PENGERTIAN IDEOLOGI: Jenis Dan Menurut Parah Ahli

Apa itu Pengertian Ideologi? Sering kita mendengar kata “ideologi”. Tapi tetap tidak mengenali makna dan arti sesungguhnya dari kata tersebut. Di Indonesia sendiri, ideologi selalu dijunjung tinggi sebagai pedoman hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun sesungguhnya, apa pengertian ideologi itu sebenarnya? Serta mengapa ideologi harus ada?

Pengertian ideologi menurut KBBI


PENGERTIAN IDEOLOGI: Jenis Dan Menurut Parah Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia juga menjabarkan pengertian ideologi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ideologi adalah kumpulan akan konsep dengan sistem tertentu yang digunakan sebagai asas kejadian atau pendapat serta memberikan tujuan dan arahan dalam kelangsungan hidup.

KBBI juga menjabarkan bahwa ideologi merupakan cara berpikir seseorang atau suatu golongan. Pengertian lainnya menurut KBBI adalah suatu paham, teori dan tujuan akan suatu program sosial politik.

Pengertian ideologi menurut bahasa


Menurut bahasa, kata ideologi diperkenalkan pertama kali oleh Destutt de Tracy pada tahun 1976. Kata ideologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni Eidos yang berarti membentuk dan Eiden yang berarti melihat.

Dari kedua bahasa Yunani tersebut, kata Eidon dan Eiden kemudian diserap kedalam bahasa Inggris sebagai Idea yang berarti sebagai gagasan, ide, konsep, cita – cita dan pengertian dasar. Sedangkan kata Logi pada ideologi berasal dari Logis yang berarti pengetahuan.

Jadi pengertian ideologi secara bahasa bisa diartikan sebagai pengetahuan akan gagasan, konsep, pengertian – pengertian dasar dan lain sebagainya.

Pengertian ideologi menurut istilah


Ada juga pengertian ideologi menurut istilah yang diartikan sebagai suatu gagasan yang didasarkan pada pemikiran dalam dan menjadi dasar akan perilaku suatu perorangan atau kelompok.

Dalam konteks bernegara, pengertian ideologi bisa dijabarkan sebagai ajaran atau doktrin teori serta ilmu yang diyakini akan kebenarannya dan disusun secara sistematis dan diberi arahan akan pelaksanaannya dalam menanggapi dan menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pengertian ideologi menurut para ahli


Beberapa ahli juga menjabarkan beberapa pengertian ideologi. Berikut ini beberapa ahli yang menjelaskan seperti apa ideologi itu.

Alfian


Menurut Alfian, pengertian ideologi merupakan suatu pandangan atau sistem nilai secara menyeluruh dan mendalam tentang solusi atau cara terbaik, yakni secada moral yang dianggap benar dan adil dalam mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

C.C Rodee


Rodee menjelaskan bahwa ideologi adalah suatu kumpulan yang secara logis saling berhubungan dan mengidentifikasi akan nilai – nilai yang memberikan keabsahan bagi pelaku dan institusinya

Drs. Moerdiono


Beliau menjabarkan bahwa ideologi adalah sistem suatu ide yang akan mensistematisasikan segala pemikiran tentang kehidupan ini dan melengkapinya dengan kebijakan dan strategi serta sarana.

Hal ini dilakukan dengan tujuan mencocokan kehidupan nyata dengan nilai – nilai yang ada dan terkandung dalam filsafat yang merupakan induknya.

Gunawan Setiardjo


Pengertian ideologi menurutnya adalah kumpulan akan ide dan gagasan atau aqidah 'aqliyyah, yakni akidah yang melalui proses dalam berpikir sehingga menciptakan aturan – aturan di dalam kehidupan.

Antoine Destutt de Tracy


Ideologi merupakan suatu studi terhadap pemikiran atau ide – ide tertentu.

Lihat juga:
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba

Descartes


Descartes menegaskan bahwa ideologi merupakan inti dari semua pemikiran manusia.

Machiavelli


Pengertian ideologi menurut Machiavelli merupakan sistem perlindungan kekuasaan yang dipegang oleh penguasa.

A.S Hornby


Hornby mengatakan bahwa ideologi merupakan suatu perangkat ide atau gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik dan dipegang oleh perorangan atau suatu kelompok.

Frans Magnis Suseno


Ideologi merupakan keseluruhan dari sistem berpikir serta sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, individu atau kelompok sosial.

Thomas H


Pengertian ideologi menurut Thomas merupakan suatu cara yang digunakan untuk melindungi kekuasaan pemerintahan agar bisa mengatur rakyatnya dan mempertahankan negaranya.

Francis Bacon


Francis Bacon menjabarkan bahwa ideologi merupakan sintesis akan pemikiran yang mendasar dari suatu konsep kehidupan.

Moh. A Safaudin


Ideologi merupakan suatu pemikiran yang digunakan untuk tujuan keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan bersama. Hal ini dilakukan dengan cara proses berpikir manusia dalam menentukan aturan – aturan yang ada dalam kehidupan.

Karl Marx


Pengertian ideologi menurut Karl Marx adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan kesetaraan dan kesejahteraan bersama di dalam masyarakat.

Manfred Steger dan Paul James


Ideologi menurut mereka dijabarkan dengan dua pengertian. Pertama, ideologi adalah suatu kumpulan ide dan konsep yang normatif dan memiliki pola serta menjadi representasi akan kekuatan politik yang ada. Kedua, ideologi merupakan peta konsep yang digunakan untuk membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleks kehidupan berpolitik serta keyakinan dalam kebenaran sosial.

Karl Maanheim


Karl Maanheim mengatakan bahwa ideologi menjadi sistem pemikiran yang digunakan untuk mempertahankan orde sosial tertentu.

Napoleon


Pengertian ideologi menurut Napoleon adalah keseluruhan akan pemikiran politik dari para rival atau saingannya.

Louis Althuser


Ideologi menjadi suatu gagasan yang spekulatif. Walaupun begitu, bukan suatu gagasan yang palsu. Pasalnya, ideologi tidak ditujukan untuk menggambarkan suatu realitas, melainkan ideologi digunakan untuk menggambarkan akan bagaimana seharusnya manusia menjalani kehidupannya.

Muhammad Ismail


Muhammad Ismail mengatakan bahwa ideologi atau Mabda' merupakan Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar, yakni pemikiran yang mendasar dan secara tidak sadar dibangun di atas pemikiran – pemikiran yang lainnya.

Pemikiran yang mendasar ini merupakan sebuah jawaban akan berbagai pertanyaan dari mana, mau ke mana dan untuk apa manusia dan kehidupan ini saling berhubungan dengan asal muasal penciptaannya serta kehidupan setelahnya.

Dr. Hafidh Shaleh


Pengertian ideologi menurutnya merupakan suatu pemikiran yang memiliki ide akan konsep rasional atau aqidah aqliyah. Di mana konsep tersebut meliputi akan seluruh masalah dalam kehidupan manusia dan solusinya.

Namun untuk bisa mendapatkan pemikiran tersebut diperlukan metode tertentu. Metode tersebut meliputi merealisasikan ide dan solusinya, metode penyebaran ke seluruh dunia dan metode pertahanan.

Lihat juga:
Pengertian Filsafat
Pengertian Negara

Nicollo Machiavelli


Ideologi merupakan pengetahuan akan bagaimana cara menyembunyikan kepentingan, mempertahankan kekuasaan dan mendapatkannya dengan menggunakan konsep – konsep keagamaan dan tipu daya.

Taqiyuddin An-Nabhani


Ideologi atau Mabda' merupakan suatu aqidah aqliyah yang membentuk peraturan. Di mana, aqidah merupakan pemikiran keseluruhan tentang alam semesta, manusia dan kehidupannya. Selain itu, pemikiran akan kehidupan setelah dan sebelumnya.

Selain tentang hubungan dengan zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini.

Ideologi atau Mabda' diartikan sebagai suatu ide dasar secara keseluruhan akan alam semesta, manusia dan kehidupannya serta mencangkup dua hal, yakni thariqah dan fikrah.

Murdiono


Pengertian ideologi menurut Murdiono adalah suatu pengetahuan dan nilai yang kompleks dan menyeluruh. Dimana, pengetahuan dan nilai tersebut digunakan sebagai landasan seseorang atau suatu golongan dalam memahami alam semesta dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar dalam mengaturnya.

Soerjanto Poespowardoyo


Ideologi merupakan pengetahuan dan berbagai macam nilai yang secara kompleks dan universal sebagai landasan bagi perorangan atau masyarakat untuk bisa mengerti akan jagad alam dan bumi serta seisinya sekaligus menentukan sikap dasar dalam mengelolanya.

Ali Syariati


Ideologi merupakan suatu keyakinan – keyakinan dan gagasan – gagasan yang dipatuhi oleh suatu golongan, kelompok, kelas sosial, bangsa dan ras tertentu.

M. Satra Prateja


Pengertian ideologi adalah suatu perangkat ide, gagasan atau pemikiran yang memiliki orientasi terhadap tindakan yang diorganisir sebagai suatu sistem yang beraturan.

Kirdi Dipoyuda


Kiryi Dipoyuda menjelaskan bahwa ideologi merupakan suatu kesatuan yang sistematis dan menyeluruh akan gagasan – gagasan mendasar terhadap manusia dan kehidupannya, baik secara individu atau sosial, termasuk dalam kehidupan bernegara.

Silvio Vietta


Ideologi merupakan suatu bentuk perlindungan akan ide – ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional dan bertindak dalam wujud idealisme.

Bob Hodge


Pengertian ideologi menurut Bob Hodge adalah identifikasi akan kesatuan objek dengan menggabungkan set makna yang kompleks dengan agen – agen sosial dan proses yang bisa membentuk mereka.

Davud W. Minar


Menurutnya, ideologi digambarkan dalam beberapa pengertian. Salah satunya, ideologi adalah kumpulan ide dalam berbagai macam variasi bentuk atau isi yang sebenarnya berlaku secara umum. Ideologi juga berarti sebagai bentuk atau wujud ide yang berlaku dalam interaksi manusia sebagai makhluk sosial.

Minar juga menjelaskan bahwa ideologi adalah bentuk lain dari ide yang mengontrol struktur dari organisasi. Ideologi juga diartikan sebagai bentuk akan tujuan dan dilaksanakan dalam bentuk memaksa atau persuasif. Terakhir, ideologi merupakan suatu kemungkinan untuk wadah utama dalam interaksi sosial.

Lihat juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni

Padmo Wahyono


Padmo Wahyono mengatakan bahwa ideologi adalah suatu bentuk kesatuan yang utuh dan bulat akan ide mendasar.

Ramlan Surbakti


Pengertian ideologi menurut Ramlan Surbakti dijabarkan dengan dua pengertian, yakni secara fungsional dan struktural. Ideologi secara fungsional berarti seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama dan juga masyarakat dan negaranya yang dianggap sangat penting.

Sedangkan ideologi secara struktural merupakan sistem kebenaran akan gagasan dan formula politik terhadap setiap kebijakan dan tindakan yang dilakukan oleh penguasa.

W. White


Menurutnya, ideologi adalah cita – cita politik atau ajaran dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang bisa dibeda – bedakan.

Prof. Lowenstein


Ideologi merupakan suatu keselarasan atau gabungan suatu pola pemikiran dan kepercayaan atau pemikiran yang bertukar menjadi kepercayaan, kebenaran akan sikap manusia terhadap kehidupan dan kehadirannya dalam bermasyarakat serta usulan akan sesuatu kepemimpinan dan keseimbangan berdasarkan pemikiran dan kepercayaan tersebut.

Harold H. Titus


Pengertian ideologi menurutnya merupakan suatu istilah yang digunakan dalam suatu kelompok cita – cita terhadap berbagai macam permasalahan politik dan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu perencanaan yang sistematis dan dilakukan oleh sekelompok atau lapisan masyarakat.

Wiliam James


Wiliam James menjelaskan ideologi di dalam bukunya “ Varietis of Religious Experience” sebagai thought about life or a man's total view yang berarti hasil dari pemikiran dan pandangan beberapa sudut pandang akan suatu totalitas yang bisa dilakukan seseorang.

Leibniz


Ideologi merupakan one greath system of truth, yakni suatu kesatuan sistem kebenaran yang sangat menakjubkan.

Peranan penting ideologi



Selain pengertian ideologi, rupanya ideologi juga memiliki peranan penting di dalamnya. Menurut Jacques Ellul clan Pal Ricour, ideologi memiliki peranan penting sebagai berikut ini.
  1. Ideologi adalah jawaban akan kebutuhan jati diri atau citra perorangan, suatu kelompok manusia, organisasi, komunitas, sosial dan bangsa.
  2. Ideologi digunakan untuk menghubungkan para pendiri bangsa serta generasi penerusnya.
  3. Ideologi digunakan untuk menanamkan keyakinan suatu kebenaran perjalanan seorang atau suatu kelompok yang berpegang teguh dengan ideologi tersebut.
  4. Ideologi digunakan sebagai kode atau keyakinan para pendiri yang menguasai dan mempengaruhi seluruh kegiatan sosial.
Selain itu, peranan ideologi untuk suatu bangsa adalah sebagai berikut ini.
  1. Menentukan eksistensi suatu bangsa. Bangsa tanpa ideologi akan kehilangan arah, tujuan dan strategi dalam mencapai cita – citanya.
  2. Indikator keberhasilan suatu negara dalam membangun masyarakatnya.
  3. Merupakan alat pengikat untuk mempersatukan semua kelompok masyarakat karena bisa diterima dan memiliki pemikiran yang rasional dan sistematis.
  4. Merupakan cita – cita dan harapan bangsa sehingga ideologi adalah suatu kepastian bangsa di masa depan.
  5. Pedoman untuk warga negara dalam berperilaku karena memiliki nilai – nilai bagaimana masyarakat bertingkah laku dalam kehidupan.
  6. Merupakan pengontrol konflik dan integratif.
  7. Menggambarkan lensa, cermin dan jendela dari suatu bangsa dan negara. Lensa sendiri merupakan gambaran seseorang melihat bangsanya, cermin sebagai seseorang yang melihat dirinya sendiri dan jendela untuk melihat negara dan diri bangsa pemilik ideologi.

Jenis – jenis ideologi



Jenis – jenis ideologi sangat banyak sekali di dunia ini. Namun ada beberapa jenis ideologi yang dianut oleh sebagian masyarakat di dunia. Berikut ini beberapa jenis ideologi yang populer dan memiliki banyak penganut.

Ideologi kapitalisme


Pengertian ideologi kapitalisme adalah kebebasan individu dalam melakukan akumulasi kapital secara individual. Hal tersebut menjadi gagasan utama dari ideologi kapitalisme.

Di dalam ideologi kapitalisme tidak mengijinkan negara untuk campur tangan sebagai upaya untuk memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

Ideologi liberalisme


Dalam ideologi liberalisme menganut kebebasan individu dan menjunjung tinggi akan kesetaraan dalam kehidupan masyarakat di suatu negara. Ideologi ini menjamin bahwa hak – hak setiap orang dilindungi oleh negara.

Ideologi Marxisme


Ideologi Marxisme merupakan ideologi yang diperkenalkan oleh Karl Marx. Dari pemikiran Karl Marx menyusun teori besar bahwa ideologi berhubungan dengan sistem sosial, ekonomi dan politik.

Ideologi sosialisme


Pengertian ideologi sosialisme adalah kesetaraan sosial, yakni pemerintah memiliki kekuasaan penuh dan peranan dominan terhadap individu. Di dalam ideologi sosialisme tidak menganut pengakuan akan hak milik pribadi.

Ideologi Nasionalisme


Ideologi ini banyak dianut di Indonesia. Di mana pengertian ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta pada tanah air serta bangsa dengan cara sikap individu dan kehidupannya dalam bermasyarakat.

Ideologi Feminisme


Ideologi feminisme menganut perjuangan akan kesetaraan hak serta tanggung jawab perempuan dan pria itu sama, baik dalam politik, ekonomi, ruang pribadi atau publik dan budaya.

Ideologi Pancasila


Ideologi Pancasila merupakan ideologi yang hanya ada di Indonesia. Ideologi Pancasila adalah nilai – nilai luhur budaya dan religius dari bangsa Indonesia. Di mana, Pancasila sendiri memiliki kedudukan sebagai dasar negara dan pedoman bangsa Indonesia. Jadi, pengertian ideologi pancasila merupakan kumpulan akan nilai – nilai atau norma yang berasaskan sila – sila dalam Pancasila.

Itulah beberapa pengertian ideologi yang sangat penting dalam kehidupan. Bahkan, suatu ideologi bisa membentuk tindakan yang konkrit seseorang dalam kehidupannya. Secara ekstrim, untuk mempertahankan ideologi yang dianutnya seseorang rela untuk berkorban nyawa.

Artikel lainnya:
Pengertian Data
Pengertian Belajar
Pengertian Koperasi
Pengertian Teknologi