Senin, Agustus 29

Cara Membuat Dan Menggunakan Profil Bisnis Di Instagram

Cara membuat tombol kontak di Instagram - Instagram adalah aplikasi media sosial berbagi foto yang semakin hari semakin berkembang. Banyak fitur baru yang disematkan pada Instagram, seperti artikel yang aku bahas sebelum nya yaitu: Multi Akun yang berguna bagi kamu yang berjualan di Instagram. Nah kali ini Instagram juga telah meluncurkan fitur baru lagi dan sangat bermanfaat juga untuk mendukung dagangan kamu di Internet yaitu Profil Bisnis atau Akun Bisnis Instagram yang menampilkan tombol kontak profil Instagam.

Profil Bisnis Instagram adalah sebuah fitur atau alat yang diluncurkan Instagram beberapa waktu yang lalu dan bermanfaat membuat tokok online kamu laris manis. Profil bisnis Instagram membuat calon konsumen atau calon pelanggan kamu di jangkau dengan lebih baik, dan membuat profil bisnis akun Instagram kamu lebih tepercaya, dah hasilnya dagangan kamu akan lebih cepat laku.

Lihat juga: Cara Berjualan Di Instagram Agar Laris Untuk Pemula

Fitur baru Instagram ini tersedia gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin akun Instagram nya dikenal sebagai akun bisnis dan bukan sebagai akun pribadi. Fitur ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan atau calon konsumen kamu.

Cara Membuat Dan Menggunakan Profil Bisnis Di Instagram
Bila akun pribadi kamu atau akun toko online kamu sudah kamu ubah ke akun bisnis (Profil Bisnis), nantinya kamu bisa mengakses beberapa tombol atau alat bisnis yang mendukung toko online kamu bisa laris manis, seperti:


Tombol Kontak 


Tombol kontak adalah fitur utama yang bermanfaat bagi pelanggan dan calon konsumen kamu. Tombol kontak ini nanti bisa kamu atur atau kamu arah bila ada yang klik menuju ke email, ke panggilan telepon atau pesan teks. Jadi sangat bermanfaat bagi calon konsumen kamu yang ingin membeli dagangan sama kamu dan mereka bisa lebih percaya karena berkomunikasi secara langsung dengan kamu.

Wawasan


Bila tombol kontak sangat bermanfaat bagi konsumen kamu, maka Wawasan atau Insight akan sangat bermanfaat bagi kamu. Disini kamu bisa melihat beberapa fitur penting seperti statistik berapa klik link website hari ini, jumlah penjualan, siapa pengikut kamu, kapan mereka online, menampilkan postingan populer, dan aktivitas followers kamu lainnya.

Fitur Wawasan ini bisa membantu kamu menganalisis dan melihat karakter followers kamu membutuhkan konten seperti apa. Nah dengan begitu kamu dapat membuat konten iklan atau postingan foto kamu yang sesuai dengan yang seperti mereka inginkan.

Promosi


Semua foto atau gambar yang telah kamu upload di akun Instagram yang telah kamu jadikan Profil Bisnis atau akun bisnis ternyata dapat kamu promosikan atau iklankan. Setelah kamu memilih foto mana yang hendak di iklankan, selanjutnya kamu tinggal memilih target pelanggan potensial mana saja yang dapat menjangkau iklan kamu tersebut.

Bagaimana cara mengubah profil Instagram pribadi kamu menjadi Profil Bisnis?


Sebelum kamu mengubah akun profil Instagram pribadi atau akun Instagram olshop kamu menjadi Profil Bisnis, kamu harus mempunyai halaman fans page di Facebook dulu, dan akun Instagram kamu harus terkoneksi dengan akun Facebook halaman fans page tersebut. Bila kamu belum mempunyai halaman di Facebook, silahkan buat dulu, dan beri nama sesuai dengan nama akun Instagram yang mau kamu jadikan akun bisnis.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram


1. Buka profil Instagram kamu, lalu ketik pada tap ikon setting.


2. Scroll ke bawah layar smartphone touchscreen kamu, sampai nampak menu "Beralih ke Profil Bisnis" lalu klik.


3. Keluar alat bisnis Instagram, dan langsung klik "Lanjutkan".


4. Disini Instagram menyuruh kamu untuk menghubungkan ke akun Facebook kamu, klik saja "Masuk dengan Facebook".


5. Nah silahkan pilih halaman mana di akun Facebook kamu yang ingin kamu hubungkan ke akun bisnis Instagram ini. Kalau aku memilih halaman Facebook.com/Loveacehcom karena akun Instagram @loveacehcom akan aku jadikan Profil Bisnis.


6. Silahkan persiapkan profil bisnis kamu, masukkan alamat email, nomor telepon, dan alamat yang dapat di cari di Google Maps, lalu klik conteng untuk melanjutkan.


7. Profil bisnis kamu sudah siap, klik "Lanjutkan".


8. Selamat! Begini tampilan profil akun Instagram bisnis kamu dengan penambahan tombol baru, yaitu tombol "KONTAK".


9. Bila kamu klik, maka akan keluar pilihan seperti gambar di bawah ini, yang menampilkan menu Telepon, Email, dan Dapatkan Petunjuk Arah. 


10. Ketiga fungsi ini nanti bisa kamu ubah kapan saja di menu "SUNTING PROFIL" lalu klik "Informasi Kontak Bisnis" seperti yang terlihat pada  gambar di bawah ini di lingkaran kotak warna merah.


11. Untuk melihat wawasan, klik tombol grafik di samping menu setting.


12. Begini tampilan menu wawasan pada profil akun bisnis Instagram kamu. Disini kamu bisa melihat beberapa fitur penting seperti statistik berapa klik link website hari ini, jumlah penjualan, menampilkan postingan populer, dan aktivitas followers kamu.


Itulah cara mengubah akun pribadi menjadi akun profil bisnis Instagram dan cara menggunakannya. Bagaimana ternyata cukup mudah membuat profil bisnis di Instagram. Bila akun Instagram kamu telah kamu ubah ke akun Profil Bisnis, kamu tidak bisa mengubah akun ini menjadi privat (digembok), karena di akun bisnis Instagram telah menghilangkan fitur tersebut.

Lalu apakah bisa mengubah lagi ke akun semula yaitu akun Instagram pribadi? Jawabannya bisa, kamu bisa mengubahnya kapan saja. Buka setting, dan lihat di opsi AKUN, lalu klik "Beralih Kembali ke Akun Pribadi?".

Bila di akun pribadi foto dari Instagram bila kamu share ke Facebook akan masuk ke profil FB kamu, makan untuk akun bisnis foto yang kamu bagikan ke Facebook akan masuk ke halaman fans page kamu yang kamu hubungkan ke Profil Bisnis di atas.

Di bawah nama profil akun bisnis Instagram @loveacehcom kamu bisa melihat ada penambahan kata yaitu "Website", kenapa bisa muncul website? Karena pada saat aku membuat halaman fans page di Facebook untuk blog Loveaceb.com aku memilih situs website di pilihan jenis halaman. Nah nanti pada saat kamu membuat halaman fans page di Facebook, kamu bisa memilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis kamu, bisa itu rumah makan, blog personal, toko komputer, dan lain nya.

Nah bagaimana apakah fitur baru ini membantu kamu dalam berjualan secara online? Semoga dengan adanya fitur Profil Bisnis Instagram ini bisa membantu kamu dalam aktivitas berjualan secara online. Jangan lupa share, like, komentari, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Lihat juga:

loading...
loading...

52 komentar

saya juga pengen membuat instagram untuk bisnis saya tapi sepertiya diurungkan dulu ;-( soalnya masih banyak yang masih diurus. Moga saja bulan depan bisa saya lakukan. Terimakasih atas sharenya, sangat membantu sekali

Sama2 mas. padahal mudah banget cara buatnya, atau buat akun Instagram lain saja mas, khusus untuk bisnis dan pisahkan sama yang pribadi :)

kenapa saya akun saya gak bisa di rubah mas? mohon saran

Aplikasi Instagram nya coba di update dulu ke versi terbaru mas

apakah fitur ini berbayar kalo sudah beralih ke fitur bisnis ini?? mohon jawaban nya. thanks.

tidak berbayar, gratis mas Alvin :)

Saya sudah punya FB Fanpage tapi nggak bisa terdekteksi ketika mau beralih ke profil instagram bisnis. Kenapa ya?
Makasih sebelumnya

Wah begitu ya mbak Ety Abdoel, sebelumnya terimakasih sudah meninggalkan komentar dan membaca artikel ini.

Apakah akun fb yang mempunyai laman fp tersebut sudah login di smartphone yang sekaligus mbak Ety daftar ig? bila tak muncul juga coba juga update aplikasi ig nya.

Semoga bisa membantu : )

Waktu masuk profile bisnis kok ada menu pembayaran ya? Apakah ini membutuhkan uang juga alias bayar? Mohon bantuan dan saranya sob..

menu pembayaran itu sepertinya untuk memasang iklan di Instagram mas Itech, hehe..cuekin saja menu itu dan klik terus Beralih ke profil bisnis untuk menggunakan profil bisnis Instagram :)

betul sekali Mas Edi Hermawan. Yuk silahkan dicoba : )

Maksudnya gambar kita bs diiklankan, apakah bs dapat uang seperti google adsense? Atau hanya sekedar membantu mengiklankan prduk kita?

iya betul bila sudah beralih ke akun bisnis, gambar yang kita posting bisa di iklankan. tapi ya enggak bisa dapat uang seperti adsense, cuma membantu memasarkan produk kita saja, seperti fb ads.

hallo mas
untuk poin ke-6
di hp saya, muncul kode +1
untuk merubahnya menjadi +62 bagaimana caranya ya?

terimkasih sebelumnya

wah itu saya tak tau juga mas. atau coba hilangkan kode pertama no hp nya

mas, kok di no5 itu ga ada muncul page FB saya ya, padahal facebook itu ada pagenya dan saya sendiri pengurus halamannya. kenapa ya?trims

apakah di smartphone yang mas pakai ini akun fb yang ada pagenya sudah apa sudah login?

Kalau jaman di facebooknya gak sama gmna gan .. soalnya halaman Facebook saya sudah di instragasikan pihak yg lain apa tidak berpengaruh gan..

coba dijadikan admin saja akun fb mas di laman tersebut, pasti bisa setelah itu.

Iya sudah login, di aplikasi FB di hp yg sama selalu online fb nya. Ada saran gan? Sudah berkali kali saya coba, saya logout instagramnya tetep ga bisa. Trims ya

Iya, sudah login di fb nya, dalam 1 hp. Ada saran mas? Trims ya

Iya, sudah login di fb nya, dalam 1 hp. Ada saran mas? Trims ya

waduh bingung juga mas saya kenapa bisa gak muncul. kalau aplikasi instagram dan fb nya di update saja mas, mungkin bisa.

Sudah ke updet otomatis. Karna saya selalu terhubung wifi. Jadi tiap ada pembaruan otomatis langsung ke updet. Hiks gimana ya...

Terimakasih infonya, awalnya saya penasaran dengan profil bisnis, saya mengira awalnya seperti fans page seperti Facebook.

sama2 mas. Ternyata beda ya mas :)

Apa bisa mas tampilan ig mas website terus mau diubah menjadi yg lain?

bisa kok mas, seperti yang telah saya jelaskan di artikel ini

harus selalu fb ads kah ? berbeda ya sama fb pribadi biasa hehehehe

ka apakah bikin fb ads itu dari account fb biasa gtu ka ? thanks jawabannya

kenapa get directions / petunjuk arah saya berbeda dengan kondisi asli nya bro? dan gimana cara merubah posisi nya atau disable petunjuk arah tersebut? thanks..

bikin fb ads tak bisa menggunakan akun fb biasa, harus dengan fb fans page. buat fans page saja, mudah banget kok caranya. Coba cari menu Buat Halaman.

wah itu saya tak paham juga kenapa bisa disable dan berbeda dengan kondisi aslinya. Mungkin alamat yang mas masukkan yang ada di google maps itu memang tidak akurat. coba lakukan verifikasi google bisnisku agar lebih akurat. coba kesini https://support.google.com/business/answer/2911778?hl=id

gan kenapa diinstagramku gak muncul halaman yang aku punya di FB?, padahal aku sudah jadi pengurusnya, malah cuma aku pengelolanya. Aku udah pake aplikasi FB dan IG yang terbaru dan dalam satu smartphone, tolong solusinya gan?

gitu ya mas, bingung juga sama kasus seperti ini, karena jarang terjadi. atau coba update saja fb sama ig nya mas.

Cara menghapus kartu kredit yg sdh d msukan gmna gan??

kurang tau juga mbak, belum pernah coba. atau coba kembalikan dulu akunnya ig nya ke akun ig biasa, dan beralih lagi ke akun bisnis. semoga bisa membantu

Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat. Bisa tidak kita mengubah jenis halaman, misal tadinya website mau kita ubah ke retail???. Terima kasih😊

Bisa banget kok. Caranya buka halaman fans page di fb, pada bagian Lainnya klik Sunting Info Halaman, dan tinggal ubah mau jenis halaman apa di Page Category. Semoga bermanfaat :)

Mas saya ig saya sudah jadi profil bisnis, tapi saat saya ikut promosi kan jualan saya kenapa susah sekali caranya banyak tahapan, lalu saat tahapan akhir tiba2 ada tulisan sedang mengalami masalah cobalah beberapa saat lagi, nah itu tiap kali saya promosi seperti itu, saya ingin promosi jualan saya mas, apa bisa di kasih tutorial saat promosi? Mohon pencerahannya

Gan akun bisnis instagram bisa di integrasikan ke fanpage gak ? Apa cuma bisa ke akun facebook pribadi ?
Terima kasih.

saya belum pernah coba fitur promosi postingan di Instagram Mas, kalau facebook ads pernah saya coba, dan juga bisa kita atur iklannya supaya juga tampil di Instagram juga : )

bisa gan, malah kalau belum ada fanspage tidak bisa kita beralih ke akun bisnis. jadi buat dulu fanspage di facebook ya :)

yang gak bisa di bagian mana ya mas : )

Untuk fb fanspagenya harus dibuat pake akun fb pribadi dulu gak min? Atau bisa langsung bikin aja, soalnya udah lama bgt gak pake fb

iya gan, harus pake akun fb pribadi bikin fb fanspage nya

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon