14 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula

Apakah kamu lagi mencari cara mendapatkan uang dari Youtube? Bila iya, kamu beruntung menemukan artikel ini pada pencarian Google, karena pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap dan detail bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube.

Di dunia, bahkan di Indonesia sendiri, tentang mendapatkan uang dari Youtube dan bisa kaya dari Youtube memang sedang ngetrend dibicarakan banyak orang, baik dari obrolan di rarung kopi, ditempat kerja, di sosial media, dari selebgram, bahkan di Youtube sendiri.

Menghasilkan uang dari Youtube memang wajah saja dibicarakan banyak orang karena sekarang lagi populernya istilah Youtuber, yaitu artis dari Youtube dan mereka kaya dari Youtube.

Bahkan kamu mungkin pernah mendengar bahwa para Youtuber tersebut ada yang menghasilkan uang ratusan juta rupiah perbulan, sebut saja Ria Ricis, Atta Halilintar, dan lain-lain.

Iya, benar sekali, mereka mendapatkan penghasilan dari Youtube ratusan bahkan miliaran rupiah perbulan. Kamu bisa lihat sendiri pada video-video yang mereka upload ke Youtube, mereka bisa beli rumah, mobil, tanah, dan apapun yang mereka mau dengan uang dari hasil Youtube tersebut.

Tidak hanya mereka saja yang bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube, kamu juga bisa kok menghasilkan uang sebanyak-banyak nya lewat situs berbagi video Youtube tersebut.

Alasan kenapa uang dari Youtube itu sangat menggiurkan


Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula

Ingat, zaman sekarang tidak sama dengan zaman dahulu. Bila dahulu orang menghibur diri dirumah dengan cara menonton tv, mendengar radio, membeli kaset film atau lagu, dan membaca koran serta majalah.

Tapi pada zaman sekarang ini semuanya serba digital, hp pintar bisa didapatkan dengan harga yang murah, dan koneksi internet kian hari kian murah serta kencang, hal ini membuat siapa saja bisa dengan mudah membeli hp dan mengakses internet.

Nah Youtube adalah situs berbagi video yang sekarang ini banyak diakses orang, jumlah orang yang menonton Youtube tiap hari bisa puluhan juta, ini merupakan peluang bagi para konten creator untuk memasukkan video mereka ke Youtube dan menghasilkan rupiah.

Coba lihat disekitar kamu, dimana ada keramaian disitu pasti ada orang yang memanfaatkan untuk mencari keuntungan, seperti berjualan dan memasang iklan.

Nah di Youtube pun juga demikian. Banyak brand dan perusahaan besar yang membayar Youtube untuk menampilkan iklan mereka pada video Youtube, dan uang dari pengiklan tersebut bisa masuk ke rekening kamu loh. Menarik bukan?

Lantas bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube atau cara mendapatkan uang dari Youtube bagi kamu yang masih pemula? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut caranya:

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dengan Google Adsense


1. Buat akun Google / Gmail



Untuk mendapatkan uang dari Youtube Adsense, sudah pasti kamu haru memiliki akun Google, atau Gmail sama saja. Bisa juga kamu menggunakan alamat email selain dari Google, tapi sangat direkomendasikan untuk menggunakan email dari Google, yaitu Gmail.

Belum tau bagaimana cara buat akun Gmail? Bila kamu masih bingung, kamu bisa ikuti tutorial cara buat akun Gmail melalui hp ini.

2. Buat channel di Youtube



Sekarang alamat email sudah punya, langkah selanjutnya adalah login ke Youtube dan silahkan buat akun Youtube kamu, baru setelah itu kamu bisa membuat channel Youtube nya.

Bila kamu masih bingung bagaimana cara membuat akun Youtube dan channel Youtube, kamu bisa ikuti tutorial pada artikel cara membuat akun Youtube dan cara membuat channel Youtube yang bisa dibuat lewat hp Android atau iPhone kamu.

3. Tentukan mau buat konten apa



Nah nomor tiga ini yang sangat penting dan menentukan arah kamu nantinya bisa sukses atau gagal mendapatkan uang dari Youtube.

Apa hobi kamu? Apa passion kamu? Silahkan bikin video yang sesuai dengan hobi dan passion kamu. Artinya kamu suka dan senang melakukan kegiatan tersebut.

Bila kamu suka travelling, mengunjungi tempat-tempat indah di berbagi daerah, atau tempat disekitar kamu tinggal dan suka mencicipi kuliner daerah tersebut, kamu bisa membuat video tentang kuliner yang kamu makan itu.

Kamu bisa mereview kuliner tersebut sambil mencicipinya. Banyak kok para Youtuber sukses yang mereview kuliner seperti Ria SW, Tamboy Kum, Nex Carlos, dan lain-lain. Silahkan tiru dan belajar bagaimana cara mereka membuat video.

4. Alat pendukung untuk menghasilkan uang dari Youtube


Silahkan manfaatkan dulu alat rekam video yang ada, misal kamera hp. Atau bila kamu ada uang lebih, kamu bisa membeli dulu kamera murah atau bekas. Belum memiliki laptop atau komputer kamu bisa kok mengedit videonya lewat hp.

5. Poles video


Silahkan edit video yang kamu rekam tersebut, kamu bisa mengedit lewat hp atau pun bisa juga dengan menggunakan laptop. Banyak kok aplikasi edit video gratis yang bisa kamu gunakan untuk memoles video.

Ingat jangan sembarangan ya kalau menggunakan musik latar atau backsound untuk video yang bakalan kamu upload ke Youtube tersebut karena bisa kena clam copyright, otomatis video kamu tidak bisa di monetize dan menghasilkan uang. Sayang kan padahal sudah capek-capek buat nya.

Banyak kok musik latar yang gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mencarinya di Youtube dengan keyword "Not Copyright Song".

Lihat juga:
Cara download mp3 dari Youtube lewat hp

6. Upload video kamu



Ini yang harus kamu perhatikan juga, jangan lupa menaruh judul video yang bakalan kamu upload tersebut semenarik mungkin, atau yang punya nilai jual tinggi. Bila bingung mau kasih judul apa, kamu bisa meniru sedikit video yang sudah duluan ada di Youtube dengan tema yang sama. Jangan lupa kamu modifikasi sedikit biar tidak sama persis.

Untuk deskripsi, silahkan tulis beberapa kalimat yang menggambarkan tentang video yang kamu upload tersebut. Kamu bisa juga menaruh informasi kontak kamu, sosial media, dan menyuruh orang untuk subscribe ke channel kamu.

Pada bagian tag, taruhlah beberapa keyword yang berhubungan dengan video tersebut. Bila video tentang review masakan padang, kamu bisa taruh keyword #masakanpadang #rendang #kulinerminang, dan lain-lain.

7. Promosikan konten dan channel kamu


Sesudah videonya selesai di upload, jangan lupa untuk share ke akun sosial media kamu, seperti ke Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Suruh para followers dan teman kamu untuk membagikannya juga. Serta jangan lupa juga suruh subscribe ke channel kamu.

8. Daftar ke Google Adsense Youtube


Tinggal beberapa langkah lagi untuk mendapatkan uang dari Youtube. Silahkan daftar channel kamu ke Google Adsense Youtube pada tautan ini https://www.youtube.com/account_monetization?action_adsense_connection=1.

Setelah mendaftar, channel kamu tidak akan langsung diterima pada program Google Adsense, kamu harus menunggu dulu sampai subscriber kamu mencapai 1000, dan mendapatkan 4000 waktu ditonton dalam 12 bulan terakhir.


Bila channel kamu telah mencapai 1.000 subscribe serta 4.000 waktu ditonton, maka Youtube akan secara otomatis melihat channel kamu, bila channel kamu bagus, layak, konten ori dan berkualitas, maka channel kamu akan diterima.

9. Harus giat dan punya totalitas


Nah agar subscriber cepat mencapai 1000 dan waktu ditonton cepat mencapai 4.000 juga dalam 12 bulan, maka kamu harus rajin bikin video yang berkualitas.

Tidak perlu tiap hari harus upload video. Yang penting terjadwal dan konsisten.

10. Ambil gaji


Agar bisa menikmati uang dari hasil Youtube, selain channel kamu sudah diterima Adsense, ada syarat lainnya yang harus kamu lakukan, yaitu verifikasi pin adsense.

Pin Google Adsense akan dikirim ke alamat rumah kamu secara otomatis bila penghasilan kamu dari Youtube sudah mencapai minimal Rp. 130.000.

Agar pin tersebut cepat sampai rumah kamu, jangan lupa untuk menaruh alamat rumah yang benar ya saat mendaftar.

Setelah memasukkan pin, baru penghasilan kamu dari Youtube akan dikirim ke nomor rekening kamu, tapi minimal penghasilan kamu harus mencapai Rp. 1.300.000 dulu dalam satu bulan dan akan dibayar pada akhir bulan depan, tepatnya tanggal 21.


Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat disini https://support.google.com/adsense/answer/7164703?hl=id

Bagaimana ternyata cara mendapatkan uang dari Youtube tidak semudah yang dibayangkan kan? Banyak langkah yang harus dilakukan serta dilewati baru bisa ambil gaji yang pertama kali dari Youtube.

Lihat juga:
Cara menjadi Youtubers terkenal dan kaya raya
Cara menghapus video di Youtube lewat hp

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Tanpa Adsense


Ternyata kamu juga bisa mendapatkan uang dari Youtube tanpa iklan atau Adsense. Berikut caranya:

11. Jual produk sendiri


Kamu punya produk sendiri? Kenapa tidak mempromosikan di channel Youtube kamu sendiri. Kamu bisa memasukkan sedikit cuplikan produk kamu ke video yang kamu buat.

Banyak kok para Youtuber yang mempromosikan produknya sendiri pada video yang mereka upload, contohnya Arief Muhammad.

Disetiap video yang dia upload pasti selalu mempromosikan produk atau usaha dia, baik itu kaos, tempat kos, tempat makan, dan lain-lain.

12. Jual produk orang



Ini sangat gampang untuk dilakukan. Kamu bisa mereview suatu produk dan suruh para penonton untuk membelinya melalui link afiliasi. Kamu bisa memasukkan link afiliasi di deskripsi video.

Banyak kok toko online besar yang menawarkan program afiliasi, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Amazon dan lain-lain.

13. Endorse



Tidak hanya di Instagram saja yang bisa mendapatkan endorse, lewat video Youtube kamu pun bisa mendapatkan endorse.

Bila channel kamu bagus dan banyak dapat view, banyak kok nanti yang bakalan menghubungi kamu buat memasang iklan di video yang kamu bikin.

Kamu juga bisa menawarkan diri ke brand-brand untuk mengajak kerja sama.

14. Jual video


Kamu juga bisa menjual video kamu di Youtube. Bila video kamu bagus, nanti bakalan ada perusahaan dan brand-brand besar yang akan membeli video kamu untuk digunakan sebagai bahan promosi produk mereka.

Bagaimana ternyata tidak hanya dari Adsense saja, banyak sumber penghasilan lainnya dari Youtube yang bisa kamu dapatkan. Tapi tanpa upload video kamu tidak bisa mendapatkan uang dari Youtube. Jadi harus ada video yang harus di upload ya.

Bagaimana apakah sudah tertarik ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube?

Resiko main Youtube


Tidak hanya di dunia nyata saja, di Youtube banyak juga resiko yang harus dihadapi. Banyak hal buruk yang bisa terjadi, seperti channel kamu tidak diterima daftar Adsense, dan channel kamu tiba-tiba dihapus (suspend) oleh Youtube tanpa alasan dan sebab yang jelas, padahal kamu merasa tidak melakukan kesalahan apapun.

Dan yang parahnya lagi. semua penghasilan kamu yang belum sempat dibayar juga akan hangus. Sangat menakutkan bukan?

Banyak banget para pemain youtuber, anak-anak IM, para blogger, atau mereka yang mencari uang dari Youtube yang sering kena amukan dari Youtube, seperti channel nya dinonaktifkan. Tapi mereka tak pernah menyerah, mati satu tumbuh seribu.

Kamu jangan pedulikan hal tersebut, karena rezeki kita sudah diatur masing-masing sama yang diatas. Yang penting rajin dan konsisten, serta jangan lupa berdoa juga. Karena ada usaha pasti akan ada hasilnya. Sebab usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Ingat jangan pernah reupload atau upload ulang video orang yang ada di Youtube, walaupun kamu mengeditnya lagi. Hargailah hasil karya orang lain ya. Bila ketahuan oleh Youtube channel kamu bisa dinonaktifkan.

Demikian artikel yang membahas tentang cara mendapatkan uang dari Youtube untuk pemula. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu. Sekian dan terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara upload video ke Youtube lewat hp
Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka
Cara mengganti nama channel Youtube lewat hp
Cara menghapus channel Youtube di hp

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon