20 Batasan Di Instagram Yang Harus Diketahui Pengguna

Halo, sudah tau belum batasan batasan di Instagram atau limit di Instagram? Seperti berapa batas follow orang, panjang caption, jumlah like, dan lain-lain. Jangan sampai deh kamu melewati limit yang sudah ditentukan oleh Instagram lalu akun Instagram kena blokir.

Instagram adalah media sosial berbagi foto yang begitu banyak jumlah penggunanya. Sama juga dengan media sosial lainnya, di Instagram kamu juga bisa membuat postingan, saling berteman dan hal-hal lainnya.

Nah setiap suatu hal yang dibuat oleh manusia seperti produk, jasa, layanan, dan lain-lain yang akan dijual ke publik atau digunakan publik pasti akan ada syarat dan ketentuannya, seperti hal-hal apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan serta batasan-batasannya.

Begitu juga dengan media sosial berbagi foto Instagram ini. Banyak sekali batasan-batasan dan limit yang harus kamu ketahui agar akun Instagram kamu tidak kena blokir bahkan dinonaktifkan oleh Instagam.

Bila di Twitter salah satu batasannya adalah 280 karakter sekali kicau atau membuat status, lalu di Facebook kamu hanya bisa berteman sebanyak 5000 orang saja.

Lantas apa batas di Instagram atau limit nya? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini dia batasan-batasan yang harus diketahui pengguna Instagram agar akun kamu tidak kena limit:

Batasan Di Instagram Yang Harus Diketahui Pengguna

Batasan-Batasan Di Instagram


1. Usia pengguna Instagram


Baru saja Instagram telah mengumumkan batas usia bagi calon penggunanya. Usia yang diperbolehkan memiliki akun Instagram adalah minimal 13 tahun.

Batasan minimal usia bagi calon pengguna Instagram ini dibuat untuk mencegah pengguna yang belum cukup umur memiliki akun Instagram.

Saat mendaftar akun Instagram, hal pertama yang diminta adalah memasukkan tanggal lahir. Bila usia kamu belum 13 tahun maka akan secara otomatis tidak bisa membuat akun Instagram.

Ingat, jangan berbohong ya memanipulasi tahun lahir. Bila usia kamu belum genap 13 tahun sebaiknya jangan menggunakan Instagram dulu, tunggu dulu usia kamu sampai 13 tahun ya.

2. Username atau nama pengguna


Untuk nama pengguna atau user name di Instagram dibatasi 30 karakter saja. Silahkan masukkan nama pengguna yang ingin kamu masukkan. Ingat nama pengguna itu atau username setiap akun di Instagram tidak ada yang sama, jadi kamu tidak bisa menggunakan username yang telah digunakan oleh orang lain, kecuali nama lengkap di Instagram.

3. Jumlah karakter pada bio Instagram


Tidak hanya username, Instagram juga membatasi jumlah karakter pada bio Instagram. Kamu hanya bisa menaruh informasi pada bio Instagram sebanyak 150 karakter saja. Karena terlalu singkat, tulislah infomasi tentang kamu sejelas mungkin mungkin.

4. Jumlah foto dan video dalam satu postingan


Bila dulu dalam satu postingan kamu hanya bisa mengupload satu foto atau video saja, namun sejak Instagram menambahkan fitur multiple kamu sekarang sudah bisa mengupload maksimal 10 foto/video dalam sekali posting.

5. Jumlah karakter di caption postingan


Bila di Twitter sekali tweet maksimal 280 karakter, nah di Instagram jumlah karakter caption dalam satu postingan adalah 2200 karakter. Bila kamu menulisnya lebih dari 2200 karakter, maka yang terposting adalah tetap 2200 karakter.

Jadi bila caption yang kamu tulis cukup panjang, sebaiknya sisanya ditulis saja pada kolom komentar. Nanti di ujung nya kamu bisa menaruh keterangan seperti "(lanjut baca dikolom komentar)". Cara ini banyak di lakukan oleh akun-akun portal berita.

6. Jumlah hashtag atau tagar di postingan


Berapa jumlah hashtag atau tagar di postingan Instagram? Ternyata jumlah hashtag atau tagar yang diperbolehkan adalah 30 hashtag. Bila kamu lebih memasukkannya, maka yang terposting adalah tetap 30 hashtag.

7. Jumlah tag/menandai atau mention di postingan


Begitu pun dengan mention atau jumlah akun yang boleh di tandai di postingan, jumlahnya adalah maksimal 20 akun. Lebih dari 20 akun kamu tidak bisa melakukannya.

8. Jumlah mention di Instagram story


Di Instagram story juga ada batasannya berapa akun yang bisa di mention atau di tag. Jumlah akun yang bisa di mention di story hanya 10 akun saja.

9. Batasan followers


Instagram ternyata tidak membatasi berapa banyak jumlah followers suatu akun di Instagram. Karena tidak ada batasannya, jadi tak heran banyak sekali akun Instagram yang memiliki ratusan juta followers seperti Cristian Ronaldo, Ariana Grande, Selena Gomez, dan lain-lain.

Lihat:
Akun Instagram dengan followers terbanyak di dunia

10. Batasan following


Nah berbeda dengan following atau mengikuti di Instagram, Instagram hanya mengizinkan kamu untuk mengikuti sebanyak 7500 akun saja. Jadi manfaatkan batasan mengikuti ini untuks mengikuti akun atau orang-orang yang tepat. Jangan mengikuti akun fake atau palsu.

11. Jumlah akun yang bisa ditambahkan


Ternyata jumlah akun yang bisa ditambahkan dalam satu aplikasi Instagram adalah 5 akun. Bila kamu memiliki lebih dari 5 akun Instagram, maka kamu tidak bisa login secara bersamaan atau multi akun, kecuali menginstall 2 aplikasi Instagram dalam satu hp.

Lihat:
Cara menggunakan 2 aplikasi Instagram dalam 1 hp

12. Batasan follow dalam sehari


Kurang jelas berapa batasan follow akun di Instagram dalam sehari. Sebaiknya dalam satu waktu jangan follow lebih dari 150 akun. Setelah beberapa puluh menit atau jam baru follow lagi dan tidak boleh lebih dari 150 akun. Ingat jangan terlalu cepat melakukan aktivitas follow nya nanti kamu kena blokir tidak bisa follow orang dalam beberapa jam bahkan hari.

13. Batasan unfollow dalam sehari


Begitupun dengan unfollow, dalam satu waktu usahakan jangan lebih dari 150 akun. Lanjut lagi setelah beberapa puluh menit atau jam.

14. Batasan like


Batasan like yang bisa kamu lakukan di Instagram dalam satu jam adalah 350 kali atau dalam sehari adalah 1000 kali. Bila lebih apa yang akan terjadi? Sudah pasti akun Instagram kamu kena sanksi, tidak bisa melakukan like lagi beberapa waktu, bahkan hari.

15. Batasan komentar


Lalu bagaimana dengan komentar? Ternyata Instagram juga membatasi berapa banyak jumlah komentar yang bisa kamu lakukan dalam sehari. Komen perhari sebanyak 150-200 komentar. Lebih dari itu komentar kamu tidak akan terkirim.

16. Durasi upload video


Bila dulu kamu hanya bisa upload video di Instagram durasi hanya 15 detik saja, namu sekarang Instagram telah menambahkan berapa maksimal durasinya. Durasi upload video di Instagram adalah maksimal 60 detik atau 1 menit.

17. Durasi upload IGTV


Sejak pertama kali fitur IGTV ini diluncurkan, kamu hanya bisa upload video dengan durasi 10 menit saja dan videonya harus potret, ketika kamu upload video landscape, maka video tersebut akan terpotong kiri kanannya.

Namun karena Instagram ingin menjaring lebih banyak lagi pengguna IGTV dan bisa bersaing dengan Youtube, maka sekarang kamu sudah bisa upload video di IGTV dengan durasi lebih panjang lagi yaitu 60 menit atau satu jam dan bisa upload video model landscape.

Tips, bila video yang kamu upload ke IGTV ukurannya lebih dari 600 MB atau 1 GB lebih, sebaiknya upload lewat web browser saja, baik di hp atau pc agar tidak terjadi error.

18. Durasi live di Instagram


Sama hanya IGTV, kamu bisa melakukan live atau siarang langsung di Instagram sampai 1 jam lamanya. Bila sebelumnya setelah melakukan live kamu bisa memilihnya untuk mengupload ke story dan akan menghilang setelah 24 jam, mirip Instagram story. Namun sekarang hal tersebut tidak bisa lagi, kamu hanya bisa memilih menghapus, mendownload atau menguploadnya ke feed kamu.

18. Jumlah Instagram story dalam sehari


Jumlah Instagram story yang bisa kamu buat dalam sehari adalah 100 story. Lebih dari itu kamu tidak bisa mengupload nya lagi, kecuali menghapusnya sebagian.

19. Batasan mengganti nama


Dalam waktu 14 hari, kamu hanya bisa mengubah nama kamu di Instagram sebanyak 2 kali. Jadi sebelum mengganti nama di Instagram lebih baik pikirkan terlebih dahulu nama yang sesuai.

Untuk username atau nama pengguna, bila kamu sudah mengganti username baru, maka kamu harus menunggu 14 hari lagi bila ingin menggunakan username sebelumnya, dan harus cepat-cepat agar tidak diambil orang lain.

20. Batasan sorotan cerita


Di sorotan cerita atau highlight Instagram, kamu hanya bisa menambahkan sebanyak 100 story dalam satu highlight. Jadi bila banyak cerita yang ingin sorot, kamu harus membuat banyak highlight.

Nah itulah beberapa batasan di Instagram yang harus kamu ketahui agar kamu dapat menggunakan Instagram dengan sebaik-baiknya dan tidak melanggar ketentuan yang telah dibuat oleh Instagram.

Sanksi yang diberikan oleh Instagram


Ada beberapa batasan di atas yang bila kamu melewatinya maka sanksi yang diberikan oleh Instagram adalah banyak jenisnya, seperti tidak bisa melakukan follow beberapa waktu, tidak bisa like dan komentari postingan orang, bahkan akun Instagram kamu bisa dinonaktifkan.

Tips bagi pengguna baru

Bagi kamu yang baru saja membuat akun Instagram, usahakan dalam beberapa hari kedepan untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas apapun di akun Instagram kamu. Lakukan sewajarnya saja. Jangan sampai akun Instagram kamu nanti dianggap spam oleh Instagram dan bisa kena blokir.

Lihat juga:

Batasan bisa berubah ubah


Batasan-batasan diatas mungkin suatu saat bisa saja berubah atau dikurangi oleh pihak Instagram. Jadi bila sekarang batasan diatas sudah tidak lagi sesuai dengan sekarang dan pihak Instagram sudah menaikkannya, maka kamu bisa mengasih taunya dengan cara menulis pada kolom komentar dibawah.

Demikian artikel singkat yang membaha batasan-batasan di Instagram. Mohon maaf bila ada kesalahan atau ada informasi keliru. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon