Ukuran Thumbnail Youtube Yang Benar Dan Pas

Apakan kamu sudah tau berapa ukuran thumbnail Youtube? Dan apakah kamu kesulitan saat membuat gambar thumbnail video Youtube berapa cm ukuran pas nya? Tak perlu bingung lagi dalam menentukan berapa ukurannya, karena dibawah ini akan dijelaskan secara detail tentang thumbnail Youtube dan ukurannya.

Namun sebelum membahas berapa ukuran thumbnail video Youtube, apakah kamu tau apa itu thumbnail? Seperti dijelaskan di https://en.wikipedia.org/wiki/Thumbnail, Thumbnail adalah versi gambar kecil dari ukuran gambar yang sebenarnya.

Contoh sederhana thumbnail bisa kamu lihat pada galeri hp kamu. Coba buka galeri, maka akan terlihat ukuran kecil foto atau video yang ada pada galeri hp kamu sebelum foto atau video tersebut kamu buka dan menampilkan ukuran aslinya.

Dengan adanya gambar thumbnail tersebut, kamu tidak perlu bersusah payah bila ingin membuka atau melihat suatu video atau foto, tak perlu membukanya satu-satu bila ingin melihat foto mana yang hendak dibuka, dengan thumbnail tersebut kamu akan tau foto mana yang ingin dibuka. Bagaimana sudah paham kan?

Gambar thumbnail juga terdapat pada video, album foto pada pc, pada Instagram, Facebook, bahkan pada video yang ada di Youtube.

Nah gambar thumbnail pada Youtube, fungsi nya untuk menampakkan gambaran singkat tentang video yang kamu upload tersebut.

Pada thumbnail Youtube tersebut kamu bisa menulis sedikit tentang isi video yang kamu unggah, efek-efek visual, serta coretan-coretan lainnya yang bisa membuat orang tertarik buat menonton video kamu.

Thumbnail yang bagus ternyata dapat meningkatkan view pada video yang kamu upload. Bahkan bisa membuat video kamu masuk trending Youtube. Sangat menarik bukan?

Gambar thumbnail Youtube sebenarnya akan dibuat secara otomatis setelah video selesai di upload. Kamu bisa memilih 3 gambar thumbnail yang disediakan oleh Youtube untuk video kamu.

Namun 3 thumbnail yang disediakan Youtube tersebut sering tidak bagus dan menarik. Banyak para Youtuber yang membuat gambar thumbnail sendiri untuk video yang telah di upload tersebut.

Lantas berapa ukuran thumbnail video Youtube? Bagi kamu yang mau membuat gambar thumbnail Youtube dan tidak tau berapa cm ukurannya, berikut ukuran thumbnail Youtube sebetulnya:

Ukuran Thumbnail Youtube


Ukuran Thumbnail Youtube


Silahkan buat gambar thumbnail Youtube dengan ukuran sebesar mungkin. Kamu bisa menggunakan photoshop, picsart, coreldraw, atau aplikasi edit foto lainnya yang biasa kamu gunakan. Rekomendasi dari Youtube untuk thumbnail kustom adalah:
  1. Memiliki resolusi sebesar 1280x720 (dengan lebar minimum 640 piksel).
  2. Kamu bisa memilih format gambar seperti JPG, GIF, atau PNG.
  3. Ukuran gambar thumbnail nya jangan lebih dari 2 MB.
  4. Coba gunakan rasio tinggi lebar 16:9, karena rasio ini paling sering digunakan dalam pemutar dan pratinjau YouTube.
Ingat, Youtube melarang kamu membuat gambar thumbnail yang tidak mematuhi pedoman komunitas mereka, seperti gambar thumbnail menampakkan ketelanjangan, kekerasan, unsur sadis, unsur ujaran kebencian, dan hal tidak pantas lainnya.

Nah bila kedapatan thumbnail kamu akan dihapus. Bila mengulang lagi kamu diblokir membuat thumbnail selama 30 hari, bahkan bisa saja channel Youtube kamu dinonaktifkan.

Lihat juga:

Cara verifikasi thumbnail Youtube


Kenapa pada video saya tidak bisa mengganti thumbnail? Jawabannya karena channel Youtube kamu belum diverifikasi. Silahkan verifikasi channel Youtube kamu agar bisa upload gambar thumbnail kustom.

Cara verifikasi kepemilikan channel Youtube cukup mudah. Silahkan buka menu "Creator Studio" yang bisa dijumpai saat kamu klik pada foto profil channel Youtube kamu disudut kanan atas layar pc kamu.



Kemudian klik "Channel" pada menu pilihan sebelah kiri layar pc kamu. Selanjutnya klik tombol verifikasi sebelah kanan foto profil kamu, pilih negara, pilih metode verifikasi apakah melalui sms atau telepon. Masukkan kode tersebut lalu klik "Kirim". Beres.



Lihat juga:

Cara mengaktifkan thumbnail custom Youtube


Video baru

Silahkan upload video baru ke channel Youtube kamu. Setelah selesai upload, nanti akan muncul opsi untuk memilih thumbnail kustom di bagian "Thumbnail video".

Video yang sudah di upload

Untuk video yang sudah di upload, cara menambahkan thumbnail adalah pergi ke "Creator Video", lalu klik "Pengelola Video", silahkan klik "Edit" pada video yang ingin kamu custom thumbnail nya.

Dibawah 3 gambar thumbnail yang sudah disediakan oleh Youtube, silahkan klik "Thumbnail Kustom", silahkan upload gambar thumbnail yang ada di pc kamu. Klik "Simpan Perubahan". Beres.



Bagaimana apakah kamu sudah bisa membuat thumbnail dan mengupload nya ke video di channel Youtube kamu?

Dengan menggunakan aplikasi Youtube yang ada di hp Android mau pun iPhone kamu tidak bisa mengganti thumbnail nya, hanya bisa diganti bila kamu membuka situs Youtube lewat web browser hp saja dan pilih ke tampilan desktop.

Ingat jangan gunakan thumbnail yang menyesatkan (clickbait), yang tidak sesuai dengan isi konten kamu, karena bila ketahuan sama Youtube selain thumbnail nya dapat dihapus, channel Youtube kamu juga bisa dinonaktifkan.

Demikian artikel singkat yang membahas tentang ukuran thumbnail video Youtube. Bila ada kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.


Artikel lainnya: