PENGERTIAN FLOWCHART: Fungsi, Jenis dan Manfaat Flowchart

Sudah tau apa itu Pengertian Flowchart? Bagi sebagian besar orang tentu masih asing dengan istilah flowchart. Inilah Mengapa pentingnya untuk memahami arti dari kata flowchart.

Di dalam dunia akuntansi, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi. Hal ini tidak lain karena biasanya para ahli akuntansi menggunakan kata Ini untuk sebuah rapat. Kendati demikian, bagi Anda yang bukan ahli akuntansi, Anda juga harus mengetahui pengertian dari flowchart ini.

Pengertian flowchart menurut para ahli


PENGERTIAN FLOWCHART: Fungsi, Jenis dan Manfaat Flowchart

Flowchart memiliki pengertian yang berbeda yaitu berdasarkan secara umum dan berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh ahli. Secara umum pengertian flowchart adalah sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma pada sebuah program.

Untuk memahami pengertian flowchart ini lebih dalam maka anda juga bisa membaca beberapa pengertian flowchart menurut ahli.

Pahlevy


Pahlevy menyatakan apabila pengertian dari flowchart merupakan sebuah gambaran yang dibentuk melalui diagram alir dari algoritma pada sebuah program.

Sariadin Siallagan


Kemudian pengertian Sariadin menjelaskan apabila flowchart merupakan bagan diagram alir yang menggunakan simbol atau tanda tertentu untuk membantu menyelesaikan sebuah masalah.

Jogiyanto


Menurut Jogiyanto, pengertian flowchart merupakan bagan atau chart yang berguna untuk menunjukkan alur atau arus yang ada di dalam program atau prosedur sistem secara logika.

Indrajani


Pengertian flowchart menurut ahli yang berikutnya dikemukakan oleh indrajani. Ia mengungkapkan apabila flowchart merupakan sebuah gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur pada sebuah program.

Krismiaji


Lain halnya dengan pendapat yang dinyatakan oleh Krismiaji dimana beliau mengatakan apabila pengertian dari flowchart terdapat pada bukunya yang berjudul sistem informasi dan akuntansi. Dia menyatakan apabila pengertian flowchart adalah sebuah teknik analitis yang biasa digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi dengan jelas dan logis.

Sedangkan kesimpulan dari pengertian flowchart tersebut merupakan simbol-simbol tertentu yang digunakan untuk menggambarkan urutan proses secara detail dan saling berhubungan dengan proses lainnya di dalam sebuah program.

Lihat juga:
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba

Fungsi fungsi flowchart



Ketika anda akan membangun sebuah sistem maka akan ada banyak tahapan yang membutuhkan perhatian khusus. Salah satu perhatian tersebut adalah adanya perancangan sistem. Sebelum anda memutuskan untuk membangun sistem maka anda juga harus membuat rancangan logis terlebih dahulu. Alat yang digunakan tersebut dinamakan flowchart.

Kehadiran flowchart ini ternyata sangat penting karena bisa berguna untuk menguraikan semua aktivitas aktivitas yang terjadi di dalam sebuah sistem. Pada dasarnya, flowchart ini dibuat untuk menunjukkan setiap proses yang akan dilalui pada sebuah sistem. Setelah anda mengetahui pengertian flowchart menurut ahli, Anda juga harus mengetahui fungsi apa saja yang dimiliki oleh flowchart ini.

Digunakan untuk merancang proyek baru


Ketika anda akan merancang sebuah proyek maka hal yang harus anda lakukan adalah membuat pemetaan proyek tersebut ke dalam bentuk flowchart. Dengan cara inilah maka akan membantu anda untuk merancang serangkaian langkah-langkah yang melibatkan keputusan bersama-sama.

Dapat mengelola alur kerja


Jika selama ini Anda tidak terlalu anda dalam mengelola alur kerja atau anda memiliki alur kerja yang berantakan maka sekarang juga Anda harus menggunakan flowchart. Dengan adanya flowchart inilah maka alur kerja anda akan lebih terkelola dengan baik.

Ini karena flowchart memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan integritas dalam proses yakni untuk menciptakan hasil yang berkualitas berdasarkan dengan prosedur yang tepat.

Membantu anda untuk mendokumentasikan setiap proses


Dalam suatu penyelesaian proyek maka proses dokumentasi akan sangat anda butuhkan. Dengan adanya dokumentasi inilah maka anda bisa melihat bagaimana perkembangan cari proyek yang anda miliki hingga selesai.

Kehadiran flowchart ini bisa menjadi media yang sangat membantu anda. Hal ini tidak lain karena apabila dibandingkan dengan dokumentasi berupa narasi, kurang efisien. Tetapi apabila anda menggunakan flowchart maka proses dokumentasi juga akan lebih mudah dipahami dan efisien.

Dapat memodelkan proses bisnis


Proses bisnis yang dimaksud disini tidak hanya berkaitan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan semata tetapi merupakan serangkaian tugas baik itu tugas sederhana hingga tugas yang rumit di dalam proses bisnis.

Dengan menggunakan bantuan flowchart inilah, maka anda bisa memberikan hasil secara konsisten dan juga dapat memprediksinya maka anda bisa memberikan hasil secara konsisten dan juga dapat memprediksi bagaimana proses bisnis kedepannya.

Mempresentasikan algoritma


Fungsi berikutnya yang bisa anda dapatkan dari flowchart adalah dapat mempresentasikan algoritma. Pada umumnya sebelum anda memutuskan untuk mengajukan proyek ke dalam sebuah program, para perancang sistem akan menentukan algoritma terlebih dahulu untuk menyelesaikan proyek dengan menggunakan SDL atau specification and description language.

SDl ini sendiri adalah sebuah spesifikasi bahasa yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan perilaku dari sebuah sistem. Flowchart ini juga dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena tersedianya berbagai macam simbol yang unik untuk pemetaan sistem

Mengaudit proses


Fungsi dari flowchart yang berikutnya adalah dapat mengedit proses atau mendeteksi adanya kerusakan yang terjadi di dalam semua proses. Dengan kata lain kehadiran flowchart ini ternyata bisa membantu anda untuk menyelesaikan berbagai macam masalah dengan cara membagi setiap langkah ke dalam segmen yang lebih kecil.

Jenis-jenis flowchart


Untuk memahami flowchart ni lebih jelas maka anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis flowchart tersebut. Flowchart ini sendiri dibagi menjadi lima jenis, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Flowchart sistem


Flowchart sistem ini juga dikenal sebagai bagan alur sistem dimana merupakan bagian yang akan menunjukkan proses pekerjaan di dalam sebuah sistem. Bagan ini sendiri memiliki tugas untuk menggambarkan arus pekerjaan secara detail dan menyeluruh. Dengan jenis flowchart inilah maka anda bisa melihat urutan-urutan proses yang ada di dalam sistem.

Flowchart skematik


Jenis flowchart yang satu ini mungkin akan kelihatan sama seperti flowchart sistem. Hal ini tidak lain karena kedua jenis flowchart ini memiliki fungsi untuk menggambarkan prosedur atau proses di dalam sebuah sistem. Simbol-simbol yang digunakan kedua jenis flowchart ini juga sama.

Tetapi, jenis flowchart skematis ini mempunyai simbol yang lebih bervariasi dan kompleks. Umumnya juga menggunakan gambar-gambar komputer atau peralatan lainnya. Hal ini ternyata bukan tanpa sebab karena ini bertujuan untuk memudahkan orang lain agar tidak asing dengan simbol dalam flowchart.

Proses pembuatan jenis flowchart yang satu ini memang lebih lama dibandingkan dengan flowchart yang lainnya.

Lihat juga:
Pengertian Filsafat
Pengertian Negara

Flowchart dokumen


Jenis flowchart yang satu ini juga dikenal dengan sebutan flowchart formulir. Flowchart ini sendiri memiliki fungsi untuk menggambarkan proses dari sebuah laporan atau pun formulir lengkap dengan menggunakan tembusan tembusannya.

Biasanya jenis flowchart yang satu ini menggunakan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart sistem.

Flowchart program


Jenis flowchart yang berikutnya adalah flowchart program. Flowchart program ini adalah bagan alir yang menggambarkan tahapan di dalam proses sebuah program. Jenis flowchart ini merupakan produk turunan dari flowchart sistem. Kehadiran flowchart ini ternyata dapat memudahkan untuk melakukan analisis sistem dan programer.

Flowchart Ini juga masih dibagi menjadi dua jenis yaitu flowchart logika dan flowchart program komputer yang terperinci.

Flowchart proses


Jenis flowchart yang terakhir adalah flowchart proses. Flowchart ini sendiri juga banyak digunakan di dalam sektor industri ataupun analisis sistem. Fungsi dari flowchart ini adalah digunakan untuk melihat prosedur yang terdapat pada suatu proses produksi.

Jenis flowchart yang satu ini ternyata juga banyak digunakan untuk melihat jarak dari langkah 1 ke langkah yang lainnya dilengkapi dengan adanya waktu proses.

Simbol-simbol yang terdapat pada flowchart


Setelah anda mengetahui pengertian flowchart, fungsi dan jenis-jenis flowchart, Anda juga harus mengetahui beberapa simbol yang biasa digunakan untuk membuat sebuah sistem. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Terminal point symbol


Terminal point simple atau simbol titik Terminal ini memiliki fungsi untuk menunjukkan permulaan dan akhir pada sebuah proses.

Flow Direction symbol


Flow Direction symbol atau simbol arus merupakan simbol yang biasa dimanfaatkan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lainnya atau istilahnya adalah connecting line. Selain itu simple ini juga memiliki fungsi untuk menunjukkan garis alir pada sebuah proses.

Processing symbol


Processing symbol atau simbol proses ini berfungsi untuk menunjukkan adanya kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komputer. Di bidang industri terutama proses produksi barang, simbol ini sendiri bisa menggambarkan kegiatan inspeksi atau dikenal dengan simbol inspeksi.

Input output symbol


Simbol ini sendiri memiliki fungsi untuk menunjukkan input output/keluar masuk yang terjadi tanpa perlu bergantung terhadap jenis peralatan nya.

Decision symbol


Decision simple atau simbol keputusan ini biasanya digunakan untuk memilih proses ataupun keputusan berdasarkan dengan kondisi tertentu. Simbol ini sendiri biasanya bisa anda temukan pada flowchart program.

Predefined process


Simbol proses terdefinisi ini sendiri memiliki fungsi untuk menunjukkan pelaksanaan sebuah bagian prosedur. Dengan kata lain prosedur yang terinformasi di dalam nya belum detail dan akan kembali di tempat lain

Connector Off page


Connector off page merupakan simbol yang tidak hanya digunakan untuk menghubungkan simbol di dalam halaman yang berbeda tetapi label yang terdapat pada simbol ini biasanya bisa menggunakan huruf ataupun angka.

Connector on page


Sedangkan konektor on page ini mempunyai fungsi untuk menyederhanakan hubungan antar simbol di mana letaknya berjauhan ataupun rumit bila dihubungkan dengan menggunakan garis dalam satu halaman.

Preparation symbol


Preparation symbol atau dikenal dengan simbol persiapan adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menyiapkan penyimpanan yang ada di dalam sebuah storage.

Manual input symbol


Manual input simbol ini memiliki tujuan untuk menunjukkan input data secara manual dengan menggunakan online keyboard.

Manual operation symbol


Sedangkan manual operation simbol memiliki fungsi untuk menunjukkan kegiatan atau sebuah proses yang tidak dilakukan oleh sebuah komputer.

Dokumen simbol


Simbol dokumen ini biasanya berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output yang harus dicetak di atas kertas terlebih dahulu.

Lihat juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni

Delay symbol


Delay symbol digunakan untuk menunjukkan adanya proses menunggu yang harus dilakukan. Ini seperti proses menunggu surat untuk diarsipkan.

Display Symbol


Display simbol ini memiliki arti untuk digunakan sebagai peralatan output seperti monitor, layar, printer plotter dan yang lainnya. Printer plotter dan yang lainnya

Multiple Documents


Simbol ini sendiri biasanya digunakan untuk menunjukkan dokumen lebih dari satu simbol.

Movement Symbol


Movement simbol ini menunjukkan adanya sebuah proses pemindahan seperti pemindahan material ataupun pengangkatan barang.

Keuntungan menggunakan flowchart


Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengaplikasikan flowchart. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Membantu memperjelas proses dengan kompleks


Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan dengan mengaplikasikan flowchart yaitu untuk memperjelas proses dengan kompleks.

Dapat membantu anggota tim mendapatkan pemahaman bersama mengenai proses


Adapun keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dengan adanya flowchart adalah dapat memberikan pemahaman kepada anggota tim mengenai proses yang ada ada. Selain itu juga digunakan untuk mengumpulkan data, mengidentifikasi sebuah masalah hingga melakukan identifikasi sumber.

Digunakan sebagai dokumentasi


Dalam sebuah proses kerja, proses dokumentasi memang sangat penting sebagai bukti. Salah satu cara paling efektif untuk melakukan dokumentasi adalah dengan memanfaatkan flowchart.

Digunakan sebagai pedoman


Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan flowchart adalah dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan proses operasional. Dengan cara inilah maka proses kerja juga akan lebih cepat.

Dapat membantu untuk mengambil keputusan


Jika selama ini anda sulit untuk mengambil keputusan maka saatnya anda membutuhkan flowchart untuk membantu anda lebih mudah untuk mengambil sebuah keputusan.

Sebagai dasar untuk merancang proses yang baru


Ketika anda akan membuat program maka terlebih dahulu Anda harus merancang proses terlebih dahulu. Nah dengan menggunakan flowchart inilah maka anda akan diberikan kemudahan untuk merancang proses tersebut.

Dapat membuat logika lebih terang


Jika anda kesulitan untuk memahami bagaimana logika dalam sebuah program maka anda bisa menggunakan bagan flowchart untuk membantu anda.

Menyoroti langkah-langkah penting


Selain itu, manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari flowchart adalah untuk menyoroti adanya langkah-langkah penting ataupun untuk menghilangkan langkah-langkah yang tidak perlu.

Cara membuat flowchart


Berikut ini beberapa proses pembuatan Flowchart yang perlu Anda ketahui:

Cara membuat flowchart tidaklah sulit di mana Anda bisa melakukan persiapan terlebih dahulu dengan mengumpulkan beberapa orang yang terlibat dalam proses flowchart dan anda bisa menyiapkan kertas besar dinding. Kemudian melakukan persetujuan secara bersama-sama.

Selanjutnya anda bisa menentukan titik awal ataupun titik akhir dari sebuah proses. Anda bisa menulis judul sesuai dengan rencana bagan flowchart. Tentukanlah kapan dan dimana proses akan dimulai dan berakhir.

Langkah yang ketiga anda bisa menentukan langkah-langkah dalam proses dan menempatkan langkah-langkah tersebut berdasarkan urutannya. Di dalam proses ini terdapat brainstorming. Disini anda bisa Menuliskan beberapa kegiatan dalam proses dengan urutan yang benar.

Anda bisa mulai mengangkat berdasarkan urutan yang tepat. Apabila semua kegiatan telah ditempatkan berdasarkan urutannya maka anda bisa menyambung nya dengan menggunakan tanda panah.

Langkah yang terakhir adalah berjalan mengikuti alur proses yaitu dengan mengajak tim atau orang lain yang terlibat untuk menyaksikan Apakah aliran proses tersebut telah akurat ataupun tidak.

Flowchart ini merupakan bagian yang penting dalam dunia akuntansi. Demikian informasi seputar pengertian flowchart, jenis, Fungsi dan cara membuat flowchart.

Artikel lainnya:
Pengertian Data
Pengertian Belajar
Pengertian Koperasi
Pengertian Teknologi