Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Dibuka Orang Lain

Halo, sudah tau belum bagaimana cara mengetahui akun Instagram kita sedang dibuka oleh orang lain? Instagram adalah media sosial berbagi foto yang begitu populer dan dengan jumlah penggunanya yang terus bertambah.

Lewat Instagram banyak hal yang bisa kita dilakukan, tidak hanya bisa mengupload foto saja, seiring berjalannya waktu, banyak fitur-fitur menarik lainnya yang disematkan, seperti bisa video call, live dan lain-lain.

Selain itu dalam segi keamanan akun, Instagram juga sangat peduli agar akun Instagram kita aman dan tidak mudah dibobol oleh orang jahat.

Namun bukan berarti dengan kecanggihan sistem keamanan pada Instagram, akun Instagram kamu bakalan kebal dari pembajakan.

Akun Instagram kamu bisa di buka oleh orang lain, hal ini bisa disebabkan bukan juga karena sistem keamanan pada Instagram kurang canggih, namun karena kamu cuek akan keamanan akun Instagram kamu sendiri.

Artinya kamu tidak memanfaatkan fitur keamanan yang diberikan oleh Instagram tersebut, hanya menggunakan kata sandi saja.

Saat menggunakan Instagram apakah kamu sering merasa ada yang aneh pada akun Instagram kamu? Seperti ada seseorang yang sedang membuka akun Instagram kamu?

Bila iya kamu patut waspada, jangan sampai orang tersebut mengambil alih akun Instagram kamu dan kamu tidak bisa mengambilnya lagi.

Lantas bagaimana cara mengetahui akun Instagram kita sedang dibuka oleh orang lain? Langsung saja tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, ini cara melihat ig kita dibuka oleh orang lain:

Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Dibuka Orang Lain

Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Sedang Dibuka Orang Lain


Cara melihat apakah akun Instagram kamu sedang dibuka atau pernah dibuka oleh orang lain bisa diketahui lewat tiga cara, yang pertama lewat data akses, lewat email dari Instagram dan yang terakhir lewat aktivitas login yang semuanya itu bisa di akses lewat menu pengaturan di aplikasi Instagram. Berikut cara lengkapnya:

Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Dibuka Orang Lain Lewat Data Akses


1. Langsung saja langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengetahui akun Instagram kamu apakah dibuka oleh orang lain lewat data akses adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau pun iPhone yang kamu gunakan. Kemudian buka profil akun Instagram kamu, klik pada icon menu pilihan sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Selanjutnya klik "Pengaturan".


3. Pilih menu "Keamanan".


4. Pada "Data dan Riwayat" pilih "Data Akses".


5. Scroll kebawah sampai menemukan menu "Aktivitas Akun", lalu klik "Lihat Semua" pada "Login" tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


6. Disini kamu bisa melihat tanggal login ke akun Instagram kamu seperti tanggal, bulan, tahun dan jam berapa aktivitas login ke akun Instagram kamu. Bila pada tanggal-tanggal dan jam tersebut kamu merasa tidak pernah login ke akun Instagram kamu sendiri maka kamu patut curiga bahwa ada orang lain yang sedang login ke akun Instagram kamu dan membuka akun kamu.


Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Dibuka Orang Lain Lewat Email Dari Instagram


Selain lewat cara diatas yaitu aktivitas login, kamu juga dapat mengetahui apakah akun Instagram kamu sedang dibuka oleh orang lain atau tidak lewat email atau kiriman email dari Instagram.

Email dari Instagram ini selain dikirim ke alamat email kamu dan ke nomor hp kamu lewat pesan teks dan WhatsApp, kamu juga bisa melihat pesan dari Instagram pada aplikasi Instagram ini. Berikut cara melihat kiriman email dari Instagram:

1. Masih pada halaman "Keamanan", klik pada menu "Email Dari Instagram".


2. Nah disini kamu bisa melihat email yang dikirim oleh Instagram tentang keamanan dan login pada akun Instagram kamu dalam waktu 14 hari terakhir. Silahkan lihat apakah ada email yang mencurigakan disini? Bila ada orang lain yang login ke akun Instagram kamu, maka disini juga akan ada email nya.


Cara Mengetahui Akun Instagram Kita Dibuka Orang Lain Lewat Aktivitas Login


Bila pada kedua cara diatas kamu melihat ada orang lain yang sedang membuka akun Instagram kamu, maka pada cara yang ketiga ini kamu dapat memblokir orang tersebut agar bisa keluar dari akun Instagram kamu. Langsung saja berikut caranya:

1. Masih pada menu "Keamanan" di pengaturan aplikasi Instagram kamu, klik pada "Aktivitas Login" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Perhatikan dengan teliti pada halaman ini apakah ada yang mencurigakan? Apakah ada orang yang sedang aktif login di bukan kota kamu tinggal? Dan apakah yang sedang aktif login tersebut bukan tipe hp yang sedan kamu gunakan? Bila iya berarti ada orang lain yang sedan membuka akun Instagram kamu. Langsung saja klik "Ini Bukan Saya" bila itu bukan kamu dan silahkan ganti kata sandi ig kamu, selanjutnya klik "Ini Saya" bila itu adalah kamu yang sedang login.


Pada "Tempat Anda Login" disini kamu juga bisa memblokir lokasi tersebut, klik pada titi tiga kanan, lalu klik "Logout" maka secara otomatis orang yang sedang login tersebut akan keluar dari akun Instagram kamu dan mereka tidak bisa login lagi.

Tips amankan akun Instagram


Untuk mengamankan akun Instagram kamu agar tidak bisa lagi dibuka oleh orang lain, kamu bisa mengaktifkan metode keamanan dua lapis, caranya silahkan buka menu "Pengaturan", lalu klik pada "Keamanan", pilih "Autentikasi Dua-Faktor".

Pada autentikasi dua faktor tersebut ada dua pilihan metode keamanan yang bisa kamu coba, yaitu lewat sms dan aplikasi autentikasi dari Google.

Nah setelah mengaktifkan metode keamanan dua langkah diatas, walaupun ada yang tau kata sandi akun Instagram kamu, orang tersebut tidak akan bisa login ke akun Instagram kamu karena nanti akan diminta kode keamanan yang dikirim lewat pesan sms ke nomor hp kamu, atau pada aplikasi autentikasi bila kamu memilih metode keamanan aplikasi autentikasi tersebut.

Lihat juga:

Itulah artikel lengkap yang membahas cara mengetahui akun Instagram kita dibuka oleh orang lain. Bagaimana apakah kamu sudah bisa melihat apakah ada orang yang membuka akun ig kamu?

Bila ada masalah atau hal lainnya yang dingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon