PENGERTIAN POSTER: Jenis, Tujuan, Ciri dan Syarat

Sudah tau apa itu Pengertian Poster? Poster menjadi media komunikasi yang cukup banyak digunakan saat ini. Mulai dari sekolah, kantor hingga jalanan dipenuhi dengan poster. Sebenarnya arti dari poster tidak hanya berupa gambar dengan tulisan saja. Poster juga memiliki tujuan yang lebih selain menampilkan gambar dan tulisan. Berikut ini beberapa arti dari poster.

Pengertian poster menurut KBBI


Kamus Besar Bahasa Indonesia juga menjabarkan pengertian poster. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Biasanya poster digunakan sebagai media iklan atau pengumuman.

Selain itu, Wikipedia juga menjabarkan pengertian poster. Menurut Wikipedia, poster atau dikenal dengan plakat merupakan karya seni atau desain grafis yang berisi akan komposisi huruf dan gambar di atas kertas dengan ukuran kecil atau besar.

Pengertian poster menurut para ahli


Pengertian poster menurut para ahli memiliki makna yang sedikit berbeda. Walaupun begitu, poster memiliki satu tujuan yang sama. Berikut ini pendapat para ahli tentang apa itu poster.

Sudjana dan Rivai


Pengertian poster menurut Sudjana dan Rivai adalah rancangan kombinasi visual yang terdiri akan beberapa warna dan pesan. Rancangan tersebut memiliki tujuan untuk bisa menarik perhatian khalayak umum dan banyak orang. Tapi hanya untuk sebatas diingat saja. Sebaliknya, orang yang melihat poster dengan waktu yang lama dan menangkap makna yang ada dalam poster maka akan semakin lama orang tersebut mengingat poster tersebut.

Zanu


Zanu juga menjabarkan pengertian poster sesungguhnya. Menurutnya poster bisa disebut juga sebagai rancangan gambar yang dibuat semenarik mungkin dan sedemikian rupa dengan menggunakan sedikit kata – kata yang mengajak, kemudian dicetak dan ditempel pada tempat – tempat tertentu yang sesuai.

Ekokasih


Pengertian poster menurut Ekokasih adalah sebuah tulisan atau plakat yang kemudian ditempel di tempat umum. Poster tersebut berisi akan pengumuman tentang pesan ataupun himbauan yang ditujukan untuk semua masyarakat.

Ensiklopedia


Ensiklopedia menjabarkan pengertian poster sebagai alat yang digunakan untuk media iklan sesuatu, mulak dari protes, propaganda hingga tujuan lainnya, yakni hanya untuk menyampaikan pesan saja.

Dari pengertian poster menurut para ahli di atas bisa disimpulkan bahwa poster merupakan alat yang terdiri atas rancangan dengan bentuk gambar dan kata – kata, kemudian dicetak dan ditempel pada tempat umum dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan tertentu. Maka dari itu, membuat poster tidak bisa sembarangan ada beberapa persyaratannya.

Lihat juga:
Pengertian Ideologi
Pengertian Inflasi

Jenis – jenis poster


PENGERTIAN POSTER: Jenis, Tujuan, Ciri dan Syarat

Pengertian poster atau plakat yang merupakan karya seni atau desain grafis yang berisi akan gambar dan huruf dengan komposisi sedemikian rupa di atas kertas berukuran besar. Poster diaplikasikan dengan cara ditempel pada permukaan datar, seperti dinding dengan sifat mencari perhatian atau mengajak. Oleh sebab itu, kebanyakan poster akan memiliki warna – warna kuat dan kontras.

Dari banyaknya poster yang ada, poster dibagi menjadi dua jenis, yakni berdasarkan isinya dan tujuannya. Berikut jenis – jenis poster.

Poster berdasarkan isinya


Poster berdasarkan isinya dibagi menjadi 5 macam, seperti berikut ini.

Poster niaga


Pengertian poster niaga merupakan poster yang dirancang untuk media komunikasi yang berhubungan dengan perniagaan atau menawarkan suatu barang atau jasa. Contoh poster niaga yang sering kita temui adalah poster rokok, seperti yang sering kita jumpai yakni Sampoerna Hijau, asyiknya rame – rame! yang memiliki gambar orang berkerumun serta logo dari produk rokok tersebut.

Poster kegiatan


Pengertian poster kegiatan adalah poster yang berisi akan kegiatan tertentu. Poster kegiatan ini mengajak masyarakat untuk bisa ikut serta dalam kegiatan yang ada. Beberapa contoh poster kegiatan adalah poster kegiatan seminar, jalan sehat, pentas seni atau kegiatan sosial. Dalam poster kegiatan selalu menyelipkan kata – kata mengajak, seperti “ikutilah”

Contoh kalimat yang biasa ada di dalam poster kegiatan, seperti;

“Ikutilah Seminar Karya Oleh Prof.... yang akan diselenggarakan pada : .....”

“Ikutilah gerak jalan sehat guna menyambut Kemerdekaan Indonesia yang ke – 75”

Poster pendidikan


Pengertian poster pendidikan adalah poster yang memiliki tujuan untuk memberikan penyuluhan atau penerangan akan sesuatu yang memang sifatnya untuk memberitahu, menambah ilmu dan mendidik. Kebanyakan poster pendidikan digunakan dalam penyuluhan kesehatan, kebersihan, pendidikan dan masih banyak lagi.

Biasanya kalimat yang digunakan poster pendidikan sifatnya mengajak masyarakat untuk menjadi lebih baik. Contohnya

“Buang Sampah Pada Tempatnya!”

“Hindari Demam Berdarah bersama penyuluhan kesehatan oleh Dokter di.....”

Poster layanan masyarakat


Pengertian poster layanan masyarakat adalah poster yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan atau masyarakat yang berkaitan dengan kesejahteraan hidup manusia. Kebanyakan poster layanan masyarakat ditempel pada dinding kantor kecamatan, desa dan kelurahan.

Beberapa contoh poster layanan masyarakat, seperti berikut

“Awas! Flu Burung”

“Layanan kesehatan adalah hak setiap orang”

Lihat juga:
Pengertian Agama
Pengertian Iklan

Poster seni


Pengertian poster seni adalah poster yang berisi akan desain grafis dan ekspresi dan dimaksudkan untuk karya seni. Biasanya poster seni digunakan sebagai media komunikasi dan juga media ekspresif untuk para pelajar dan mahasiswa dalam menuangkan ide – ide kreatif mereka. Selain itu, poster seni digunakan sebagai media hiburan saja untuk masyarakat umum.

Poster berdasarkan tujuannya


Selain poster berdasarkan isinya, ada juga jenis poster berdasarkan tujuannya. Berikut ini 10 jenis poster berdasarkan tujuannya.

Poster propaganda


Pengertian poster propaganda adalah poster yang dimaksudkan untuk mengobarkan dan mengembalikan semangat orang yang membaca akan perjuangan atau kerja keras seseorang dalam melakukan segala hal dan berguna untuk kehidupan sosial. Di dalam poster propaganda biasanya akan menggunakan kalimat persuasif yang memang berguna untuk mengajak pembaca agar bersama – sama melakukan aksi tersebut.

Contoh poster propaganda sering dijumpai sebelum kemerdekaan. Salah satunya adalah poster karya Partai Nasional Indonesia yang bertuliskan Merah Darahku! Tidak Mau Dijajah.

Poster Kampanye


Pengertian poster kampanye adalah poster yang dimaksudkan untuk mencari simpati dari masyarakat. Poster kampanye akan sering bertebaran saat mendekati pemilihan umum, baik untuk kepala negara atau kepala daerah.

Contoh kalimat poster berupa kampanye adalah

Mari Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi!

Contoh tersebut biasanya ditambahkan gambar pasangan calon dalam pemilu tersebut.

Poster wanted


Pengertian poster wanted adalah poster yang ditujukan untuk membuat sayembara untuk masyarakat. Poster yang satu ini digunakan untuk mencari seseorang, pemerintah, instansi atau negara. Kalimat di dalam poster wanted selalu diawali dengan kata “Dicari”. Contohnya “Dicari Seseorang dengan ciri – ciri sebagai berikut” disertai dengan foto orang yang dicari tersebut.

Poster cheesecake


Sama seperti namanya, poster cheesecake digunakan untuk hiburan. Pengertian poster cheesecake adalah poster yang dimaksudkan untuk menarik perhatian publik. Biasanya poster ini ditujukan untuk para anak muda yang sedang menyukai sesuatu. Contoh poster cheesecake adalah poster yang berisikan gambar boyband, bintang rock, anak – anak punk atau artis pujaan anak muda lainnya.

Poster film


Sama seperti namanya, pengertian poster film adalah poster yang ditujukan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan film – film yang sudah diproduksi. Kebanyakan poster film didesain dengan teknolog terbaik dan menggunakan jasa desain grafis terbaik. Hal ini dilakukan untuk menonjolkan akan kemampuan finansial para produksi film yang tinggi.

Isi dari poster film biasanya berisikan judul film, tanggal penayangan, pemeran utama, nama sutradara, kru film dan masih banyak lagi.

Poster komik


Sama halnya dengan poster film, pengertian poster komik digunakan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan buku komik. Di mana, komik adalah bacaan yang sempat populer di tahun 1960 an. Maka dari itu, poster komik dibuat sebagai bentuk apresiasi dan menarik para pembaca.

Poster afirmasi


Pengertian poster afirmasi adalah poster yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi pembaca dengan beberapa kata yang tertulis pada poster tersebut. Biasanya, kata – kata tersebut berupa kesempatan, kepemimpinan dan masih banyak lagi.

Poster riset


Pengertian poster riset adalah poster yang dimaksudkan untuk mempromosikan kegiatan ilmiah atau riset sehingga para pelaku akademik bisa turut hadir dan ambil adil dalam kegiatan tersebut.

Lihat juga:
Pengertian Bisnis
Pengertian Sepakbola

Poster kelas


Poster yang satu ini sering dijumpai pada sekolah – sekolah, terlebih setiap kelas memilikinya. Poster kelas merupakan poster yang diperkenalkan oleh Amerika dan digunakan untuk memotivasi para pelajar agar bisa belajar dengan baik dan menggapai cita – cita mereka.

Poster komersial


Pengertian poster komersial adalah poster yang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu dan sering dijumpai terpampang di tempat umum. Biasanya pembuatan poster komersial memiliki budget tertentu sesuai anggaran untuk promosi. Contoh poster komersial adalah poster iklan atau niaga yang sering dijumpai di jalanan.

Tujuan pembuatan poster


Tentunya, pembuatan poster bukan tanpa sebab, selalu ada tujuan poster tersebut dibuat. Tujuan dari pembuatan poster sendiri tidak jauh – jauh dari pengertian poster itu sendiri. Selain itu, dengan adanya tujuan dibuatnya poster, secara tidak langsung kalau poster memang ditujukan untuk suatu kelompok masyarakat tertentu. Maka dari itu pembuatan poster harus berdasarkan tujuan dan target masyarakat poster tersebut.

Salah satu tujuan poster yang paling umum dan sering dijumpai adalah untuk mengajak. Selain itu, ada juga poster yang digunakan untuk komersial. Beberapa poster juga ditujukan sebagai himbauan untuk masyarakat. Ada lagi tujuan poster yang harus mendapatkan perhatian khusus, yakni poster yang menampilkan orang hilang.

Bukan hanya itu saja, poster juga digunakan sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai yang dituliskan pada poster tersebut. Maka dari itu, poster yang dibuat harus sangat menarik sehingga bisa mencuri perhatian masyarakat dan tujuan poster bisa tersampaikan.

Ciri – ciri poster yang baik


Agar poster bisa tersampaikan sesuai dengan tujuannya, pembuatan poster harus dilakukan dengan baik. Berikut ini ciri – ciri poster yang baik sebagai acuan Anda membuat poster.
  1. Desain grafis atau rancangan dari poster harus memiliki komposisi yang terdiri dari gambar an huruf di atas media kertas atau kain dengan ukuran yang besar agar bisa dibaca oleh masyarakat.
  2. Cara mengaplikasikan poster bisa dilakukan dengan cara ditempel pada permukaan datar, seperti dinding atau tempat umum lainnya yang bisa membidik dan mencuri perhatian para mata dengan maksimal.
  3. Pembuatan poster kebanyakan dibuat dengan kombinasi warna yang kontras dan kuat.
  4. Penggunaan bahasa pada poster kebanyakan adalah bahasa yang tidak tele – tele, jelas dan tidak rancu agar mudah dipahami.
  5. Pesan yang ingin disampaikan pada poster kebanyakan juga disertai gambar akan semakin menarik perhatian.
  6. Poster harus bisa dibaca dengan mudah, walaupun saat orang berjalan atau berlalu.

Syarat poster yang baik


Selain ciri – ciri poster, ada juga syarat poster yang baik dalam pembuatannya, seperti berikut ini.
  1. Bahasa yang digunakan dalam poster harus mudah dipahami.
  2. Susunan kalimat di dalam poster harus singkat, padat, jelas dan berisi.
  3. Pembuatan poster lebih baik ditambahkan dengan gambar agar semakin menarik perhatian.
  4. Poster yang baik adalah poster yang bisa mencuri perhatian masyarakat.
  5. Media cetak pada poster lebih baik menggunakan media dengan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek dalam berbagai kondisi.
  6. Ukuran dalam pembuatan poster lebih baik disesuaikan dengan tempat di mana poster tersebut akan dipasang dan target pembaca.
Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster, seperti berikut ini:
  1. Gambar dalam poster harus mencolok dan sesuai dengan ide yang akan ditujukan.
  2. Kata – kata yang digunakan dalam poster haruslah efektif, bersifat persuasif, sugestif dan mudah untuk diingat.
  3. Jenis font yang digunakan adalah font yang mudah dibaca dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran poster.

Langkah pembuatan poster


Dalam pembuatan sebuah poster, harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari target poster tersebut ditujukan dan tujuan dari poster tersebut. Berikut ini beberapa langkah dalam membuat poster.

Tentukan tema dan tujuan pembuatan poster tersebut


Langkah awal dan bagian terpenting dalam membuat poster adalah dengan menentukan tema dan tujuan. Pasalnya, tanpa adanya tema dan tujuan yang jelas, Anda akan bingung dan bukan tidak mungkin poster yang baik dan berkualitas akan tercipta.

Kalimat yang digunakan harus singkat, padat, menarik dan mengajak


Setelah menentukan tema dan tujuan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat kalimat. Namun hal yang perlu diingat dalam pembuatan kalimat tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kalimat yang baik merupakan kunci kesuksesan poster menarik perhatian.

Maka dari itu, susunan kalimat setiap kata dalam poster harus benar – benar diperhatikan. Kalimat dalam poster haruslah singkat dan tidak boleh terlalu panjang. Selain itu, kalimat juga harus bisa mengajak dan mencuri perhatian masyarakat untuk melakukan sesuatu sesuai dengan pesan yang terkandung dalam poster.

Jangan lupa menambahkan gambar


Menambahkan gambar pada sebuah poster adalah hal yang wajib dilakukan. Gambar digunakan untuk lebih menarik perhatian orang agar mereka tertarik membaca dan melakukan hal yang ada pada poster tersebut.

Gambar yang digunakan dalam poster haruslah sesuai dengan tema dan tujuan poster tersebut. Selain itu, gambar juga harus beda dari yang lain agar masyarakat bisa semakin tertarik dan minat untuk membaca poster Anda.

Penambahan gambar juga dilakukan untuk mengusir kebosanan bagai pembaca yang hanya membaca tulisan saja. Tentunya, untuk menarik perhatian harus ada sesuatu yang unik dan menarik.

Pemilihan media harus tepat


Media dalam penempatan poster yang Anda buat harus dipilih dengan tepat. Jangan hanya menempelkan poster pada media yang tidak layak. Penempatan poster harus disesuaikan dengan masyarakat yang membacanya. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa melihat dan membacanya.

Itulah beberapa pengertian poster beserta jenis, ciri – ciri, syarat dan langkah pembuatannya.

Artikel lainnya:
Pengertian Kepemimpinan
Pengertian Kebugaran Jasmani
Pengertian Kurikulum
Pengertian Bahasa