10 Cara Menjadi Youtuber Pemula Yang Menghasilkan Uang

Kamu pasti penasaran bagaimana cara menjadi Youtuber dan menghasilkan uang? Di era modern dan digital sekarang ini mendapatkan uang dari internet atau Youtube bisa diwujudkan dengan sangat mudah dan gampang asalkan kamu ada kemauan untuk belajar, giat serta konsisten.

Karena pada era sekarang itu, gaya hidup orang itu berbeda dengan era zaman dahulu. Bila era dahulu orang menghibur diri dengan menonton acara-acara di televisi, mendengarkan radio dan membaca majalah, tapi pada zaman sekarang ini, Youtube adalah tempat menghibur diri paling favorit.

Karena lewat Youtube, semua hal bisa didapatkan. Mulai dari mendengarkan musik, nonton komedi, menonton video inspirasi, ceramah agama, olahraga, fashion, gadget, konten binatang, belajar sesuatu, berbagai macam tips dan trip, serta banyak hal lainnya.

Selain itu, bila kamu tidak sempat menonton acara yang ada di tv, kamu masih bisa menontonnya di Youtube siaran ulang nya. Karena sekarang ini semua program di tv ada channel Youtube nya. Bahkan kamu juga bisa nonton tv lewat Youtube juga loh secara live streaming. Seru kan?

Alasan Kamu Harus Menjadi Seorang Youtuber


Harga sebuah smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses Youtube yang semakin terjangkau, serta koneksi internet yang kencang, murah dan menjangkau hampir seluruh pelosok nusantara adalah menjadi sebuah faktor makin banyak orang Indonesia yang menonton Youtube.

Maka dari itu, kamu patut menjadi seorang youtuber atau orang yang membuat konten di Youtube dan menghasilkan uang.

Sekarang seluruh Indonesia bisa mengakses Youtube, semakin hari semakin bertambah, tanpa ada batasan usia, baik tua maupun muda. Kamu harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi seorang youtuber dan menghasilkan uang.

Menghasilkan uang dari Youtube bukan lah hoax, banyak para youtuber yang telah membuktikannya seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, Jess No Limit, Deddy Corbuzier, Edho Zell, Arief Muhammad dan lainnya yang cukup banyak dengan berbagai tema channel nya.

cara menjadi youtuber
Ria Ricis dan Atta Halilintar, salah satu Youtuber terkaya dan yang paling banyak subscriber nya di Indonesia

Mereka semua ada yang mendapatkan penghasilan dari puluhan juta rupiah, bahkan sampai ada yang mendapatkan uang ratusan juta rupiah perbulan dari Youtube. Maka dari itu kamu harus menjadi seorang youtubers juga.

Jumlah pengiklan pun untuk pasar Indonesia juga semakin bertambah di Youtube yang didominasi oleh brand-brand besar. Jadi tak usah kuatir sedikit mendapatkan hasil walaupun view tidak jutaan.

Lantas bagaimana cara menjadi youtuber dan mendapatkan uang? Cara menjadi youtuber sebenarnya cukup mudah, cukup punya hp saja kamu sudah bisa menjadi seorang youtuber dan menghasilkan uang seperti idola kamu.

Langsung aja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara menjadi youtuber pemula yang menghasilkan uang dengan mudah dan gampang:

Cara Menjadi Youtuber Pemula Yang Menghasilkan Uang


1. Buat Akun Gmail



Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mendaftar menjadi youtuber adalah membuat sebuah akun Gmail, atau akun Google sama saja.

Tanpa adanya akun Gmail kamu tidak bisa menjadi seorang youtubers dan menghasilkan uang. Bagi yang menggunakan hp Android mungkin sudah memiliki akun gmail yang dibuat untuk login ke aplikasi Playstore.

Namun bila kamu belum memiliki alamat email dari Gmail, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu di https://accounts.google.com/SignUp.

Bila kamu masih bingung bagaimana cara membuat akun gmail, kamu bisa melihat artikel tutorialnya di cara buat akun gmail baru lewat hp.

2. Buat Channel Youtube


Sekarang akun Gmail sudah ada. Lalu apa langkah selanjutnya? Langkah selanjutnya adalah membuat akun Youtube dan channel Youtube.

Ingat ya, akun Youtube dengan Channel Youtube itu berbeda. Dengan adanya akun Youtube, maka didalam nya kamu bisa membuat channel Youtube.

Kamu bisa buat dua channel youtube, lima channel youtube, bahkan lebih didalam akun youtube kamu. Bagaimana paham kan?

Lihat:
Cara membuat akun Youtube
Cara membuat channel Youtube

3. Tentukan Konten Apa


Nah ini sangat penting. Yaitu konten. Apa hobi kamu? Silahkan buat konten yang sesuai dengan hobi kamu.

Bila kamu suka mencicipi banyak kuliner, atau suka berwisata kuliner, kamu bisa bikin channel kuliner seperti Next Carlos, atau bila jago memasak kamu bisa bikin video-video cara memasak masakan yang kamu suka.

Ingat! Jangan bikin konten yang tidak kamu sukai, apalagi mencontoh konten para youtube idola kamu, dan berharap bisa sukses seperti mereka juga seperti Ria Ricis contohnya. Karena bila hal tersebut bukan bidang kamu, bukan hobi atau kamu tidak nyaman melakukannya, niscaya kamu akan cepat bosan, dan akan gagal menjadi seorang youtuber.

Buat lah konten yang sesuai dengan passion dan hobi kamu, karena kamu akan nyaman dan suka melakukannya karena sudah hobi, jadi kedepannya kamu tidak akan bosan membuat konten tersebut lagi dan akan lebih maksimal.

4. Alat Pendukung


Cara jadi youtube yang keempat adalah memiliki alat pendukung. Untuk menjadi seorang youtube pemula dan kamu masih dalam tahap belajar, sebaiknya manfaatkan saja apa yang ada dulu.

Bila kamu memiliki hp, kamu bisa membuat video lewat hp. Tak masalah hasilnya jelek, kan masih belajar. Nah nanti bila ada uang lebih, kamu bisa membeli kamera dslr bekas terlebih dahulu.

Jangan paksakan untuk membeli kamera dslr baru bila uang kamu masih pas-pasan, apalagi meminjam ya. Cukup pakai kamera hp atau beli kamera dslr second dulu.

5. Edit Video


Video sudah ada, langkah selanjutnya adalah mengeditnya. Kamu bisa langsung mengeditnya lewat hp. Banyak aplikasi edit video gratis di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video lewat hp.

Namun bila kamu memiliki laptop, kamu bisa langsung mengedit lewat laptop agar video tersebut terlihat lebih menarik. Banyak aplikasi edit video untuk pc yang bisa di download secara gratis untuk Windows.

Yang perlu dicatat!

Kamu jangan sembarangan menggunakan musik atau backsound pada video yang kamu edit tersebut ya, karena nanti video kamu tidak bisa di pasang iklan dan dapat menghasilkan uang. Sia-sia kan sudah capek-capek membuat video eh tidak bisa di monetize karena kena klaim hak cipta.

Kamu bisa mengunakan backsound free copyright. Banyak kok terdapat di Youtube musik latar yang bebas di gunakan tanpa perlu kuatir kena hak cipta. Silahkan ketik saja di Youtube "Not copyright song". Nanti kamu bisa mengubahnya ke mp3.

Lihat:
Cara download mp3 dari Youtube lewat hp

6. Upload Video


Judul video

Silahkan upload video yang telah kamu edit tersebut ke channel yang telah kamu buat diatas. Masukkan judul video yang menarik dan menjual ya, yang sesuai dengan isi video kamu.

Kamu bisa mencontoh para Youtuber idola kamu bagaimana cara mereka membuat judul yang menjual. Atau kamu bisa lihat di trending Youtube. Lihatlah bagaimana cara mereka membuat judul yang unik dan menjual sehingga video mereka masuk trending.

Gambar thumbnail 


Gambar thumnnail yang menarik pada channel Atta Halilintar

Selain judul yang menjual, thumbnail juga menjadi faktor penting video kamu banyak yang klik. Buat gambar thumbnail yang menarik agar menarik minat orang mau menonton video kamu.

Banyak aplikasi edit foto gratis yang bisa kamu gunakan di Play Store untuk membuat gambar thumbnail menarik.

Deskripsi dan tag

Tulis deskripsi yang sesuai dengan isi video yang kamu upload, dan pada akhir kalimat ajaklah para penonton untuk membagikan video tersebut, mengajak like dan subscriber.

Pada bagian tag, silahkan masukkan kata-kata yang sesuai dengan isi video kamu. Kalau video tentang kuliner kamu bisa masukkan tag "masakan" "kuliner" "masakan nusantara" "food" "nasi goreng" dan lain sebagainya.

Lihat:
Cara upload video ke Youtube lewat HP

7. Promosi


Bila video nya sudah di upload, langkah selanjutnya adalah mempromosikannya. Kamu bisa share video tersebut ke akun sosial media kamu, seperti ke Facebook dan Instagram. Suruh teman-teman kamu untuk menonton video kamu.

Bisa juga kamu meminta bantuan teman-teman kamu untuk mempromosikan video atau channel kamu di akun sosial media mereka.

Buat akun sosial media khusus

Selain mempromosikan ke akun sosial media pribadi jangan lupa buat akun sosial media khusus untuk channel youtube kamu tersebut, seperti membuat akun Instagram dan membuat halaman fanspage di Facebook.

Lihat:
Cara membuat halaman di Facebook

8. Daftar Google Adsense Youtube


Agar bisa menghasilkan uang dari youtube, selain melakukan beberapa hal diatas, kamu patut mendaftar ke Google Adsense terlebih dahulu agar bisa memasang iklan di video yang kamu upload.

Namun syarat agar bisa mendaftar di Google Adsense, kamu harus mengumpulkan 1.000 subscriber dulu dan 4.000 waktu ditonton dalam 12 bulang terakhir. Ingat waktu ditonton, bukan view atau penayangan ya.

Bila channel kamu sudah memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 waktu ditonton maka secara otomatis channel youtube kamu akan direview dan dilihat oleh orang Youtube apakah memenuhi persyaratan apa tidak untuk bergabung menjadi publisher adsense.

Silahkan tunggu minimal 1 minggu, bila channel kamu bagus, video original semua, maka kemungkinan channel kamu akan diterima dan bisa langsung memasang iklan google adsense.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca disini https://support.google.com/youtube/answer/72851

9. Rajin dan Konsisten


Jangan lupa untuk selalu bikin konten di channel youtube kamu ya, agar subscriber semakin bertambah, view terus meningkat serta penghasilan meningkat.

Jadi jangan malas upload video. Buatlah jadwal upload video, tidak bisa upload video tiap hari tak masalah, asalkan konsisten dan rutin, seminggu 1 video juga bagus daripada hari ini upload 3 video, besok satu, lusanya tidak, lusanya upload lagi dan begitu seterusnya.

10. Gajian


Sebelum bisa menikmati penghasilan kamu dari youtube untuk yang pertama kali, ada beberapa langkah terlebih dahulu yang harus kamu lewati:

Verifikasi PIN


Begini surat yang dikirim oleh Google yang berisikan PIN didalamnya

Sebelum bisa mengambil penghasilan dari Youtube, kamu harus verifikasi pin terlebih dahulu yang dikirim ke alamat rumah kamu.

PIN Google Adsense dikirim secara otomatis ke alamat rumah kamu setelah penghasilan kamu mencapai Rp. 130.000.

Selanjutnya kamu bisa memasukkan kode pin yang dikirim Google tersebut pada akun Adsense kamu.

Ambil gaji


Penghasilan Google Adsense akan secara otomatis masuk ke rekening bank kamu pada tanggal 21 tiap bulannya. Tapi ingat penghasilan adsense akan dibayar bila tiap bulannya kamu telah mencapai penghasilan Rp. 1.300.000, dan akan dibayar pada bulan berikutnya.

Bila bulan ini penghasilan kamu tidak mencapai 1,3 juta, maka akan digabungkan pada bulan berikutnya sampai mencapai minimal 1,3 juta. Untuk lebih jelas nya kamu bisa lihat disini https://support.google.com/adsense/answer/7164703?hl=id

Bagaimana ternyata tidak semudah yang dibayangkan cara menjadi youtube dan mendapatkan penghasilan kan? Semuanya butuh usaha, kerja keras, dan konsisten.

Siapa yang sungguh-sungguh maka dia akan mendapatkan apa yang dia usahakan, dengan cara terus belajar, rajin, konsisten, dan yang terakhir berdoa.

Ingat, orang pinter pemalas bisa kalah sama orang bodoh yang tak tau apa-apa namun mau belajar dan rajin.

Itulah artikel singkat yang membahas cara mendaftar menjadi youtuber atau cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang. Bagaimana kamu sudah berada tahapan dimana? Apakah baru memulai bikin video atau menunggu diterima?

Bila ada hal yang tidak kami pahami dan mengerti, silahkan tanya dikolom komentar. Sekian dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka
Cara merekam layar Android tanpa root
Cara download video di Facebook tanpa aplikasi
Trik fotografi keren dengan kamera hp