PENGERTIAN BISNIS: Fungsi, Tujuan Dan Menurut Para Ahli

Sudah tau apa itu Pengertian Bisnis? Kata bisnis mungkin memang sudah sering sekali kita dengar bukan? Namun, tahukah Anda apa sebenarnya maksud dari bisnis tersebut? Nah, jika dilihat dengan secara umum dimana bisnis merupakan suatu kegiatan yang memang dilakukan langsung oleh perorangan ataupun organisasi yang nantinya akan melibatkan berbagai aktivitas seperti produksi, penjualan dan lainnya sehingga mendapatkan tujuannya yaitu keuntungan atau laba.

Pada dasarnya kata bisnis ini berasal dari bahasa Inggris yaitu business yang memiliki arti kesibukan. Namun, jika Anda melihatnya lagi dari konteks sederhana, maka kesibukan tersebut merupakan melakukan suatu aktivitas ataupun pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan untuk seseorang.

Selain itu, untuk penggunaan kata bisnis ini dapat dibedakan menjadi tiga dan itu tergantung dengan skupnya yaitu seperti badan usaha, seluruh aktivitas dan juga sektor pasar tertentu. Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai bisnis ini baik itu pengertian bisnis, fungsi, tujuan hingga macam-macam bisnis maka Anda bisa melihatnya langsung seperti di bawah ini.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli


PENGERTIAN BISNIS: Fungsi, Tujuan Dan Menurut Para Ahli

Agar Anda bisa lebih memahami lagi mengenai arti bisnis, maka Anda bisa melihat ada beberapa pengertian bisnis yang dikemukakan langsung oleh para Ahli. Untuk informasinya Anda bisa melihatnya berikut ini:

Brown dan Pretello


Pengertian bisnis yang pertama dikemukakan langsung oleh Brown dan Pretello. Dimana bisnis merupakan suatu lembaga yang memang menghasilkan barang-barang dan jasa yang memang nantinya dibutuhkan oleh masyarakat hingga semua hal yang nantinya mencakup dengan berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah ataupun swasta sehingga tidak peduli dengan mengejar laba ataupun tidak.


L.R. Dicksee


Kemudian ada juga L.R.Dicksee yang mengemukakan bahwa pengertian bisnis merupakan sebuah bentuk aktivitas yang bertujuan agar dapat memperoleh keuntungan khususnya bagi yang mengusahakan ataupun yang memang berkepentingan dalam terjadinya sebuah aktivitas tersebut.

Hughes dan Kapoor


Hughes dan Kapoor juga mengemukakan mengenai pengertian bisnis. Dimana bisnis ini merupakan suatu kegiatan individu yang memang terorganisasi sehingga dapat menghasilkan dan juga menjual barang atau jasa guna demi mendapatkan sebuah keuntungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jeff Madura


Selanjutnya ada juga Jeff Madura, dimana pengertian bisnis merupakan perusahaan yang dapat menyediakan suatu produk ataupun layanan yang memang di inginkan oleh para pelanggan.

Lihat juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Seni

Menurut Plowman


Menurut Plowman bisnis merupakan suatu serangkaian kegiatan yang memang berhubungan langsung dengan pembelian dan juga penjualan mengenai barang atau jasa yang memang akan dilakukan secara berulang-ulang. Tak hanya itu saja, apabila penjualan jasa ataupun barang yang memang terjadi hanya satu kali saja, maka itu bukanlah bagian pengertian dari bisnis.

Menurut Owen


Memang jika melihat pengertian bisnis memang sangat banyak sekali salah satunya yaitu dikemukakan langsung oleh Owen. Dimana pengertian dari bisnis ini merupakan suatu perusahaan yang memang berhubungan langsung dengan distribusi dan juga produksi suatu barang yang nantinya akan di jual langsung ke pasaran dan akan diberikan harga-harga yang sesuai dengan setiap jasanya.

Menurut Hunt & Urwick


Yang terakhir dikemukakan juga oleh Hunt & Urwick. Dimana untuk pengertian bisnis adalah segala bentuk perusahaan yang mampu membuat, mendistribusikan hingga menyediakan berbagai macam barang dan juga jasa yang memang dibutuhkan langsung oleh masyarakat lainnya sehingga mampu untuk membeli dan juga membayarnya.

Nah, itulah ada beberapa pengertian bisnis yang dapat Anda lihat yang dikemukakan langsung oleh para ahli. Untuk informasi selanjutnya mengenai bisnis ini, Anda juga bisa melihat mengenai fungsi bisnis.

Fungsi Bisnis



Seperti yang Anda ketahui bahwa bisnis ini memang merupakan suatu kegiatan yang memang dilakukan langsung oleh individu ataupun organisasi demi mencapai tujuan mengenai keuntungan ataupun laba. Oleh karena itu, di dalam semua kegiatan bisnis juga memiliki fungsi sebagai untuk membuat sesuatu yang pada awalnya memang kurang bernilai namun diubah menjadi sesuatu yang sangat bernilai tinggi sehingga hal ini dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakat setelah diolah dengan baik.

Adapun beberapa fungsi-fungsi bisnis Anda dapat melihatnya seperti berikut ini:

Form Utility


Dimana fungsi yang pertama ini merupakan suatu fungsi produksi yang mana bisnis tersebut menghasilkan suatu barang ataupun jasa yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagai contoh yang dapat Anda lihat yaitu mengenai perusahaan furniture dan juga perusahaan jasa keuangan.

Place Utility


Berikutnya ada juga Place Utility sebagai fungsi bisnis selanjutnya. Dimana untuk fungsi ini memiliki distribusi di dalam sebuah bisnis untuk menyalurkan suatu barang ataupun jasa ke suatu lokasi yang terdekat sehingga bisa dijangkau dengan baik oleh para konsumen.

Possessive Utility


Untuk fungsi selanjutnya ada juga Possessive Utility yang berfungsi untuk penjualan yang ada di dalam kegiatan bisnis.

Time Utility


Yang terakhir yaitu Time Utility. Dimana fungsi ini merupakan suatu penyimpanan dan juga pemasaran yang ada di dalam sebuah bisnis, yang nantinya dimana barang-barang yang pada saat itu memang kurang bermanfaat akan dikeluarkan kembali pada saat barang-barang tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Lihat juga:
Pengertian Koperasi
Pengertian Teknologi

Nah, untuk berikut ini masih ada lagi fungsi utama dari bisnis yang dikemukakan langsung oleh Steinhoff melalui bukunya yaitu The World of Business pada tahun 1979. Apa saja itu, berikut dapat Anda lihat:

Acquiring Raw Material, dimana untuk fungsi utama ini dalam bisnis merupakan untuk mencari bahan-bahan mentah.

Manufacturing Raw Materials Into Product, yang merupakan bahan-bahan mentah yang diolah menjadi bahan jadi.

Distributing Product to Consumers, merupakan tempat menyalurkan suatu produk yang dihasilkan langsung kepada konsumen.

Jadi, itulah ada beberapa fungsi utama yang dapat Anda ketahui mengenai bisnis. Oleh karena itu, selain Anda melihat mengenai pengertian dari bisnis maka Anda bisa dapat mengetahui hal-hal yang lainnya disini. Untuk itu, sebagai informasi tambahan lagi, selain pengertian bisnis dan fungsi bisnis maka Anda bisa melihatnya juga mengenai informasi tujuan bisnis. Dimana tujuan dari bisnis ini juga sangat penting sekali untuk Anda ketahui terlebih lagi bagi Anda sebagai pelaku bisnis.

Tujuan Bisnis



Jika berbicara masalah bisnis tentu sangat banyak sekali, baik itu mengenai fungsi dan juga tujuan utama bisnis. Nah, untuk tujuan utamanya maka dapat dilihat yaitu dimana bisnis ini memiliki tujuan untuk mendapatkan suatu laba dengan cara memproduksikan barang-barang dan juga jasa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya itu saja, ada beberapa tujuan bisnis yang lainnya yang dapat Anda lihat seperti berikut ini:
  1. Untuk memperoleh semua keuntungan yang didapatkan dari kegiatan bisnis.
  2. Menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat berguna untuk masyarakat.
  3. Untuk pengadaan barang-barang dan jasa yang memang dibutuhkan langsung oleh masyarakat.
  4. Untuk bisa mencapai kesejahteraan pemilik dari faktor produksi dan juga masyarakat.
  5. Untuk dapat meningkatkan kemajuan dan juga pertumbuhan di bidang ekonomi masyarakat dengan secara umum.
  6. Untuk dapat menunjukan eksistensi pada suatu perusahaan dalam jangka yang panjang.
  7. Untuk dapat menunjukkan prestasi dan juga prestise.
Jadi, itulah ada beberapa informasi mengenai tujuan bisnis. Namun, proses dalam pencapaian tujuan bisnis ini tentu harus melalui pengelolaan sumber daya ekonomi yang memang dapat dilakukan dengan secara optimal khususnya bagi pemilik sumber daya ekonomi ataupun pada faktor-faktor produksi serta masyarakat pada umumnya. Untuk itu, para pemegang atau sebagai pemilik faktor-faktor produksi tersebut tentu memperoleh manfaat yang lebih dan juga nilai-nilai ekonomi secara layak.

Tak hanya itu saja, tercapainya tujuan bisnis ini tentu akan bersifat jangka panjang, apabila semua bisnis didukung dengan cara inclusive sehingga tercapainya semua tujuan para pihak yang memang terlibat langsung di dalam kegiatan bisnis tersebut. Misalnya yaitu seperti pihak tenaga kerja, pemilik modal, supplier bahan hingga pihak eksternal yang lainnya. Tak hanya itu saja, di dalam melakukan sebuah bisnis Anda juga harus mengetahui dengan pasti apa saja etika bisnis sehingga Anda bisa menerapkan dan melakukannya dengan sebaik mungkin.

Etika Bisnis



Di dalam melakukan sebuah bisnis tentu Anda harus dapat mengetahui dengan pasti apa saja yang terkait dengan bisnis. Tak hanya pengertian dari bisnis saja, melainkan hal-hal yang lainnya juga sangat penting sekali untuk diketahui sehingga Anda sebagai pelaku bisnis dapat Anda melakukannya dengan sebaik mungkin. Nah, sebagai informasi lagi mengenai bisnis, Anda juga perlu mengetahui apa saja etika bisnis sehingga Anda bisa menerapkannya dengan benar.

Berprinsip Kepada Kejujuran


Bisnis memang merupakan suatu cara untuk mendapatkan uang yang banyak dan harus memperhatikan semua produk serta barang yang Anda jual. Tak hanya itu saja, untuk saat ini jika melihat pelaku bisnis memang sangat banyak sekali sehingga Anda harus melakukan persaingan dengan sebaik mungkin. Selain itu, meskipun memang di dalam beberapa pengertian bisnis memang telah menyebutkan bahwa memang harus selalu berpegang teguh pada sebuah prinsip kejujuran seperti ini, maka apabila tanpa adanya prinsip ini para pelaku bisnis bisa saja lepas kontrol sehingga dapat memperdaya para konsumennya. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus bisa berprinsip kepada kejujuran sehingga Anda dan juga konsumen bisa memberikan yang terbaik.

Lihat juga:
Pengertian Data
Pengertian Belajar

Berprinsip Pada Otonomi


Berikutnya adalah berprinsip pada otonomi. Dimana semua pelaku bisnis harus bisa memiliki etika bisnis seperti ini. Mengapa demikian? karena untuk setiap pelaku bisnis usaha yang ada bisa dapat menentukan dengan bebas mengenai bidang bisnis yang ingin dijalankan dan pastinya sesuai dengan kemampuan Anda serta visi misinya.

Memegang Pada Keadilan


Seperti yang Anda ketahui dan lihat sebelumnya bahwa bisnis ini memang tidak menyebutkan sesuatu hal yang memang memiliki tujuan dari berbisnis. Namun, pada dasarnya tujuan dari bisnis ini merupakan yang paling utama sehingga pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tak hanya itu saja, Anda juga sebagai pelaku bisnis juga harus memiliki prinsip yang adil pada semuanya yaitu seperti pada pembeli dan juga para karyawan yang bekerja dengan Anda.

Bagaimana apakah Anda sudah mengerti dan paham untuk sekarang ini mengenai etika bisnis? Tentu saja bukan. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan sebuah bisnis maka Anda harus melihat informasi seperti ini sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Nah, selanjutnya ada juga macam-macam bisnis yang harus Anda lihat juga seperti berikut.

Macam-Macam Bisnis



Pada sebelumnya pasti Anda sudah melihat pengertian dari bisnis dan lainnya seperti diatas. Namun, dari pengertian bisnis ini akan merujuk kepada sektor yang memang telah di cakup dengan baik. Oleh karena itu, munculah beberapa macam-macam bisnis sebagai kelengkapan dari bisnis tersebut. Adapun macam-macam dari bisnis ini, berikut dapat Anda lihat:

Bisnis Pertanian


Macam-macam bisnis ini memang sangat banyak sekali salah satunya yaitu seperti bisnis pertanian. Dimana untuk bisnis ini merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian ataupun disebut sebagai agro bisnis yang memang meliputi seperti perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan dan juga yang lainnya.

Bisnis Produksi Bahan Mentah


Untuk berikutnya ada juga bisnis produksi bahan-bahan mentah. Dimana usaha ini bergerak di beberapa sektor yaitu seperti sektor pertambangan, kehutanan dan juga yang lainnya. Tak hanya itu saja, produk-produk yang dihasilkan sebelumnya yaitu berbahan mentah dan kemudian akan diolah kembali menjadi suatu barang.

Bisnis Konstruksi


Dimana untuk bisnis yang bergerak di bidang ini biasanya seperti bidang pembangunan konstruksi ataupun infrastruktur. Sebagai contoh yang dapat Anda lihat yaitu seperti gedung bertingkat, bandara, jalan raya dan juga lainnya.

Bisnis Manufaktur


Dimana bisnis ini merupakan suatu bidang yang bergerak di pengolahan bahan baku atau disebut juga dengan bahan-bahan mentah yang nantinya akan diolah menjadi bahan jadi.

Bisnis Komunikasi


Selanjutnya ada juga bisnis komunikasi yang termasuk juga ke dalam macam-macam bisnis. Dimana bisnis yang bergerak di bidang komunikasi ini dapat membantu para masyarakat dalam berbagai hal komunikasi dan juga informasi. Sebagai contoh yaitu seperti televisi, telepon, radio dan juga yang lainnya.

Bisnis Transportasi


Untuk usaha dibidang bisnis transportasi ini dapat membantu mobilitas di dalam masyarakat demi menyalurkan barang.

Bisnis Perdagangan Besar dan Kecil


Pada bisnis seperti ini biasanya ditandai oleh usaha yang bergerak di bidang niaga yang memang berperan langsung sebagai perantara baik antara produsen dan juga dengan konsumen.

Bisnis Jasa


Macam-macam bisnis selanjutnya ada juga bisnis jasa. Dimana untuk bisnis ini yaitu bergerak pada suatu usaha yang memiliki kegiatannya dalam menciptakan dan juga menjual berbagai produk yang tidak berwujud yaitu seperti jasa sehingga menghasilkan suatu keuntungan.

Bisnis Finansial, Real Estate dan Asuransi


Yang terakhir yaitu bisnis finansial, real estate dan juga asuransi. Dimana usaha ini bergerak langsung di bidang keuangan sehingga dapat membantu masalah masyarakat dalam berbagai macam hal seperti kredit permodalan, perencanaan, kredit kepemilikan properti hingga asuransi.

Nah, hal-hal seperti diatas itulah Anda bisa melihat dan juga belajar mengenai bisnis tersebut sehingga Anda bisa menjadi pelaku bisnis yang handal dan baik untuk segala usaha bisnis Anda. Memang jika berbicara masalah kegiatan bisnis tentu sangat banyak sekali.

Namun, ada banyak catatan dan hal yang harus Anda pahami mengenai bisnis ini, baik itu mengenai pengertian bisnis, tujuan, fungsi, macam-macam bisnis hingga pada etika dalam melakukan bisnis. Untuk itu, sebagai informasi pelajaran yang dapat Anda lihat, maka Anda bisa melihatnya kembali seperti diatas, dengan begitu Anda bisa membangun bisnis sesuai harapan dan juga komunikasi dengan baik ke semua konsumen. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Pengertian Database
Pengertian Bank
Pengertian Administrasi
Pengertian Korupsi