PENGERTIAN AGAMA: Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Merumuskan Pengertian Agama memang bukan perkara yang mudah. Pasalnya ketidak sanggupan manusia dalam mendefinisikan agama disebabkan berbagai persoalan yang berkaitan dengan kepentingan mutlak yang tidak dapat diganggu gugat lagi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika dilihat secara internal terdapat banyak pendapat apriori (beranggapan sebelum mengetahui dan menyelidiki keadaan sebenarnya) yang menyatakan jika agama tertentu saja yang dijadikan sebagai satu-satunya agama Samawi. Padahal dalam waktu bersamaan juga dikatakan jika agama samawi hanya meliputi Islam, Kristen dan Yahudi.

Pada dasarnya sumber terjadinya agama bisa dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu agama Samawi dan agama Wad’i. Agama Samawi ialah agama yang diperoleh dari langit melalui wahyu Illahi yakni agama Islam, Kristen dan Yahudi.

Sedangkan agama Wad’i merupakan agama dari bumi atau sering disebut agama budaya yang lahir dari kekuatan pikiran dan akal budi manusia yakni agama Buddha, Hindu, Tao, Khonghucu dan berbagai aliran kepercayaan dan keagamaan lainnya. Untuk lebih jelasnya, mengenai pengertian agama maka Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Agama Secara Umum


PENGERTIAN AGAMA: Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pada dasarnya, pengertian agama secara umum adalah sebuah sistem yang mengatur mengenai tata kepercayaan (keimanan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengenai tata kaidah yang berkaitan dengan pergaulan manusia dan lingkungannya.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli


Umumnya ada banyak sekali pengertian agama yang dipaparkan oleh para ahli. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas beberapa pengertian agama menurut para ahli yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Dr. M. Drikarya


Menurut Dr. M. Drikarya agama merupakan sebuah keyakinan adanya sesuatu kekuatan supranatural yang bisa mengatur serta menciptakan alam dan semua isinya.

2. Sutan Takdir Alisyahbana


Menurut Sutan Takdir Alisyahbana agama adalah sebuah sistem kelakuan yang berhubungan erat dengan pokok manusia dengan rahasia kegaiban dan kekuasaan yang tidak terbatas atau tidak terhingga luasnya, sehingga memberi arti di dalam kehidupannya dan juga kepada alam semesta yang mengelilingi kehidupannya.

3. H. Moenawar Chalil


Agama menurut H. Moenawar Chalil adalah sebuah pelibatan yang menjadi tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kekuatan supranatural dan menjadi konsekuensi atas pengakuannya tersebut.

4. Michel Meyer


Menurut Michel Meyer pengertian agama adalah sekelompok kepercayaan dan pengajaran-pengajaran yang berkaitan dengan tingkah lakunya kepada Allah SWT dan terhadap sesama manusia serta terhadap dirinya sendiri.

5. Anthony F.C. Wallace


Anthony F.C. Wallace mengartikan agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi melalui mitos dan menjadi penggerak kekuatan supranatural dengan tujuan untuk bisa mencapai suatu perubahan keadaan pada manusia serta semesta.

6. Emile Durkeim


Pengertian agama menurut Emile Durkeim adalah sebuah sistem terpadu yang terdiri atas praktik dan kepercayaan yang berkaitan dengan hal yang sifatnya suci dan bisa menyatukan semua penganutnya di dalam suatu komunitas moral yang juga disebut dengan umat.

Lihat juga:
Pengertian Database
Pengertian Bank

7. Luckmann


Menurut Luckmaan agama adalah sebuah kemampuan yang dimiliki organisme manusia untuk mengangkat alam biologisnya pembentukan alam yang bermakna objektif dan juga mempunyai daya ikat moral serta seba meliputinya.

8. Edward Burnett Tylor


Pengertian agama menurut Edward Burnett Tylor adalah suatu kepercayaan makhluk gaib yang menyatakan bahwa keyakinan yang diperolehnya sebagai penjelasan kepada dunia.

Pengertian Agama Dalam Perspektif Islam



Pada dasarnya unsur terpenting dalam agama adalah suatu keyakinan tentang adanya kenyataan lainn dan kenyataan saat ini yang sifatnya lebih suci, lebih agung, menjadi tempat manusia bergantung serta berhasrat untuk mendekatinya.

Jika dilihat dari perspektif Islam agama ialah sebuah keyakinan pada suatu kekuasaan yang mengatasi manusia dalam praktik peribadatan yang didasarkan pada keyakinannya tersebut. Agama juga menjadi sebuah bentuk kepercayaan dan keyakinan manusia mengenai suatu hal yang bisa mengontrol dan juga mengatur hidup serta hati manusia.

Perlu diketahui, keyakinan keagamaan dapat memberikan pengaruh positif yang luar biasa, yang juga dipandang dari kemampuannya dalam menciptakan kebahagiaan dan kegembiraan untuk memperbaiki hubungan sosialnya. Bahkan dengan keyakinan agama juga dapat menghapus berbagai kesulitan yang sebelumnya tidak terhindarkan dalam sistem dunia ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa pengertian agama menurut Islam yang diterapkan oleh para ahli, yaitu:

1. Dr. A. Mukti Ali


Menurut Dr. A. Mukti Ali agama merupakan suatu kepercayaan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa dan hukum yang diturunkan atau diwahyukan kepada para utusan-Nya untuk mencapai kebahagiaan hidup manusia di dunia maupun di akhirat.

2. Drs. Idi Gazalba


Pengertian agama menurut Drs. Idi Gazalba adalah suatu kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kaitan manusia dengan yang kudus serta dihayati sebagai sebuah hakikat yang sifatnya gaib, dan hubungan mana yang menyatakan diri dalam bentuk serta sistem penghematan resmi (Kultus) dan sikap hidup yang berdasarkan doktrin tertentu.

3. Musthofa Abdurrazik


Menurut Musthofa Abdurrazik agama merupakan sebuah peraturan yang bertautan atau berkaitan dengan keadaan yang suci.

4. Tenku M. Hasby Assiddiqhie


Menurut Tenku M. Hasby Assiddiqhie agama adalah sekumpulan peraturan yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk menarik dan menuntun para umat-Nya yang berakal sehat, patuh kepada kebaikan dan suka tunduk atas perintah-Nya, agar mereka dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

5. K.H.R. Muhammad Adnan


Pengertian agama menurut K.H.R Muhammad Adnan adalah suatu peraturan yang berasal dari Allah SWT untuk manusia yang berakal untuk mencari keyakinan agar bisa mencapai jalan bahagia lahir bathin, di dunia dan akhirat yang bersandar pada wahyu Illahi yang terhimpun di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Lihat juga:
Pengertian Website
Pengertian Norma

6. A. Hasan


Menurut A. Hasan pengertian agama adalah suatu I’tikad kepercayaan, peraturan, undang-undang, pimpinan, dan pelajaran untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat yang diwahyukan Allah SWT kepada para manusia melalui perantara Rasulullah.

7. KH Thahir Abdul Mu’in


Agama menurut KH Thahir Abdul Mu’in adalah sebuah ketentuan ketuhanan yang dapat mengantarkan manusia untuk berpegang kepada-Nya, demi mencapai kebahagiaan dunia dan juga kesejahteraan akhirat.

8. Muhammad Natsir


Menurut Muhammad Natsir pengertian agama adalah sebuah kepercayaan dan cara hidup yang memiliki kandungan faktor kepercayaan dengan adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai sumber dari segala sumber hukum dan nilai kehidupan.

9. KH. Munawr Kholil


Menurut KH. Munawr Kholil agama adalah sebuah undang-undang illahi yang diturunkan kepada para nabi dan rasul Allah yang terdiri dari bangsa manusia terpilih, dengan perantara wahyu yang akan disampaikan kepada umat mereka menurut sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Pengertian Agama Menurut Bahasa



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian agama adalah sebuah sistem yang mengatur mengenai tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berkaitan dengan pergaulan manusia dengan manusia dan lingkungannya.

Pada dasarnya kata agama berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu kata “a” yang berarti tidak dan “gam” yang berarti pergi. Makna agama ialah tidak pergi, tidak hilang, tidak putus karena agama diajarkan secara turun temurun sehingga akan tetap kekal. Bahkan kematian bukanlah akhir dari kehidupan karena akan ada lagi kehidupan selanjutnya.

Menurut bahasa Arab agama atau juga biaranya disebut dengan Al-Din yang memiliki arti berbeda-beda, seperti ketaatan, kepatuhan atau peribadatan, sistem atau cara, pembalasan atau perhitungan serta paksaan kekuatan dan tekanan.

Sementara kata lain yang menyatakan mengenai agama ialah religi yang berasal dari bahasa latin religion yang berakar pada kerja re-ligare yang artinya mengikat kembali. Perlu Anda ketahui, yang dimaksud dengan bereligi di sini ialah seseorang yang mengikat dirinya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Perlu Anda ketahui, sebuah keyakinan dapat disebut agama jika memenuhi beberapa unsur yaitu unsur kepercayaan atau keyakinan, unsur aturan atau tata cara dalam peribadatan, unsur penyembahan atau peribadatan, serta respons yang sifatnya emosional dari manusia.

Pengertian Agama Islam


Menurut estimologi kata Islam berasal dari bahasa Arab yang diambil dari kata salima yang artinya selamat sentosa. Nah, dari kata tersebut dibentuklah sebuah kata aslama yang artinya memelihara diri, patuh, tunduk dan taat.

Sedangkan menurut pengertian agama Islam secara khusus adalah segala yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw, sebagaimana yang diwahyukan oleh Allah SWT dalam kitab Al-Qur’an yang disampaikan kepada Nabi Muhammad dalam sunnah shahihnya dan yang berupa petuntuk, larangan serta perintah-Nya untuk bisa mencapai kebahagiaan manusia didunia dan kesejahteraan diakhirat.

Jika dilihat dari pengertian agama Islam dalam surah Al-Qur’an Ali-Imram ayat 83 dapat diketahui, jika agama Islam merupakan agama fitrah berupa kepercayaan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Kuasa dan keharusannya untuk berhbubungan dengan-Nya menjadi pokok asli pandangan bati manusia yang murni.

Dapat disimpulkan pengertian agama Islam secara etimologi adalah agama Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai perantara untuk disampaikan kepada manusia dan mengajanya untuk memeluk agama tersebut. Penganut agama Islam menjadikan Al-Qur’an sebagai kitab sucinya dan Shalat sebagai fondasi atau tiang dalam agamanya.

Lihat juga:
Pengertian Kebudayaan
Pengertian Politik

Selain itu, para jika pemeluk agama Kristen menggunakan gereja sebagai tempat beribadahnya, maka umat Islam menggunakan masjid sebagai tempat mereka beribadah.

Pengertian Agama Kristen


Pengertian agama Kristen adalah suatu kepercayaan yang berlandaskan atas ajaran, hidup, wafat, sengsara serta kebangkitan Yesus Kristus. Kristen merupakan agama yang mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Mesias atau juru selamat segala umat manusia sebagai penebus dari perbuatan dosa.

Penganut agama Kristen menggunakan gereja sebagai tempatnya untuk beribadah dan menjadikan Alkitab sebagai kitab suci agama mereka. Pada dasarnya, Kristen menjadi salah satu agama Abrahamik yang sangat mempercayai ajaran, hidup, wafat dengan cara penyaliban serta kenaikan Yesus Kristus Dari Nazaret ke Surga.

Penganut agama Kristen meyakini jika Yesus Kristus merupakan tuhan dan juru selamat mereka di akhirat kelak. Bahkan pemeluk agama Kristen ini sangat memegang teguh terhadap ajaran yang diajarkan oleh Yesus Kristus.

Pada dasarnya dalam keyakinan umat Kristen, Yesus Kristus dianggap sebagai pendiri jemaat atau gereja serta kepemimpinan gereja yang bersifat abadi. Bahkan, para penganut agama Kristen juga meyakini jika Yesus Kristus akan datang lagi untuk kedua kalinya sebagai raja dan hakim di dunia.

Pengertian Agama Yahudi


Pengertian agama Yahudi ialah agama Samawi yang merupakan salah satu agama terbesar di dunia yang berpusat di daerah Israel. Pemeluk agama Yahudi disebut Yudaisme dalam bahasa Inggris dan orang Yahudi disebut dengan Jews. Perlu diketahui, agama Yahudi diklaim oleh pemeluknya sebagai agama tertua di dunia yang berasal dari Ibrahim.

Pengertian agama Yahudi cukuplah beragam, salah satunya adalah suatu keyakinan yang dihubungkan dengan ide ketuhanan dan perwujudan dari suatu bangsa yang dipilih oleh Tuhan. Pendapat lainnya mengatakan agama Yahudi dihasilkan dari proses perkembangan sejarah Bani Israel yang sudah berabad-abad dan timbul dari ide Taurat dan Talmud.

Selain itu, ide tersebut juga timbul dari Watak pembawaan bangsa Israel itu sendiri. penganut agama Yahudi menjadikan Taurat sebagai kitab sucinya. Umumnya bangsa Yahudi merupakan bangsa campuran dari berbagai unsur yang dipersatukan oleh satu watak dan nasib.

Perlu Anda ketahui, kekuatan agama Yahudi ini terletak pada penyucian yang mutlak kepada Tuhan dan kepercayaannya yang tidak bisa digoyahkan mengenai perjanjian yang diberikan oleh Tuhan kepada segolongan umat-umat terpilih yakni Bani Israel.

Agama Yahudi merupakan agama pertama dalam sejarah yang mengajarkan jika Tuhan itu Esa yang berasal dari Kitab Taurat yang diturunkan Allah kepada Bani Israel. Pada dasarnya, proses keesaan Tuhan menurut kepercayaan Yahudi ialah perkembangan dari kepercayaan henotheis kepada kepercayaan yang mengakui keesaan Tuhan, namun tetap mengakui Tuhan agama lain.

Pengertian Agama Hindu


Agama Hindu merupakan sebagai agama yang memiliki perpaduan antara agama yang dianut oleh bangsa Dravida dengan bangsa Arya. Pada dasarnya, perpaduan agama ini diperoleh dari bangsa Arya di Asia Tengah yang berhasil mendesak bangsa asli India, Dravida. Sehingga terjadilah pembauran antara bangsa Dravida dan bangsa Arya yang akhirnya melahirkan agama Hindu.

Umumnya kata Hindu diperoleh dari kata bahasa Sanskerta “sindhu” yang memiliki arti sungai. Kata ini sebenarnya lebih mengacu pada Sungai Indus yang menjadi sumber air bagi kehidupan yang ada di sekitarnya.

Para penganut agama Hindu menjadikan kitab suci Weda sebagai sumber ajaran agamanya. Kitab suci Weda sendiri terdiri beberapa kitab yaitu Brahmana yang menjadi penafsiran dari kitab Weda, serta Upanisad yang memuat dasar filsafat hubungan manusia dengan Tuhan.

Penganut agama Hindu memiliki dewa-dewa utama yang dipujanya yaitu Dewa Trimurti yaitu Dewa Brahma, Dewa Syiwa dan Dewa Wisnu. Proses pemujaan terhadap para dewa ini dipimpin langsung oleh seorang pendeta yang disebut Brahmana.

Pengertian Agama Buddha


Pengertian agama Buddha adalah sebuah agama nonteistik atau filsafat yang berasal dari anak benua India atau lebih tepatnya meliputi beragam kepercayaan, tradisi serta praktik spiritual yang dikaitkan dengan ajaran Siddhartha Gautama (Sang Buddha).

Agama Buddha umumnya lebih dikenal dengan sebutan Buddha Dhamma. Para penganut agama Buddha ini mempelajari semua hal yang berkaitan tentang hukum kebenaran mutlah yang dinamakan Dhamma.

Dhamma merupakan sebuah kata dalam bahasa Pali yang memiliki arti kesunyataan mutlah, hukum abadi atau kebenaran yang mutlak. Pada dasarnya, sang Buddha ini dikenal sebagai seorang guru yang sudah terkerahkan atau sadar dan membagikan wawasannya guna membantu makhluk hidup serta mengakhiri penderitaan para penganutnya hingga lenyap.

Itulah beberapa ulasan terkait pengertian agama yang patut Anda ketahui. Demikianlah, semoga ulasan yang ada di atas dapat berguna dan menjadi referensi tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari info mengenai pengertian agama yang lebih jelas serta detail.

Artikel lainnya:
Pengertian Ideologi
Pengertian Inflasi
Pengertian Pasar
Pengertian Implementasi