PENGERTIAN ADMINISTRASI: Secara Umum, Unsur, Fungsi, Manfaat dan Ciri

Sudah tau apa itu Pengertian Administrasi? Mungkin Anda memang sering mendengar kata Administrasi, tapi tahukah Anda mengenai arti dari kata administrasi tersebut? Nah, jika dijelaskan secara umum pengertian dari administrasi adalah bentuk sebuah usaha dan juga aktivitas yang memang berhubungan langsung dengan pengaturan pada kebijakan sehingga dapat mencapai tujuan atau target dalam organisasi. Jadi, oleh karena itu administrasi ini dapat dikatakan memiliki peranan yang memang sangat krusial pada semua aktivitas di dalam sebuah organisasi.


Tak hanya itu saja, ada juga pengertian administrasi secara sempit. Dimana diartikan sebagai sebuah bentuk aktivitas yang memang meliputi catat-mencatat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, surat-menyurat dan juga kegiatan-kegiatan yang lainnya yang memiliki sifat secara teknis ketatausahaan. Namun, jika pengertian dari administrasi ini diartikan secara luas yaitu memiliki arti, dimana semua proses kerjasama yang dilakukan antara dua orang ataupun lebih yang memang memiliki tujuan untuk mencapai sebuah target dengan memanfaatkan langsung sarana serta prasarana tertentu.

Nah, jika dilihat dari pengertian administrasi seperti di atas, maka Anda dapat mengetahui 3 hal yang penting. Apa saja itu? Berikut dapat Anda lihat dan simak:

Dimana Administrasi merupakan sebuah seni dan sekaligus proses. Jika dilihat sebagai seni, administrasi ini tentu membutuhkan kiat yang khusus yang memang sifatnya kondisional dan juga situasional. Mengapa demikian? karena memang selalu terkait dengan banyak hal baik itu situasi, waktu, kondisi dan juga tempat.

Pada administrasi juga terdapat banyak unsur-unsur tertentu seperti terdapat dua orang ataupun lebih di dalamnya, terjadinya kerjasama yang dilakukan antar orang yang memang sifatnya formal dan hierarkis, terdapat tugas, memiliki sebuah tujuan hingga ketersediaan sarana dan juga prasarana.

Di dalam administrasi selalu muncul secara bersamaan yaitu dengan munculnya sebuah peradaban manusia, dimana administrasi ini memang memiliki tujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, itulah ada beberapa hal yang penting yang perlu Anda ketahui. Namun, bagaimana dengan pengertian administrasi jika menurut para ahli. Nah, untuk itu dibawah ini Anda dapat melihatnya langsung mengenai pengertian administrasi menurut para ahli.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Ada beberapa ahli yang memang bergerak di bidang administrasi sehingga dapat memberikan penjelasan mengenai definisi administrasi, apa saja itu berikut informasinya:


Menurut Arthur Grager


Pengertian administrasi yang pertama yang dikemukakan oleh Arthur Grager yaitu dimana administrasi ini memiliki fungsi tata penyelenggaraannya terhadap komunikasi dan juga pada pelayanan warkat di dalam suatu organisasi.

George R. Terry


Berikutnya yaitu George R. Terry. Dimana untuk pengertian administrasi ini adalah sebuah kegiatan pengendalian, perencanaan, dan juga pengorganisasian pada pekerjaan perkantoran serta sebuah penggerakan mereka untuk melaksanakannya sehingga dapat mencapai tujuan yang memang telah disepakati atau ditetapkan bersama.

Ulbert


Selanjutnya menurut Ulbert. Dimana jika menurut artian yang luas, pengertian administrasi yaitu sebuah penyusunan dan juga pencatatan data ataupun informasi yang dilakukan secara sistematis, baik itu internal maupun dengan cara eksternal sebagai sebuah upaya dalam menyediakan keterangan serta dapat memudahkan untuk mendapatkan atau memperolehnya kembali, baik itu dengan cara sebagian ataupun menyeluruh. Tetapi jika didefinisikan lagi secara arti sempit, maka administrasi dapat lebih dikenal dengan istilah yaitu tata usaha.

Lihat juga:

Sondang P. Siagian


Menurut para ahli yang satu ini yakni Sondang P. Siagian, pengertian administrasi merupakan segala bentuk dari sebuah proses kerjasama yang dilakukan oleh antara dua individu ataupun lebih sebagai atas dasar rasionalitas yang terpilih demi mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan pada sebelumnya.

Menurut Willam Leffingwell dan Edwin Robinson


Yang terakhir yaitu dikemukakan oleh Willam Leffingwell dan juga Edwin Robinson. Dimana pengertian administrasi merupakan suatu bagian dari ilmu manajemen sehingga berkaitan langsung dengan pelaksanaan pada pekerjaan perkantoran yang dilakukan secara efisien, baik itu mengenai kapan serta dimana pekerjaan tersebut dapat dilakukan.

Diatas ada beberapa pengertian administrasi yang dapat Anda lihat yang telah dikemukakan oleh para ahli. Nah, untuk berikutnya Anda juga bisa melihat mengenai unsur-unsur administrasi.

Unsur-Unsur Administrasi



Selain Anda memahami dan mengetahui pengertian administrasi, maka Anda juga harus mengetahui apa saja unsur-unsur yang penting yang harus Anda ketahui di dalam sebuah bidang bisnis. Untuk itu, berikut ini Anda dapat melihatnya seperti di bawah ini:

Organisasi


Organisasi merupakan dimana sebuah tempat untuk kegiatan administrasi dilakukan. Di dalam dunia bisnis, orang-orang yang bergabung dan bekerja di dalamnya maka akan dapat dihimpun untuk menjadi sebuah wadah demi mencapai tujuan bersama.

Komunikasi


Di dalam administrasi juga akan mengatur pola komunikasi yang dilakukan antar departemen. Misalnya sebagai contoh yaitu seperti melalui surat ataupun warta.

Manajemen


Pada administrasi tentu akan ada alat utama dalam pelaksanaan administrasi. Dimana hal ini meliputi seperti adanya pengatur, penggerak, tenaga operasional dan juga manajer. Tak hanya itu saja, di dalam manajemen ini tentu akan dibagi lagi menjadi 3 kelompok yaitu seperti top management, lower management dan juga middle management.

Kepegawaian


Pada poin ini tentu berhubungan langsung dengan penggunaan kepegawaian ataupun tenaga kerja. Di dalam sebuah administrasi tentu adanya proses yang memang saling berhubungan yaitu seperti penerimaan tenaga kerja, penempatan, pendayagunaan hingga pemberhentian kerja.

Perbekalan


Hal ini berhubungan langsung dengan pengadaan barang, penyimpanan barang hingga penyingkiran barang. Tak hanya itu saja, pihak administrasi juga akan melakukan penyisiran barang yang memang dibutuhkan untuk kerja dan juga barang yang tidak dibutuhkan.

Keuangan


Untuk poin ini berkaitan langsung dengan pembiayaan terhadap kontrak kerjasama yaitu mulai dari cara mendapatkan atau memperoleh dana hingga sampai pertanggung jawabannya.


Public Relation


Administrasi juga akan menciptakan sebuah peraturan yang baik mengenai bagaimana berhubungan langsung dengan masyarakat terutama kepada konsumen.

Tata Usaha


Untuk poin ini tentu akan berhubungan langsung dengan meliputi berbagai kegiatan pencatatan, pengiriman hingga penyimpanan.

Fungsi Administrasi



Selain pengertian administrasi, disini juga akan menjelaskan apa saja fungsi administrasi dalam organisasi yang harus Anda ketahui:

Perencanaan atau Planning


Planning merupakan sebuah kegiatan perencana yang memang membutuhkan aktivitas administrasi yaitu mulai dari pengumpulan data, pengolahan hingga pada penyusunan perencanaan.

Penyusunan


Berikutnya ada juga penyusunan atau disebut juga dengan organizing yang merupakan sebuah kegiatan dalam menyusun serta membangun komunikasi kerja sesama antar anggota di dalam sebuah organisasi tersebut sehingga dapat tercapainya suatu kesatuan dalam usaha demi mencapai tujuan dalam organisasi tersebut.

Lihat juga:
Pengertian Organisasi

Kordinasi


Kordinasi ini memang merupakan sebagian dari fungsi manajemen dalam melakukan sejumlah atau berbagai aktivitas sehingga dapat berjalan dengan baik demi menjauhi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekacauan, kekosongan aktivitas yang akan dilaksanakan, bentrok dan lainnya. Oleh karena itu, kordinasi atau coordinating ini sangat penting sekali dilakukan sehingga semua aktivitas dapat berjalan sesuai dengan harapan dan dapat mencapai tujuan organisasi bersama.

Laporan


Laporan atau disebut juga dengan reporting merupakan sebuah aktivitas dalam upaya penyampaian perkembangan ataupun hasil suatu kegiatan. Disini biasanya mereka akan membuat atau memberikan laporan tugas tersebut dengan cara lisan ataupun tulisan sehingga mendapatkan sebuah gambaran mengenai pelaksanaan tugas mengenai kegiatan tersebut dan juga para anggota organisasinya.

Penyusunan Anggaran atau Budgeting


Budgeting merupakan sebuah aktivitas perencanaan dan juga pengelolaan mengenai keuangan ataupun anggaran pada sebuah organisasi yang memang dilakukan dengan secara berkesinambungan.

Penempatan


Penempatan memang biasanya berhubungan langsung dengan sumber daya manusia dan juga sumber daya yang lainnya di dalam sebuah organisasi. Dimana hal ini juga dapat berhubungan dari perekrutan tenaga kerja yang baru, pengembangan hingga pada perlengkapan pada organisasi tersebut.

Pengarahan atau Bimbingan (Directing)


Yang terakhir yaitu pengarahan atau bimbingan (Directing) yang merupakan sebuah aktivitas berinteraksi yang dilakukan dengan anggota organisasinya baik itu dalam bentuk saran, bimbingan, perintah dan lainnya sehingga tugas yang dilaksanakan atau dijalankan bisa berjalan dengan baik demi mencapainya tujuan bersama atau tujuan yang memang telah ditentukan sebelumnya.

Manfaat Administrasi Untuk Bisnis


Seperti yang Anda lihat sebelumnya di atas mengenai pengertian administrasi dan juga fungsi dari administrasi, maka hal-hal seperti sebelumnya dapat dikaitkan langsung juga dengan manfaat administrasi untuk bisnis. Nah, apa saja itu? Berikut dapat Anda lihat berikut ini:

Memang administrasi ini merupakan suatu bagian yang terpenting khususnya di dalam pengelolaan suatu usaha ataupun bisnis. Dimana apapun bisnis yang Anda jalankan baik itu besar atau kecil tentu akan berhubungan langsung dengan peran administrasi sehingga hal ini dapat mendukung kelancaran serta dapat menopang pertumbuhan pada usaha atau bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, walaupun Anda merupakan seorang pebisnis pemula dan memang masih tergolong dalam bisnis kecil, namun hal ini juga sangat penting dan perlu sekali diperhatikan sehingga bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik terlebih lagi sesuai dengan keinginan. Ada hal yang paling sederhana yang harus Anda lihat mengenai sistem administrasi tersebut, yakni seperti :
  1. Buatlah catatan ataupun register harian mengenai penjualan.
  2. Kemudian buatkan register catatan mengenai setiap pembelian persediaan.
  3. Simpanlah nota-nota dari setiap pembelian.
  4. Selanjutnya membuat dan menyimpan dengan baik nota-nota untuk setiap penjualan dari usaha Anda.
Jika Anda sudah terbiasa dengan beberapa cara seperti diatas dalam melakukan administrasi sederhana di dalam bisnis Anda, maka selanjutnya Anda juga dapat mencoba lagi dan juga memulai belajar dalam membuat sebuah sistem seperti pembukuan, membuat laporan mengenai perhitungan laba dan juga rugi serta menyusun neraca keuangan bisnis Anda.

Nah, jika Anda dapat melakukannya dengan baik, maka Anda bisa menjalankan bisnis atau usaha Anda dengan baik. Selain itu, disini Anda juga dapat melihat ada beberapa manfaat lainnya yang akan Anda peroleh terutama dalam melakukan administrasi pada bisnis Anda. Untuk itu, berikut dapat Anda lihat :

Dapat Mengetahui Laba Dari Bisnis Anda


Hal pertama yaitu Anda dapat mengetahui dengan jelas mengenai seberapa besar laba dari usaha atau bisnis Anda. Jadi, dengan melakukan administrasi maka Anda bisa dapat dengan lebih memastikan seberapa besar mengenai keuntungan yang akan Anda dapatkan atau peroleh dari setiap catatan penjualan serta pembelian yang telah Anda buatkan sebelumnya.

Dapat Menghindari Resiko Kerugian


Berikutnya yaitu dapat menghindari resiko kerugian. Dimana dengan melakukan administrasi pada bisnis Anda, maka Anda dapat terhindar dari yang namanya resiko kerugian. Mengapa tidak? Karena jika Anda melakukan hal seperti ini setidaknya Anda dapat mengetahui catatan mengenai harga terlebih lagi nota-nota pembelian yang telah Anda simpan, Anda bisa melihatnya kembali sehingga harga yang nantinya Anda tentukan tidak akan salah. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal seperti ini, maka Anda bisa menyimpan dengan baik nota-nota pembelian suatu barang sehingga pada saat Anda ingin menjual barang tersebut, Anda bisa menjual dengan harga yang benar dan sesuai.

Lihat juga:

Dapat Mengetahui Dengan Pasti Pengembangan Bisnis Anda


Hal selanjutnya yaitu dapat mengetahui dengan pasti mengenai pengembangan bisnis atau usaha Anda. Jadi, apabila bisnis atau usaha Anda memang telah menerapkan administrasi dengan sangat baik, maka Anda bisa dengan mudah untuk membandingkan besarnya angka penjualan untuk setiap bulannya ataupun setiap tahunnya. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengukur mengenai seberapa besar persentase terhadap pertumbuhan bisnis atau usaha Anda, dengan begitu Anda juga dapat mulai mencoba untuk melakukan penambahan modal pada bisnis Anda sehingga bisnis atau usaha Anda semakin berkembang dengan baik.

Sebagai Data Penting Untuk Investor


Dengan seiringnya berjalannya bisnis dan kemajuannya tentu Anda juga akan membutuhkan serta melakukan penambahan modal pada bisnis Anda sehingga bisnis atau usaha Anda bisa dapat berkembang dengan baik dan lebih maju. Disini Anda juga mungkin membutuhkan seorang investor ataupun partner bisnis sehingga bisnis yang Anda jalankan bisa lebih maju. Namun, untuk investor dapat dilakukan secara perorangan ataupun suatu lembaga sebut saja seperti koperasi, bank dan lembaga-lembaga lainnya.

Selain itu, siapa yang menjadi investor untuk bisnis atau usaha Anda, tentu mereka juga memerlukan sebuah data sehingga dapat mengetahui bagaimana besar dari kemajuan usaha Anda, baik itu laba dan lainnya. Untuk itu, jika Anda telah dapat melakukan administrasi dengan baik pada bisnis atau usaha Anda maka Anda tentu memiliki data-data tersebut bukan? Oleh karena itu, hal-hal seperti ini memang sangat penting sekali diperhatikan dan dilakukan demi kelancaran bisnis atau usaha Anda.

Ruang Lingkup Administrasi



Disini tidak hanya membahas mengenai pengertian administrasi, fungsi dan manfaat saja. Akan tetapi Anda juga dapat melihat mengenai ruang lingkup administrasi dengan jelas.

Menghimpun


Menghimpun merupakan suatu kegiatan dalam mencari dan juga mengumpulkan informasi ataupun keterangan dengan secara detail. Selain itu, data yang telah di temukan kemudian disimpan dengan baik dengan tujuan nantinya dapat digunakan apabila memang dibutuhkan atau diperlukan.

Menuliskan, Mencatat atau Mengetik


Maksudnya disini adalah dimana kegiatan mencatat memang merupakan salah satu kegiatan lanjutan untuk menghimpun sebuah data sehingga dapat di simpan, di baca hingga dikirim.

Mengelola


Disini maksudnya adalah dapat menganalisis dengan baik mengenai data administrasi yang memang telah ada ataupun yang memang sudah ada sebelumnya, demi mendapatkan hasil pada data yang di himpun.

Menyimpan


Pada poin ini menyimpan adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan seperti mengamankan sebuah dokumen ataupun mendokumentasikan data-data yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara sehingga nantinya dapat digunakan kembali apabila memang diperlukan atau dibutuhkan.

Mengirim


Mengirim merupakan sebuah kegiatan untuk berbagai data ataupun file kepada pihak lain baik itu yang ada di dalam organisasi maupun diluar organisasi dengan tujuan yang sama.

Ciri-Ciri Administrasi
  1. Adapun ciri-ciri Administrasi yang dapat Anda lihat dan ketahui seperti berikut ini:
  2. Administrasi pada dasarnya memiliki tujuan yang pasti dan jelas.
  3. Adanya kerja sama antar organisasi.
  4. Terdapatnya sebuah proses ataupun usaha.
  5. Adanya bimbingan, pengawasan dan juga kepemimpinan.
  6. Adanya kelompok sumber daya manusia yang memang terdiri dari 2 orang ataupun lebih.
Jadi, itulah ada beberapa ciri-ciri administrasi yang dapat Anda lihat. Tak hanya itu saja, jika Anda ingin melihat beberapa pengertian administrasi menurut para ahli, fungsi dan juga manfaatnya, maka Anda bisa melihatnya seperti diatas.

Artikel lainnya: