21 Cara Menjadi Selebgram Mendadak Tanpa Beli Followers

Cara menjadi selebgram - Perkembangan sosial media tiap tahun kian pesat, terlebih lagi Instagram. Instagram tidak hanya sebagai tempat pamer foto dan ajang narsis saja, banyak yang memanfaatkan sosial media berbagi foto ini untuk menunjukkan karyanya ke dunia, mendongkrak popularitas, bikin tenar dan jadi mesin duit dengan cara menjadi seorang selebgram.

Apa itu Selebgram?


Selebgran adalah singkatan dari selebriti Instagram. Mereka adalah orang yang terkenal didunia maya. Kamu tau Ria Ricis atau Awkarin? Ya siapa yang tidak kenal dengan kedua cewek cantik ini, para selebgram yang paling banyak dibicarakan di Indonesia. Bila Ria Ricis sering membuat video parodi, lain lagi dengan Awkarin yang sering tampil sexy. Pengen tau cara menjadi selebgram? Nah tunggu dulu.

cara menjadi selebgram seperti awkarin

Selain mereka berdua cukup banyak nama selebgram lainnya yang bisa dibilang sangat sukses. Ada yang tampil di tv, ada yang sudah jadi model, jadi bintang iklan, bahkan ada yang membintangi film dan main sinetron juga loh.

Nama-nama selebgram atau selebritis Instagram yang sukses lainnya selain Ria Ricis dan Awkarin yang cukup terkenal adalah Arief Muhammad, Edho Pratama, Chandra Liow, Reza Oktovian, Rachel Vennya, Winny Putri Lubis, Kadir Bachmid, Aldirachena, Devina Aureel, Shirin Al Athrus, Anya Geraldine, Clairine Clay, Hanggini, Jeje Soekarno, Hamidah Rachmayanti, Medina Zein, Gaga Muhammad, Lula Lahfah, Dika, dan masih banyak selebgram lainnya yang bila dihitung ada ratusan dengan followers dibawah 500 ribu.

Nah kamu tau tidak, popularitas mereka sekarang hampir menyamai para artis, bahkan jumlah followers Instagram nya malah lebih banyak dari artis. Serta yang menariknya lagi nih, mereka juga punya channel Youtube, subscribernya tak main-main loh, bahkan ada yang sampai jutaan seperti Edho Pratama, Chandra Liow, dan Reza Oktovian.

Keuntungan menjadi Selebgram


Sebelum membahas cara menjadi selebgram, kamu mesti tau dulu keuntungan menjadi seorang selebgram. Apa keuntungan menjadi selebgram? Seperti yang aku jelaskan di paragraf atas, keuntungan menjadi selebgram cukup banyak, tidak hanya bisa bikin kamu hit lalu banyak dibicarakan orang, akan tetapi bisa membuat jumlah followers akun Instagram kamu bertambah banyak, bisa jutaan kayak Ria Ricis.

Setelah followers Instagram kamu banyak dan kamu sudah ngetop, lantas apa yang akan terjadi? Sudah pasti bikin kamu banyak duit. Loh kok bisa?

Ya dengan banyaknya jumlah followers Instagram serta followers kamu asli bukan dari beli followers, maka akun Instagram kamu akan jadi mesin uang, yang akan terus mencetak uang untuk kamu. Banyak merek brand atau toko online yang akan menghubungi kamu untuk memasang iklan (endorse) di setiap postingan kamu. Asyik kan?

Contoh postingan endorse

Lihat juga:
Istilah-istilah dalam Instagram dan artinya

Berapa harga sekali endorse? Untuk sekali endorse saja bayarannya bisa mencapai Rp. 500.000 - Rp. 5.000.000 perposting, tergantung berapa banyak jumlah followers akun Instagram mereka. Nah kalau selebgram tersebut adalah seorang artis atau publik figur yang terkenal di dunia hiburan bayarannya bisa mencapai Rp.10.000.000 tiap kali posting atau paid promote.

Tapi yang asyiknya lagi mereka tidak hanya mendapatkan bayaran dalam bentuk uang saja, biasanya barang yang mereka endorse atau mereka promosikan akan langsung menjadi milik mereka, alias dikasih gratis. Keren kan.

Duh sangat menggiurkan, apalagi dalam sehari mereka bisa dapat beberapa kali endorse, kamu bisa hitung deh berapa penghasilan mereka dalam sebulan, bisa puluhan bahkan ratusan juta loh.

Lalu bagaimana cara menjadi selebgram mendadak tanpa beli followers? Cara jadi selebgram memang tak semudah membalikkan telapak tangan, mengupload foto bagus setiap hari tidaklah cukup, semuanya butuh proses. Ria Ricis dan Awkari saja dulunya pasti tidak ada yang kenal. Tapi berkat usaha keras yang mereka lakukan maka sekarang mereka sudah memetik hasilnya.

Tapi tak sulit juga kok cara menjadi selebgram asal kamu mau kerja keras, usaha, tidak malas, punya totalitas, serta disiplin, apapun yang pengen kamu wujudkan pasti akan tercapai dengan mengetahui caranya. Berikut beberapa tips dan trik bagaimana cara menjadi selebgram sukses:

Cara Menjadi Selebgram


1. Nama pengguna


Langsung saja hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk cara jadi selebgram remaja, selebgram endorse, selebgram hijab, selebgram cilik, atau mau jadi selebgram apapun yang kamu mau bila usname atau nama pengguna akun Instagram kamu susah di ketik orang atau susah di baca orang jangan harap deh kamu akan jadi selebgram.

Buat usname yang tidak panjang, mudah di hafal dan diketik orang serta sedikit unik, aneh dan tidak pasaran. Dengan begitu orang akan mudah mengingat dan menghafal usname akun Instagram kamu. Coba lihat deh para selebgram yang sangat terkenal pasti nama pengguna mereka simpel, tidak panjang, dan unik, bahkan ada yang menulis dengan nama lengkap mereka.

2. Buat profil yang bagus


Nah ini juga penting. Bikin profil ig kamu yang rapi dan bagus. Jangan alay seperti menaruh kata-kata "Gak usah follows kalau akhirnya unfollow, Negatif komen blok, Follback? Spamlike!" dan kata-kata tidak penting lainnya di bio.

Tulis di bio yang menceriakan diri kamu serta tidak bertele-tele, seperti Youtubers, Creativepreneur, Penikmat senja dan lain-lain. Tulis juga kamu punya usaha apa, apa bagian kamu disitu misal owner atau CEO di mana. Tulis juga nomor kontak kamu, misal alamat email, atau nomor WA. Dan yang terakhir bila kamu punya blog atau channel youtube, jangan lupa untuk memasukkannya di bagian situs web.

3. Foto profil


Jangan lupa pasang foto profil akun Instagram kamu yang bagus dan menarik. Pasang foto yang menampilkan wajah kamu dengan jelas.

4. Konten


Posting foto dan video yang sesuai dengan passion kamu serta hobi kamu. Jangan meniru selebgram yang sudah sukses duluan bila kamu tak bisa melakukannya dengan sempurna, misal melihat Ria Ricis yang bikin video lucu trus kamu bikin juga dan tidak lucu, ini pasti tidak bisa menjadikan kamu selebgram. Apalagi mesti niru Awkarin yang sexy. Kamu gak mesti kok kalau itu bukan bidang dan bakat kamu.

Nah kamu harus tau dulu siapa kamu, karakter khas apa yang kamu punya, ketahui juga apa minat kamu, trus orang seperti apa yang kira-kira akan menyukai kamu.

Yuk coba dulu dengan konsep. Misal kamu suka make up, kamu bisa bikin tips make up yang bagus, merekomendasikan produk apa yang cocok untuk kondisi kulit wajah tertentu dan lain-lain.

5. Caption

Contoh caption yang mengundang orang untuk berkomentar

Cuma upload foto atau video bagus saja tiap hari tidak akan membuat kamu cepat jadi selebgram bila kamu tidak menulis keterangan apapun di postingan tersebut. Disetiap postingan kamu harus menulis keterangan yang menggambarkan foto atau video yang kamu upload. Tulislah deskripsi yang semenarik mungkin dengan sedikit humor.

Nah supaya banyak yang komentar, tulis caption yang seolah-olah mengajak para followers untuk ikut diajak berbicara. Contohnya "Kalau pendapat kalian gimana ya, tulis pengalaman kalian juga ya", dan kalimat ajakan lainnya yang bisa memancing mereka untuk berkomentar.

Jangan lupa juga untuk meminta para followers kamu supaya menyebut (mention) nama-nama teman mereka didalam komentar. Misal "tag temen mu yang bernasib sama". Ini tips ampuh dari Ria Ricis sendiri loh!

6. Tambahkan hashtag


Jangan lupa untuk memasukkan hashtag disetiap foto atau video yang kamu upload. Tulis hashtag diakhir caption foto yang sesuai atau menggambarkan foto atau video yang kamu upload. Misal video yang kamu upload tentang komedi, kamu bisa memasukkan hashtag #videolucu #dagelan #ngakakkocak #9gag dan lain-lain.

Dengan memasukkan hashtag, foto kamu akan dilihat banyak orang dari seluruh dunia bila ada yang mencari sesuatu di Instagram dengan hashtag tersebut. Tapi ingat jangan terlalu banyak menaruh hashtag nanti malah di anggap spam oleh instagram. Taruhlah hashtag sewajarnya, yang sesuai dengan postingan kamu.

7. Upload foto yang bagus



Cara menjadi selebgram ke tujuh adalah foto yang di upload. Nah ini yang penting yaitu kamu harus upload foto yang bagus kalau ingin cepat jadi selebgram karena Instagram ini adalah sosial media yang menonjolkan foto serta video. Jadi berbeda dengan Facebook atau Twitter ya.

Walaupun kamu cuma punya kamera hp tapi jangan lupa untuk memotretnya dengan bagus dan kualitasnya harus bagus juga. Perhatikan komposisi foto, potret di tempat banyak cahaya, serta perhatikan sudut dan angel yang unik.

Ingat jangan banyak memasukkan foto selfie, karena orang akan malas melihat kamu upload banyak foto selfie. Usahakan foto selfie kamu nampak backgroud dengan benda atau alam yang indah, jadi tidak penuh dengan wajah kamu saja.

Lihat juga:
Tips fotografi keren dengan kamera HP

8. Upload video yang bagus


Nah selain upload foto yang bagus, cara cepat menjadi selebgram lainnya adalah dengan cara upload video yang bagus pula. Tidak hanya foto saja, kamu mesti upload video juga. Sebelum di upload, jangan lupa videonya di edit dulu sebagus mungkin.

Lihat juga:
10 Aplikasi edit video Instagram terpopuler

9. Share


Jangan lupa untuk membagikan foto yang barus saja kamu upload ke banyak akun sosial media lainnya, seperti ke Facebook, Twitter, Youtube, Pinterest, Tumblr, grup WA, dan lain-lain. Suruh mereka untuk like dan komen.

10. Jadwal upload


Ini sangat penting juga. Kamu harus upload pada waktu yang pas, yaitu saat orang-orang sedang tidak bekerja. Nah saat yang pas untuk kamu upload foto ke Instagram adalah setelah subuh, jam makan siang, sore hari, dan malam hari, karena di waktu itulah orang-orang biasanya sedang beristirahat, apalagi jam habis makan malam disitu orang banyak menghibur dirinya untuk bermain dengan smartphone. Tapi jangan tengah malam juga ya, saat orang-orang sudah tidur.

Ingat, jangan sejam sekali kamu upload fotonya ya, atau bahkan dalam semenit sekali, ini pasti akan membuat para followers kamu jengkel dan akan unfolllows kamu. Upload lah dalam sehari sekitar 3 foto, yaitu pada waktu yang telah aku jelaskan di atas.

11. Perbanyak interaksi dengan followers


Bila ingin jadi selebgram sukses, kamu jangan sombong ya. Bila ada yang berkomentar dan kamu melihat perlu dibalas kamu harus membalasnya, serta bila terlalu banyak yang berkomentar atau kamu merasa tidak perlu membalasnya dan bukan termasuk komentar berisi pertanyaan, kamu cukup like saja.

Followers kamu akan senang bila kamu mau like komentar mereka dan membalasnya. Mereka merasa dihargai, apalagi DM mereka kamu balas juga. Untuk DM sendiri, kamu cukup membalas DM yang penting-penting saja.

Bagaimana bila ada yang berkomentar negatif? Bila ada yang komentar jelek atau kurang sopan kamu cukup cuekin saja, kalau perlu balas saja dengan positif dan dengan jawaban yang kocak. Intinya jangan menanggapi dengan komentar jelek juga ya, itu bisa membuat kamu gagal jadi orang besar. Jadi kamu harus berjiwa besar kalau ingin jadi selebgram dan jadi orang sukses.

12. Selalu up to date


Ingat kamu harus kreatif, jangan upload topik yang itu-itu terus, jangan sampai membuat followers kamu akan bosan. Sebagai calon selebgram sukses kamu harus pandai melihat hal-hal baru yang baru saja terjadi disekitar kamu yang lagi banyak di bicarakan orang. Misal akhir-akhir ini lagi gencar orang membicarakan apa, nah buatlah postingan yang menyinggung masalah tersebut dengan kreasi kamu sendiri.

13. Perbanyak followers


Jumlah followers yang banyak juga berpengaruh besar untuk menjadikan kamu seorang selebgram. Selain dengan cara-cara diatas, lihat juga cara lainnya untuk memperbanyak followers Instagram dengan cepat pada artikel cara menambah followers Instagram dengan mudah.

14. Perbanyak like


Selain banyak followers, jumlah like yang banyak disetiap postingan kamu juga akan berefek membuat kamu jadi selebgram dengan cepat. Untuk memperbanyak like, kamu bisa lihat di artikel cara mendapatkan like banyak di Instagram.

15. Buat konten viral


Ingin tau cara jadi selebgram dalam sehari atau cara menjadi selebgram mendadak tanpa beli followers dengan cepat? Caranya cukup mudah, kamu cukup buat konten viral. Buat hal-hal unik yang belum dilakukan orang, atau bila tak punya ide, kamu bisa meniru apa yang pernah dilakukan orang dan menjadi viral akhir-akhir ini tapi dengan cara mu sendiri.

16. Kasih tau akun terkenal



Setelah kamu bikin video yang kira-kira bisa unik dan bisa jadi viral, jangan lupa di caption untuk tag atau menandai akun-akun yang sesuai dengan tema video yang kamu buat. Nah misal video kamu tentang komedi, lawak atau pun lucu, kamu bisa tag akun @dagelan @si_ableng @guyonankekinian @ngakakkocak @indowarkop @memecomicindonesia serta akun-akun komedi lainnya. Jangan lupa memperbanyak hashtag komedi juga seperti #ngakakkocak #videolucu #dagelanvideo #gambarlucu dan lain sebagainya.

Saat kamu memention mereka, siapa tau mereka melihat postingan kamu dan mereka tertarik untuk merepost di akun mereka.

17. Kolaborasi dengan selebgram lainnya



Ini juga cara cepat mendadak jadi selebgram, yaitu collab atau kolaborasi dengan selebgram yang sudah duluan terkenal. Bila dengan selebgram yang sudah ngetop duluan seperti nama-nama yang sudah aku sebutkan diatas sepertinya agak sulit untuk kamu ajak collab.

Kamu bisa kok collab sama selebgram yang ada di daerah kamu dulu. Bila konten yang sudah kamu upload cukup unik, bagus dan menarik mereka pasti mau banget collab sama kamu.

18. Konsisten dan rajin


Bikin konten bagus saja tidaklah cukup bila kamu tidak konsisten dan rajin mengupload. Supaya followers kamu tidak berkurang dan followers cepat bertambah maka kamu harus rajin upload konten. Kamu tidak perlu tiap hari upload video, cukup konsisten saja misa seminggu 2 kali, atau tiap hari senin. Yang penting jangan hari ini upload 1 konten, besok upload 3 konten, dan besoknya lagi enggak upload.

19. Aktif update aktivitas di Instagram story


Snapgram Awkarin :D
Cara menjadi selebgram selanjutnya adalah aktif update aktivitas kamu sehari-hari di instastory. Selain rajin dan konsisten update konten, kamu harus rajin dan konsisten juga bikin snapgram atau instagram stories. Kamu cukup memasukkan aktivitas sehari-hari kamu, hal-hal yang bermanfaat, bikin tutorial, dan yang bisa menginspirasi orang.

Jangan lupa bikin instagram story yang lengkap ya tentang aktivitas kamu, misal kamu mau ketempat liburan, jangan cuma update pas waktu berangkat saja, tetapi pas di tempat wisatanya kamu tidak update. Itu pasti bikin kecewa followers kamu, karena followers kamu menunggu update dari kamu lagi.

Nah dari instastory ini kamu juga bisa mendapatkan duit loh. Banyak selebgram terkenal yang sekali posting di snapgram nya dibayar Rp. 100.000 - Rp. 1.000.000, contohnya Awkarin. Bila kamu buka snapgram nya Awkarin pasti panjang dan banyak banget storynya, sudah titik-titik gitu.

Pada instagram stories selain bisa mempromosikan produk orang lain dan dibayar, kamu juga bisa mempromosikan produk atau jasa kamu juga loh.

Lihat juga:
Cara menambahkan link di instagram story
Cara download instagram story orang lain

20. Ubah ke akun bisnis


Saatnya kamu mengubah akun pribadi kamu ke akun bisnis. Lihat artikel cara beralih ke akun bisnis dan cara menggunakan akun bisnis.

Lewat akun bisnis banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti mempromosikan postingan kamu (pasang iklan di Instagram), melihat berapa banyak jumlah followers laki-laki dan perempuan, berapa usia mereka, dari kota mana mereka berasal, dan masih banyak yang hal lainnya yang disediakan.

21. Bikin kontes giveaway


Apa itu give away? Give Away adalah salah satu kontes yang dilakukan dengan cara memberi hadiah gratis ke pemenang, dan syaratnya para peserta yang mau ikut harus mematuhi syarat dan ketentuan yang kamu tentukan sendiri.. Nah give away ini bisa bikin kamu cepat terkenal loh.

Banyak selebgram yang bikin give away saat mereka mendapatkan suatu pencapaian tertentu dalam hidupnya, seperti misalnya merayakan 1M atas bertambahnya followers. Bila kamu ingin buat give away juga, kamu bisa kasih pertanyaan ke followers kamu, siapa yang bisa menjawab dengan benar atau menarik nanti kamu kasih hadiah. Hadiahnya apa saja boleh, dan tak perlu mahal juga.

Jangan lupa bikin persyaratan seperti "komen di bawah, lalu tag 5 temen kamu buat ikutan juga", atau repost foto ini, tag 5 temen kamu", dan lain sebagainya. Nah dengan cara begini kamu akan semakin terkenal dan followers kamu akan semakin bertambah.

Habis itu bila pemenangnya sudah di dapat, jangan lupa share siapa pemenang tersebut, tag nama dia, serta jangan lupa ucapkan terimakasih kepada para peserta lain yang telah berpartisipasi.

Itulah artikel lengkap bagaimana cara menjadi selebgram dengan cepat tanpa perlu beli followers. Nah bagaimana apakah kamu sudah siap jadi selebgran? Lakukan tips diatas, dapatkan banyak followers, dan uang pun akan mengalir dengan sendirinya.

Jadilah diri kamu sendiri, bikinlah konten yang unik tanpa perlu meniru orang, dan selalu jujur apa yang kamu share tiap hari di Instagram, karena followers kamu akan lebih senang berhubungan dengan kamu. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

2 komentar

Mantap x tulisannya cekmus.. full complet...

Silahkan di coba om, dan siap-siap jadi selebgram :D

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena aku akan menghapusnya. Komentar diluar topik tidak masalah, asal bijak. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon