20 Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Untuk Pemula

Cara jualan di Instagram - Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan internet berkembang sangat pesat, dan telah mengubah banyak kebiasaan manusia dalam kehidupan nya. Internet tidak hanya di gunakan sebagai ladang untuk mencari informasi, bermain game online, nonton Youtube, bermain sosial media, chattingan, atau hanya sekedar untuk browsing-browsing saja, tetapi sudah banyak yang memanfaatkannya untuk mengeruk pundi-pundi rupiah.

Selain para blogger, contohnya seperti aku yang memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang dari ngeblog, kamu yang tidak punya blog atau website toko online serta tidak ingin dibuat repot untuk membuat website toko online atau online shop, kamu bisa kok memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Nah selain Facebook, kamu bisa memanfaatkan Instagram untuk menjual produk kamu.

Aplikasi Instagram yang ada di smartphone beberapa tahun belakangan ini selain di gunakan sebagai sarana untuk berbagi foto, dan sekedar ajang narsis, sudah banyak pengguna yang memanfaatkannya sebagai online shop, baik tingkat pemula sampai brand-brand perusahaan besar yang juga menggunakannya untuk mempromosikan produk dan menjual produknya.


Namun cara berjualan di Instagram biar laris manis memang tidak lah gampang, dan tidak semudah mengembalikkan telapak tangan. Bila di toko nyata, mungkin kamu akan menarik perhatian pembeli dengan cara promosi fisik, seperti memasang gambar promosi besar di depan toko, menaruh papan diskon, pasang iklan di koran, serta berjualan di tempat yang banyak aktivitas manusianya. Nah untuk olshop yang cuma mengandalkan media sosial, kamu butuh teknik, dan strategi jitu untuk menarik minat calon pelanggan.

Lihat juga:
Cara menonaktifkan Instagram permanen dan sementara
Aplikasi repost Instagram tanpa watermark

Sebelum lanjut membahas cara memasarkan produk atau cara mengiklankan produk di Instagram, kamu patut mengetahui beberapa hasil riset tentang Instagram dari sejumlah pakar, seperti dikutip dari empathic.marketing.

Perilaku pengguna Instagram di Indonesia:
  1. Indonesia adalah negara ke 4 di dunia dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia, dan no 2 di Asia.
  2. Jumlah pengguna Instagram aktif di Indonesia mengalami pertumbuhan 2 kali lipat dari tahun ke tahun.
  3. 57% Pengguna Instagram di Indonesia telah aktif menggunakan Instagram lebih dari 1-2 tahun terakhir.
  4. Pengguna Instagram di Indonesia tergolong aktif, biasanya mereka sering mention teman-temannya di kolom komentar di foto-foto yang menurut mereka itu menarik dan teman nya mesti mengetahui juga.
  5. 21% pengguna Instagram di Indonesia mengupload 1-2 foto dalam sehari.
  6. 71% pengguna Instagram di Indonesia selalu mengecek akunnya setiap saat bila mereka tidak sibuk dengan pekerjaannya. Sedikitnya 1 kali dalam 1 jam.
  7. 89% pengguna Instagram di Indonesia telah berusia 18-34 tahun.
  8. 63% pengguna Instagram di Indonesia berjenis kelamin perempuan.
  9. 7% pengguna Instagram di Indonesia sering memposting foto kuliner.
  10. 45% pengguna Instagram di Indonesia sering membeli barang-barang yang mereka lihat di Instagram bila menarik.

Nah pengguna Instagram di Indonesia cukup aktif kan. Jadi ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk kamu yang ingin mencari peruntungan di Instagram.

Untuk kamu yang masih pemula dan baru terjun di olshop, atau kamu yang telah lama bermain online shop dengan media sosial Instagram tapi kurang sukses, serta transaksi masih sepi, kamu mesti mencoba cara Rico Huang yang telah lama sukses meraup pundi-pundi keuntungan dari Instagram. Rico Huang adalah pengusaha muda Indonesia yang masih berumur 20-an ini mempunyai banyak akun Instagram ternama dan followers nya sangat banyak.

Lihat juga:
Cara daftar Instagram lewat PC
Aplikasi edit video Instagram keren

Berikut cara berjualan di Instagram agar laris manis menurut Rico Huang yang aku kutip dari Okezone.com dan beberapa tambahan dari aku yang sangat ampuh meningkatkan penjualan kamu di Instagram.

Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Untuk Pemula


Bila ingin beli followers Instagram murah, aman, terpercaya lihat disini.

1. Buat aku khusus


Bila sebelumnya kamu berjualan di Instagram menggunakan akun pribadi yaitu mengunakan nama kamu. Sekarang buat akun baru dan beri nama dengan produk yang kamu jual, atau nama toko olshop kamu

2. Mencari followers yang banyak


Setelah akun baru Instagram siap, selanjutnya kamu mesti memperbanyak jumlah followers nya. Untuk mendapatkan jumlah followers dalam waktu yang singkat, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari akun yang berjualan produk yang sama dengan yang kamu jual, dan akun tersebut harus banyak followers nya.

Selanjutnya follows semua followers akun tersebut sampai berapa yang kamu sanggup, minimal 50 ribu akun. Lakukan secara perlahan dan tidak terus menerus agar kamu tidak di blokir oleh Instagram. Bila following kamu sudah mencapai angkat tersebut kunci akun kamu, artinya membuat privasi. Dengan mengunci akun, otomatis orang yang kamu follows tersebut akan penasaran sama akun kamu, dan kemungkinan besar mereka akan mengfollback kamu karena penasaran dengan isi produk yang kamu jual.

Lihat juga cara aku menambah followers Instagram dengan mudah, cepat, dan aman.

3. Upload foto yang banyak


Disaat akun Instagram kamu tersebut masih dalam keadaan tergombok, manfaatkan dengan mengupload foto-foto yang kamu jual sebanyak-banyaknya. Tapi ingat, biarkan pun kamu mengambil fotonya dengan kamera smartphone, kamu mesti memotret nya dengan bagus dan di tempat yang cerah.

4. Poles foto


Memotret foto dengan kualitas bagus atau kamera bagus tidak lah cukup, kamu mesti mengedit lagi foto tersebut, dan menambahkan teks yang menarik, seperti diskon berapa persen, atau kata-kata lainnya.

5. Beri diskon


Pastikan kamu menjualnya lebih murah dari akun kompetitor yang telah kamu ambil followers nya. Nah foto produk yang kamu upload tersebut bisa kamu cantumkan harga lama, dan harga baru di bawahnya. Jangan lupa harga lama tersebut di coret. Karena pengguna Instagram sangat suka dengan harga coret, apalagi para cewek dan ibu-ibu.


6. Unfollows akun yang tidak aktif atau tidak follback


Lihat juga:
Cara menambahkan link di Instagram story
Cara mengatasi sayangnya Instagram telah berhenti
Cara upload banyak foto di Instagram
Download aplikasi Instagram untuk PC

Nah yang terakhir menurut Rico Huang lagi, bila followers kamu sudah mencapai seribu orang dan following kamu masih 50 ribuan, sebaiknya kamu unfollows mereka yang tidak followback kamu. Bagaimana caranya? Caranya kamu bisa baca tulisan aku beberapa waktu yang lalu yaitu cara mengetahui unfollowers Instagram dengan mudah. Kamu bisa lihat siapa yang tidak followback kamu dan juga siapa yang telah unfollows kamu.

7. Beralih ke akun bisnis


Akun pribadi kamu sudah beralih ke akun bisnis apa belum? Kalau belum kamu patut berubah akun olshop pribadi kamu ke akun bisnis. Dengan beralih ke akun bisnis, akun olshop kamu terlihat lebih professional, calon pelanggan kamu akan lebih yakin dan ingin membeli produk yang kamu jual.

Di akun bisnis nanti ada alat yang bermanfaat buat kelancaran bisnis kamu, seperti tombol kontak, wawasan, kamu bisa melihat dari mana asal followers kamu seperti kota, memasang iklan di ig, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara merubah ke akun bisnis? Caranya kamu bisa baca di artikel "Cara Membuat dan Menggunakan Profil Bisnis".

Tapi kalau sudah berubah ke akun bisnis, akun Instagram kamu tidak bisa diprivate (gembok) lagi.

8. Buat halaman di Facebook


Nah sebelum beralih ke akun bisnis, maka kamu harus buat halaman fanspage dulu di Facebook. Karena kalau kamu belum memiliki halaman di Facebook, kamu tidak bisa mengubah akun personal kamu ke akun bisnis.

Lihat juga:
Cara membuat halaman fanspage di Facebook

Jadi apa yang kamu posting di akun Instagram bisnis kamu otomatis di halaman fanspage fb akan ter share juga.

9. Pasang iklan, endorse, atau paid promot


Bagi yang punya duit banyak bisa mencoba memasang iklan di akun-akun banyak followers, misal akun artis atau model. Kamu bisa menghubungi mereka, biasanya di bio ada ditaruh nomor kontak. Kalau tak ada silahkan di DM saja.

Kamu sudah paham dengan berbagai istilah dalam Instagram? Kalau belum kamu bisa baca artikel "Isilah-istilah Dalam Instagram dan Artinya".

Nah selain 9 cara jualan di Instagram agar laris manis untuk pemula dari Rico Huang, berikut tambahan dari aku cara jitu dan jago berjualan di Instagram, dan dapat meningkatkan penjualan di Instagram kamu:

Strategi Jualan Di Instagram

  • Jangan lupa untuk melengkapi pada bagian profil akun olshop Instagram kamu, seperti nomor kontak yang bisa di hubungi. Kamu bisa memasukkan PIN BBM, Line, no handphone, Whatsapp, dan lainnya.
  • Gunakan foto profil akun Instagram jualan kamu dengan logo atau gambar nama brand jualan kamu, tujuannya adalah untuk membuat para calon pelanggan kamu untuk lebih percaya.
  • Buka profil akun Instagram toko online kamu, cari menu pengaturan dan klik Akun Tertaut, pilih akun sosial olshop kamu lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Tujuannya pada waktu kamu posting gambar di Instagram, di akun sosial yang kamu tautkan akan tershare juga.
  • Gunakan hashtag saat memposting gambar, masukkan hashtag yang sesuai dengan apa yang kamu jual. Contohnya kamu jualan jam tangan, kamu bisa menggunakan hashtag #jamtanganmurah #jamtangankeren #jamtanganswissarmy dan lainnya. Menggunakan hashtag akan membuat foto kamu mudah dicari orang dengan mencari barang yang mereka butuh dengan search hashtag tersebut.
  • Upload foto pada jam yang pas. Jangan upload tengah malah, atau semua pengguna Instagram sedang tidur. Nah jam yang pas upload foto ke Instagram adalah pada saat jam orang istirahat kerja, serta menjelang malam, atau setelah jam makan malam selesai. Di malam hari banyak orang beristirahat dan menghibur diri dengan bermain sosial media, termasuk Instagram.

Lihat juga:
Cara upload video di Instagram lewat PC
Cara upload foto di Instagram lewat PC

Selain cara jualan di Instagram untuk pemula, dan strategi jitu jualan di Instagram, aku punya beberapa tips lain yang perlu kamu perhatikan, agar kamu sukses memanfaatkan akun Instagram untuk toko olshop kamu, yaitu:


Tips Jualan Di Instagram Biar Laku

  • Jangan sering berkomentar promosi/jualan produk kamu pada akun yang memiliki banyak followers atau akun Instagram artis, karena pemilik akun tersebut bisa saja tidak suka, dan memblokir kamu.
  • Bila banyak produk yang ingin kamu posting, kamu jangan mengupload nya secara bersamaan, karena followers kamu tidak suka itu dan mengganggu mereka, bisa saja mereka unfollow kamu. Beri jeda, misal sejam 1 gambar, sehari 1 gambar, dan sebagainya. Dan yang perlu di ingat kamu harus rutin dan konsisten.
  • Jangan lupa untuk selalu menjawab komentar bila ada yang tanya sesuatu. Selalu berikan layanan terbaik biar mereka puas dan merekomendasikan onshop kamu kepada temannya.
  • Like dan komentari foto followers kamu agar mereka senang dan mengunjungi profil olshop kamu.
  • Jangan lupa untuk memamerkan foto transaksi, dan screenshot chatting kamu dengan konsumen kamu yang telah membeli dan pilih dengan kata-kata yang bagus.
  • Minta pelanggan kamu yang telah membeli untuk memberikan testimonial, dan kamu upload. Cara ini membuat para calon pembeli lebih percaya.

21. Beli jasa followers Instagram

Menggunakan jasa meningkatkan jumlah followers Instagram, jasa like Instagram, dan lain-lain patut dicoba bila kamu memiliki badget lebih. Karena jumlah followers dan like yang banyak dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibelitas akun toko online kamu. Dengan jumlah followers dan like yang banyak pula, orang akan tertarik memfollows akun kamu dan melihat produk kamu. Jadi kemungkinan besar produk atau jasa kamu akan laku.

Nah itulah cara jualan di Instagram agar laris manis untuk pemula. Bila kamu ingin mencoba peruntungan dengan memanfaatkan media sosial Instagram, kamu patut mencoba saran, dan tips dari aku di atas bagaimana cara berjualan di Instagram agar produk yang kamu jual laku keras.

Lihat juga artikel lainnya yang berkaitan dengan Instagram, yaitu cara menyimpan foto dari Instagram, dan cara download video dari Instagam.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa like, comment, dan share. Serta jangan lupa juga subscribe channel Youtube aku youtube.com/musdeoranje karena disitu banyak video tutorial yang bermanfaat untuk kamu.

Bila ada masalah atau kendala, mari berdiskusi di kolom komentar. Follows juga akun Instagram aku instagram.com/musdeoranje. Nah mau aku followback akun Instagram kamu? Syaratnya cukup like beberapa foto terbaru aku, terus beri komentar deh di salah satu foto aku suruh followback kamu. Kalau ingin serius mencari peruntungan lewat internet, aku merekomendasikan kamu untuk melihat peluang bisnis online terbaru. Semoga kamu sukses, banyak rezeki serta bahagia dunia akhirat.

Artikel lainnya:
Cara mendapatkan uang dari Internet
Cara mengembalikan akun Instagram yang di banned/blokir
Cara menghilangkan hak cipta pada video di Instagram
Cara menambahkan tombol kontak di profil Instagram
Cara multi akun/menambahkan akun di Instagram

78 komentar

trims... sangat membantu sekali... :-)

Trimkasih info nya bang
Semoga Allah SWT membalas kebaikanmu

Tips yang sangat membantu, aku lagi follow jualan yang sama dengan jualanku di ig, terima kasih

Wow . It works . Maksih bro .. mampir yaa ig : halloo_sneakers .

Ini yang aku cari selama ini...
makasih ya mass, selama ini saya kesusahan bagaimana berjualan lewat IG.

Sudah posting banyak, sudah follow banyak orang, kok belum juga ada penjualan.

khan jadi bosan banget... waktu habis, tenaga habis, pikiran juga. Produk belum juga laku.

Selaain di atas ada tips lain gak mas?

sama2 mas, semoga jualannya laris manis ya. Untuk sementara ini dulu tips nya mas, nanti kalau ada tips lagi akan saya update lagi pos ini. terimakasih telah meninggalkan komentar : )

Layak dicoba ni tipsnya, kebetulan lagi mau mulai lagi jualan online & mau nyoba promosi di instagram.
Ditunggu tips berikutnya mas

Sip mas, terimakasih telah meninggalkan komentar

Pelajaran yg sangat bagus buat pemula,, makasih gan sangat bermanfaat sekali buat saya

Makasih mas...akan saya coba insyaAllah...

silahkan di coba mbak. semoga sukses bisnis nya

Terima kasih banyak Bro..semoga bermanfaat buat saya

Iya bro, semoga lancar bisnis nya

Yahhh.. Akunya udah di blokir sama ig. Jd gimana spya bisa kebuka blokirannya??

Kenapa bisa kena blokir mbak? apa pesan nya? coba baca artikel terbaru blog ini ya mbak ada saya basa cara mengembalikan akun instagram yang di blokir atau di banned :)

jangan lupa follow instagram @rumahsewaaudio :) terimakasih

Penjelasannya bagus, namun ada beberapa hal yang perlu di tambahkan.
Antara lain mengenai waktu update & cara menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis anda

Wah mantap sekali sarannya. Siap, akan segera di tambahkan. Terimakasih ya atas saran bagusnya :)

Terima kasih banyak atas tips nya. Artikelmu membantu para wirausaha pemula. Semoga sukses terus ya!

sama-sama, sukses untuk kita semua

Terima kasih atas pembeeitahuannya
Soalnya saya mau jualan slime di IG
tetapi msh bingung untuk menjual nya


Jangan lupa follow ig ku
Arya_slimestore

Terimakasih

Thank you, Ilmunya sangat bermanfaat

Share lagi dong mas yg lain hehehe.. Smg web bermanfaat ini jadi ladang pahala :))

Waah, tipsnya sangat bermanfaat. Akan saya coba, terima kasih yaa udah bagi2 tips...

Waahhh makasih ya semoga ilmunya bermanfaat

follow hijab fashionable yuk @sfkhijab

Terimakasih ulasanya mas maaf diluar topik bisakah kita menyisipkan link ke marketplace di IG?

Maksud nya titip link dimana mbak, di instagram stories atau di profil kita?

Ayo yang mau cari sepatu second original di follow istagram kami di teamsecond_pnk

bagus , infonya aku jadi tahu bagaimana jualan via instagram

bagus banget ni artikel, menambah wawasan.. ijin coba ya, trimakasih

Dibaca baca, lanjut dicoba, ada benarnya, follower jadi nambah. Smg baroqah mas musdeoranje ilmunya dibagi bagi

Terimakasih info nya. Keren bgt. Insyallh sy coba. 😊

mantap jiwa gan, terimakasih artikelnya sangat membantu

Terima kasih atas ilmunya..
Harus segera di praktekin nich 😃😃

Terima Kasih Tipsnya, sangat membantu.
Untuk kalian yang mungkin berminat cari sepatu" sneakers dengan kualitas bagus bisa follow IG : inficia.co

Bagus banget artikelnya min. Thanks ya.

Terimaksih atas ulasannya sangat menarik dan bermanfaat,saya akan coba menerapkannya

Terimakasih sarannya sangat membantu saya, jualan aneka keperluan bayi murah follow @azkayra.bshop

terimakasih banyak sangat bermanfaat

Thx u infonya, sangat membantu dan bermanfaat

emang sangat membantu sekali ini follower jadi tambah banyak. jangan lupa kunjungi balik ya gan??

bagus sekali ini sangat membantu jangan lupa kunjungi balik ya kak

artikel sudah keren, dan super lengkap. sip sip.

Terima kasih infonya sangat.. jadi tambah wawasan..

big thanks bosku sangat membantu uat pemula,, jgn lpa kunjugi balik a kak

MANTAP BOSKU, SAYA MAU COBA TERIMAKSIH ARTIKELNYA SANGAT MEMBANTU. JANGAN LUPA KUNJUNGI BALIK YA BOSKU TERIMAKASIH...

Gan nanya nih,
kalo 'beli jasa follower' apa real 'human' apa 'mesin' ya ?
And, apa gak dikenai sanksi ama google ?
Trims

Saya juga lagi belajar bagaimana menggunakan instagram untuk jualan

Terimakasih ilmunya min. Cuma saya mau tanya apakah ada cara khusus untuk meningkatkan follower?

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon