Cara Live Di Instagram Story Dengan Mudah

Cara live di Instagram - Akhirnya giliran kita yang tinggal di Indonesia sudah bisa menikmati fitur baru yang ada di aplikasi Instagram, yaitu fitur live streaming atau siaran langsung. Live Instagram ini resmi meluncur di Indonesia dan global pada tanggal 25 Januari 2017 yang sebelumnya hanya hadir di benua Eropa dan Amerika pada akhir tahun 2016 lalu.

Pada saat masih belum hadir secara global, dan di Indonesia juga belum hadir, namun ada beberapa pengguna Instagram di Indonesia yang sudah bisa menikmati fitur ini duluan, dan mereka adalah orang-orang pilihan Instagram yang dikasih kesempatan untuk mencoba fitur ini terlebih dahulu.

Seperti pada rilis resminya yang aku kutip di blog Instagram, "Live Stories: Available Globally. Hari ini kami sangat bergembira untuk membagi video siaran langsung - cara baru terhubung dengan teman dan pengikut Anda......". Untuk jelasnya kamu bisa kunjungi blog Instagram.

Bagi aku, atau bagi kamu juga, fitur live ini memang tidak terlalu asing, karena sebelumnya kita juga sudah menikmati fitur siaran langsung ini di sosial media lainnya, seperti Periscope, Bigo Live, atau Facebook Live.

Beda dengan Facebook yang live streaming nya bisa kita simpan bila sudah selesai melakukan siaran langsung, namun live di Instagram ini tidak akan di simpan dan tak ada menu buat menyimpannya, melainkan akan langsung hilang. Hal ini berbeda dengan Instagram Stories yang bisa kamu simpan dan akan otomatis hilang setelah 24 jam.

Lihat: Cara Menggunakan Instagram Stories

Yang lainnya, pihak Instagram hanya mengizinkan pengguna melakukan video siaran langsung maksimal 1 jam saja, atau 60 menit, jadi kita tidak bisa live lebih dari satu jam. Dan setelah selesai live satu jam, video tersebut akan langsung hilang.

Cara live di instagram

Bagaimana apakah kamu suka cara seperti ini yang video nya bakal langsung menghilang setelah selesai live streaming nya? Nah, kalau aku lebih suka live streaming pada Facebook, karena setelah selesai siaran langsung, kita diberi opsi apakah video tersebut mau kita upload atau tidak. Jadi momen-momen menarik yang ada di dalam live streaming tidak akan terbuang sia-sia.

Cara Live Di Instagram


Lalu bagaimana cara live di Instagram? Cara live stories di Instagram atau cara siaran langsung di Instagram cukup mudah, kamu cuma perlu menggunakan aplikasi Instagram terbaru. Cukup update aplikasi Instagram yang ada di Android kamu atau IOS kamu, dan kamu sudah bisa menikmati fitur live Instagram ini.

Cara live video di Instagram yang pertama kali tentunya kamu harus masuk ke fitur Instagram stories terlebih dahulu, kemudian sapu layar ke kanan, dan lihat pada bagian bawah disitu terdapat menu bar baru yang bertuliskan "LANGSUNG" atau "LIVE". Nah klik menu live tersebut, kemudian akan keluar notifikasi "Mulai Siaran Langsung", klik notifikasi tersebut dan aplikasi Instagram akan memeriksa koneksi internet kamu, bila memungkinkan live akan dimulai dengan menghitung mundur 3-1.

Sekarang followes kamu akan masuk notifikasi di bar atas yang memberitahukan bahwa kamu sedang live Instagram. Tapi pemberitahuan ini akan keluar bila kamu sedang membuka aplikasi Instagram saja. Nah yang menonton live Instagram kamu bisa memberikan komentar, like atau memberikan tanda love berkali-kali, dan kamu juga bisa membalas komentar mereka.

Klik selesai di sudut sebelah kanan paling atas untuk menyudahi siaran langsung di Instagram, dan kamu bisa melihat berapa orang dan siapa saja yang sudah menonton siaran langsung kamu.

Kenapa Tidak Bisa Live Di Instagram?


Kenapa tidak bisa live Instagram padahal aplikasi Instagram sudah di perbarui? Solusinya coba restart smartphone kamu, atau matikan dan hidupkan lagi. Aku pada mula nya juga tidak bisa live Instagram juga, setelah aku matikan dan hidupkan lagi hp nya, baru tombol live nya muncul di Instagam stories.

Bila masih tak bisa live di Instagram story, coba uninstall aplikasi Instagram, terus download dan pasang lagi aplikasi Instagram nya. Solusi yang terakhir yang bisa aku bantu adalah hapus file sampah, cache, dan aplikasi yang tidak kamu gunakan, yang hanya memakan ran banyak.

Masih tidak bisa live juga di Instagram? Berarti HP kamu tidak support fitur live Instagram ini.

---------------------------

Bila penjelasan di atas kurang kamu pahami cara live di ig nya dan kurang lengkap, berikut aku sertakan dengan gambar bagaimana cara live di Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram, klik tombol kamera sudut kiri paling atas seperti tampak pada gambar di bawah ini, atau bisa juga menyapu layar ke kanan untuk masuk ke stories.


2. Bila sudah masuk ke Instagram stories dan kamera sudah nyala, klik pada "LANGSUNG" atau "LIVE" paling bawah sebelah kiri, atau seperti yang tampak pada gambar di bawah ini untuk memulai live streaming Instagram.


3. Klik lagi "Mulai Siaran Langsung" untuk melanjutkan live.


Sekedar info, seperti yang Kevin Hendrawan bilang di video pada channel Youtubenya yang berjudul Review & Sharing Bahaya Instagram Live!!! - Kokoh Review bahwa akun Instagram yang sudah terverifikasi kelebihannya bisa kasih judul di video live streaming nya. Enak ya akun Instagram para artis, dan sangat di sayangkan akun biasa seperti punya kita ini tak bisa menulis judul di live streaming Instagram -_-.

4. Aplikasi Instagram akan memeriksa koneksi internet kamu.


5. Bila koneksi internet kamu memungkinkan live streaming Instagram akan dimulai dan akan menghitung mundur 3 sampai 1.


6. Sekarang kamu sudah live dan followers kamu akan diberitahu bahwa kamu sedang siaran langsung di Instagram.


7. Saat sedang live, kamu bisa melihat ada berapa banyak followers kamu yang sedang menonton live streaming kamu pada sudut paling atas sebelah kiri. Melihat siapa yang berkomentar di bawah sebelah kiri, dan langsung bisa membalasnya. Sedangkan di bawah sebelah kanan kamu bisa melihat followers kamu yang menyukai live streaming kamu.

Klik "Selesai" bila ingin menyudahi live.


Masih pada gambar di atas, pada sudut paling kanan bawah, kamu bisa klik untuk mengaktifkan komentar atau menyembunyikan komentar. Dan disebelahnya lagi ada tombol untuk mengganti mode kamera, kamu bisa pilih menggunakan kamera depan atau kamera belakang live streaming nya.

8. Bila sudah klik "Selesai" di atas, selanjutnya klik "Akhiri Video Siaran Langsung" untuk berhenti live.


9. Nah video siaran langsung kamu sudah berakhir, dan kamu bisa melihat berapa banyak jumlah followers kamu yang menontonnya. Kemudian klik lagi "Selesai" untuk betul-betul keluar dari live Instagram.


Bagaimana sangat mudah kan cara live di Instagram. Bila orang yang kamu ikuti sedang melakukan siaran langsung makan kamu akan masuk notifikasi seperti pada lingkaran kotak warna merah pada gambar di bawah ini. Selanjutnya akan muncul di bal atas yang berdampingan dengan notifikasi stories sebelah kanan dan kamu tinggal pilih ingin menonton siaran langsung siapa.


Begini tampilannya live streaming kamu bila dilihat oleh followers kamu, dan tampilan live streaming teman kamu yang sedang melakukan siaran langsung.


Kamu bisa menulis komentar atau memberikan love atau like. 

Selain itu kamu juga bisa klik tombol pencarian dan di atasnya kamu bisa klik lagi langsung untuk melihat video siaran langsung yang sedang populer di dunia.


Nah ini dia video siaran langsung yang sedang populer di dunia. Setelah aku lihat dan pelajari, ternyata yang masuk kategori video siaran langsung populer bukan mereka yang memiliki view banyak, dan akun siapa saja bisa masuk ke video siaran langsung populer.



Bagaimana dengan fitur baru Instagram ini ada mirip dengan aplikasi Bigo Live?

Saran dari aku:

Jangan gunakan Instagram live ini ke hal-hal yang negatif, misalnya ada kawan atau orang disekitar kamu lagi melakukan hal-hal yang lagi bersifat pribadi dan kamu tiba-tiba merekam orang tersebut dan kamu live kan. Jangan lakukan hal tersebut ya, itu adalah privasi orang, kamu tak memiliki hak untuk menyebarkannya ke khalayak publik.

Pokoknya jangan merekam yang tidak baik, ada orang buat onar juga kamu rekam, atau merekam diri sendiri dengan memakai baju yang minim bagi kamu yang cewek dan menyebutkan kata-kata kotor dan tidak pantas.

Ingat, gunakanlah Instagram live ini ke hal positif, misalnya kamu berbagi ilmu yang kamu miliki, seperti mengajar bahasa Inggris, atau pun menghibur orang dengan cara bernyanyi dan bermain gitar, atau informasi bermanfaat dan hal-hal positif lainnya.

Update:

Pada awal-awal peluncuran Instagram stories memang kita tidak bisa menyimpan atau mengupload video kita tersebut seperti yang ada pada live Facebook, namun kini kita sudah bisa mengdownload video live kita tersebut dan menyimpan nya di memori hp kita.

Caranya setelah selesai siaran langsung, sebelum kamu klik done, di bagian paling atas sebelah kanan kamu bisa klik icon save atau simpan. Nah video tersebut akan langsung tersimpan di memori hp kamu. Bila durasi live nya lama, maka akan lama pula proses video tersebut tersimpan di memori hp kamu.

blog.instagram.com

Kesimpulan, fitur baru ini yaitu bisa save video live bagi aku sangat berguna bila apa yang kita live tersebut berisi momen-momen bagus dan berharga. Jadi dari pada menghilang mending di save saja di memori hp yang bisa juga kita upload ke Instagram.

Selamat mencoba!

Itulah cara live di Instagram. Ternyata sangat mudah melakukan video siaran langsung di Instagram asal aplikasi Instagram di smartphone kamu sudah versi yang terbaru.

Selain cara live di Instagram di atas, lihat juga artikel menarik lainnya dari musdeoranje.net, seperti cara menghilangkan hak cipta pada video Instagram, dan cara merekam layar Android tanpa root.

Jangan lupa like, share, komentar, dan subscribe juga blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:

13 komentar

sampe sekarang masih belom bisa live di instagram.. sedihhh

kok bisa tak bisa live mas? sudah coba saran saya di atas? yaitu update ig nya lalu matikan dan hidupkan lagi hp nya. semoga membantu :)

udah matiin terus hidupin lagi ka, ignya juga udh di upgrade tapi tetep gabisa

udah matiin terus hidupin lagi ka, ignya juga udh di upgrade tapi tetep gabisa

Bingung juga ini kakak dek kok tak bisa juga, atau coba hapus aplikasi ig nya di hp download dan coba pasang lagi ig nya. Semoga membantu :)

Kenapa saya ga bisa live ya. Bacaan nya koneksi anda tidak kuat. Tpi adik dan kakak saya bisa, padahal sama pake wifi rumah. Tolong yg ngerti dibantu ya

mungkin koneksinya lemah karena wifi rumah nya rame yang pake mas. coba pake internet dengan menggunakan kartu internet saja mas

Iya ih ko di hp saya juga gabisa ya. Padahal cara di atas sudah saya lakukan 😢😢😢

Kalau sudah lakuin semua cara di atas dan masih tak bisa juga saya tak bisa bantu lagi mas

Akun aku belum bisa live. Kirain HP-nya, tapi login pake HP temen tetep aja gabisa live, padahal akun dia bisa. ����

sudah lakui semua cara yg saya jelasin di atas?

hp saya gak bisa, hp temen saya bisa, saya pake hp temen saya pake akun saya ttp tidak bisa kenapa ya?

Kalau sudah coba juga di hp teman tetap gak bisa, solusi terakhirnya coba kontak pihak Instagram mas

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon