Panduan Lengkap Cara Menggunakan Instagram Stories Dengan Mudah

Cara menggunakan Instagram story - Di Indonesia, aplikasi sosial media yang paling banyak penggunanya selain Facebook dan Twitter adalah Instagram. Instagram sejak di akuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 silam ini mengalami pertumbuhan pengguna yang sangat pesat, termasuk di Indonesia tersendiri. Nah pasti kamu sudah tau apa itu Instagram, Instagram adalah aplikasi sosial media yang khusus di desain pada smartphone dan memungkinkan kamu untuk mengupload foto atau video.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel ini pengertian Instagram dan sejarahnya secara lengkap.

Mari lanjut membahas apa itu Instagram stories atau story / Snapgram

Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya yang ada di smartphone kamu, yang tiap minggu harus di update. Tiap selesai kamu mengupdate sebuah aplikasi di smartphone pasti aplikasi tersebut mengalami banyak perubahan dan ada hal baru yang di sisipkan. Begitu juga dengan aplikasi Instagram ini, banyak penambahan fitur-fitur baru pada Instagram pada tahun 2016.

Fitur baru pada Instagram selain bisa multi akun dan penambahan tombol profil bisnis, beberapa waktu yang lalu Instagram juga menambahkan fitur baru, yaitu Instagram Stories. Apa itu Instagram Stories? Mendengar kata Stories pasti kamu ingat dengan Snapchat? Selain itu kamu pasti bertanya lagi bagaimana cara menggunakan Instagram Stories?
Cara membuat dan menggunakan Instagram story
Bila kamu bingung dengan semuanya, kali ini aku akan mengupas habis apa itu Instagram story (snapgram), fungsi Instagram story, cara pakai Instagram story, cara membuat Instagram story dan panduan lengkap cara menggunakan Instagram story khusus untuk kamu.

Apa Itu Instagram Stories?


Seperti yang aku sebutkan di atas, bila kamu teringat sama Snapchat, Instagram stories adalah fitur baru pada aplikasi Instagram yang sangat mirip dengan Snapchat, atau sekarang orang menyebutnya "snapgram". Dengan Instagram stories kamu bisa mengupload foto atau video singkat yang akan hilang setelah 24 jam. Artinya foto atau video yang kamu upload tersebut tidak akan masuk ke album foto kamu di profil Instagram kamu, akan tetapi hanya tampil di beranda (feed) aplikasi Instagram dan akan hilang secara otomatis setelah 24 jam.

Untuk lebih lanjut, kamu bisa membuka blog Instagram.

Fungsi Instagram Story


Sebelum mengupload foto atau video pada Instagram stories, kamu bisa berkreasi dengan teks warna-warni atau drawing tool dan kamu juga bisa memilih animasi-animasi menarik yang tersedia di sana,  dan dengan banyak pilihan warna. Selanjutnya kamu tinggal upload, dan untuk video hanya tampil maksimal 15 detik saja. Selanjutnya Instagram story yang baru baru saja kamu upload akan dilihat oleh semua followers kamu, dan akan tampil paling atas di beranda akun Instagram followers kamu.

Cara Melihat Instagram Stories


Ingin melihat Instagram stories punya sendiri atau punya teman, kamu bisa membuka beranda Instagram kamu, atau di feed timeline. Kamu bisa lihat pada bagian paling atas, klik pada foto profil Instagram yang lingkaran bulat tersebut untuk melihatnya, bisa klik geser atau ketuk sekali untuk melihat Instagram stories punya kawan kamu.

Cara Membuat Instagram Stories


Bagaimana cara menggunakan Instagram story? Tentunya kamu harus punya akun Instagram, dan login ke aplikasi Instagram di smartphone Android atau iPhone kamu.

1. Bila kamu sudah login ke akun Instaggram kamu di hp, lalu buka profil instagram kamu, klik + seperti yang terlihat pada lingkaran pada kotak gambar di bawah ini.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Instagram Stories Dengan Mudah

2. Nah kamera akan nyala, kamu bisa klik pencet tombol kamera untuk mengambil foto dan memulai mengeditnya sesuai kesukaan kamu. Di paling bawah juga ada tombol lampu flash sebelah kiri yang bisa kamu hidupkan bila foto atau video yang kamu ambil berada di tempat yang kurang pencahayaan. Dan disebelah kanan ada tombol untuk mengganti kamera, jadi kamu bisa pilih mau menggunakan kamera depan buat selpie atau kamera belakang.



3. Bila fotonya sudah selesai kamu potret, disini ada dua buat tombol yang bisa kamu pilih, yang pertama pensil, dan yang kedua adalah memasukkan teks.



4. Bila kamu klik tombol pensil seperti gambar di atas, maka akan terbuka halaman pilihan lagi seperti pada gambar di bawah ini. Disini ada tiga pilihan pensil yang bisa kamu pilih untuk menggambar bebas, atau mencoret-coret.



5. Ketiga pensil di atas memiliki corak yang berbeda, seperti contoh pada gambar di bawah ini, dan warna nya bisa kamu pilih bebas sesuka hati. Klik "Selesai" bila kamu sudah mengedit gambar nya semenarik mungkin.


6. Nah disini kamu bisa menambahkan teks. Klik tombol "Aa" seperti yang terlihat seperti lingkaran kotak warna merah pada gambar di bawah ini.


7. Bila teks nya susah selesai kamu tulis, pada lingkaran putih paling bawah untuk mengupload foto kamu ke Instagram Stories.


8. Coba buka beranda Instagram kamu, dan foto yang telah selesai kamu edit dan upload tadi sudah masuk ke stories kamu, seperti yang terlihat pada lingkaran kota warna merah pada gambar di bawah ini.


9. Begini tampilan Instagram stories yang telah selesai kamu buat tadi. Ini akan tampil beberapa detik dan akan kembali lagi ke halaman beranda lagi, seperti gambar di atas. Kecuali banyak foto yang kamu upload ke stories, dan setelah beberapa detik akan lanjut membuka stories lainnya secara otomatis.


Klik pada sudut paling bawah sebelah kanan, seperti yang tampak pada lingkaran warna merah pada gambar di atas untuk melihat beberapa menu pilihan.

10 . Disini kamu bisa menghapus foto tersebut, membagikan sebagai sebuah kiriman, menyimpan foto tersebut ke memory hp kamu, dan mengatur pengaturan story.


Selain bisa upload foto ke story, kamu juga bisa mengupload video yang berdurasi pendek, yaitu 1- detik ke Instagram story kamu. Untuk merekam video pendek dan menguploadnya ke Instagram Stories, caranya sebagai berikut:

1. Buka beranda Instagram kamu, caranya masih sama dengan di atas. Klik tombol + seperti pada lingkaran kotak warna merah gambar di bawah ini.


2. Klik tahan tombol foto/rekam video dan mulai merekam.


3. Bila sudah selesai merekamnya, kamu bisa menulis sesuatu teks di video pendek tersebut atau mencoret-coret dengan pensil warna-warni.


Untuk cara menulis teks atau mencoret-coret, caranya sama seperti cara mengupload foto ke Instagram Stories di atas. Bila sudah selesai kamu memolesnya, klik panah pada bulatan warna putih yang ada tanda panah ke atas untuk mengupload nya ke stories.

Untuk melihat siapa saja teman kamu yang melihat foto atau video Stories yang baru saja kamu upload tersebut, klik tanda paling bawah, atau yang nampak dalam lingkaran merah seperti gambar di bawah ini.


Selain siapa saja yang melihat foto atau video yang kamu unggah ke Instagram Story, kamu juga bisa mendownload foto atau video nya, mengupload foto atau video tersebut ke profil Instagram, dan menghapusnya.

Klik pengaturan paling atas sudut kiri.

Di pengaturan cerita Instagram Stories, kamu bisa menyembunyikan cerita atau video dan foto yang kamu upload tadi ke Instagram Stories. Kamu tinggal pilih nama pengguna akun Instagram kawan kamu dengan mengetik nama dia. Selain itu juga ada settingan lainnya, seperti izin balasan pesan.



Nah itulah cara membuat Instagram Story atau cara menggunakan Instagram Story. Bagaimana ternyata sangat mudah cara membuat Instagram Stories yang tampak sederhana ini.

Tips

Bila saat merekam video atau mengambil foto yang akan kamu upload ke story Instagram, tiba-tiba aplikasi Instagram lemot/hang atau kamera nya jadi blank gelap, kamu bisa mengatasinya dengan cara membersihkan chache pada hp kamu, dan menutup semua aplikasi yang terbuka, atau bisa juga merestart hp kamu.

Update: Fitur Baru Pada Instagram Stories


Screenshot dan tutorial di atas sudah lama aku bikin, jadi tampilan pas kamu buka Instagram stories akan beda terlihat dengan di hp kamu yang sekarang yang banyak fitur tambahannya. Maka dari itu, aku akan mengupdate bagaimana cara menggunakan fitur baru pada Instagram stories.

Mention, tidak hanya pada saat mengupload foto atau di komentar saja kita bisa memention atau tag pengguna Instagram lainnya, pada foto atau video yang kita masukkan ke Instagram story juga bisa kita tandai teman atau mention, caranya ketik at (@) lalu nama pengguna Instagram yang akan keluar dan pilih.



Membuat Instagram story dari galeri. Caranya pada saat kamu membuka Instagram stories dan kameranya sudah nyala, geser layar dari bawah ke atas, maka kamu bisa melihat foto atau video yang kamu ambil selama 24 jam terakhir. Jadi foto dan video yang sudah lewat sehari atau lebih dari 24 jam tidak akan keluar lagi.


Menambahkan stiker, lokasi, emoticon, dan suhu pada Instagram story. Caranya cukup tarik layar dari bawah ke atas bila foto yang ingin kamu masukkan sudah ada, dan pilih mana yang ingin kamu masukkan. Kamu juga bisa mengatur posisi dan ukurannya juga. Bila kamu klik Lokasi, otomatis akan mengakses GPS untuk menentukan lokasi kamu, jadi jangan lupa aktifkan GPS di hp kamu ya.


Fitur-fitur baru pada Instagram stories lainnya adalah:
- Live atau siaran langsung. Lalu bagaimana cara live streaming atau siaran langsung di Instagram Story? Ini dia cara live di Instgaram dengan Android dan iPhone.
- Boomerang, yaitu untuk membuat foto gif yang bisa bergerak.
- Hands Free, bila kamu pencet tombol hands free ini, otomatis akan merekam dengan sendirinya dan akan berhenti setelah 15 detik. Sebelum sampai berhenti, kamu juga bisa klik stop bila tak ingin merekam sampai 15 detik.


Semoga artikel cara menggunakan Instagram stories di hp dengan mudah di atas dapat bermanfaat bagi kamu, dan kamu bisa lebih pandai lagi dari aku dalam membuat sebuah foto atau video terlihat lebih menarik lagi yang akan kamu upload ke story Instagram.

Jangan lupa like, comment, share and subscribe. Terimakasih!

Artikel lainnya

80 komentar

sya udah cba bwat nambahin story di instagram, kLo fto ga ada msaLah, tpi kLo video knpa gmbarnya rusak yaa ? (sperti mmutar kaset rusak) tpi suaranya sma dgan vdeo asLi, hnya gmbarnya yg rusak, itu knpa ya ? mhon bntuannya ..

kurang paham juga mbak karena belum pernah kejadian. apakah sering terjadi mbah? coba update aplikasi ig ya trus restart hp nya. semoga bisa membantu : )

Makasih sebelum nya penjelasan nya sangat dipahami☺
Kemudian aku mau tanya: 1). gimana yaa crnya menggabungkan foto yg ada di galeri/hasil snapshoot dgn video sehingga menjadi satu klip video utk Ig stories?
2) simbol akun/saya ditampilan Ig [bar bagian bawah] itu gimana gantinya bisa kyk punya mas itu jd foto profil juga?
Terimakasih, ditunggu responnya yaa😋

Terimakasih juga telah meninggalkan komentar Viaudia. Pertanyaannya saya jawab:
1. Sepertinya perlu di edit dengan aplikasi video editing dulu
2. simbol akun tampil di bar bawah itu bila akun kita sudah multi akun, maksudnya dalam satu aplikasi ig banyak kita masuin akun. Coba baca artikel ini musdeoranje.net/2016/08/cara-multi-akun-instagram.html

Semoga dapat membantu :)

Kan sudah merekam nih pake kamera depan tp pas mau d ubah k kamera bekang gak bisa bgaiman carax y?

Kalau masalah ini tak ada solusi Atiek Caezar, karena saya tidak bisa juga. Sudah saya tes beberapa kali juga tak bisa di HP Android saya.

mau balas komentar orang di live instagram bisa ga? Gimana caranya. Mohon dijawab makasiih😊

mau balas komentar orang di live instagram bisa ga? Gimana caranya. Mohon dijawab makasiih😊

Mau tanya kenapa story ig kalo video jadi rusak ya videonya? Gaada gambarnya. Ini dari hp nya apa gmn?

Bisa banget kok gan, caranya ada di artikel terbaru di blog ini, sudah baca kan? ini link nya musdeoranje.net/2017/01/cara-live-streaming-di-instagram.html:)

Pake hp apa ya mbak? coba update ig nya, dan kalau belum bisa juga coba tes di hp lain aja mbak :)

Mau nanyak. Kalo waktu nge video di ig kok kamera tiba2 jd gelap ya.pdhl di boomerang gak ada masalah.Jd gelapnya di vitur snapgram yg langsung sama handsfree?

Itu faktor hp kita mbak yang kurang support buat menggunakan instagram story, saya juga sering begitu, selain blank juga bikin aplikasi ig nya terhenti atau not respon. solusinya tutup saja mbak aplikasi ig nya yg sedang berjalan. tahan tombol home dan tutup aplikasi ig nya.

Bagaimana cara membuat cerita dg gabungan beberapa foto atau foto dan video dalam 1 cerita.
Saya hanay bisa membuat 1 foto atau 1 video.terima kasih

wah itu belum bisa mbak. kecuali mbak edit dulu video dan foto nya baru upload ke Instagram stories

aku mau tanya, kalo kita lihat insta stories seseorang kan lingkaran menjadi abu-abu ya, nah kalo kita belum lihat tapi ternyata insta stories orang itu berubah menjadi abu-abu, itu kenapa ya?? mohon bantuannya

Gmn cara memasukkan banyak foto or video dalam stori?? Terima kasih

berarti IG nya mas ada yg sudah buka selain mas dan buka story orang tersebut. coba ganti sandi nya mas.

Cara nya sangat mudah mbak, tinggal upload banyak2 foto ke story, bisa ambil dari kamera atau pilih dari galeri hp. cara upload nya ada saya jelaskan mbak di atas :)

mau tanya mas , kan skrg IG udh ada fitur baru yg bisa upload fto skaligus lebih dari 1 , itu cara nya gimana ya? padahal sdh sy perbarui tapi ttep masih belum ada petunjuknya dstu ?

Iya mbak betul, fitur nya baru kemarin ada. bila aplikasi ig nya sudah mbak perbarui dan tak muncul juga, coba restart hp mbak. semoga bisa

hai ak mau nanya nih, pas ak ngambil fto buat storyku itu selalu ada suara kyk shutter kamera, pdhl sblmny gk ada, itu gimana cara hilanginnya ya? thx^^

Memang ada suara kok, itu normal, saya juga ada bunyi shutter kameranya

Kenapa tidak bisa menandai orang pada instagram stories yaa?

Yang betul mas tak bisa? Coba perbarui aplikasi instagramnya dan pasti akan bisa kok mas

Mau tanya mas, kok di Instagram saya sanpgramnya gak bisa digeser ya ? Kalo digeser ke kanan malah masuk ke dm

bisa kok mas, coba klik saja tombol kamera paling kanan sebelah kiri atas.

Pengen upload video di instagram stories,tapi pengen cuma suara aja yg muncul gmn cara nya.ada yg tahu?

maksudnya gimanna mbak? kalau untuk suara saja yg muncul, mbak bisa edit dulu videonya maksimal 15 detik dengan menggunakan aplikasi edit video.

Gan kenapa yah snapgram temen ko ikonnya jadi burem banget beda dari yang ikon sanpgram lain yg udah di tonton, terus posisinya ada di paling belakng, pdhal di sembunyiin juga engga sama dia, makasih gan

Itu saya tak tau juga mas Iwan kenapa bisa jadi begitu icon nya. solusinya coba di update aplikasi ig nya dan di restart hp nya

Hp aku samsung j7prime, knapa ya kalo lagi bikin video gabisa pake metode yg balikin kamera depan belakang depan belakan gitu

oh itu tak semua tipe hp bisa mbak, semoga nanti update aplikasi ig kedepannya bisa mengatasi masalah ini

Gimna caranya upload di stories ig gambar blank hitam gitu tapi ada suaranya?

saat merekam video bisa tutup lensa kameranya biar hitam, trus bisa tambahin coretan2 atau kata2 gitu. oh ya jangan lupa hidupin musik mp3 yang mau kamu masuin di hp :)

Gan kenapa stories yang saya upload kalo diliat dari akun lain video storiesnya pecah pecah ya? tapi kalo diliat pake akun sendiri videonya mulus?

gak tau juga gan, mungkin koneksi nya yang lelet, jadi kualitas video nya disesuaikan dengan kualitas koneksi internet kita

Kalo mau buat story nya nggk cuma satu foto atau fotony bersambung gitu gimana carany??

Maksudnya bersambung gimana ya mbak? Kan bisa upload yang banyak mbak foto ke story nya, bisa pilih di galeri atau bisa langsung potret.

Mas, instastory saya ko ga bisa mention ya? Kan harusnya tinggal pilih nanti kan profile orang yang ingin kita tag tapi ini ga ada profile 1 pun yg muncul setelah saya ketik @..... udah direstart, udah install ulang jga tpi ttep ga bisa..

Cuma orang tersebut saja atau sudah coba banyak kawan yang lainnya dan gak bisa juga ya mbak?

gan kalo mau mute suara saat foto sm video di snapgram gimana ya? Hp saya sudah dalah keadaan silent tetapi tetap saja bunyi saat ingin mengambil foto atau videonya

Kalau untuk foto tak bisa pake suara dek, kalau video saat sedang merekam menggunakan snapgram bisa di putar musik kesukaan di hp nya. Atau bisa juga video sama foto nya di edit dulu pake viva video misalnya untuk di tambah lagu.

Kalau untuk masalah bunyi atau ada suara saat mengambil foto atau merekam video di snapgram itu memang tak bisa dihilangkan, dan saya sudah coba memang tak hilang. Bila ingin tak terdengar bisa pake kamera yang ada di hp saja dek. Kamera di hp bila dalam keadaan silent gak akan keluar suara kameranya kok :)

Mas, saya pake LG G3 stylus. Setiap upload video di instastory pasti hasilnya jelek, warna videonya hijau kekuningan, berbayang, ada garis hijau horizontal di bagian bawah, & kadang suaranya aga rebek. Walaupun video diambil dari galeri, yang tadinya mulus, masuk instastory jadi ga bagus.
Pernah juga upload foto ke instastory gambarnya jadi jelek. Jadi penyot. Kenapa ya? Minta solusinya ya. Thx

Kalau menurut pengalaman saya jadi jelek gini kualitasnya karena koneksi internet kita jelek. Apakah sudah pernah di tes dengan hp lain, atau coba lihat di hp teman storie mas apakah kualitas nya tetap jelek juga?

Di saya juga gitu.. paling harus downgrade versi instagramnya baru hasil videonya bagus mbak

Kalau nambah lagu diinstastory gmn ya

Wah itu tak bisa nambah lagu nya di instagram story. biasanya orang nambah lagu di ig stories dengan dua cara, yang pertama video yang sudah di edit dan ada lagunya, trus yang kedua adalah dengan cara memutar musik di hp trus rekam deh video dg menggunakan ig stories.

kalau saya mau tag snapgram ke temen kok gak bisa muncul ig temen saya ya, padahal sudah pakai @ pas ngetik nama ig nya. kenapa ya? padahal jg sudah saya logout, bahkan sampai uninstal juga :(

nama penggunanya apa sudah muncul ya, atau kawan tersebut apa sudah di follows? Bila hal ini sudah dilakukan dan masih belum itu saya kurang paham jg ada apa dg ig fitur ini gak bisa dinikmati semua pengguna : )

caranya gimna ya bikin story yg lbih dri 2 atau bhkan 3 tanpa menghapus story yg sebelumnya

cara nya sangat gampang, tinggal upload saja bannyak2 ke story foto atau video nya :)

mau nanya mas, kenapa snapgram saya gak bisa nge tag orang, padahal sudah saya log out, perbaharui juga. tapi tetep gak bisa. di coba ke hp lain juga seperti itu masih tetep tidak bisa. itu kenapa ya?

kurang tau juga mbak masalah ini. mungkin faktor tipe hp atau apa. apakah orang yang di tag itu sudah di ikuti mbak?

Cara masukin gambar atau screenshot di stories tapi ada suaranya gimana kak?

Itu tak bisa dilakukan di snapgram Icha Khoerunnisa. Kamu mesti edit dulu gambar nya di aplikasi edit video ya

Selamat malam gan Mus Deoranje.
Saya memiliki masalah ketika ingin mengupload story dari gallery, tidak ada foto yg muncul hanya hitam saja, padahal sebelumnya tidak ada masalah. Masalah ini terjadi saat saya mengupdate instagram saya ke versi 10.16.xx. setelah itu saya coba update lagi ke versi terbaru 10.17.xx (update 20 april 2017). Namun tetap sama saja. Kemudian saya coba uinstall dan mendowngrade ke versi lawas 10.12.xx seperti sebelumnya dan ternyata tetap tidak bisa. Saya pakai Asus Zenfone 5.
Saya sudah mencari cara di internet tapi masih belum menemukan.
Jadi adakah solusi dari permasalahan ini? Terimakasih sebelumnya.

Waduh kok bisa ya, padahal semua cara sudah di coba semua. Solusi yang terakhir yang belum mas lakukan coba ganti HP atau tes login menggunakan hp teman atau saudara. Bila juga tetap tak bisa, solusi lainnya coba hub pihak Instagram melalui menu bantuan atau hubungi kamu. Nah nanti cerita semua masalah nya. Semoga membantu mas :)

Minta bantuan dong, ig saya ketika akan membuat stories knp camera lgsg gelap ya?😥

Coba tutup semua dulu program yang terbuka termasuk ig, atau bisa juga hidupkan ulang hp nya

Mas, saat ambil gambar dari galeri foto biar gambar utuh tidak kepotong gimana caranya?

Intagram saya klo dibuat story vidio loading nya lama kadang jg sering gagal tolong minta bantuan nya . Terima kasih

ini punya saya ig nya buat nmbah story ga bisa itu gmna ya ?

Kalau untuk di upload ke story, ambil foto nya mesti portrait mas biar tak kepotong

Itu koneksinya mbak yang lelet

kok gak bisa ya mas, emang pakai hp apa dan aplikasi ig di hp nya apa sudah di perbarui apa belum?

Mau tanya bang , biasanya temen2 sy di insta story tuh cuma muncul tulisan dan backgroundnya cuma hitam semua, trus kadang ada lagu2 nya gitu, trus kadang dia juga nyanyi2 gaada foto nya, itu caranya gimana ya bikinnya? Makasii

fitur Instagram story gak bisa buat gitu mbak. caranya mbak mesti edit dulu, atau bikin dulu video durasi 15 detik, bisa pake viva video kok. atau bila tak mau edit, dan biar ada teks dan musiknya, mbak bisa puter musik dulu di hp, trus buka story, rekam dan tutup aja kameranya biar gelap gitu, nah baru deh di masukkan kata2 kesitu :)

Aku mau nanya dong, Instastory yg foto 24 jam aku asalnya ada. Terus tiba tiba gaada kalo mau upload foto juga gambarnya blank. Tolong bantu yaa)':

Coba update aplikasi ig nya dek, trus restart ulang hp nya :)

Saya mau nanya setiap saya mau bikin snapgram gabisa terus, selalu muncul bacaan "tidak bisa mengunggah item ini" padahal saya udah upgrde, udah restart juga kenapa kaya gitu ya? Makasih

hp nya tipe apa mbak, mungkin belum mendukung. tapi tak tau juga saya mbak. coba mbak kontak pihak ig dan jelasin keluhannya :)

Bang mau tanya saya pake samsung J5 tp ko gabisa snapgram ya kaya orang2 saya sudah upgrade ig terbaru tp ttp gabisa. Kalo dilihat punya orang di pojok kanan bawah ada tanda face yg buat emot di snapgram tp di hp saya ga ada ya apa kurang support ya ?

saya mau tanya, saya habis mem mute orang skrg saya mau nge unmute tapi di saat saya mau cari storynya di story list paling belakang tidak ada. di story list dia ga muncul sama sekali. saya juga check saya tidk di block atau di hide, bagaimana ya?

Apakah versi android di hp kamu sudah 5 ke atas? bila belum lollipop sepertinya tak bisa :)

Maksud nya anda tidak di hide oleh orang tersebut ya? Coba buka profil orang tersebut apa masih ada, siapa tau dia telah memblokir anda

kak.. kalau mau post video lebih dari 15 detik di instastory bagaimana caranya ya? saya sempat liat instastory video2 yang nyambung2 gitu.. itu editan aplikasi ke3 kah atau otomatis dr ig nya bisa?
thanks ya

Ya langsung upload saja mbak video yg berdurasi 15 detik nya, bisa kok.

Masalah nyambung gimana yg mbak? Kan bisa upload banyak video atau foto ke instagram stories.

Mau tanya knpa kalo udah buat story di instagram, kita tidak bsa mlhat lgi story yg kita buat. Dan pada saat mlihat story teman gmbarnya hanya layar hita

kalau sudah lebih dari 24 jam akan menghilang secara otomatis mbak. kalau layar hitam mungkin kawan mbak itu cuma begitu buat stories nya :)

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon