Cara Menghapus Channel Youtube Dari HP

Bingung bagaimana cara menghapus channel Youtube? Memang di aplikasi Youtube yang ada di hp kamu tidak tersedia tombol khusus untuk menghapus channel. Namun kamu tidak perlu kuatir dan bingung, karena dibawah akan dijelaskan secara lengkap cara menghapus channelnya.

Youtube adalah sebuah situs berbagi video milik raksasa internet Google yang cukup populer pada zaman sekarang ini. Youtube bisa dibuka lewat mana saja, baik lewat pc maupun lewat hp. Serta bisa dibuka kapanpun dan dimanapun kamu berada asalkan ada koneksi internetnya.

Lewat Youtube, banyak hal yang bisa dilakukan, selain bisa menonton berbagai macam jenis video yang di upload orang, mengomentari video tersebut, menyukai, dan mengikuti (subscriber) channel si pembuat video tersebut, kamu juga bisa membuat channel kamu sendiri dan memasukkan video yang kamu buat.

Dalam channel yang telah kamu buat tersebut, selain kamu bisa berkarya dengan mengupload video-video hasil karya kamu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan yang tampil pada video kamu tersebut, yang sebelumnya channel kamu telah kamu daftarkan dan diterima adsensenya.

Namun ada kalanya seseorang ingin menghapus channel Youtube nya dengan berbagai macam alasan, seperti kesal karena sering ditolak melulu waktu mendaftar Adsense Youtube, ingin membuat channel Youtube baru dan mendaftar lagi ke adsense, punya banyak channel yang tidak terurus dan ingin fokus satu channel saja, ingin pensiun dari Youtuber, atau apapun alasan lainnya cuma kamu yang tau.

Lantas bagaimana cara menghapus channel atau saluran Youtube? Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara menghapus channel Youtube dari hp dengan mudah dan gampang:

Cara Menghapus Channel Youtube Dari HP

Cara Menghapus Channel Youtube Dari HP


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara menghapus channel Youtube adalah membuka terlebih dahulu web browser yang ada di hp Android ataupun iPhone yang kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, UC Browser, Opera, atau web browser bawaan hp. 

Silahkan buka situs Youtube.com. Klik pada bagian sudut kanan atas, atau pada foto profil channel Youtube kamu seperti yang tampak pada gambar dibawah.


2. Silahkan scroll kebawah, lalu klik pada "Desktop" untuk membuka situs Youtube ke tampilan PC.


3. Sekarang tampilan situs Youtube sudah beralih ke tampilan desktop atau pc, silahkan klik kembali pada foto profil channel Youtube kamu pada sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Karena kamu membuka situs Youtube nya lewat web browser yang ada di hp, jadi tombol dan menu-menu terlihat lebih kecil, silahkan zoom terlebih dahulu pada bagian yang ingin diklik agar lebih mudah.

4. Pada akhir tulisan "Create Studio", silahkan klik icon menu pengaturan roda berputar tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


5. Selanjutnya klik "Setelan lanjutan" pada pilihan menu paling bawah sebelah kiri seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


6. Perhatikan pada bagian paling bawah, klik "Hapus Channel" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


7. Untuk melanjutkan, silahkan masukkan password akun gmail kamu terlebih dahulu. Klik "Berikutnya" bila sudah.


8. Bila akun gmail atau akun Google kamu sebelumnya aktif fitur keamanan dua lapis (verifikasi 2 langkah), silahkan verifikasi dulu dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor hp kamu. Bila sudah klik "Berikutnya".


9. Silahkan langsung saja klik "Saya ingin menghapus konten secara permanen" bila kamu ingin menghapus channel Youtube secara permanen.



9. Bila sudah klik tanda conteng, langsung saja klik "Hapus Konten Saya" untuk lanjut menghapus channel youtube.


10. Bagaimana apakah kamu sudah yakin ingin menghapus channel Youtube secara permanen? Artinya semua konten kamu yang ada di Youtube akan dihapus semua, seperti video, playlist, yang disukai, subscription, komentar, pesan, histori penelusuran, dan histori tontonan. Semua data tersebut tidak dapat dipulihkan lagi.

Bila kamu masih ragu, kamu masih bisa membatalkannya dengan klik "BATAL". Namun bila kamu sudah mikir dua kali dan sudah yakin betul ingin menghapus channel Youtube nya, silahkan konfirmasi dengan mengetik nama channel kamu di kotak yang sudah disediakan tersebut. Selanjutnya klik "HAPUS KONTEN SAYA".



 11. Selamat kamu telah berhasil menghapus channel Youtube dari hp dengan sukses. Artinya channel Youtube kamu telah benar-benar dihapus secara permanen oleh Youtube. Semua konten kamu yang ada di Youtube telah dihapus semua secara permanen, seperti video, playlist, yang disukai, subscription, komentar, pesan, histori penelusuran, dan histori tontonan. Semua data tersebut telah dihapus semua secara permanen dan tidak dapat dipulihkan lagi. Pastinya kamu tidak menyesal.


Bila konten kamu cukup banyak, maka diperlukan waktu beberapa menit agar benar-benar telah dihapus dari situs Youtube. Atau bisa saja memerlukan waktu beberapa hari untuk menghapus semuanya.

Lihat juga:

Ingat, kamu tidak bisa menghapus channel Youtube melalui aplikasi Youtube yang ada di hp Android dan hp iPhone yang kamu gunakan. Kamu hanya bisa menghapus channel Youtube hanya melalui web browser, baik web browser yang ada di pc maupun di hp.

Semoga kamu tidak menyesal telah menghapus channel Youtube nya. Sebaiknya sebelum menghapus channel Youtube kamu cek dulu mungkin siapa tau ada video yang penting yang ada di channel kamu tersebut. Silahkan download dulu bila ada video yang penting, karena nanti tidak bisa diambil lagi.

Nah itulah panduan lengkap cara menghapus channel Youtube lewat hp. Bagaimana apakah kamu telah berhasil menghapus channel Youtube nya?

Semoga artikel cara menghapus channel Youtube diatas dapat bermanfaat bagi kamu. Silahkan tinggalkan komentar dibawah bila terdapat kendala dalam menghapus channel nya. Sekian dan terimakasih.

Artikel lainnya: