PENGERTIAN BAHASA: Sejarah, Fungsi, Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Bahasa harus anda ketahui dengan baik. Bahasa sendiri merupakan sebuah alat komunikasi yang digunakan oleh seorang manusia dimana berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari mulut seseorang. Tetapi beberapa orang berpendapat apabila bahasa merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan tanda atau simbol.

Pengertian bahasa menurut para ahli


Pengertian Bahasa

Adapun pengertian bahasa menurut ahli yang juga harus anda ketahui. Sebelumnya, di dunia ini sendiri terdapat banyak bahasa yang digunakan oleh masyarakat. Dan biasanya perbedaan bahasa tersebut disebabkan karena letak geografis, suku, kebiasaan dan yang lainnya.

Tak hanya itu saja, pemakaian bahasa sendiri biasanya didasari oleh beberapa aturan sehingga menyebabkan kata-kata yang telah diucapkan atau ditulis memiliki aturan tertentu.

Untuk bisa memahami pengertian bahasa tersebut lebih dalam maka anda juga harus mengetahui beberapa pengertian bahasa menurut ahli. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Plato


Menurut Plato sendiri pengertian dari bahasa adalah pernyataan pikiran yang dimiliki oleh seseorang dengan menggunakan perantara onomata atau berupa nama benda atau yang lainnya dan rhemata atau ucapan dimana ini merupakan cermin dari sebuah ide yang dimiliki seseorang dengan menggunakan arus udara melalui mulut.

Ferdinand De Saussure


Sedangkan pendapat yang dikemukakan oleh Ferdinand mengatakan apabila pengertian bahasa merupakan wujud ciri pembeda yang sangat menonjol karena dengan bahasa yang dimiliki oleh setiap kelompok sosial akan merasa dirinya sebagai kelompok yang berbeda dengan kelompok yang lainnya. Atau secara singkat bahasa merupakan identitas suatu kelompok sosial.

Bill Adams


Menurut pendapat yang dinyatakan oleh Adams, bahasa merupakan sebuah sistem pengembangan psikologi yang dimiliki oleh individu dalam sebuah kontes inter subjektif.

Harimun Kridalaksana


Beliau berpendapat apabila pengertian dari bahasa merupakan sebuah sistem benda yang memiliki makna yang digunakan untuk melakukan komunikasi oleh sebuah kelompok manusia.

Wibowo


Lain halnya dengan pendapat yang dikemukakan oleh Wibowo, dimana pengertian dari bahasa merupakan sebuah simbol bunyi yang memiliki makna dan berartikulasi atau dihasilkan oleh sebuah Indra ucap yang memiliki sifat arbitrer dan konvensional. Dimana bahasa digunakan oleh sekelompok manusia untuk bisa melahirkan perasaan atau pikiran.

Sudaryono


Sutaryono mengungkapkan apabila bahasa merupakan sarana komunikasi paling efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa tersebut digunakan sebagai komunikasi untuk menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

Wittgenstein


Wittgenstein berpendapat apabila pengertian bahasa adalah bentuk dari pemikiran yang bisa dipahami, memiliki hubungan dengan realitas serta memiliki bentuk dan struktur secara logis.

Depdiknas


Depdiknas juga memiliki pendapat apabila pengertian dari bahasa merupakan ucapan pikiran dan perasaan seseorang secara teratur dan memanfaatkan bunyi sebagai alatnya.

Demikian beberapa pengertian bahasa menurut ahli yang harus anda ketahui. Secara umum sendiri bahasa merupakan sebuah alat komunikasi baik itu dalam bentuk ucapan ataupun gerakan yang digunakan oleh kelompok sosial.

Sejarah bahasa dalam perkembangannya



Setelah mengetahui pengertian bahasa, Anda juga harus mengetahui sejarah singkat mengenai bahasa dan bagaimana bisa tercipta. Sejarah ini mungkin tidak terlalu diketahui secara detail oleh seseorang tetapi ternyata terdapat beberapa teori yang bisa memberikan penjelasan kepada para masyarakat.

Lihat juga:
Pengertian Sejarah
Pengertian Budaya

Dari banyak sumber telah dikatakan apabila saat ini ada sekitar 6 hingga 7000 bahasa yang ada di dunia. Bahasa tersebut termasuk bahasa yang menggunakan kata-kata dalam berbicara ataupun dalam bentuk isyarat. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak beberapa teori mengenai terbentuknya sejarah di bawah ini.

Teori berkelanjutan


Teori pertama yang membahas singkat mengenai sejarah munculnya bahasa adalah teori berkelanjutan. Teori ini sendiri muncul karena adanya gagasan yang mengatakan jika bahasa merupakan komunikasi yang cukup rumit sehingga tidak akan timbul begitu saja.

Teori ini sendiri menyebutkan apabila bahasa memiliki perkembangan yang dimulai dari sistem pralinguistik hingga adanya bahasa yang digunakan saat ini.

Teori ketak berlanjutan


Sejarah singkat bahasa tersebut juga dikemukakan dalam teori ketidakberlanjutan. Teori ini sendiri merupakan gagasan yang berseberangan dengan adanya teori berkelanjutan di mana dijelaskan apabila bahasa merupakan suatu sistem yang cukup unik di mana tidak bisa dibandingkan dengan apapun pada spesies lainnya.

Secara singkat, bahasa ini muncul dengan tiba-tiba dan mengalami perkembangan sesuai dengan peradaban manusia.

Teori nativistik


Adapun teori lainnya yang menjelaskan mengenai adanya perkembangan sejarah yaitu teori nativistik. Dalam teori ini sendiri mengungkapkan apabila bahasa lahir dengan alami dan ilmiah serta sudah memiliki struktur tersandi secara genetis.

Teori ini juga menyebutkan apabila manusia mempunyai perasaan atau insting yang istimewa untuk mampu mengeluarkan ekskresi ujaran terhadap apapun yang berkesan.

Teori Echoic


Dalam teori ini sendiri menjelaskan jika kata-kata yang pertama kali muncul merupakan tiruan dari alam. Sebagai contohnya adalah tiruan dari suara sungai, ombak, hujan dan masih banyak lagi.

Teori gesture


Sedangkan di dalam teori gesture sendiri dijelaskan apabila isyarat merupakan sebuah bahasa yang mendahului adanya ujaran. Dalam teori ini sendiri dijelaskan apabila penggunaan sistem isyarat memang telah dimanfaatkan oleh manusia primitif pada zaman prasejarah dan para hewan-hewan.

Jenis-jenis bahasa



Bukan hanya pengertian bahasa yang wajib anda ketahui, jenis-jenis bahasa yang ada di dunia ini juga wajib untuk anda ketahui. Hal ini tidak lain mengingat adanya berbagai macam jenis bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak alasan yang ada di bawah ini

Bahasa lisan


Nah untuk bahasa yang pertama yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah bahasa lisan. Bahasa lisan ini sendiri merupakan sebuah komunikasi antar manusia yang berguna untuk mengutarakan maksud dan tujuan mereka dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan dari mulut.

Bahasa isyarat


Selain menggunakan bahasa lisan, bahasa isyarat ternyata juga menjadi salah satu bahasa yang digunakan oleh sebagian besar manusia. Sesuai dengan namanya, dalam bahasa ini sendiri anda tidak akan menemukan atau mendengarkan bunyi tertentu. Melainkan anda akan melihat anggota tangan dan gerak bibir tanpa adanya suara.

Jenis bahasa ini biasanya dimanfaatkan oleh eh eh para tunarungu Di mana mereka akan mengkoordinasikan tangan, gerak bibir serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka agar lawan yang diajak bicara bisa memahami.

Bahasa tulisan


Bahasa Inggris sendiri merupakan alat komunikasi yang juga biasa digunakan oleh masyarakat. Dalam bahasa Inggris sendiri berbagai macam kosakata akan disusun rapi hingga membentuk kalimat dalam bentuk tulisan yang memiliki arti dan makna.

Lihat juga:
Pengertian Hukum
Pengertian Etika

Bahasa pemrograman


Bagi Anda yang memiliki kegemaran dalam dunia gadget seperti perangkat komputer maka anda sudah tidak asing lagi dengan bahasa yang satu ini yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan bahasa yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer dengan memanfaatkan syntax.

Bahasa batin


Jenis bahasa yang satu ini tidak bisa dimiliki oleh orang secara sembarangan. Bahasa batin sendiri merupakan sebuah interaksi mental yang akan menggunakan isi hati anda. Dalam bahasa batin ini tidak membutuhkan kata-kata layaknya jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang tepat untuk menyebut bahasa ini adalah telepati.

Fungsi bahasa



Adapun beberapa fungsi dari bahasa yang harus anda ketahui. Secara umum fungsi dari bahasa tersebut dibagi menjadi 3 di mana terdapat dalam kehidupan bernegara ataupun berbangsa. Beberapa fungsi dari bahasa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

Bahasa sebagai alat komunikasi


Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya apabila pengertian bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang mempunyai makna dan bisa berdasarkan lisan ataupun tulisan bahkan isyarat.

Setiap kata-kata tersebut yang dihasilkan tentu memiliki makna ataupun hubungan abstrak dengan sebuah konsep ataupun objek sebagai wakilnya. Fungsi pertama dari bahasa ini adalah sebagai alat komunikasi dua arah yang mampu dimengerti oleh setiap individu. Dengan adanya komunikasi dari bahasa inilah maka bisa membuat komunikasi jelas.

Sebagai alat pemersatu sebuah bangsa


Tak bisa dipungkiri apabila bahasa yang ada di dunia ini sangat banyak bahkan bisa mencapai ribuan. Bahasa ternyata juga bisa berfungsi sebagai alat pemersatu sebuah bangsa karena digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi oleh setiap individu.

Setiap warga negara memiliki kesempatan untuk menyampaikan pemikiran ataupun pendapat mereka dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh bangsa tersebut. Tidak heran Apabila salah satu fungsi dari bahasa adalah digunakan untuk mempersatu sebuah bangsa agar dapat menjadi lebih kuat.

Bahasa sebagai identitas bangsa atau Suku


Tak bisa dipungkiri apabila kehadiran bahasa ini sendiri bisa digunakan sebagai sebuah identitas oleh bangsa ataupun suku tertentu karena memiliki keunikan tersendiri. Hari ini tidak lain karena suatu bangsa atau Suku tentu memiliki bahasa yang berbeda-beda yang digunakan sebagai identitas oleh bangsa atau suku tersebut agar dikenal oleh masyarakat.

Sebagai contohnya di provinsi Jawa Barat sendiri terdapat bahasa Sunda yang digunakan sebagai identitas penduduknya. Bahasa ini tentu memiliki perbedaan dengan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di daerah Jawa Tengah.

Selain fungsi bahasa menurut kehidupan bernegara ataupun berbangsa, Adapun fungsi bahasa secara umum yang juga harus Anda pahami. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Digunakan sebagai alat untuk berpikir


Bahasa bisa digunakan sebagai alat untuk berpikir seseorang. Dengan adanya bahasa inilah maka mereka bisa menggunakan kata-kata yang tepat untuk disampaikan agar tidak menyinggung pihak lain.

Lihat juga:
Pengertian Kewirausahaan
Pengertian Akuntansi

Bahasa bisa digunakan untuk menunjukkan ekspresi


Selain itu fungsi dari bahasa adalah bisa digunakan sebagai alat untuk menunjukkan ekspresi seseorang. Dengan cara inilah maka orang lain bisa memahami apa yang telah Anda rasakan saat ini baik itu menggunakan bahasa lisan, tertulis sehingga isyarat.

Bahasa untuk melakukan kontrol sosial


Adapun fungsi lainnya dari bahasa adalah digunakan untuk melakukan kontrol sosial. Ini berarti anda turut serta dalam menjaga perdamaian yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Sebagai sarana untuk membangun kecerdasan dan karakter


Selain itu bahasa ternyata juga dapat digunakan untuk membangun sebuah kecerdasan ataupun karakter yang dimiliki oleh setiap individu.

Sebagai alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan sejarah


Agar anda bisa memahami sebuah pengetahuan dan sejarah maka anda akan membutuhkan bahasa yang bisa anda mengerti. Disinilah fungsi dari bahasa digunakan untuk mempelajari ilmu pengetahuan ataupun sejarah.

Manfaat bahasa



Setelah anda mengetahui pengertian bahasa, pengertian bahasa menurut ahli, jenis dan fungsi bahasa, Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat bahasa. Untuk lebih jelasnya, ulasan di bawah ini akan membantu anda.

Sebagai bahasa resmi sebuah negara


Manfaat pertama dari adanya bahasa adalah digunakan sebagai bahasa resmi dari sebuah negara. Tak bisa dipungkiri apabila di dalam sebuah negara tentu memiliki banyak bahasa daerah. Seperti yang dimiliki oleh Indonesia di mana memiliki ratusan lebih bahasa yang digunakan.

Tetapi karena ingin menyatukan seluruh warga negara dari berbagai macam suku maka Indonesia menerapkan satu bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu bahasa Indonesia. Hal ini juga berlaku di negara negara lainnya.

Sebagai alat pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan


Bahasa memiliki peranan yang cukup penting untuk mengembangkan kebudayaan atau ilmu pengetahuan yang ada di suatu negara. Sebagai contohnya di Indonesia, untuk mengembangkan kebudayaan yang dimiliki maka penggunaan bahasa Indonesia sangat penting.

Walaupun setiap daerah memiliki bahasa tersendiri tetapi dalam upaya untuk mengembangkan kebudayaan atau ilmu pengetahuan, warga negara diharuskan untuk menggunakan bahasa resmi yang telah diterapkan dalam suatu negara. Seperti yang ada di Indonesia. Dengan cara inilah maka semua orang yang ada di dalam negara tersebut bisa memahami maksud dan tujuan.

Bisa digunakan sebagai pengantar dalam dunia pendidikan


Ketika anda menyampaikan materi yang ada di dalam dunia pendidikan maka sudah sepatutnya Anda menggunakan bahasa resmi yang dipahami oleh masyarakat di negara bersangkutan. Tidak mungkin anda akan menggunakan bahasa daerah anda karena dijamin orang lain banyak yang tidak mengerti.

Di Indonesia sendiri dalam kegiatan pendidikan, bahasa Indonesia sendiri digunakan sebagai bahasa resmi. Dengan cara inilah maka diharapkan masyarakat bisa memahami apa yang dimaksud tersebut.

Beberapa bahasa yang paling banyak penuturnya



Adapun beberapa bahasa yang memiliki banyak penutur di dunia. Seperti ulasan di bawah ini

Bahasa Inggris


Bahasa Inggris tentu menjadi salah satu bahasa paling populer dan hampir dimengerti oleh masyarakat yang ada di dunia. Hal ini tidak lain karena bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional. Di tempat-tempat umum seperti di bandara, anda tentu akan menemukan adanya petunjuk dalam bahasa Inggris. Tidak heran apabila penutur bahasa ini sangat banyak.

Bahasa Mandarin


Selain bahasa Inggris, siapa sangka ternyata bahasa Mandarin juga memiliki penutur yang banyak. Walaupun memiliki huruf yang tidak mudah dimengerti oleh sembarang orang, tetapi tidak sedikit pula orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa Mandarin ini.

Bahasa Melayu


Di kawasan Asia Tenggara sendiri bahasa Melayu memang menjadi salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan oleh masyarakat. Bahasa Melayu ini sendiri di manfaatkan oleh beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura hingga sebagian kawasan di Thailand.

Dengan adanya bahasa, Anda memang bisa melakukan komunikasi dengan baik antar individu. Dengan adanya bahasa, Anda juga diharapkan mampu menjaga bahasa agar tidak punah. Demikian ulasan mengenai pengertian bahasa, pengertian bahasa menurut ahli, jenis, fungsi dan manfaat yang bisa anda jadikan sebagai pengetahuan.

Artikel lainnya:
Pengertian Filsafat
Pengertian Negara
Pengertian Puisi
Pengertian Narkoba