Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram - Instagram adalah sosial media yang menggoda dan mempesona siapa pun untuk mencobanya. Itulah yang dapat aku katakan pada aplikasi sosial media berbagi foto milik Facebook ini. Bagaimana tidak, jumlah pengguna aplikasi Instagram tiap hari semakin bejibun. Mungkin siapa tau beberapa tahun kedepan bisa mengalahkan kakak nya yaitu Facebook yang menduduki posisi paling atas media sosial paling banyak penggunanya di dunia dan di Indonesia.

Di Instagram, selain kamu bisa upload foto, kamu juga bisa upload video yang durasi nya sekarang sudah ditingkatkan menjadi satu menit, beda di awal-awal kemunculan Instagram yang hanya dibatasi 15 detik saja. Dengan durasi yang panjang ini yaitu 1 menit, kamu bisa berkreasi membuat video bagus yang lebih panjang lagi.

Nah, seperti pada judul artikel ini, apakah video yang kamu upload ke Instagram tiba-tiba dihapus oleh pihak Instagram? Lalu keluar pemberitahuan yang berbunyi "Video Anda dihapus karena mungkin ini memiliki konten berhak cipta yang merupakan milik orang lain". Nah apa yang akan kamu lakukan setelah kejadian seperti ini? Apakah kamu langsung membuka pemberitahuan tersebut, dan langsung klik "Hapus Video" dengan alasan karena kuatir takut akun Instagram kamu di blokir pihak Instagram atau hal lainnya yang akan terjadi?

Cara Mengatasi Copyright Di Instagram

Memang betul apa yang dikatakan pihak Instagram video kamu dihapus karena memiliki konten berhak cipta milik orang lain. Coba deh cek lagu yang kamu masukkan ke video yang kamu upload ke Instagram apakah mengandung lagu-lagu berhak cipta atau copyright? Dan perhatikan juga saat kamu merekam video jangan sampai ada terdengar lagu-lagu yang memiliki hak cipta.

Kamu perlu tau, dulu memang bisa kita upload video-video berhak cipta ke Instagram, tapi sekarang tidak bisa lagi, karena sekarang ini aplikasi Instagram telah canggih. Di saat kita upload video, robot Instagram akan mendeteksi otomatis video yang kita upload, bila terdapat musik atau audio yang memiliki copyright, makan video tersebut akan terhapus secara otomatis.

Teknologi yang digunakan Instagram ini dalam mendeteksi copyright sepertinya mirip dengan yang digunakan oleh Youtube, tapi bedanya video yang kita upload ke Youtube tidak dihapus oleh pihak Youtube, akan tetapi kita tidak bisa memonetize video nya. Iklan Adsense di video kita akan tetap muncul, namun uang nya akan dibayarkan ke pemilik lagu atau video tersebut.

Kamu di dalam hati pasti berpikir, "duh, cape-cape bikin video bagus-bagus eh di hapus. Padahal lagu yang dimasukkan di video nya bagus sekali dan cocok banget dengan tema video nya 😢 ".

Nah bila kamu tidak mau menghapus videonya dan tetap ingin menguploadnya ke Instagram dengan alasan kamu malas edit lagi untuk menghapus lagu atau musik dalam video tersebut dan menggantikannya dengan lagu yang bebas copyright. Kamu bisa kok ajukan banding asal video yang kamu masukkan ke Instagram itu tidak untuk tujuan mencari keuntungan dan hanya sebagai hiburan saja.

Bagaimana cara menghilangkan hak cipta pada video Instagram?


Cara mengatasi masalah audio copyright di Instagram sangat mudah. Yang pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuka isi pemberitahuan dari Instagram tersebut seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya Klik "Banding" seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Selanjutnya conteng "Saya setuju". Di tanda tangan elektronik kamu jangan bingung mau isi apa, silahkan masukkan nama pengguna Instagram kamu. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, nama pengguna Instagram aku adalah "musdeoranje", jadi aku isi "musdeoranje". Lalu klik "Banding" sekali lagi.


Nah silahkan tunggu kurang lebih satu menit, dan lihat video kamu telah di kirim ulang.


Selamat video copyright kamu yang dihapus pihak Instagram tadi sudah kembali 😃.


Followers kamu sekarang sudah dapat melihat dan menonton video kamu yang kena hak cipta tersebut.


Di atas adalah video aku yang dihapus Instagram karena memasukkan lagu terbaru milik Cash Cash yang berjudul How To Love. Video aku tersebut sekarang telah dipulihkan kembali oleh Instagram setelah aku mengajukan banding seperti cara mengatasi copyright Instagram di atas.

Bila kamu penasaran seperti apa video aku yang di hapus dan kena copyright Instagram, ini video nya:

Video kiriman Mus Deoranje (@musdeoranje) pada


Itulah cara mengatasi copyright di Instagram atau cara mengatasi masalah audio copyright di Instagram. Ternyata sangat mudah cara mengajukan banding video yang dihapus Instagram karena masalah hak cipta. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit saja, video yang kena hak cipta tersebut telah dikirim kembali dan tidak jadi dihapus oleh Instagram.

Tips

Agar masalah copyright video Instagram ini tidak terulang lagi, jangan memasukkan musik, lagu, instrumen, atau audio yang sedang populer sekarang ini, misal lagu-lagu terbaru dari penyanyi top dunia atau Indonesia. Cari lagu-lagu lawas, atau kamu bisa buat lagu sendiri atau bisa juga lipsing lagu-lagu terbaru kesukaan kamu. Dengan cara ini aku jamin pasti video kamu akan terbebas dari copyright.

Selain artikel cara mengatasi hak cipta di Instagram di atas, lihat juga artikel menarik lainnya dari musdeoranje.net, seperti aplikasi edit video Instagram yang populer, dan cara download video di Instagram lewat hp dan pc.

Semoga artikel tentang masalah cara menghilangkan hak cipta pada video Instagram ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa, like, share, komentar, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih 😊!

Artikel lainnya:
Cara menambah followers Instagram
Cara memperbanyak like pada Instagram
Cara mengambil foto dari Instagram
Cara mengetahui unfollowers Instagram

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon