Cara Membatasi Komentar Di Instagram

Bagaimana cara membatasi komentar di Instagram? Mungkin kamu sering melihat akun-akun Instagram para selebritis, tokoh publik, atau akun-akun besar lainnya yang saat mereka tertimpa suatu masalah atau isu tertentu pasti kamu ingin mengomentari postingan mereka.

Alangkah bikin kesal pas kamu ingin mengomentarinya ternyata tidak bisa, dikolom komentar ada peringatan "Komentar di kiriman ini sudah dibatasi", padahal akun-akun lainnya masih bisa mengomentari postingan akun tokoh publik tersebut.

Kenapa kamu tidak bisa mengomentarinya? Jawabannya adalah orang tersebut telah membatasi komentar di akun Instagram nya, jadi semua postingan di akun dia akan dibatasi komentarya.

Nah cuma orang yang akun tersebut ikuti saja yang dapat mengomentari postingan dia. Jadi bila akun tersebut tidak mengikuti kamu, artinya kamu tidak bisa mengomentari foto atau pun video dia walaupun kamu follow akun tersebut.

Bagaimana ingin mencoba juga? Kamu juga bisa menggunakan fitur membatasi komentar di akun kamu bila kamu tidak suka melihat banyak orang yang mengomentari posingan kamu yang tidak sesuai dengan apa yang kamu posting.

Memang komentar spam dari akun-akun olshop, komentar sindiran, hujatan, dan lainnya di foto kamu pasti bikin kamu sedih, kesal, dan hilang semangat untuk menggunakan Instagram lagi.

Nah daripada kamu menonaktifkan kolom komentar yang membuat teman-teman baik kamu tidak dapat mengomentarinya lagi, alangkah lebih bagus kalau kamu untuk membatasi komentar di postingan Instagram kamu saja.

Lihat juga:

Jadi nanti hanya orang yang kamu follow saja yang dapat mengomentari postingan kamu. Lantas bagaimana cara membatasi komentar di Instagram? Langsung saja, tanpa menunggu waktu lama lagi, berikut cara membatasi komentar di Instagram:

Cara Membatasi Komentar Di Instagram


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara membatasi komentar di Instagram terbaru ini adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram di hp kamu, selanjutnya buka profil, klik pada icon menu pilihan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Membatasi Komentar Di Instagram

2. Klik "Pengaturan".


3. Klik "Privasi dan Keamanan".


4. Klik "Kontrol Komentar".


5. Klik "Izinkan Komentar Dari".


6. Silahkan klik "Orang yang Anda Ikuti".


Saat kamu memilih "Orang yang Anda Ikuti", berarti yang dapat mengomentari postingan kamu adalah orang yang kamu follow di Instagram, nah orang yang tidak kamu follow tidak dapat mengomentari postingan kamu walaupun orang tersebut mengikuti akun kamu.

Bila kamu memilih "Pengikut Anda", berarti hanya orang yang mengikuti kamu saja yang dapat mengomentari postingan kamu. Jadi orang yang tidak mengikuti kamu, dan orang yang kamu follow yang tidak follback tidak dapat mengomentari postingan mau.

Nah bila kamu memilih "Orang yang Anda Ikuti dan Pengikut Anda", berarti yang dapat mengomentari postingan kamu adalah orang yang kamu follow, dan orang yang follow akun kamu.

Untuk pilihan "Semua Orang", sudah jelas siapa saja dapat mengomentari postingan kamu, baik itu orang yang tidak follow kamu, orang yang kamu follow, dan yang follow kamu semua dapat mengomentarinya. Bagaimana sudah jelas kan?

Perhatikan gambar dibawah ini. Ini adalah potingan ketika komentar pada Instagram belum dibatasi. Postingan ini masih bisa dikomentari oleh siapa saja.


Gambar dibawah ini adalah ketika postingan dibatasi dan hanya orang yang kamu follow saja yang dapat memberikan komentar pada postingan kamu. Jadi orang yang tidak kamu follow tidak dapat memberikan komentar meski orang tersebut follow kamu. Saat akun yang tidak kamu follow maka saat membuka postingan kamu dan hendak mengomentarinya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini "Komentar di kiriman ini sudah dibatasi".

Nah orang tersebut tidak dapat mengomentari postingan kamu, kecuali kamu sudah follow akun tersebut, baru orang tersebut bisa mengomentarinya.

Pada bagian pengaturan kontrol komentar, masih banyak pengaturan komentar yang bisa kamu coba, seperti memblokir komentar dari seseorang, filter komentar yang dapat menyembunyikan komentar yang menyinggung, artinya secara otomatis bila ada kata-kata yang menyinggung akan langsung terhapus.

Lihat juga:
Cara menghilangkan kolom komentar di story Instagram
Cara download video di Instagram tanpa aplikasi

Selain itu kamu juga bisa menggunakan filter manual. Disini kamu bisa memasukkan kata-kata secara manual, saat ada yang hendak mengomentari postingan kamu dengan kata-kata yang telah kamu tambahkan tersebut, secara otomatis akan dihapus oleh Instagram. Bagaimana menarik bukan?


Itulah cara membatasi komentar di Instagram dengan mudah. Bagaimana apakah sudah bisa mencoba fitur membatasi komentar ini?

Sekarang hanya teman-teman kamu saja atau orang-orang yang kamu follow saja yang dapat mengomentari postingan kamu.

Kamu tidak perlu lagi mematikan kolom komentar bila tidak ingin akun-akun yang tidak jelas mengomentari postingan kamu, misal akun jualan dengan komentar spam nya, dan akun-akun lainnya yang tidak kamu kenal.

Kamu sekarang bisa lebih nyaman menggunakan Instagram, tidak perlu cape-cape lagi menghapus komentar spam atau komentar hujatan yang bikin kamu sedih, putus semangat dan stress.

Demikian artikel singkat cara membatasi komentar di Instagram. Semoga artikel cara memblokir komentar dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memberikan komentar ini dapat bermanfaat bagi kamu. Terimakasih.

Artikel lainnya:
Cara menyembunyikan status online di Instagram
Cara menyembunyikan foto yang ditandai di Instagram
Cara menghapus riwayat pencarian di Instagram
Cara repost Instagram story orang lain