Cara Menyembunyikan Status Online Di Instagram

Bagaimana cara menyembunyikan status online di Instagram? Pertanyaan ini pasti sering kali timbul di benak kamu. Fitur penanda bahwa seseorang itu sedang online atau sedang aktif bermain di Instagram memang sudah lama ada di aplikasi Instagram.

Sama hanya seperti pada aplikasi chatting Facebook, yaitu Messenger, fiturnya hampir mirip, kamu bisa mengetahui seseorang itu sedang aktif dengan melihat titik hijau menyala yang muncul pada bagian kanan bawah foto profil seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Status Online Di Instagram

Selain itu, bila sedang tidak online, kamu juga bisa mengetahui kapan terakhir kali dia aktif menggunakan Instagram berupa waktu dan tanggalnya. Nah bila sedang aktif menggunakan Instagram, selain pertanda titik hijau pada foto profilnya, saat kamu membuka pesan tersebut, pada bagian atas juga akan ada pemberitahuan "Sedang aktif" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Banyak yang menyukai fitur status online di ig ini karena bisa meningkatkan interaksi antar pengguna di Instagram. Kamu bisa tau siapa saja teman kamu yang sedang aktif menggunakan Instagram, dan kamu bisa langsung mengirim pesan kepada dia agar bisa langsung dibalas.

Fitur status online ini akan terlihat bila antara pengguna Instagram sudah saling mengirim pesan direct messenger (DM) sebelumnya.

Walaupun fitur status online ini sangat bermanfaat bisa mengetahui teman lagi online, tapi tak sedikit pula orang yang tidak menyukai fitur status online ini. Privasi adalah alasan bagi sebagian orang agar tidak ketahuan sedang online di Instagram.

Lihat juga:

Nah ada kabar gembira bagi kamu yang tidak ingin ketahuan bila sedang aktif menggunakan Instagram, ternyata fitur status online di Instagram ini bisa dinonaktifkan loh. Lantas bagaimana cara menyembunyikan status online Instagram?

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara agar tidak terlihat online di Instagram, dan kamu tidak perlu kuatir lagi dimarahi pasangan karena asyik bermain dengan Instagram tapi lama membalas pesan dari dia.

Cara Menyembunyikan Status Online Di Instagram


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara agar tidak terlihat online di Instagram adalah membuka terlebih dahulu akun Instagram kamu, lalu kebagian profil. Silahkan klik icon pilihan paling atas kanan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik "Pengaturan".


3. Klik "Privasi dan Keamanan".


4. Klik "Status Aktivitas".


5. Silahkan klik tombol pada ujung tulisan "Tampilkan Status Aktivitas" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah sekarang kamu tidak bisa lagi melihat status aktivitas akun lainnya, begitu juga sebaliknya, orang tidak bisa lagi melihat kamu kapan terakhir aktif serta akan terlihat selalu offline.


Seperti yang tampak pada gambar dibawah, titik hijau yang menandakan akun tersebut sedang aktif tidak muncul lagi. Waktu yang terlihat disitu bukan berarti waktu dia terakhir aktif menggunakan Instagram, akan tetapi waktu kapan dia terakhir kali mengirimkan pesan kepada kamu, atau waktu terakhir kali kamu mengirimkan pesan ke dia.


Perhatikan gambar diatas, bila akun tersebut sedang aktif dan status online di Instagram belum dimatikan, bisa dilihat disitu tampak titik hijau dengan kalimat "Sedang Aktif" seperti tampak pada gambar paling atas. Nah sekarang titik hijau yang menandakan akun tersebut sedang aktif hilang.

Namun ternyata cara diatas hanya menyembunyikan status online saja di Instagram, akan tetapi aktivitas di Instagram masih bisa terlihat, seperti kamu habis menyukai foto siapa, follow akun siapa, habis komentari foto siapa, dan lain-lain seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Itulah cara agar tidak terlihat online di ig. Cara agar aktivitas di Instagram tidak diketahui orang ternyata tidak bisa dan belum bisa. Pihak Instagram memang belum mengizinkan aktivitas seperti gambar diatas dihilangkan. Dengan mengikuti cara diatas ternyata hanya bisa menyembunyikan status online saja di pesan DM.

Lihat juga:

Tapi lumayan penting juga walaupun orang masih bisa melihat aktivitas kamu di Instagram, tapi orang tidak bisa mengetahui kamu lagi sedang online apa kagak karena tanda online titik hijau yang ada pada pesan dm tidak muncul lagi.

Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang tidak ingin di ketahui pasangan bahwa kamu sedang aktif menggunakan Instagram. Atau bisa mendiami dulu pesan yang masuk, dan orang tidak sebel menunggu kamu lama membalasnya karena mereka mengira kamu sedang tidak aktif menggunakan Instagram.

Sekarang privasi kamu akan terjaga, teman kamu di Instagram sudah pasti tidak akan mengirim kamu pesan karena mengira kamu sedang tidak aktif menggunakan Instagram. Kamu sekarang bisa lebih puas bermain dengan Instagram. Kamu bisa memunculkan kembali fitur status online ini kapan saja kamu mau. 

Oh ya menyembunyikan status online di Instagram ini ada kerugiannya bagi kamu. Kerugiannya kamu tidak bisa melihat teman kamu sedang online apa kagak.

Jadi kamu tidak bisa mengetahui semua akun yang kamu follow sedang online apa offline, karena tidak ada lagi icon titik hijau yang bertanda dia sedang online. Semuanya akan terlihat sedang offline.

Nah bagaimana ingin menyembunyikan status online di Instagram atau membiarkannya tetap seperti semula aktif? Semua pilihan ada pada kamu. Kamu bisa menyembunyikan dan mengaktifkannya kapan pun kamu mau.

Demikian artikel singkat cara menyembunyikan status online di Instagram ini. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya: