2 Cara Upload Video Ke Youtube Lewat HP Android Lengkap

Bagaimana cara upload video ke Youtube lewat HP Android? Jawabannya sangat mudah simpel dan cepat, caranya cukup merekam video dengan menggunakan handphone/smartphone kamu, baik hp Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, Blackberry, hp Android lainnya atau iPhone yang kamu gunakan juga bisa kamu gunakan untuk mengupload videonya ke Youtube dan mendapatkan uang.

Nah cara menghasilkan uang di Youtube aku tak akan menjelaskan disini ya, di artikel ini aku cuma membahas cara upload video ke Youtube lewat Android saja. Untuk cara mendapatkan uang dari Youtube aku akan mengulasnya di artikel lain di kemudian hari, makanya jangan lupa selalu kunjungi blog ini ya.

Sebelum membahas cara upload video ke Youtube aku ingin tanya dulu sama kamu, apa tujuan kamu ingin memasukkan video ke Youtube? Apakah ingin ngevlog atau jadi vlogger terkenal juga seperti para youtuber ngetop Indonesia Raditya Dika, Edho Zell, Reza Oktovian, Tim2one, Bayu Skak,
Skinnyindonesian24, Arief Muhammad, Agung Hapsah, Ria Ricis, Atta Halilintar, Kevin Hendrawan, Deddy Corbuzier, Young  Lex, Awkarin dan para youtubers terkenal lainnya, serta ingin kaya banyak duit dari Youtube juga seperti mereka?

Kalau kamu sangat hobi bikin video, suka edit-edit video, ingin membagikan ilmu kamu ke banyak orang, seperti tips dan tutorial apa saja yang bermanfaat, kamu juga bisa seperti mereka, jadi terkenal, mendapatkan penghasilan dari Youtube, di undang kemana-mana, dan banyak fans. Nah kalau kamu tujuannya ingin upload video ke Youtube supaya dapat uang saja karena tergiur melihat para Youtuber terkenal tersebut mendapatkan duit puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulan mending jangan deh.

Kenapa aku bilang jangan? Karena kalau kamu tidak hobi dan tujuannya duit, aku yakin kamu tidak bisa bikin video original, nanti kamu akan reupload atau mengupload ulang video orang lain, sulit mendapatkan subscriber, view sedikit karena gak ori, di laporkan orang karena mencuri konten, bertahun-tahun penayangan video kamu cuma mentok di angka ratusan saja, nanti kamu gak kuat nahan diejek, di caki maki orang karena video jelek, dan saat hampir gajian eh akun kena banned gak sempat nikmati uangnya, dan akhirnya nyerah.

Nah ngeri banget kan. Tapi bila kamu tujuannya bukan hanya sekedar ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube, seperti yang aku jelaskan di atas yaitu hobi bikin video dan ingin membagikan tips tutorial ke ke Youtube agar bisa bermanfaat bagi banyak orang, kamu pantas menjadi penerus calon Youtubers terkenal di atas.

Tak perlu nunggu lama, berikut cara upload/unggah video ke Youtube lewat Android atau hp lainnya dengan cepat dan mudah:

Cara upload video ke youtube lewat hp android

Cara Upload Video Ke Youtube


Cara upload video ke Youtube bisa dilakukan dengan dua langkah, yaitu melalui galeri hp kamu atau langsung klik tombol upload dari aplikasi Youtube yang ada di hp Android atau iPhone kamu.

1. Cara Upload Video Ke Youtube Lewat Galeri HP


- Buka galeri hp kamu, lalu cari video yang telah kamu siapkan untuk di upload ke Youtube. Klik tombol bagikan atau share, dan mungkin cara ini akan berbeda setiap merek hp tata letak tombol bagikan, serta cara memunculkan tombol bagikannya.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Silahkan cari logo Youtube, lalu silahkan klik untuk mengupload videonya ke Youtube.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Nah disini banyak hal yang bisa kamu lakukan sebelum video nya betul-betul diupload ke Youtube, seperti kamu bisa mengganti lagu latar atau backsound, memilih berbagai filter menarik, memotong atau memilih bagian mana yang akan di upload ke Youtube, memasukkan judul video, serta sedikit deskripsi video yang kamu upload.

Cara Upload Video Ke Youtube

Berikut penjelasan gambar di atas:
  1. Tambahkan musik - Bila video yang kamu upload belum ada musik latar atau backsound, kamu bisa menambahkan berbagai backsond menarik disini yang tentunya bebas hak cipta atau free copyright. Namun bila backsond yang disediakan oleh Youtube ini kurang menarik, kamu bisa menambah backsond nya sendiri. Ingat, jangan gunakan lagu-lagu berhakcipta, nanti kamu tidak bisa memonetisasi video yang kamu upload. Sayang kan video bagus tapi tak bisa di monetisasikan karena claim hak cipta oleh pemilik asli lagu tersebut.
  2. Tambahkan detail - Tambahkan detail disini maksudnya memilih berbagai filter menarik sama seperti saat kita mengupload foto atau video ke Instagram. Banyak pilihan filter yang bisa kamu pilih, seperti Mentari, Perora, Pop, Kenangan, Pendar, Abu-abu, Noir, Fajar, Gelembung, dan masih banyak pilihan filter lainnya.
  3. Potong video - Disini kamu bisa memotong durasi video nya. Kamu bisa pilih bagian mana yang ingin kamu masukkan.
  4. Judul - Judul video yang kamu upload. Tulis judul sesuai dengan isi video, dan harus menarik supaya banyak view.
  5. Deskripsi - Tulis deskripsi video yang kamu upload. Tulis sedikit gambaran video bercerita tentang apa, dan terakhir masukkan link sosial media kamu, serta tulis kata-kata jangan lupa like, komen, share, dan subscribe. Biar kayak para youtubers :D.
- Bila kamu ingin tambahkan musik atau backsond yang telah disediakan oleh Youtube klik + seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Atau bila ingin mendengarkan dulu lagunya klik icon play.

Cara Upload Video Ke Youtube

Saran aku. bila kamu tidak suka musik atau backsond ini, dan takut terkena copyright bila memasukkan lagu mp3 yang ada di hp kamu, kamu bisa mengdownload berbagai backsond keren yang bebas copyright yang bisa kamu masukkan ke video kamu di No Copyright Sounds dan Audio Library.

Banyak video-video yang aku upload ke Instagram maupun ke Youtube mengambil backsond nya disitu. Selain itu para youtubers terkenal baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri juga banyak menggunakan musik latar video nya dari situ juga loh.

- Tambahkan detail atau filter. Bila sudah bisa klik langsung upload atau scroll ke bawah untuk mengatur privasi video nya.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Silahkan atur privasi, klik publik bila ingin semua orang melihat video kamu. Bila sudah saatnya mengupload video kamu yaitu klik icon paling atas sebelah kanan seperti tampak pada lingkaran kotak warna merah pada gambar di bawah ini.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Silahkan tunggu beberapa saat video kamu sedang di upload. Disini tergantung sama ukuran dan durasi video. Bila durasi video yang kamu upload pendek serta ukurannya kecil maka proses upload nya akan singkat, namun bila ukuran dan durasi video yang kamu upload panjang dan gede, maka kamu mesti bersabar menunggunya karena akan lama. Tapi faktor jaringan internet yang kamu gunakan ikut berpengaruh akan cepat dan lambatnya proses upload.

Saran: Jangan lupa siapkan dulu kuota yang besar, atau mencari jaringan wifi bila ukurannya gede.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Nah video nya sudah selesai proses mengupload nya, berarti sudah siap untuk ditonton dan dibagikan. Klik videonya untuk menonton atau ingin membagikan ke sosial media.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Disini kamu bisa membagikan video kamu (share) ke berbagai sosial media. Selain itu kamu juga bisa like sendiri dan scroll paling bawah untuk melihat kotak komentar.

Cara Upload Video Ke Youtube

Kamu sudah sukses mengupload video ke Youtube. Video yang baru saja aku upload tersebut bisa kamu nonton disini atau di bawah ini. Jangan lupa subscribe channel Youtube aku disini ya. hehe



Lalu bagaimana cara upload video ke Youtube dengan menggunakan aplikasi Youtube yang ada di hp Android atau iPhone? Berikut caranya:

2. Cara Upload Video Ke Youtube Lewat Aplikasi Youtube


- Langkah yang pertama buka aplikasi Youtube yang ada di hp kamu.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Lalu klik icon rekam video seperti yang tampak pada lingkaran kotak warna merah pada gambar di bawah ini.

Cara Upload Video Ke Youtube

- Nah disini banyak pilihannya lagi, selain bisa memilih langsung video yang ada di galeri hp kamu yang sudah diedit dan siap di upload ke Youtube, kamu juga bisa merekam langsung melalui aplikasi Youtube ini, serta kamu juga bisa melakukan siaran langsung atau live streaming juga seperti di Instagram, dan mengupload nya ke Youtube.

Cara Upload Video Ke Youtube

Itulah dua cara upload video ke Youtube lewat hp dengan mudah dan cepat. Bagaimana ternyata sangat simpel dan gampang banget kan cara upload video ke Youtube? Bila ada kendala jangan lupa bertanya di kolom komentar.

Untuk mengedit video yang sudah di upload seperti mengganti gambar thumbnail, memasukkan tag, terjemahan, menampilkan dan menyembunyikan komentar, stabilkan video, slow motion/percepat, pangkas, memutar, mengganti backsond, layar akhir dan anotasi, seta pengaturan lainnya kamu tidak bisa melakukannya di hp, tapi hanya bisa dilakukan di PC atau laptop.

Ingat, seperti yang aku jelaskan di atas jangan sekali-kali upload ulang (reupload) video karya orang lain ke Youtube, karena selain melanggar hak cipta, juga nanti bisa membuat kamu rugi, yaitu video kamu tidak bisa di monetisasi, serta yang paling miris nya lagi adalah video tersebut di adukan ke pihak Youtube oleh pemilik asli videonya. Sayang kan bila nanti channel Youtube kamu di hapus oleh Youtube, padahal kamu sudah berdarah-darah bangun channel nya dan subscriber kamu sudah banyak. Sakit banget kan!

Upload video apa saja yang penting original, bermanfaat bagi orang lain, dan bisa menginspirasi mereka. Jelek tak masalah asalkan kamu terus belajar untuk membuat video bagus. Karena para Youtubers terkenal tersebut pasti video pertama mereka tidak langsung bagus seperti video terbaru mereka. Coba deh cek video pertama mereka, pasti tak sebagus dengan video terbaru mereka, tapi mereka tidak pernah puas dan terus belajar untuk bikin konten video terbagus.

Selain itu aku juga tak sarankan kamu untuk mengupload konten dewasa, vulgar, video yang merugikan atau berbahaya bagi orang lain, video yang mengandung kebencian terhadap ras atau golongan tertentu, video berbau ancaman, kekerasan, dan menyeramkan. Bila kamu terpaksa mengupload video tersebut jangan lupa klik "Aktifkan Pembatasan Usia" di setelah lanjutan video, agar pengguna di bawah umur tidak menontonnya.

Demikian artikel cara upload video ke Youtube ini. Bila artikel ini bermanfaat untuk kamu jangan lupa share. Terimakasih!

Lihat juga:

4 komentar

Mantap mas lengkap tutorialnya , tapi kalau saya upload video ke youtube lebih senang pakai pc atau laptop karena lebih enak dan simpel :)

Betul sekali hehe. Terimakasih telah meninggalkan jejak Abed Saragih. Blog nya juga mantap. sukses selalu :)

Sama-sama Mas. Ah mas ini bisa aja bilang blog saya mantap, saya pemula mas. Mas juga sukses juga ya mas.Senang dapat teman baru disini.

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon