PENGERTIAN ANALISIS: Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Analisis adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari membedakan, mengurai, atau memilah sesuatu yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu dan mengaitkannya dengan tafsir maknanya.

Analisis mungkin cukup familiar di tengah-tengah masyarakat. Analisis erat kaitannya dengan permasalahan, karena kehidupan tentu saja tidak lepas dari munculnya suatu masalah. Permasalah tersebut tentu saja harus segera diselesaikan. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan analisa.

Pengertian analisis secara umum juga bisa dideskripsikan sebagai segala usaha mengamati secara lebih detail dengan cara mengkaji komponen-komponen di dalamnya lebih lanjut. Analisis juga biasa dianggap sebagai sebuah kemampuan untuk memecahkan informasi atau materi sehingga menjadi mudah dijelaskan dan dimengerti.

Kata analisis tentu tidak asing dalam dunia pendidikan. Misalnya dalam bidang ilmu pengetahuan, ilmu sosial, manajemen, ekonomi, akuntansi, ilmu bahasa, dan bidang ilmu lainnya.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli


Pengertian Analisis

Komaruddin


Menurutnya pengertian analisis adalah suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu hal menjadi beberapa komponen kecil. Sehingga dapat dilihat tanda masing-masing komponen, hubungan, dan juga fungsi keseluruhan komponen.

Wiradi


Menurut Wiradi pengertian analisis adalah kegiatan mengurai, memilah, dan membedakan suatu hal dan kemudian digolongkan menurut kelompok kriterianya masing-masing dan dicari maknanya.

Dwi Prastowo Darminto


Menurut Dwi Prastowo Darminto pengertian analisis adalah menguraikan suatu bahasan pokok tertentu dalam berbagai bagian dan menelaah setiap bagian tersebut. sehingga ada hubungan yang tepat antara bagian dan mendapatkan arti atau makna secara keseluruhan.

Robert J Schreiter


Pengertian analisis menurut Robert J Schreiter adalah membaca suatu teks tertentu yang memiliki tanda dan menempatkan tanda dalam suatu interaksi yang dinamis. Sehingga pesan-pesan yang ada di dalamnya bisa tersampaikan.

Syahrul


Syahrul memberikan pandangannya tentang analisis dalam akuntansi pengertian analisis adalah suatu kegiatan evaluasi terhadap suatu kondisi dari masalah yang berkaitan dengan akuntansi yang akan memunculkan kemungkinan adanya perbedaan-perbedaan.

Rifka Julianty


Menurut Rifka Julianty pengertian analisis adalah menguraikan dan menelaah suatu hal menjadi beberapa bagian, dan mencari hubungan antar bagiannya. Sehingga didapatkan pengertian dan pemahaman yang tepat tentang arti makna secara keseluruhan.

Minto Rahayu


Menurut Minto Rahayu pengertian analisis adalah proses kinerja yang memiliki tahapan pekerjaan yang berurutan sebelum menjadi dokumentasi dalam bentuk laporan.

Husein Umar


Menurut Husein Umar pengertian analisis sama seperti yang diutarakan dideskripsikan oleh Minto Rahayu yaitu sebuah pekerjaan yang memiliki urutan dan tahapan dari adanya riset sebelum menjadi sebuah laporan.

Efrey Liker


Menurut Efrey Liker pengertian analisis merupakan aktivitas mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari sumber masalah atau akar masalah.

Perbedaan analisa dan analisis


Analisis dan analisa memang terdengar memiliki makna yang sama, namun berbeda tulisan saja. Banyak orang yang juga keliru menganggap mana kata yang benar, analisa atau analisis. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata yang benar dan baku adalah analisis. Namun, kata analisa juga sudah banyak sehingga orang-orang menganggapnya juga benar atau sama saja.

Macam-macam analisis


Analisis terdiri dari beberapa jenis yang dapat Anda pilih. Masing-masing jenis analisis juga mempunyai metode yang berbeda-beda. Berikut adalah macam-macam analisis dengan pengertiannya antara lain:

Analisis logika

Pengertian analisis logika adalah sebuah kegiatan analisis yang didasarkan pada adanya prinsip tertentu yaitu logika dan pembelahan yang jelas maksud yang satu dengan yang lain.

Lihat juga:
Pengertian Kebudayaan
Pengertian Politik

Analisis realis

Pengertian analisis realis adalah sebuah kegiatan analisis yang untuk melakukannya harus memakai urutan benda yang berguna sebagai dasar pemikiran. Adapun urutan benda dibedakan berdasarkan sifat dasar atau kesatuan dari benda itu sendiri.

Fungsi analisis

Fungsi analisis adalah untuk mengumpulkan sebuah data-data yang ada pada suatu lingkungan tertentu. Analisis dapat digunakan dan diterapkan dalam berbagai jenis keadaan dan lingkungan. Sebuah kegiatan analisis akan lebih maksimal jika digunakan dalam keadaan yang sedang membutuhkan strategi atau dalam keadaan yang kritis.

Tujuan analisis

Tujuan analisis adalah untuk mengumpulkan data-data yang pada akhirnya dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan atau keperluan yang melakukan analisis. Biasanya data yang dianalisis akan digunakan untuk menyelesaikan adanya konflik atau krisis, atau hanya dijadikan sebagai arsip. Misalnya dalam bidang pendidikan, analisis digunakan untuk melakukan suatu kegiatan penelitian dari berbagai macam subjek keilmuan.

Macam-macam istilah analisis


Seperti yang telah dijelaskan jika analisis digunakan dalam berbagai macam bidang ilmu seperti ilmu bahasa, ilmu ekonomi, akutansi, manajemen, bisnis, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ilmu kimia, ilmu seni, ilmu politik, ilmu kesehatan, dan lain sebagainya. Maka berikut adalah macam-macam istilah analisis dalam berbagai macam ilmu tersebut beserta dengan fungsinya antara lain:

Analisis dalam bisnis

Analisis dalam bisnis terdiri dari beberapa istilah. Berikut adalah beberapa contoh istilah analisis dalam bisnis antara lain:

Analisis SWOT

Pengertian analisis SWOT merupakan sebuah metode yang biasa digunakan dalam melakukan evaluasi tentang kelemahan, peluang, kekuatan, maupun ancaman, bahkan spekulasi terhadap suatu masalah yang ingin dianalisis seperti. Sebagaimana dengan kepanjangan dari SWOT yaitu strength, weakness, opportunity, dan threats.

Analisis pasar

Pengertian analisis pasar merupakan analisis untuk suatu potensi, sifat, lokasi, atau ciri-ciri dari pasar.

Analisis jabatan

Pengertian analisis jabatan adalah menganalisis dengan cara mengevaluasi kompetensi kemampuan dan juga kepribadian dari seseorang terkait dengan pekerjaan yang menjadi sebuah tanggung jawabnya.

Analisis dalam bahasa

Berikut adalah beberapa istilah analisis dalam bahasa antara lain:

Analisis wacana

Analisis wacana merupakan salah satu metode analisis dengan cara menguraikan bagian-bagian yang berfungsi untuk dianalisis.

Analisis bahasa

Pengertian analisis bahasa adalah analisis yang dilakukan oleh pakar bahasa untuk menelaah atau menggarap data tentang kebahasaan yang didapatkan dari sebuah penelitian lapangan atau kepustakaan sampai didapatkan sebuah kesimpulan.

Analisis deduktif

Analisis deduktif merupakan sebuah analisis terhadap penelitian untuk menemukan kebenaran dari sebuah pernyataan dengan menunjukkan pernyataan lain yang telah tetap kebenarannya.

Analisis dalam ilmu kimia

Kata analisis juga biasa digunakan dalam ilmu kimia. Adapun istilah analisis dalam ilmu kimia antara lain:

Analisis ayak

Analisis ayak merupakan analisis dengan cara memilah zat padat berdasarkan ukurannya menggunakan alat pengayak.

Analisis endapan

Sedangkan analisis endapan adalah memisahkan artikel menurut tingkat pengendapannya pada cairan tertentu.

Analisis dalam ilmu kesehatan

Berikut adalah beberapa analisis dalam ilmu kesehatan antara lain:

Analisis kekebalan

Pengertian analisis kekebalan adalah menguji kekebalan pada anggota badan atau tubuh menggunakan suatu antigen atau antibodi.

Analisis lambung

Analisis lambung merupakan analisis untuk memeriksakan apa yang terjadi pada isi lambung dan organismenya sehingga dapat mengetahui pola makannya.

Pengertian analisis bisnis



Analisis bisnis memiliki pengertian yang sama dengan pengertian analisis. Secara umum pengertian analisis bisnis adalah suatu proses untuk melakukan evaluasi apakah suatu bisnis yang telah dijalankan mempunyai resiko yang bisa terjadi dan prospek yang dimiliki.

Lihat juga:
Pengertian Pasar
Pengertian Implementasi

Jenis-jenis analisis bisnis


Menurut John J Wild dan K R Subrmanyam analisis bisnis dibagi menjadi dua antara lain:

Analisis kredit

Analisis kredit berfungsi untuk menilai suatu perusahaan layak atau tidak untuk menerima kredit. Hal tersebut akan berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi kewajiban membayar kredit .

Analisis ekuitas

Pengertian analisis ekuitas adalah penyediaan dana sebagai imbal dari kepemilikan suatu perusahaan. Seorang investor memiliki peran yang sangat penting dalam analisis ini karena investorlah yang akan mengucurkan bantuan modal dana dalam bentuk saham.

Manfaat analisis bisnis


Berikut adalah manfaat dari analisis bisnis antara lain:

Manajer

Dengan adanya analisis bisnis yang baik, dapat memberikan bantuan bagi manajer sebagai petunjuk untuk bisa mengatur strategi dalam kegiatan investasi yang lebih efektif. Seorang manajer akan melakukan sebuah analisa tentang laporan yang telah dibuat dan melakukan evaluasi tentang profitabilitas atau resiko yang dapat terjadi.

Restrukturisasi

Restrukturisasi terdiri dari akusisi, merger, dan divestasi. Yang mana tindakan tersebut sangat dibutuhkan perusahaan untuk melakukan restrukturisasi.

Manajemen keuangan

Dengan adanya analisis bisnis membuat manajemen keuangan dapat melakukan evaluasi dampak yang kemungkinan akan terjadi pada perusahaan ketika mengambil sebuah keputusan.

Auditor eksternal

Auditor eksternal merupakan bagian yang berasal dari luar organisasi yang melakukan kewajiban untuk mengaudit laporan keuangan tempat bisnis atau perusahaan. Auditor eksternal akan menganalisis keuangan dan tahap ini merupakan tahap akhir untuk laporan keuangan.

Pembuat peraturan

Pembuat peraturan atau internal revenue service akan menganalisis laporan keuangan dan laporan pajak, serta mengecek kewajaran nominal yang dilaporkan.

Pelanggan

Metode analisis juga digunakan untuk memastikan potensi adanya keuntungan dari pemasok secara bersamaan sehingga menghasilkan transaksi yang saling menguntungkan.

Komponen analisis bisnis


Berikut adalah komponen dari analisis bisnis antara lain:

Analisis lingkungan bisnis dan strategis

Analisis tersebut terdiri dari analisis industri dan strategi yang diperoleh dari jurnal industri maupun perdagangan, berita keuangan, publikasi pemerintahan, website, atau media promosi perusahaan.

Analisis akuntansi

Proses evaluasi pada akuntansi dapat mempelajari peristiwa transaksi, kebijakan akuntansi, dan lain sebagainya. Serta dapat membuat akuntansi perusahaan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Analisis keuangan

Analisis keuangan dilakukan pada laporan keuangan yang bermanfaat untuk menganalisis posisi atau jabatan dan juga kinerja keuangan untuk masa depan yang mencakup analisis risiko, analisis potensi keuntungan, analisis sumber dana dan penggunaanya.

Lihat juga:
Pengertian Ideologi
Pengertian Inflasi

Analisis prospektif

Pengertian analisis prospektif merupakan proses prediksi hasil laba dan arus kas di waktu yang akan datang. Analisis prospektif dilakukan setelah dilakukannya analisis akuntansi, analisis keuangan, dan juga analisis bisnis dan strategi.

Penilaian

Penilaian merupakan proses untuk mengubah hasil prediksi di masa depan menjadi sebuah estimasi dengan menentukan model penilaian dan estimasi modal perusahaan.

Contoh analisis bisnis


Analisis bisnis adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam menghadapi apapun kemungkinan yang akan terjadi. Tidak sedikit juga pebisnis yang mengalami rugi karena tidak memiliki strategi yang benar. Salah satu metode analisis bisnis yang dilakukan dalam perencanaan strategi untuk melakukan evaluasi dari kelayakan adanya sebuah perusahaan atau usaha bisnis adalah SWOT. Pengertian analisis SWOT adalah sebuah metode evaluasi untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta spekulasi. Kepanjang dari SWOT sendiri adalah strength, weakness, opportunity, dan threats.

Strength

Strength merupakan sebuah kekuatan yang dimiliki oleh organisasi. Kekuatan yang harus dianalisis adalah faktor organisasi, dan konsep bisnis.

Weakness

Weakness artinya kelemahan. Kelemahan dalam organisasi dapat dilihat dari kelemahan dalam proyek, dan konsep organisasinya.

Opportunities

Opportunities merupakan sebuah peluang yang dipunyai sebuah organisasi untuk dapat berkembang di waktu yang akan datang. Peluang yang banyak disorot dalam analisis SWOT adalah kebijakan pemerintah, adanya competitor, dan kondisi pasar.

Threats

Threats merupakan adanya ancaman atau tantangan yang berasal dari bagian luar organisasi. Maksudnya adalah ancaman tersebut bisa saja datang dan memungkinkan untuk terjadi. Sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu efektifitas dari bisnis yang dijalankan.

Langkah-langkah analisis


Identify atau mengidentifikasi adanya masalah


Mengidentifikasi atau mengenal masalah adalah langkah paling awal dalam tahap sebuah analisis. Anda bisa mencoba mengidentifikasi masalah dari membuat pertanyaan yang ingin diselesaikan. masalah tersebutlah yang menyebabkan tidak tercapainya tujuan suatu perusahaan. Berikut adalah tugas dalam mengidentifikasi masalah antara lain:

Mengidentifikasi penyebab masalah


Mengidentifikasi adanya penyebab masalah dimulai dari mengkaji ulang subjek permasalahan yang pernah diutarakan atau ditemukan dalam tahap perencanaan.

Mengidentifikasi titik keputusan


Setelah penyebab masalah berhasil diidentifikasi, selanjutnya adalah mengidentifikasi sebuah titik keputusan akan penyebab masalah. Karena titik keputusan akan menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi.

Mengidentifikasi personil kunci


Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi adanya personil-personil kunci yang langsung atau tidak langsung penyebab terjadinya masalah. Identifikasinya dapat dilakukan dengan cara mengacu pada alur dokumen perusahaan.

Understand atau memahami kerja masalah


Setelah menemukan masalah yang ingin dipecahkan, selanjutnya adalah mempelajari dan memahaminya secara lebih terperinci. Untuk memahaminya maka diperlukan adanya data-data melalui sebuah penelitian. Penelitian pada tahap perencanaan bersifat pendahuluan. Sedangkan penelitian pada tahap analisis ini bersifat penelitian yang lebih terperinci. Berikut adalah tugas dalam memahami kerja masalah antara lain:

Menentukan jenis penelitian


Jenis penelitian dibedakan berdasarkan jenis data yang dimiliki.

Perencanaan jadwal penelitian


Jadwal penelitian sebaiknya direncanakan terlebih dahulu agar dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Membuat tugas penelitian


Setelah jadwal telah dibuat, maka kegiatan selanjutnya adalah membuat tugas dari masing-masing tim analisis. Hal tersebut biasanya akan ditentukan oleh koordinator dengan surat penugasan mengadakan kegiatan penelitian.

Membuat rencana wawancara


Jika diperlukan adanya sebuah wawancara, maka waktu dan juga materinya harus disiapkan dan didiskusikan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawancara yang efektif dan efisien yaitu tepat waktu dan materi tidak ada yang dilewatkan.

Hasil penelitian


Hasil penelitian dikumpulkan dalam bentuk dokumentasi yaitu laporan.

Analyze atau menganalisis


Tahap selanjutnya adalah menganalisis. Analisis dilakukan berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian. Analisis yang harus dilakukan adalah menganalisis kelemahan, dan kebutuhan manajemen.

Report atau membuat laporan


Setelah analisis selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah membuat hasil laporan analisis. Laporan analisis biasanya akan diterima oleh pihak manajemen. Nantinya pihak manajemen akan mempelajari temuan dari hasil analisis yang disajikan dalam laporan.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian analisis, macam-macam analisis, fungsi analisis, tujuan analisis, langkah-langkah analisis, contoh analisis, istilah dalam analisis, analisis bisnis, dan lain sebagainya.

Artikel lainnya:
Pengertian Bisnis
Pengertian Sepakbola
Pengertian Agama
Pengertian Iklan