PENGERTIAN PEMASARAN: Konsep, Jenis Dan Menurut Para Ahli

Sering kali saya dan Anda pasti sering mendengar kata pemasaran. Pengertian Pemasaran sendiri itu apa?

Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang menyeluruh dan juga terpadu serta terencana dengan baik yang dilakukan oleh sebuah institusi atau organisasi dalam melakukan sebuah usaha yang mempunyai fungsi dalam mengakomodir kemauan pasar dengan cara menghasilkan sebuah produk yang mempunyai nilai jual, mempunyai harga, adanya komunikasi antara penjual dan juga pembeli, ada hal yang perlu disampaikan dan juga saling memberikan penawaran terhadap sebuah produk yang mempunyai nilai jual bagi konsumennya, klien atau relasi yang merupakan masyarakat umum.

Itulah definisi atau pengertian pemasaran yang mungkin banyak dari Kita belum mengetahuinya, namun setiap hari selalu berhubungan dengannya.

Secara lebih sederhana pengertian pemasaran lebih identik dengan sebuah proses pengenalan dari produk atau serviks tertentu kepada sebuah konsumen yang berpotensi. Aspek - aspek yang terkait dengan pemasaran meliputi promosi, periklanan, hubungan dengan masyarakat dan juga penjualan.

Dalam suatu perusahaan, mempunyai tujuan utama dalam hal pemasaran adalah agar mampu meraup keuntungan yang maksimal menggunakan pembuatan strategi penjualan yang baik. Dalam perusahaan atau bisnis sebuah eksekutif marketing harus mampu melihat peluang dan juga banyak aspek dalam hal periklanan termasuk juga melakukan prediksi masa hidup dari sebuah produk.

Pengertian Pemasaran Secara Umum


Pengertian pemasaran

Berikut merupakan pengertian pemasaran secara umum menurut KBBI dan juga Wikipedia, antara lain:

Secara umum, pemasaran mempunyai arti suatu proses penyusunan komunikasi terpadu dan mempunyai tujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditransaksikan atau diperjualbelikan yang erat kaitannya dengan mampu memenuhi keinginan dan juga kebutuhan masyarakat menurut Wikipedia.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia. pemasaran berarti proses, cara, perbuatan dalam memasarkan sebuah barang dagangan, perihal kegiatan penyebarluasan di tengah masyarakat pada umumnya.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Beberapa ahli pernah mengungkapkan penjelasan mengenai pengertian pemasaran yang diantara dari mereka adalah sebagai berikut:

Tung Dasem Waringin


Pengertian pemasaran menurut ahli yang satu ini merupakan sebuah usaha terpadu yang sengaja dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumennya dan juga memberikan laba atau keuntungan kepada perusahaannya.

John Westwood


Menurut Westwood, pemasaran merupakan media untuk melakukan komunikasi sebuah nilai tambah yang menjadi lebih tinggi.

Liat juga:
Pengertian Norma
Pengertian Database

Jay Abraham


Menurut Jay Abraham, pemasaran merupakan sebuah media dalam mencapai sebuah kesuksesan dengan jalan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumennya.

Philip Kotler


Sedangkan menurut Kotler, pengertian pemasaran merupakan aktivitas sosial dan sistem pengaturan yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang yang bertujuan agar bisa mendapatkan yang mereka tuju dengan jalan membuat sebuah produk dan kemudian menukarkannya menggunakan ukuran atau besaran nominal tertentu kepada pihak lainnya.

William J. Stanton


Menurut William, pemasaran merupakan sebuah sistem secara keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis ataupun usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan nilai dari sebuah barang atau jasa, mempromosikannya lalu mendistribusikannya dan akhirnya mampu memuaskan pelanggannya.

Basu dan Hani


Menurut Basu dan Dani, pemasaran merupakan sebuah proses kegiatan yang dilakukan untuk merencanakan dalam mengelola barang atau jasa, menetapkan banderol nominal barang dan juga jasa tersebut, hingga proses promosi maupun distribusinya secara keseluruhan maupun pemasarannya mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan (laba).

Hair dan Mc. Daniel


Menurut Hair dan Mc. Daniel, pengertian pemasaran adalah sebuah proses dari perencanaan dan juga pelaksanaan konsepsi dengan penetapan nominal promosi dan juga sebuah gagasan distribusi dari sebuah barang atau jasa yang nantinya mampu menciptakan pertukaran yang membuat kedua belah pihak sama - sama puas demi tercapainya tujuan organisasi.

Swasta


Di dalam sebuah buku yang diterbitkan oleh Swasta juga merujuk kepada pemberian pengertian mengenai pemasaran yang juga mengarah ke dalam sebuah aktivitas dalam memenuhi kebutuhan baik yang dilakukan penjual atau pembeli yang keduanya melakukan serangkaian proses mulai dari melakukan penawaran hingga penukaran atau transaksi dengan tujuan mengadakan hubungan untuk memperoleh keuntungan demi memenuhi sebuah kebutuhan.

Assauri


Merujuk kepada pengertian pemasaran yang bisa dibilang mempunyai proses yang komplek karena didalamnya terdapat perencanaan dan evaluasi. Pemasaran pun bisa dikatakan seperti itu karena mencakup perencanaan, pelaksanaan, distribusi baik dalam hal tukar menukar hingga hubungan yang erat kaitannya dengan keuntungan demi mendapatkan pemenuhan kebutuhan.

Konsep Pemasaran



Inti dari konsep pemasaran meliputi: keinginan, kebutuhan, permintaan, nilai, utilitas, produksi, kepuasan, transaksi, pertukaran, hubungan pasar, pasar dan juga pemasaran. Anda dapat membedakannya antara mana yang merupakan kebutuhan, keinginan dan juga sebuah permintaan. Kebutuhan merupakan sebuah keadaan yang dirasakan ketidak beradaan kepuasan terhadap sesuatu atau tertentu. Kebutuhan sendiri merupakan kehendak yang bersifat kuat akan pemuas yang jelas terhadap suatu kebutuhan - kebutuhan yang dalam. Sedangkan sebuah permintaan merupakan keinginan akan sebuah produk yang juga spesifik namun didukung dengan kemampuan dan juga ketersediaan untuk bisa membelinya.

Konsep pemasaran yang telah dijelaskan dengan beberapa cara, antara lain:
  1. Menemukan keinginan pasar dan mencoba memenuhinya
  2. Membuat sesuatu yang bisa dijual dan jangan berusaha menjual sesuatu yang bisa dibuat.
  3. Mencintai pelanggan bukan produk yang Anda jual.
  4. Melakukannya menurut cara Anda
  5. Andalah yang menjadi penentu
Melakukan semuanya dalam batas kemampuan yang dimiliki untuk bisa menghargai uang pelanggan atau klien yang memang sarat dengan nilai, mutu begitupun dengan kepuasan.

Di dalam pengertian pemasaran terdapat konsep yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran sebuah organisasi antara lain konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial dan juga pemasaran global.

Konsep Produksi


Berdasarkan konsep produksi mempunyai pendapat bahwa konsumen akan menyenangi produk yang ketersediaannya banyak dimanapun dengan dengan harga yang rendah. Konsep pemasaran ini berorientasi pada produksi yang dengan segala upaya berusaha mengerahkannya agar mampu mencapai efisiensi produk yang tinggi dan juga distribusi yang luas. Tugas manajemen disini sebagai pembuat barang sebanyak mungkin karena konsumen dianggap akan menerima produk yang secara luas tersedia dengan kemampuan mereka dalam hal membeli.

Lihat juga:
Pengertian Politik
Pengertian Website

Konsep Produk


Konsep produk mempunyai pendapat bahwa pengertian pemasaran merupakan konsumen akan menyukai sebuah produk yang memberikan penawaran sebuah mutu, performa dan juga ciri yang baik. tugas manajemen adalah membuat produk berkualitas disebabkan konsumen menyukai produk yang mempunyai kualitas tinggi dalam penampilannya dengan ciri yang baik juga.

Konsep Penjualan


Konsep penjualan disini mempunyai pendapat jika jangan membiarkan konsumen begitu saja karena organisasi mempunyai upaya melaksanakan upaya penjualan dan juga promosi yang bersifat agresif.

Konsep Pemasaran


Untuk konsep pemasaran ini berkata jika untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari kunci penentuan kebutuhan dan juga keinginan pasar serta nantinya mampu memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efisien dan efektif dibanding dengan pesaingnya.

Konsep Pemasaran Sosial


Konsep BNG pemasaran sosial ini mengatakan jika tugas organisasi ialah menentukan keinginan, kebutuhan dan kepentingan sasaran pasar serta mampu memberikan kepuasan yang diinginkan dengan cara yang efisien dan efektif yang lebih tinggi dibanding pesaingnya dengan tetap meningkatkan kesejahteraan konsumen dan juga masyarakat umum.

Konsep Pemasaran Global


Untuk konsep pemasaran global adalah upaya manajer eksekutif dalam memahami semua faktor yang ada di lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen yang strategis yang mumpuni sehingga mampu mencapai tujuan akhirnya dalam memberikan upaya untuk memenuhi keinginan dari semua pihak yang terlibat dalam sebuah perusahaan.

Pengertian Sistem Pemasaran



Pembahasan selanjutnya ialah mengenai sistem pemasaran. Dengan sistem yang mempunyai definisi sebagai sekelompok item atau bagian - bagian yang mempunyai hubungan erat dan saling ada kaitannya secara tetap dengan tujuan membentuk sebuah kesatuan terpadu. Jadi bisa dikatakan jika pengertian sistem pemasaran adalah sebuah kumpulan dari berbagai lembaga yang melakukan tugas pemasaran baik berupa barang, jasa, ide, orang dan juga faktor lainnya dari lingkungan yang saling memberikan pengaruhnya dan juga membentuk dan mampu mempengaruhi hubungan antara pasar dengan perusahaan.

Lihat juga:
Pengertian Implementasi
Pengertian Kebudayaan

Di dalam pengertian pemasaran terdapat beberapa item yang berkelompok dan saling mempunyai hubungan dan juga berkaitan mempunyai cakupan, antara lain:
  1. Pelaksanaan kerja pemasaran yang dilakukan oleh gabungan beberapa organisasi
  2. Gagasan manusia, produk dan juga jasa merupakan hal yang dipasarkan
  3. Mempunyai target pasar
  4. Menggunakan perantara (pengecer, grosir, agen transportasi dan juga lembaga keuangan)
  5. Kendala dari lingkungan
Yang paling sederhana dari sistem pemasaran yaitu terdiri dari 2 unsur yang erat kaitannya satu dan lainnya: organisasi pemasaran dan juga target pasarnya. Unsur-unsur lain dalam sebuah sistem pemasaran yang serupa dengan unsur lainnya yang ada dalam sistem radio stereo yang mampu bekerja secara terpisah namun jika nanti dipertemukan akan bisa tepat sesuai dengan keinginan.

Macam - Macam Sistem Pemasaran


Sistem Pemasaran Dengan Saluran Vertikal


Di dalam sistem pengertian pemasaran dengan saluran vertikal produsen, pengecer dan grosir berada dalam satu titik terpadu tujuannya agar mampu mengendalikan perilaku dari saluran dan mampu mencegah perselisihan antara anggota saluran.

Sistem Pemasaran Dengan Saluran Horizontal


Adanya suatu kerjasama antara kedua belah pihak atau mungkin lebih dari perusahaan yang bergabung untuk menggunakan peluang dari pemasaran yang muncul.

Sistem Pemasaran Dengan Saluran Ganda


Mempunyai gaya pengecer dengan mengatur fungsi distribusi dan juga manajemen yang digabungkan yang kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

Lingkungan di dalam sebuah sistem pemasaran terdiri dari:
  1. Lingkungan makro ekstern tersebut meliputi demografi (kependudukan), kondisi ekonomi, teknologi, kekuatan sosial dan budaya, kekuatan politik dan legal serta persaingan.
  2. Lingkungan mikro eksternal yang meliputi pasar (market), pemasok dan juga pialang (marketing intermediaries).
  3. Lingkungan Non - Pemasaran intern yang kekuatannya adalah lokasi dari perusahaan, ketangguhan dari bagian penelitian dan juga pengembangan. Kekuatannya pun bersifat menyatu dalam organisasi dan dikendalikan oleh manajemen pemasaran.

Pengertian Strategi Pemasaran



Pengertian strategi pemasaran adalah sebagai pengambilan berbagai hal mengenai keputusan baik soal biaya pemasaran, alokasi pemasaran, bauran pemasaran yang erat kaitannya dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan oleh sebuah kondisi persaingan. Di dalam strategi pemasaran terdapat 3 faktor utama yang membuat terjadinya perubahan strategi di dalam pemasaran antara lain:

Daur Hidup Produk


Harus ada penyesuaian antara strategi dengan tahapan daur hidup yaitu sebuah tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan hingga tahap kemunduran.

Posisi Persaingan Perusahaan Di Pasar


Strategi pemasaran pun harus disesuaikan dengan posisi perusahaan Anda di dalam persaingan tersebut apakah menantang, memimpin, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil yang ada di pasar.

Situasi Ekonomi


Strategi pemasaran pun harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan juga pandangan kedepannya apakah nantinya ekonomi akan berada dalam situasi makmur atau inflasi yang tinggi.

Macam - Macam Strategi Pemasaran


Strategi pemasaran pun mempunyai berbagai macam yang antara lain terdiri dari:
  1. Strategi kebutuhan primer menggunakan strategi pemasaran yaitu menambah jumlah pemakai dan juga meningkatkan jumlah pembelinya.
  2. Strategi kebutuhan selektif ini menggunakan cara,
  3. Mempertahankan pelanggannya seperti memelihara kepuasan pelanggan, menyederhanakan proses pembelian dan mengurangi daya tarik atau menjelang untuk beralih merek.
  4. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier) seperti mengambil posisi berhadapan (head - to head positioning) dan mengambil posisi berbeda (differentiated position).
Secara lebih detail, strategi pemasaran dapat dibagi ke dalam 4 jenis antara lain: merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakaian, memperbesar tingkat pembelian, kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada dan juga merangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Pengertian segmentasi pemasaran merupakan kegiatan membagi suatu pemasaran yang menjadi berbagai kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda yang mungkin nantinya memerlukan produk atau jasa pemasaran yang juga berbeda. Segmentasi pemasaran pula bisa diartikan sebagai segmen pasar yang merupakan proses pengidentifikasian dan juga menganalisis para pembeli di pemasaran produk dan menganalisa perbedaan antara pembeli di pasaran.

Dasar - dasar dalam penetapan pengertian segmentasi pemasaran ada beberapa hal yang menjadi alasannya yaitu dasar - dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen (variabel geografi, variable demografi, variabel psikologis dan juga variabel perilaku pembeli) dan dasar - dasar segmentasi pada pasar industri yang terdiri dari tahap pertama yaitu menetapkan segmentasi makro dan tahap kedua yang berupa sikap terhadap penjual, ciri - ciri kepribadian, kualitas produk dan juga pelanggan.

Syarat segmentasi yang efektif ada beberapa yang dapat diukur, dicapai, dibedakan, dilaksanakan dan juga cukup besar atau cukup menguntungkan.

Segmentasi pun mempunyai manfaat sebagai penjual atau produsen yang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih berbagai kesempatan pemasaran , produsen pun dapat menggunakan pengetahuannya dalam merespon pemasaran yang berbeda-beda sehingga bisa mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat di berbagai segmen dan penjual pun bisa mengatur produknya agar lebih baik dan mempunyai daya tarik pemasaran yang lebih tinggi.

Dalam menentukan pasar sasaran tentu ada langkah - langkah yang antara lain:
  1. Langkah pertama yaitu menghitung dan juga memberikan nilai potensi keuntungan dari berbagai segmentasi yang ada.
  2. Langkah kedua yaitu mencatat hasil penjualannya di tahun lalu dan juga memperkirakan untuk tahun yang akan datang
Demikian sedikit penjelasan dan juga ulasan mengenai pengertian pemasaran dan juga pengertian konsep manajemen pemasaran yang semoga bisa membantu membuka wawasan pembaca.

Artikel lainnya:
Pengertian Iklan
Pengertian Ideologi
Pengertian Inflasi
Pengertian Pasar