8 Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Youtube tidak bisa dibuka? Bagaimana cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di HP Android maupun di PC? Youtube adalah situs berbagi video yang sangat populer nomor satu didunia. Dengan Youtube kamu bisa menemukan berbagai macam jenis video, mulai dari komedi, hiburan, travel, vlog, kuliner, kesehatan, olahraga, bahkan acara-acara di tv pun juga bisa kamu tonton di Youtube loh.

Youtube bisa diakses dengan beberapa cara, selain melalui web browser yang ada di PC ataupun yang ada di hp kamu, Youtube ternyata bisa diakses menggunakan aplikasi yang tersedia pada hp OS Android dan IOS pada Iphone.

Sama hanya dengan Instagram atau aplikasi lainnya yang ada di Android atau IOS, Aplikasi Youtube ternyata bisa error juga, yaitu Youtube tidak bisa dibuka. Pasti kamu sering mengalami, lagi enak nonton video terbaru dari Youtuber idola eh tiba-tiba aplikasi Youtube nya terhenti, lag atau hang. Pasti hal ini bikin kamu sebel dan marah-marah.

Tapi tenang, kamu tidak perlu cemas tidak bisa menonton lagi video terbaru dari Youtuber idola kamu, karena masalah cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka akan dibahas solusinya pada artikel ini.

Sebelum membahas cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka, kamu patut tau dulu apa penyebab Youtube tidak bisa dibuka terlebih dahulu. Berikut penyebab Youtube tidak bisa dibuka di hp Android:

Penyebab Youtube tidak bisa dibuka

  1. RAN Full - Penyebab yang pertama kenapa aplikasi Youtube pada smartphone Android kamu error tidak bisa dibuka adalah RAN penuh. Coba cek dulu deh berapa sisa RAN di HP kamu. HP dengan RAN dibawah 2 GB kalau terlalu banyak membuka aplikasi bisa membuat hp lag atau hang.
  2. Banyak Sampah - Selanjutnya banyak file sampah yang menumpuk di HP kamu yang jarang kamu hapus. Banyaknya sampah pada memori hp bisa membuat  hp kamu lemot, lalu saat aplikasi Youtube kamu buka maka aplikasi tersebut akan lag atau hang.
  3. Android jadul - Coba cek dulu tipe apa versi OS Android yang ada di hp kamu, mungkin siapa tau kamu masih menggunakan versi Android yang sudah usang, jadi tidak cocok lagi dengan aplikasi-aplikasi update terbaru sekarang, apalagi aplikasi Youtube yang baru berjalan dengan sempurna tanpa lag pada versi Android terbaru.
Itulah penyebab Youtube tidak bisa dibuka di hp. Bila kamu tak sabaran ingin tau cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp, berikut cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp dengan lengkap.


youtube tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka


1. Tekan Tombol Recent Apps


Cara yang pertama untuk mengatasi Youtube tidak bisa dibuka adalah dengan cara menekan tombol Recent Apps. Biasanya tombol ini berada di sebelah kiri atau kanan hp Android. Beda merek hp maka beda pula icon dan letak tombol recent apps ini.

Tombol recent aplikasi sebelah kanan

Tekan tombol recent apps, klik X atau geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi Youtube nya. Kamu juga bisa menutup semua semua aplikasi yang sedang berjalan agar hp kamu jadi fresh.

2. Hapus Cache


Agar aplikasi Youtube bisa dibuka kembali dan tidak lelet saat menonton video, lakukan pembersihan file Cache. Buka Pengaturan, lalu ke Manager Aplikasi, nah cari aplikasi Youtube selanjutnya klik hapus cache.

3. Hapus semua sampah dan cache


Untuk menghapus semua file sampah kamu bisa gunakan aplikasi pihak ketiga, seperti CCleaner, CleanMaster, dan lain-lain. Bila tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut kamu bisa menggunakan fitur pembersih file bawaan kamu. Cara pembersih file yang ada di hp kamu, karena beda merek dan tipe hp beda pula nama pembersih file nya. Kalau di hp Samsung namanya "Pemeliharaan Perangkap".

4. Update


Sudah kah kamu update aplikasi Youtube yang ada di HP kamu ke versi terbaru. Jangan-jangan kamu masih menggunakan aplikasi Youtube yang masih lawas, sedangkan kamu menggunakan versi Android terbaru. Nah sudah pasti aplikasi Youtube lawas yang masih kamu gunakan itu tidak support untuk versi Android terbaru, makanya sering tidak bisa dibuka, walaupun bisa sering lag atau keluar sendiri.

5. Restart HP


Ini cara yang ampuh juga untuk mengatasi Youtube tidak bisa dibuka. Coba restart atau matikan hidupkan kembali hp kamu. Saat kita mematikan dan menghidupkan kembali hp, semua aplikasi yang sedang berjalan akan bersihkan, dan hp kamu jadi ringan, youtube pun akan mudah dibuka.

6. Copot Pasang Youtube


Nah ini cara ampuh juga untuk mengatasi aplikasi Youtube tidak bisa dibuka dihp. Coba uninstall atau copot pemasangan dulu aplikasi Youtube yang ada di hp Android kamu lalu pasang lagi. Saat kamu pasang kembali aplikasi Youtube akan kembali ringan, namun kamu harus login kembali dengan akun Youtube kamu.

7. Update OS


Sudah mendapatkan update Android ke versi terbaru, coba cek di pengaturan, lalu ke perbarui perangkap lunak. Bila mendapat update silahkan download update os nya. Ternyata bila kamu masih menggunakan OS atau Android versi lama, sedangkan aplikasi Youtube sudah kamu update. Nah inilah yang menyebabkan Youtube tidak bisa dibuka karena tidak support dengan versi lama Android di hp kamu.

8. Reset HP


Cara ini bisa kamu coba bila kesemua cara diatas masih belum saja bisa mengatasi masalah aplikasi Youtube tidak bisa dibuka. Jangan lupa cadangkan dulu data kamu untuk antisipasi siapa tau nanti hilang semua saat hp di reset ke pengaturan awai pabrik.

Itulah cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp Android, bagaimana apakah aplikasi Youtube yang ada di HP Android kamu sudah bisa dibuka setelah mencoba kedelapan cara diatas?

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di PC


Selain cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp Android diatas, sekarang adalah cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di PC. Berikut cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di PC:

  1. Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di PC hampir sama dengan cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di HP, kamu bisa menghapus riwayat dan cache pada web browser yang kamu gunakan. Selain itu
  2. Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, atau CleanMaste untuk membersihkan semua file sampah dan cache.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Iphone


Untuk cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Iphone caranya sama saja dengan cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp Android. Pastikan Iphone kamu tidak dalam kondisi mode pesawat, pastikan jaringan internet tersedia, matikan dan hidupkan ulang iphone kamu dan update aplikasi Youtube terbaru.

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di hp android, di iphone, atau pun di pc. Semoga artikel penyebab dan cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share dan meninggalkan komentar bila terdapat masalah yang tidak bisa diselesaikan. Terimakasih!

Artikel lainnya:
Cara membuat akun Youtube lewat hp
Cara membuat channel Youtube lewat hp
Cara upload video ke Youtube lewat hp
Cara download mp3 dari Youtube

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon