PENGERTIAN IKLAN: Tujuan, Syarat, Ciri Dan Jenis Iklan

Apa itu Pengertian Iklan? Apakah Anda sering melihat iklan di televisi dan berbagai macam media yang lainnya? Tentu saja bukan. Nah, tentu Anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata iklan. Namun, tahukah Anda apa definisi atau maksud iklan tersebut?

Jadi, pengertian iklan merupakan sebuah bentuk informasi yang memang dilakukan langsung oleh seseorang, lembaga atau instansi, perusahaan yang nantinya berisikan sebuah pesan yang sangat menarik mengenai produk ataupun jasa yang diberitahukan dan ditujukan kepada khalayak.

Tak hanya itu saja, maksud dengan membuat sebuah iklan ini adalah agar dapat membujuk ataupun mendorong masyarakat untuk menjadi tertarik terhadap produk atau jasa tersebut sehingga mereka bisa membeli dan menggunakannya.

Untuk saat ini, seperti yang Anda lihat bahwa sudah banyak sekali iklan-iklan yang dipasang di berbagai macam media sehingga para masyarakat bisa melihatnya dan mengetahui mengenai produk atau jasa tersebut dengan mudah.

Selain itu, tak hanya pengertian iklan saja yang dapat Anda lihat disini. Dimana disini Anda juga dapat melihat berbagai macam informasi mengenai iklan seperti tujuan, syarat, ciri-ciri dan sebagainya. Pada umumnya, iklan ini berbentuk sebagai informasi yang non personal mengenai sebuah produk ataupun jasa, merek, perusahaan hingga yang lainnya sesuai dengan kompensasi biaya tertentu dan juga kebutuhan.

Namun, jika Anda melihatnya lagi, bahwa semua informasi yang dilakukan dalam bentuk iklan ini memang memiliki tujuan untuk menarik perhatian semua masyarakat sehingga dapat membujuk orang lain untuk dapat membeli serta melakukan sesuatu yang nantinya menguntungkan si pembuat dari iklan tersebut.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli


PENGERTIAN IKLAN: Tujuan, Syarat, Ciri Dan Jenis Iklan

Untuk dapat memahami lebih dalam mengenai arti iklan maka Anda dapat melihatnya juga pengertian iklan menurut para ahli. Oleh karena itu, sebagai informasinya Anda dapat lihat seperti berikut ini:

Menurut Courtland L. Bovee


Pengertian iklan yang pertama dikemukakan langsung oleh Courtland L. Bovee. Dimana iklan merupakan suatu komunikasi yang non personal yang biasanya memang berbayar dan memiliki sifat yang persuasif mengenai suatu jasa, produk, ide dan lainnya dari sponsor yang nantinya di muat langsung melalui berbagai media yang ada.

Rhenald Kasali


Berikutnya ada juga menurut Rhenald Kasali. Dimana pengertian iklan merupakan suatu pesan yang memang menawarkan sebuah produk ataupun jasa yang nantinya ditujukan langsung kepada khalayak dengan menggunakan suatu media.

Lihat juga:
Pengertian Sistem Informasi
Pengertian Pajak

Kotler


Selanjutnya dikemukakan juga oleh Kotler mengenai pengertian iklan. Dimana pengertian iklan ini merupakan suatu bentuk penyajian dan juga promosi mengenai suatu barang, jasa dan ide-ide yang dilakukan secara non personal oleh sponsor tertentu sehingga dimana untuk penayangan iklan tersebut biasanya harus berbayar kepada suatu media tersebut.

Krisyantono


Pada berikutnya ada juga pengertian iklan menurut Krisyantono. Dimana iklan adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang nantinya akan menjual pesan-pesan dengan secara persuasif dari suatu sponsor yang jelas demi untuk dapat mempengaruhi masyarakat sehingga dapat membeli produk tersebut dengan membayar biaya kepada media yang telah digunakan.

Wright


Yang terakhir ada juga menurut Wright. Dimana untuk pengertian iklan ini adalah sebuah bentuk proses komunikasi yang memang memiliki kekuatan yang berbentuk sangat penting sebagai alat untuk pemasaran yang nantinya sangat membantu untuk menjual berbagai macam barang, memberikan layanan hingga gagasan melalui saluran-saluran tertentu di dalam bentuk informasi yang persuasif.

Jadi, itulah ada beberapa pengertian iklan menurut para ahli yang dapat Anda lihat dan baca seperti diatas. Nah, untuk informasi selanjutnya mengenai iklan, maka Anda bisa melihat apa itu tujuan iklan. Oleh karena itu, berikut informasinya.

Tujuan Iklan



Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan melalui beberapa pengertian iklan seperti diatas. Dimana memang jika dilihat dari secara garis besar tujuan iklan ini merupakan untuk dapat membujuk ataupun mendorong masyarakat untuk dapat lebih tertarik lagi mengenai suatu produk atau jasa baik itu dalam menggunakan ataupun membelinya. Oleh karena itu, dengan mengacunya pada pengertian iklan yang ada seperti diatas, maka iklan ini juga memiliki tujuan yang dapat Anda lihat. Apa saja itu, berikut dapat Anda lihat:

Memberikan Informasi Kepada Khalayak


Sebagai tujuan iklan yang pertama yang dapat Anda lihat yaitu dapat memberikan informasi kepada masyarakat atau khalayak. Dimana informasi tersebut yaitu berupa seperti produk atau jasa, perusahaan, merek hingga suatu ide. Oleh karena itu, dengan adanya iklan ini maka masyarakat atau khalayak pun dapat mengetahui informasi tersebut. Tak hanya itu saja, iklan disini menggunakan bahasa yang persuasif sehingga dapat menonjolkan kelebihan produk atau jasa yang memang ditawarkan oleh si pembuat iklan.

Mempengaruhi Banyak Orang


Berikutnya sebagai tujuan dari iklan ini yaitu dapat mempengaruhi banyak orang. Maksudnya disini adalah dimana di dalam membuat sebuah iklan mengenai suatu produk atau jasa maka target market utamanya yaitu khalayak sehingga orang-orang ini dapat menggunakan serta membeli produk ataupun jasa yang memang telah ditawarkan oleh si pembuat iklan kepada khalayak tersebut.

Jadi, apabila berbicara masalah tujuan dari iklan, itulah yang dapat Anda lihat seperti diatas. Nah, untuk informasi selanjutnya agar lebih jelas dan lengkap selain dari tujuan dan juga pengertian iklan, maka Anda juga bisa melihat manfaat iklan. Adapun manfaat dari iklan ini berikut dapat Anda lihat.

Manfaat Iklan


Untuk manfaat iklan Anda bisa melihat ada beberapa manfaat disini. Namun, iklan yang ada tentu akan memberikan banyak manfaat untuk banyak orang khususnya untuk si pembuat iklan agar produk atau jasanya bisa diketahui banyak orang. Untuk itu, berikut ini ada beberapa manfaat yang dapat Anda lihat:

Produk atau jasa yang memang diiklankan melalui media tentu akan dapat dikenal oleh banyak masyarakat secara luas.

Bertambahnya konsumen baru sehingga mampu meningkatkan angka penjualan produk atau jasa yang telah diiklankan melalui sebuah media.

Keuntungan untuk pihak pengiklan akan dapat meningkat dengan baik karena penjualan produk atau jasanya yang telah di iklankan.

Dapat meningkatkan pula sebuah brand dari suatu merek di kalangan masyarakat secara luas sehingga para masyarakat bisa lebih mudah lagi untuk mengidentifikasi produknya.

Lihat juga:
Pengertian Komputer
Pengertian Organisasi

Ciri-Ciri Iklan



Selain pengertian iklan maka disini Anda juga bisa melihat ciri-ciri iklan. Dimana Anda juga harus mengetahui hal seperti ini. Untuk mengenali sebuah iklan memang sangat mudah sekali hanya dengan mengenali karakteristiknya, maka Anda dapat mengetahui dengan jelas apakah sebuah informasi dan juga pesan termasuk ke dalam sebuah iklan atau tidak. Oleh karena itu, sebagai informasi mengenai ciri-ciri iklan secara umum maka Anda bisa melihatnya seperti di bawah ini:

Iklan yang ditayangkan tentu menggunakan kata-kata yang persuasif sehingga bisa menjadi lebih menarik banyak orang.

Informasi atau pesan yang disampaikan melalui sebuah iklan tentu akan dilakukan secara komunikatif dan juga informatif.

Pesan yang disampaikan juga menggunakan kata-kata yang sopan, tepat, logis dan yang pastinya dapat dimengerti oleh khalayak atau masyarakat sebagai target market dari iklan tersebut.

Dapat menjelaskan semua hal mengenai produk ataupun jasa serta bagaimana cara kerja produk atau jasa tersebut sehingga khalayak dapat mengetahuinya dengan jelas.

Untuk masalah ciri-ciri ini memang tidaklah banyak hanya empat poin saja, akan tetapi untuk melihat tujuan dari ciri-ciri tersebut memang sangat besar sekali dampaknya khususnya bagi khalayak atau masyarakat.

Syarat-Syarat Iklan


Munculnya sebuah iklan tentu tidak akan bisa terjadi dengan begitu saja. Namun, sebuah iklan yang dapat dikatakan baik tentu harus dapat mengetahui akan syarat-syarat iklan sehingga iklan tersebut memiliki nilai yang bagus dan layak untuk ditayangkan. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya mengenai syarat-syarat akan iklan ini, maka Anda bisa melihatnya seperti berikut:

Iklan yang Anda ingin buat harus bersifat proporsional, obyektif dan juga jujur sehingga masyarakat yang sudah melihat, membeli dan menggunakan produk atau jasa bisa menjadi puas dan nyaman.

Iklan juga harus berisi informasi atau pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh khalayak luas.

Iklan juga harus dikemas dengan sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian dan juga minat masyarakat yang telah melihat iklan tersebut.

Sebagai syarat selanjutnya yang sangat penting sekali Anda ketahui adalah dimana iklan memang tidak seharusnya menggunakan kata-kata yang tidak sopan baik itu menyakiti, merendahkan pihak ataupun produk lain hingga menyinggung hal-hal yang lain.

Jadi, bagi Anda yang memang ingin membuat sebuah iklan untuk produk atau jasa maka Anda bisa melihat akan ciri-ciri dan juga syarat dari iklan sehingga iklan Anda bisa di buat dengan semarik mungkin dan pastinya sesuai dengan syarat yang telah ada. Untuk berikutnya selain pengertian iklan Anda juga harus mengetahui mengenai jenis ataupun macam-macam iklan.

Jenis atau Macam-Macam Iklan


Sebagai informasi yang berguna untuk Anda mengenai iklan, Anda memang harus mengetahui banyak hal mengenai iklan ini. Dimana iklan tidak hanya memiliki definisi, tujuan dan syarat saja, akan tetapi iklan ini juga memiliki jenis-jenis iklan atau disebut juga dengan macam-macam iklan. Apa saja berikut dapat Anda lihat:

Sebelum membahas masalah jenis-jenis iklan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa iklan ini ada memiliki beberapa jenis iklan jika dilihat berdasarkan isi, media dan juga sifat-sifat iklan. Oleh karena itu, masing-masing jenis iklan ini terbagi lagi ke dalam beberapa jenis.

Jenis-Jenis Iklan Jika diLihat Berdasarkan Isi


Jenis iklan berdasarkan isi tentu dibagi lagi menjadi 3 yaitu seperti iklan pemberitahuan atau pengumuman, iklan penawaran dan juga iklan layanan masyarakat.

Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman


Untuk jenis iklan yang satu ini tentu memiliki tujuan agar dapat menarik perhatian para khalayak atau masyarakat tertentu dengan melalui sebuah informasi ataupun pemberitahuan. Sebagai contoh iklan yang dapat Anda lihat yaitu seperti iklan berita duka cita dan juga iklan reuni alumni sekolah.

Lihat juga:
Pengertian Sejarah
Pengertian Budaya

Iklan Penawaran atau Niaga


Berikutnya yaitu iklan penawaran atau niaga. Dimana untuk iklan jenis seperti ini bisa bertujuan untuk dapat menawarkan berbagai barang ataupun jasa kepada masyarakat atau khalayak ramai. Untuk contoh jenis iklan ini bisa mengambil contoh misalnya untuk iklan penawaran barang atau produk yang berupa seperti smartphone, sepatu, tas dan yang lainnya sedangkan untuk iklan penawaran jasa bisa berupa seperti jasa pengobatan alternatif, jasa kurir dan sebagainya.

Iklan Layanan Masyarakat


Selanjutnya yaitu iklan layanan masyarakat. Dimana untuk iklan jenis ini memiliki tujuan sebagai memberikan informasi serta pencerahan untuk masyarakat mengenai suatu isi ataupun hal-hal tertentu. Selain itu, untuk iklan layanan masyarakat seperti ini tentu dibuat langsung oleh suatu lembaga, instansi pemerintah ataupun organisasi non profit.

Jenis Iklan Jika Berdasarkan Media Yang diPakai



Pada jenis iklan ini juga terbagi menjadi beberapa bagian jenis iklan yang mencangkup apabila dilihat berdasarkan media yang dipakai.

Iklan Cetak


Seperti yang Anda ketahui bahwa untuk media sebagai penyebaran informasi mengenai iklan memang ada beberapa salah satunya yaitu melalui iklan cetak. Biasanya untuk iklan cetak ini dipasang dengan baik yaitu menggunakan teknik cetak, seperti sablon, laser, letterpress dan yang lainnya. Untuk contoh iklan cetak yang memang sering Anda lihat yaitu seperti majalah, surat kabar, tabloid, poster, dan lainnya.

Iklan Elektronik


Untuk jenis iklan ini tentu menggunakan perangkat elektronik sebagai media iklannya yaitu seperti televisi, film, radio dan media digital internet seperti media sosial serta yang lainnya.

Jenis Iklan Jika diLihat Berdasarkan Tujuannya


Iklan ini apabila dilihat mengenai tujuannya memang akan dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu seperti iklan komersial dan juga iklan non komersial.

Iklan Komersial


Pada iklan komersial ini memiliki tujuan sebagai untuk mencari sebuah keuntungan ekonomi ataupun untuk dapat meningkatkan penjualan. Tak hanya itu saja, untuk iklan komersial ini dibagi lagi menjadi 3, yaitu seperti iklan konsumen yang memang ditujukan langsung pada konsumen mengenai suatu produk, iklan bisnis yang ditujukan langsung kepada pihak-pihak sehingga dapat mengolah ataupun menjual produk-produk tersebut yang di iklankan kepada para konsumen dan yang terakhir yaitu iklan profesional yang ditujukan bagi segmen-segmen tertentu khususnya bagi para profesional.

Iklan Non Komersial


Nah, yang terakhir ada juga iklan non komersial. Dimana untuk iklan jenis ini pada umumnya memang dibuat demi bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi yang baik untuk masyarakat dan juga ajakan. Iklan yang seperti ini memang tidak untuk mendapatkan sebuah keuntungan ekonomi melainkan untuk mendapatkan keuntungan sosial yang berguna untuk semua masyarakat atau khalayak.

Namun, apa saja keuntungan yang didapatkan dari iklan non komersial ini? Nah, jika berbicara masalah keuntungan tentu Anda dapat melihat bahwa iklan ini menawarkan adanya pengetahuan mengenai sesuatu, sikap, kesadaran hingga pada perubahan perilaku masyarakat terhadap isu-isu yang di iklankan.

Sebagai contoh yang dapat Anda lihat adalah seperti iklan kampanye keluarga berencana, iklan akan bahaya merokok, iklan pentingnya sebuah pendidikan, iklan mengenai bahaya akan demam berdarah dan sebagainya. Nah, iklan-iklan yang ditayangkan seperti ini tentu dapat sangat berguna untuk semua masyarakat sehingga masyarakat bisa dapat lebih waspada, merencanakan serta melakukan perubahan agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai jenis atau macam-macam dari iklan, maka Anda bisa melihat dan membacanya seperti diatas. Selain itu, Untuk informasi mengenai pengertian iklan Anda juga bisa melihatnya disini dengan jelas dan lengkap. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Pengertian Kewirausahaan
Pengertian Akuntansi 
Pengertian Hukum
Pengertian Etika