PENGERTIAN IMPLEMENTASI: Menurut Parah Ahli Dan Secara Umum

Apa itu Pengertian Implementasi? Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah penjelasan mengenai maksud dari kata implementasi yang bisa kami berikan. Simak secara lengkapnya ya?

Pengertian implementasi secara umum


Pengertian Implementasi

Hal pertama yang akan kami bahas adalah mengenai penjelasan pengertian implementasi secara umum. Mungkin pada dasarnya kita semua tahu apa itu implementasi. Akan tetapi tidak semua paham apa yang membedakan antara tindakan yang disebut dengan implementasi dan juga tindakan biasa. Dalam artikel ini kami akan mengulas tuntas sehingga anda mengerti apa perbedaannya.

Implementasi sesungguhnya adalah sebuah tindakan. Tindakan ini bukan tindakan yang diambil secara asal. Melainkan, tindakan ini merupakan tindakan yang dilakukan berdasarkan sebuah perencanaan. Perencanaan yang dilakukan di sini juga bukan merupakan perencanaan yang sembarangan. Jadi jika anda berencana untuk liburan, liburan anda tidak disebut implementasi ya!

Dalam sebuah implementasi, perencanaan dilakukan dengan sangat matang. Perencanaan bahkan dilakukan dengan tahap-tahapan untuk memastikan bahwa tindakan eksekusi yang dilakukan nantinya dapat berhasil dan tidak menyia-nyiakan waktu dan tenaga.

Ya biasanya, sebuah tindakan yang memiliki rencana yang dibuat dengan cermat, rinci dan matang akan membutuhkan banyak tenaga pelaksana. Bukan hanya dari pihak pelaksana, pihak perencana juga mengeluarkan banyak tenaga untuk menjalankan kegiatan atau tindakan ini.

Jadi bisa disimpulkan implementasi merupakan sebuah kata yang digunakan untuk sebuah tindakan yang formal berdasarkan dengan rencana. Bukan hanya matang dan terperinci, implementasi juga m membutuhkan perencanaan dari jauh-jauh hari sehingga proses perencanaannya sudah teruji memiliki keberhasilan yang tinggi.

Pengertian implementasi berdasarkan pendapat ahli


Setelah mengetahui pengertian implementasi secara umum, kami akan membahas mengenai pengertian implementasi berdasarkan pendapat pada ahli. Dalam sub bab ini ada banyak nama ahli dan teori yang akan kami kemukakan, siapa saja? Berikut ini ulasannya.

Budi Winarno


Salah satu pengertian implementasi yang akan kami bahas adalah pengertian implementasi berdasarkan Budi Winarno. Menurut beliau, implementasi adalah sebuah tindakan yang memiliki sifat wajib untuk dilakukan bagi sekelompok orang. Artinya ada sekelompok orang yang mendapatkan tugas untuk menjalankan tindakan tersebut dan tidak memiliki pilihan selain melaksanakannya.

Pelaksanaan tindakan yang harus dilakukan ini disebabkan karena tindakan tersebut merupakan sebuah perintah dari sebuah kelompok orang atau organisasi yang memiliki kewenangan lebih besar seperti sebuah hasil diskusi. Karena merupakan hasil diskusi, maka tindakan tersebut harus diselesaikan sebagai tugas yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Cleaves


Selanjutnya pengertian implementasi yang akan kami bahas adalah pengertian implementasi berdasarkan teori dari Cleaves. Menurut beliau, implementasi adalah sebuah proses administratif dan politik. Artinya proses ini adalah sebuah proses yang direncanakan secara administratif untuk kepentingan sebuah politik.

Proses ini memiliki sebuah tujuan, apa tujuan tersebut? Tujuan dari tindakan yang disebut implementasi adalah menyesuaikan dengan hasil dari kebijakan. Misalnya dalam sebuah rapat dibuat kebijakan untuk melakukan perubahan dalam image perusahaan. Perubahan ini nantinya akan dirapatkan dan direncanakan terlebih dahulu.

Lihat juga:
Pengertian Negara
Pengertian Puisi

Jika perencanaan sudah matang, maka perencanaan tersebut akan diimplementasikan dengan tujuan untuk mengubah image perusahaan. Implementasi ini bisa jadi gagal atau bisa jadi berhasil. Mengenai kegagalan atau keberhasilannya akan ditentukan melalui evaluasi. Jadi implementasi bukan hal yang main-main karena ada tahapan evaluasinya.

Friedrich


Menurut Friedrich pengertian implementasi adalah sebuah kebijakan atau tindakan. Tindakan atau kebijakan ini dilakukan berdasarkan oleh usul dari pihak lain. Pihak yang dimaksudkan disini bisa berupa orang lain, kelompok atau bisa juga pemerintahan. Biasanya yang berhubungan dengan pemerintahan adalah implementasi pembangunan dan juga kebijakan.

Keberadaan dari tindakan ini tidak dilakukan dengan tanpa alasan. Sebelum adanya rencana untuk melakukan diimplementasikan, tentunya ada faktor pendorongnya terlebih dahulu. Sebuah kebijakan atau rencana untuk implementasi tidak akan terjadi jika tidak ada masalah. Jadi karena adanya masalah, maka dicari solusi yang kemudian diimplementasikan.

Guntur Setiawan


Selanjutnya adalah pengertian implementasi dari Guntur Setiawan. Menurut Guntur Setiawan, implementasi adalah sebuah aktivitas. Aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas yang terjadi karena adanya interaksi antara tujuan dan tindakan.

Penjelasannya, ketika ada sebuah masalah, maka akan dicari sebuah solusi. Solusi dari masalah ini merupakan tujuan atau goal dari sebuah tindakan. Ketika ada kesesuaian antara goal atau tujuan dengan tindakan ini, maka proses dengan kesesuaian ini disebut dengan implementasi. Jadi jika sebuah tindakan tidak sesuai dengan goalnya, maka tidak bisa disebut implementasi.

Ketika menjalankan implementasi yang berapa tindakan yang bersesuaian dengan goal ini diperlukan kelompok yang mampu menjalankannya dengan efektif sehingga tujuan awal dapat tercapai.

Harsono


Pengertian dari implementasi yang lain dikemukakan juga oleh Harsono. Harsono mengatakan bahwa implementasi adalah sebuah proses dalam menjalankan sebuah kebijakan menjadi tindakan kebijakan. Proses ini mengubah sebuah proses politik menjadi sebuah menjadi sebuah proses administrasi.

Mazmanian dan Sabatier


Pengertian implementasi menurut Mazmanian dan Sabatier ini adalah sebuah tindakan dalam melaksanakan sebuah kebijakan. Kebijakan yang dimaksud dapat berupa keputusan, Keputusan satu sebuah perintah dari bagian yang lebih tinggi.

Contohnya adalah implementasi dari sebuah kebijakan. Implementasi dari sebuah kebijakan baru bisa dilaksanakan ketika sudah ada tahapan yang berhubungan dan menghasilkan Undang Undang. Misalnya terjadi banjir. Untuk menanggulanginya dibutuhkan perencanaan yang matang namun pelaksanaannya hanya bisa dilakukan setelah ada perintah resmi.

Jadi menurut Mazmanian dan Sabatier, sebuah implementasi adalah kejadian yang hanya akan terjadi setelah adanya pedoman terhadap sebuah kebijakan. Berdasarkan contoh diatas, pedomannya adalah perintah resmi.

Mclaughin


Untuk pengertian dari implementasi menurut Mclaughin sangat singkat. Menurutnya implementasi adalah sebuah aktivitas yang saling berkesinambungan. Maksudnya apa? Sebuah implementasi akan berkesinambungan dengan tujuan, dengan perintah dan juga dengan rencana yang ada.

Nurdin Usman


Satu lagi teori mengenai implementasi adalah teori dari Nurdin Usman. Menurut Nurdin Usman, implementasi adalah sederetan aktivitas, tindakan, aksi dan juga mekanisme dalam sebuah sistem. Tindakan atau aksi atau mekanisme atau aktivitas ini dilakukan tidak dengan sembarangan tapi dilakukan berdasarkan dengan perencanaan yang matang.

Kegiatan yang terencana ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Entah itu untuk menyelesaikan masalah atau bisa juga untuk meningkatkan nilai dari suatu hal

Prana Wastra dkk


Menurut Prana Wastra dkk, pengertian implementasi adalah sebuah aktivitas yang diakibatkan karena kemunculan sebuah kebijakan. Sebuah kebijakan yang ditetapkan sebelumnya ditransformasi menjadi sebuah tugas yang disebut dengan implementasi.

Dalam kebijakan yang menghasilkan implementasi ini akan dihasilkan beberapa hal, yaitu mengenai:
  1. Apa saja yang dibutuhkan oleh kegiatan tersebut,
  2. Mengenai cara pelaksanaan kegiatan
  3. Mengenai waktu pelaksanaan kegiatan
  4. Mengenai target penyelesaian kegiatan
Hal-hal ini bisa disebut sebagai perencanaan dari sebuah tindakan. Perencanaan ini dilakukan di awal dari kegiatan implementasi dan harus dilakukan dengan cermat, teliti dan tepat.

Pressman & Wildavsky


Berdasarkan Pressman & Wildavsky , pengertian implementasi adalah sebuah cara untuk mencapai, melaksanakan, memproduksi, memenuhi dan melengkapi sebuah kebijakan. Jadi menurut Pressman & Wildavsky , ketika ada kebijakan sebuah implementasi akan bertugas untuk menyempurnakan tujuan dari kebijakan tersebut.

Prof. H. Tachjan


Untuk pengertian dari implementasi dari Prof. H. Tachjan adalah bahwa implementasi merupakan sebuah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah adanya kebijakan. Hal ini disebabkan karena sebuah tindakan untuk implementasi memang tidak bisa dieksekusi jika belum ada kebijakan.

Schubert


Menurut Schubert, sebuah implementasi berhubungan dengan sistem perangkat lunak. Menurutnya implementasi adalah sebuah sistem rekayasa.

Lihat juga:
Pengertian Seni
Pengertian Filsafat

Solichin Abdul Wahab


Untuk pengertian implementasi berdasarkan Solichin Abdul Wahab, ia mengatakan bahwa implementasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seorang yang memiliki kewajiban. Seseorang yang memiliki kewajiban tersebut dapat berupa individu, pejabat dan juga kelompok baik kelompok swasta swasta ataupun kelompok berupa pemerintah.

Dalam teorinya Solichin Abdul Wahab mengatakan bahwa tujuan dari tindakan adalah untuk mencapai goal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Goal ini biasanya ditentukan ketika kebijakan mengenai tindakan ini diadakan.

Whitten, Bentle & Barlow


Pendapat terakhir adalah pendapat mengenai implementasi menurut Whitten, Bentle, & Barlow. Menurutnya, implementasi adalah sebuah proses. Proses yang digunakan untuk menerapkan dan menempatkan sebuah informasi dalam sebuah operasi.

Komponen implementasi berdasarkan ulasan pengertian dari implementasi



Setelah kita membahas mengenai pengertian implementasi sejumlah teori seperti yang disebutkan sebelumnya, maka kita bisa menarik kesimpulan mengenai beberapa komponen yang dimiliki oleh sebuah implementasi. Apa saja komponen pengertian dari implementasi ini?

Ada sarana


Sebuah implementasi harus memiliki penyedia sarana. Penyedia sarana bisa berupa kelompok atau individu. Bisa dari swasta atau bisa juga dari pemerintah.

Ada hambatan


Adanya sebuah implementasi selalu didahului dengan adanya perkara, masalah atau hambatan.

Ada solusi


Implementasi merupakan sebuah pelaksanaan solusi dari masalah atau hambatan.

Ada norma


Sebuah implementasi selalu diatur oleh sebuah norma. Norma yang dimaksud dalam pengertian implementasi adalah pedoman dari kebijakan yang sudah ditentukan

Ada tujuan


Sebuah implementasi selalu bertujuan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya

Ada dampak


Sebuah implementasi selalu memiliki dampak. Dampak yang dimaksud adalah sebuah hasil yang seharusnya sesuai dengan tujuan dari tindakan.

Lihat juga:
Pengertian Teknologi
Pengertian Jaringan Komputer

Tujuan dari implementasi


Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tujuan dari sebuah implementasi. Sebenarnya tujuan dari implementasi sudah jelas yaitu untuk melaksanakan rencana agar sesuai dengan tujuan atau goal dari sebuah kebijakan. Namun selain itu masih ada tujuan lain dari sebuah kegiatan atau implementasi. Tujuan lain tersebut antara lain adalah :
  1. Menguji dokumentasi prosedur
  2. Mewujudkan tujuan
  3. Mengatasi sebuah masalah

Wujud implementasi dalam berbagai bidang



Implementasi pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kewajiban, hal ini menyebabkan implementasi dapat digunakan untuk berbagai bidang kehidupan. Beberapa implementasi bidang sangat erat kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian implementasi dalam Pancasila


Pengertian dari implementasi berdasarkan bidang yang pertama adalah pengertian implementasi dalam Pancasila. Pancasila bukan merupakan sebuah teori, bukan juga merupakan sebuah putusan, tapi Pancasila adalah sebuah ideologi dan sebuah dasar negara.

Keberadaan Pancasila adalah yang paling tinggi dalam pemerintahan Indonesia. Hal ini disebabkan karena ia memuat tujuan dari negara kita yaitu untuk persatuan dan juga kesatuan. Di dalam Pancasila ada banyak sekali nilai yang termuat. Hal ini menjadikan Pancasila sebagai tuntunan hidup berbangsa.

Meskipun bukan merupakan Keputusan tapi keberadaan Pancasila sendiri ada karena sebuah diskusi yang panjang. Hal inilah yang menyebabkan Pancasila merupakan sebuah rencana utuh bagi Indonesia. Untuk implementasi Pancasila sesungguhnya lebih berpusat pada nilai-nilai yang dimilikinya.

Untuk pengertiannya, pengertian implementasi nilai Pancasila sendiri adalah kegiatan untuk melaksanakan nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila untuk menjaga persatuan bangsa yang merupakan tujuan dari Pancasila itu sendiri.

Pengertian implementasi kebijakan Publik


Selanjutnya adalah pengertian dari implementasi yang berhubungan dengan kebijakan publik. Salah satu wujud dari implementasi adalah implementasi kebijakan publik. Seperti yang disebutkan sebelumnya implementasi bukan merupakan kata yang digunakan untuk menyebutkan aktivitas biasa dengan rencana, tapi digunakan dalam sebuah bentuk yang lebih formal.

Untuk pengertiannya, pengertian implementasi kebijakan publik adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan kebijakan publik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk anda yang masih kurang jelas, kami akan memberikan contoh pengertian dari implementasi kebijakan publik ini.

Salah satu contoh implementasi kebijakan publik yang akan kita ambil adalah kebijakan dalam dunia pendidikan. BOS adalah sebuah salah satu program kebijakan pemerintah yang digunakan untuk membantu rakyat dalam menempuh pendidikan.

Dalam contoh ini. Keberadaan rakyat yang tidak mampu mendapatkan pendidikan layak adalah contoh dari masalah. Pemerintah di sini adalah sebagai pemberi sarana. Undang Undang tentang bos adalah kebijakan. Rencana sudah disebut sebelum Undang Undang dibuat sehingga rencana pemberian dana BOS ini sudah ada di dalam Undang Undang tersebut.

Pelaksanaan pemberian dana bos inilah yang disebut dengan implementasi. Implementasi dari program BOS ini nantinya juga akan dievaluasi apakah ia memberikan manfaat sesuai dengan tujuan pemberian dana BOS atau tidak.

Contoh evaluasi dari program BOS ini adalah :

Apakah dana diberikan tepat pada waktunya?

Apakah dana sampai ke mereka yang membutuhkan dengan tepat

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk implementasi kebijakan publik ini sesungguhnya ada banyak hal yang perlu dipelajari. Hal ini disebabkan karena apapun yang berhubungan dengan pemerintah memang tidak mudah untuk dilakukan.

Implementasi kebijakan publik ini bisa dilakukan dengan banyak metode. Metode atau model dari implementasi kebijakan publik tersebut antara lain adalah :
  1. Metode Van Meter dan Van Horn
  2. Metode Mazmanian dan Sabatier
  3. Metode Hoogwood dan Gunn
  4. Metode Goggin
  5. Metode Grindle
  6. Metode Elmore
  7. Metode Edward
  8. Metode Nakamura dan Smallwood
  9. Metode jaringan
  10. Dan yang terakhir adalah Metode Matland
Metode atau model ini memang berbeda satu sama lainnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun karena dalam artikel ini merupakan artikel yang membahas mengenai pengertian implementasi bukan berpusat mengenai implementasi kebijakan publik, maka kami tidak akan membahasnya lebih lanjut.

Jadi demikianlah artikel mengenai pengertian implementasi yang kami miliki. Semoga pengertian yang kami berikan dapat cukup membantu anda dalam mengumpulkan informasi yang anda butuhkan. Untuk mengetahui informasi mengenai pengertian lainnya, anda bisa langsung mengunjungi artikel kami yang lainnya.

Artikel lainnya:
Pengertian Kebudayaan
Pengertian Politik
Pengertian Norma
Pengertian Administrasi