awalnya kesulitan mencoba download video ternyata tidak sepenuhnya tidak bisa didownload, ada cara yang bisa digunakan untuk mendapatkannya

Iya sama-samas mbak, terimaksih telah meninggalkan komentar :)

Thanks min.
Biasanya saya pake Savergram, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.xpatr0nx.igdownloader

Terima kasih, infonya sangat bermanfaat.