PENGERTIAN SENI RUPA: Unsur, Fungsi dan Macam-Macam Seni Rupa

Sudah tahu apa itu Pengertian Seni Rupa? Jika berbicara masalah seni rupa tentu kita sering menemukannya di dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu saja, dengan seiring berkembangnya jaman, maka seni ini juga mengalami yang namanya perubahan.

Oleh sebab itu, Anda pasti sudah sering menemukan dan melihatnya berbagai macam seni rupa tersebut. Nah, jika berbicara masalah pengertian seni rupa, apakah Anda sudah mengetahuinya dengan jelas?

Jadi, untuk pengertian dari seni rupa ini dapat dikatakan sebagai suatu wujud ekspresi dari seseorang yang menumpahkan imajinasinya baik itu ke dalam cerita, curahan hati, keindahan sehingga menghasilkan suatu karya seni.

Karya-karya seni tersebut memiliki keindahan yang makna tersendiri yang memang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, banyak orang yang mengagumi akan sentuhan artistic tersebut sehingga hal ini juga dapat menjadikan inspirasi bagi orang lain.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengertian seni rupa, unsur-unsur seni rupa dan lainnya maka Anda bisa melihatnya seperti berikut ini.

Pengertian Seni Rupa


Pengertian Seni Rupa

Apa yang dimaksud dengan pengertian seni rupa? Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti ini tentu sangat banyak sekali ditemukan dan di dengar bukan? Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang pengertian seni rupa maka Anda bisa melihatnya disini. Seni rupa merupakan suatu cabang kesenian yang memang membentuk sebuah karya yang di sertai dengan menggunakan media yang nantinya dapat ditangkap secara kasat mata serta dapat dirasakan dan juga disentuh dengan menggunakan indera peraba.

Jadi, secara tidak langsung pengertian seni rupa ini menunjukan kepada seseorang yang mampu menciptakan sebuah karya seni dengan meluapkan ataupun menuangkan ekspresinya ke suatu karya dan juga kecintaan dan juga keindahan sehingga terbentuklah sebuah karya yang dapat dilihat secara langsung serta dapat pula disentuh dengan indera peraba.

Sebagai contoh yang dapat Anda lihat seperti sebuah lukisan. Dimana karya lukisan tersebut ditulis langsung oleh seorang pelukis sehingga pada lukisan tersebut dituangkan pula imajinasi-imajinasi serta ekspresi yang ia rasakan sehingga terbentuklah sebuah karya seni yang indah dan juga berbagai macam paduan warna yang membuat lukisan tersebut sangat indah serta enak dipandang.

Tak hanya itu saja, jika seseorang yang sangat paham akan seni dan sebuah karya seni maka seseorang tersebut dapat terhanyut ke dalam suasana dan dapat memahami akan makna yang terkandung pada sebuah lukisan tersebut. Oleh karena itu, seni rupa ini memang tidak hanya menawarkan keindahan semata saja melainkan sebuah karya seni juga dapat membuat orang menjadi merasa terhibur hanya dengan melihatnya saja.

Lihat juga:
Pengertian Website
Pengertian Norma

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli


Disini Anda tidak hanya melihat pengertian seni rupa secara umum saja, akan tetapi disini Anda juga dapat melihat pengertian seni rupa menurut para ahli. Untuk itu, sebagai informasinya Anda bisa melihat langsung seperti berikut ini:

Menurut Haukin


Pengertian seni rupa yang pertama yaitu dikemukakan oleh Haukin. Dimana seni rupa merupakan sebuah ekspresi jiwa seseorang yang dituangkan dari imajinasi pada sebuah karya yang berbentuk indah dan dapat dinikmati oleh semua orang di dalam sebuah pertunjukan ataupun di dalam pameran seni.

J.J Hogman


Berikutnya ada juga pengertian seni rupa menurut J.J Hogman. Dimana seni merupakan sesuatu yang memang memiliki unsur ideas, artifact dan juga activities. Maksudnya disini yaitu dimana seni memiliki tiga poin atau disebut juga dengan tiga pilar utama yaitu seperti ideas, artifact dan juga activities. Untuk ideas disini dapat di artikan dalam wujud seni yaitu sebagai sebuah bentuk kompleks yang dilengkapi oleh ide, gagasan, norma, nilai, peraturan dan juga sebagainya.

Namun, kalau untuk activities dapat diartikan pula sebagai sebuah kompleks aktivitas dan juga tindakan dari manusia dalam menuangkan imajinasinya di dalam seni sedangkan yang terakhir yaitu artifact dapat diartikan sebagai suatu wujud seni yang dihasilkan langsung oleh manusia sehingga menghasilkan suatu karya.

Kottak


Pengertian seni rupa selanjutnya di kemukakan langsung oleh Kottak. Dimana seni merupakan suatu kualitas, keindahan alam, hasil ekspresi dan juga segala sesuatu yang dapat melebihi keasliannya melalui objek subjek pada kriteria estetis. Nah, maksud pada poin ini yaitu dimana kata seni tidak hanya semata-mata berbuah dari karya tangan manusia saja, melainkan seni juga bisa jauh lebih universal serta menjelaskan bahwa seni ini adalah segala sesuatu yang memang tercipta yang dapat melebihi dari tingkat keasliannya pada suatu objek secara umum.

Menurut Aristoteles


Menurut Aristoteles dimana seni memang merupakan peniruan terhadap alam namun sifatnya harus ideal. Selain itu, Aristoteles juga menjelaskan dan memaparkan lebih lanjut mengenai seni. Dimana seni merupakan sebuah peniruan terhadap alam yang memang memiliki sifat yang ideal yang pastinya memiliki proporsi yang sama dengan alam. Tak hanya itu saka, pendapat seperti ini juga dapat menampilkan kekuatan seni yang sejatinya yang diekspresikan langsung melalui sebuah karya yang dituangkan dari imajinasi seseorang dan bisa saja bersifat tidak mungkin. Jadi, itulah pengertian seni rupa yang dikemukakan langsung oleh Aristoteles.

Plato & Rousseau


Pengertian seni rupa menurut Plato & Rousseau juga dapat dikatakan hampir sama dengan Aristoteles. Dimana seni merupakan suatu hasil peniruan alam dari segala bentuk seginya. Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian ini yaitu Plato & Rousseau berpendapat bahwa seni ini memang merupakan sebuah tiruan alam yang dapat mencakup secara keseluruhan segi alam semesta ini.

Lihat juga:
Pengertian Kebudayaan
Pengertian Politik

Jadi, jika berbicara masalah pengertian seni rupa memang sangat banyak sekali. Dimana setiap orang tentu memiliki cara berpikir dan berpendapat yang berbeda pula namun memiliki arti dan tujuan yang sama. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih bingung dan belum mengetahui dengan pasti apa itu pengertian seni rupa, maka Anda bisa melihatnya kembali seperti diatas.

Unsur-Unsur Seni Rupa



Disini Anda tidak hanya melihat dan mengetahui pengertian seni rupa saja, akan tetapi Anda juga harus melihat unsur-unsur seni rupa. Dimana jika karya seni rupa tersebut dapat menjadi sebuah karya yang indah dan bagus tentu Anda harus mengetahui mengenai unsur-unsur ini. Sebagai informasinya Anda bisa melihatnya langsung seperti berikut:

Titik


Unsur yang pertama ini bisa dikatakan sebagai dasar dari sebuah ide yang nantinya akan Anda tuangkan melalui karya seni rupa. Dimana titik ini merupakan unsur yang paling kecil di dalam pembuatan seni rupa dan merupakan sebagai awal mula dari setiap pembuatan karya seni rupa.

Garis


Berikutnya yaitu garis. Dimana unsur seni rupa ini merupakan sebuah atau suatu penggabungan dari titik satu kepada titik-titik yang lainnya. Untuk garis ini tentu memiliki jenis yang bermacam-macam sehingga setiap garis yang nantinya akan dituangkan pada sebuah karya dapat membentuk watak dan juga ciri khas sehingga dapat menggambarkan sebuah karya seni. Tak hanya itu saja, unsur garis ini juga dapat menggambarkan sifat baik itu kaku, keras ataupun lentur.

Bidang


Pada unsur yang satu ini merupakan sebuah pengembangan dari sekumpulan garis-garis yang sebelumnya sudah dituangkan melalui sebuah media. Jadi, apabila garis-garis tersebut digabungkan maka akan berubah menjadi bidang yang memiliki keindahan tersendiri. Selain itu, seorang seniman memang sangat teliti dalam menyatukan unsur-unsur seperti ini.

Bentuk


Selanjutnya yaitu bentuk. Dimana unsur bentuk ini dapat memberikan sebuah kesan pada karya seni sehingga karya tersebut dapat menjadi lebih indah dan juga lebih hidup. Selain itu, dilengkapi pula dengan sentuhan oleh para seniman dan juga detail yang sangat sempurna sehingga menjadikan karya-karya seni tersebut menjadi sangat indah.

Ruang


Pada unsur ruang ini memiliki dua sifat yakni sebagai sifat nyata dan juga sifat semu. Untuk sifat nyata yang satu ini dapat dilihat dan juga di raba sedangkan untuk sifat semu Anda hanya dapat dinikmati dengan cara melihatnya saja. Oleh karena itu kedua sifat ini memang terlihat sangat berbeda sesuai dengan dimensinya baik itu dimensi 2 ataupun dimensi 3.

Warna


Warna pada sebuah karya seni memang merupakan suatu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? karena dengan adanya warna maka karya seni tersebut dapat menjadi lebih indah. Oleh karena itu, bagi seorang seniman harus dapat atau harus mampu untuk memadukan warna-warna tersebut di dalam sebuah karya seni sehingga hasilnya menjadi sangat bagus dan enak dipandang. Tak hanya itu saja, perpaduan warna ini juga dapat menggambarkan suatu hari seperti senang dan juga sedih. Untuk itu, di dalam memilih warna harus dapat disesuaikan dan di kondisikan.

Lihat juga:
Pengertian Pasar
Pengertian Implementasi

Gelap Terang


Pada unsur yang satu ini tentu akan membuat hasil dari karya seni bisa terlihat hidup dan juga nyata. Pasalnya di dalam pengerjaanya tentu harus memperhatikan akan intensitas cahaya. Tak hanya itu saja, dimana di dalam membuat sebuah karya seni yang sangat luar biasa, tentu seorang seniman harus dapat membuat sebuah karya seni dengan cara memperhatikan akan intensitas cahaya tersebut dengan secara detail.

Tekstur


Yang terakhir yang termasuk ke dalam unsur-unsur seni rupa yaitu tekstur. Dimana di dalam sebuah karya seni, tekstur ini dapat diartikan pula sebagai sifat ataupun keadaannya pada di dalam sebuah karya seni. Tak hanya itu saja, tekstur ini juga dibedakan menjadi 2 yakni tekstur nyata dan juga tekstur semu.

Untuk tekstur nyata merupakan sebuah unsur dari suatu karya seni yang memang memiliki indera peraba dan juga indera penglihatan yang memang akan terasa sama. Namun, untuk tekstur semu yakni merupakan tekstur yang memiliki sebuah kesan yang terbilang tidak ada kesamaannya antara indera peraba dan juga penglihatan. Oleh karena itu para penikmat seni tentu akan selalu memperhatikan hal-hal seperti ini.

Jadi itulah ada beberapa unsur yang dapat Anda lihat seperti diatas. Selain pengertian seni rupa dan juga unsur seni rupa, maka berikutnya Anda juga bisa melihat informasi mengenai fungsi dan juga macam-macam seni rupa.

Fungsi Seni Rupa



Nah, untuk sebuah karya seni rupa yang memang diciptakan langsung oleh seorang seniman tentu memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dan memiliki ciri khas masing-masing. Untuk itu, sebuah karya seni rupa yang memang memiliki nilai estetika yang terbilang tinggi tentu akan disenangi dan juga disukai oleh banyak orang bahkan bisa saja karya seni tersebut dihargai dengan nilai yang sangat tinggi pula. Disini Anda juga bisa melihat apa saja fungsi seni rupa, antara lain :

Fungsi Sosial


Di dalam sebuah karya seni rupa tentu memiliki fungsi sosial. Dimana hal ini membuat karya seni tersebut memiliki nilai keindahan dengan tujuan untuk dapat memberikan kepuasan kepada semua orang yang melihatnya. Tak hanya itu saja, karya-karya seni yang sudah dihasilkan tentu dapat berguna untuk banyak orang. Sebagai contoh yang dapat anda lihat yaitu mengenai sebuah bangunan gedung atau bangunan rumah.

Dimana bangunan-bangunan ini tidak hanya bisa ditempati saja, bangunan tersebut juga menawarkan keindahan akan nilai estetikanya sehingga banyak orang menyukainya. Oleh karena itu, hal ini bisa diartikan bahwa karya seni tidak hanya menuangkan nilai keindahan saja yang tinggi namun karya seni rupa ini juga dapat berguna untuk orang lain sebagai salah satu referensi ataupun inspirasi bagi orang lain.

Fungsi Individu


Selanjutnya ada juga fungsi individu. Dimana fungsi ini memiliki sifat yang individualis yang memiliki tujuan agar dapat memuaskan bagi diri sendiri. Seseorang yang menciptakan karya seni seperti ini dengan cara mengekspresikan dirinya akan dapat menimbulkan sebuah kepuasaan batin dari seseorang khususnya untuk si pembuat karya seni tersebut. Tak hanya itu saja, untuk karya seni ini bisa saja menggambarkan suasana hati dari sang pembuatnya baik itu senang ataupun sedih.

Macam-Macam Seni Rupa



Selain fungsi dari seni rupa maka di dalam sebuah karya seni juga terdapat macam-macam ataupun jenis-jenis seni rupa yang pastinya memiliki arti yang berbeda-beda. Dimana untuk setiap jenis seni rupa tentu akan memiliki nilai estetika yang tinggi dan juga menakjubkan sehingga karya tersebut sangat indah. Oleh karena itu, sebagai suatu informasi untuk menambah wawasan dalam mengenai seni rupa maka Anda juga harus melihat macam-macam dari seni rupa ini :

Seni Rupa Berdasarkan Dari Wujudnya


Macam-macam seni rupa ini memang ada banyak, yang pertama yaitu macam-macam seni rupa jika dilihat berdasarkan wujudnya. Dimana untuk wujud yang dihasilkan dari karya seni rupa ini memang terbilang sangat berbeda mengenai antara karya seni rupa yang satu dengan karya seni rupa yang lainnya. Namun, jika dilihat secara umum maka seni rupa menurut wujudnya ini dibedakan lagi menjadi dua yakni mengenai seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi.

Seni Rupa Jika Berdasarkan Fungsinya


Selanjutnya seni rupa jika berdasarkan fungsinya. Dimana seni rupa pada poin ini juga terbagi menjadi 2 macam yakni seni rupa terapan dan juga seni rupa murni. Untuk seni rupa terapan merupakan sebuah karya yang memang dibuat langsung dengan tujuan agar dapat membantu aktivitas manusia sedangkan untuk seni rupa murni merupakan sebuah karya seni yang memang dibuat langsung untuk dapat menuangkan ide-ide dari seseorang pembuatnya.

Seni Rupa Berdasarkan Dari Masanya


Yang terakhir ada juga seni rupa yang berdasarkan dari masanya. Dimana untuk seni rupa ini terbagi menjadi tiga macam yakni seni rupa tradisional, modern dan juga kontemporer. Untuk sifat yang dimiliki oleh seni rupa tradisional ini merupakan statis. Dimana bentuk dan juga polanya selalu sama baik dari dulu hingga sampai saat ini.

Untuk seni rupa modern tentu memiliki sifat yang individualis. Dimana pada karya seni tersebut akan diberikan sentuhan dengan berbagai macam kreativitas. Namun, sedangkan untuk seni rupa kontemporer merupakan suatu atau sebuah karya seni yang memang tercipta pada waktu-waktu tertentu dan sifatnya yaitu mengikuti perkembangan zaman.

Nah, itulah ada beberapa informasi yang dapat Anda lihat mengenai macam-macam seni rupa, pengertian seni rupa dan juga fungsinya. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:
Pengertian Agama
Pengertian Iklan
Pengertian Ideologi
Pengertian Inflasi