Ini Yang Terjadi Jika Kita Memblokir Orang Di Instagram

Apa yang akan terjadi jika kita memblokir seseorang di Instagram? Pertanyaan semacam ini pasti sering muncul di benak kamu bila ingin memblokir akun seseorang atau mungkin kawan kamu di Instagram.

Instagram adalah sosial media berbagi foto yang sangat populer dan cukup banyak jumlah penggunanya ini memang tidak serta merta membuat kamu nyaman menggunakan aplikasi ini.

Banyak hal-hal yang bikin kamu bete dan sebel di Instagram, seperti tingkah laku akun-akun yang kamu ikuti atau yang mengikuti kamu, atau bahkan teman kamu sendiri pun di Instagram.

Contohnya mereka mungkin suka mengomentari postingan kamu dengan kalimat yang tidak kamu sukai, sering chat enggak jelas di DM, mengundang kamu untuk gabung di grup tidak jelas, atau bahkan sering melakukan panggilan video terhadap kamu.

Menghapus mereka dari daftar followers kamu dan menggembok akunnya juga akan membuat mereka bisa mengirim pesan dan mengganggu kamu lagi.

Salah satu cara paling ampuh agar akun-akun tersebut tidak bisa berhubungan lagi dengan kamu adalah memblokir akunnya.

Namun sebelum melakukannya pasti kamu penasaran apa yang akan terjadi bila kamu memblokir akun seseorang di Instagram. Apakah akun tersebut bisa menemukan akun kamu lagi, dan mengirim pesan DM lagi?

Ini Yang Terjadi Jika Kita Memblokir Orang Di Instagram

Apa Yang Terjadi Jika Kita Memblokir Orang Di Instagram?


Bila kamu penasaran apa yang terjadi jika kita blokir orang di Instagram, maka kita harus melakukan percobaan terlebih dahulu. Disini akun Instagram @musdeoranje.project akan mencoba memblokir akun Instagram @musdeoranje.

Langsung saja buka profilnya, lalu klik icon titik tiga sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Klik "Blokir".


Klik "Blokir" sekali lagi.


Nah kamu telah memblokir akun tersebut. Kemudian klik "OK" untuk menyelesaikan proses pemblokiran akun tersebut.


Sekarang akun tersebut telah kamu blokir. Bila baru saja selesai diblokir, kamu tidak dapat lagi melihat postingan pada akun tersebut, namun kamu masih bisa melihat informasi yang ada pada bio akun tersebut, jumlah postingan, jumlah followers dan jumlah following.


Namun tidak lama kemudian atau setelah kamu membuka lagi akun yang kami blokir tersebut, jumlah postingan, jumlah followers, dan jumlah following benar-benar telah hilang dan tidak dapat kamu lihat lagi, akan tetapi informasi pada bio akun tersebut masih bisa kamu lihat.


Bagaimana dengan pesan DM? Ternyata kamu masih dapat membaca sisa chattingan dengan akun tersebut, namun kamu tidak dapat mengirim pesan lagi, kamu hanya bisa menghapus menghapus sisa obrolan tersebut dengan cara klik pada "Hapus obrolan".


Lantas apa yang akan terjadi terhadap akun yang kamu blokir tersebut? Apakah bisa tau kalau kamu telah atau berus saja memblokir akunnya?

Memang pihak Instagram tidak akan memberitahu ke akun tersebut bahwa kamu baru saja memblokir dirinya. Namun akun tersebut akan tau bahwa kamu telah memblokir dirinya lewat pesan DM.

Walaupun di menu pencarian akun yang telah kamu blokir tersebut tidak dapat lagi menemukan akun kamu, tapi di pesan DM akun tersebut masih bisa membuka akun Instagram kamu.

Contoh seperti pada gambar dibawah ini, bila kamu pernah chatting dengan akun tersebut, chattingan tersebut tidak dihapus dan masih ada. Begini tampilannya ketika dilihat oleh akun yang kamu blokir tersebut.


Semua isi chat antara akun tersebut dengan akun kamu masih bisa dia lihat dan baca. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, walaupun akun tersebut masih bisa mengirim pesan dm ke kamu, namun pesan tersebut tidak akan masuk ke akun kamu.


Dan akun kamu masih bisa dibuka oleh akun yang kamu blokir tersebut lewat pesan DM seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Disini orang yang kamu blokir tersebut akan langsung tau kalau kamu telah memblokir nya karena terdapat keanehan pada akun kamu. Keanehan tersebut yaitu postingan kamu tidak dapat dia lihat walaupun jumlah pistingan nya nampak.


Akun yang kamu blokir tersebut juga tidak dapat melihat pengikut dan mengikuti akun Instagram kamu lagi seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Tidak lama kemudian akun yang kamu blokir tersebut benar-benar tidak dapat lagi melihat jumlah postingan, pengikut dan mengikuti pada akun kamu lagi seperti yang tampak pada gambar dibawah ini meskipun username, foto profil dan nama akun Instagram kamu masih bisa dilihat. Nah disini orang tersebut akan semakin yakin bahwa kamu telah diblokir oleh nya. Namun ini yang tau bagi mereka yang paham saja. Mungkin yang tidak paham mereka beranggapan Instagram mungkin sedang error atau mengalami gangguan.


Lantas bagaimana di pencarian Instagram? Apakah akun yang telah kamu blokir tersebut dapat menemukan akun kamu lagi? Jawabannya tidak. Akun yang telah kamu blokir tersebut tidak dapat lagi menemukan akun Instagram kamu lagi seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Membatalkan blokir

Cara membatalkan pemblokiran akun Instagram bisa di menu "Pengaturan", lalu klik "Privasi", klik pada "Akun yang Diblokir" dan pilih akun yang ingin kamu batalkan pemblokirannya. Klik pada "Buka Blokir" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Klik "Batal Blokir".


Lalu klik "OK" untuk menyelesaikan proses pembatalan pemblokiran tersebut.


Nah yang akan terjadi terhadap akun yang baru saja kamu cabut pemblokirannya? Yang terjadi adalah akun tersebut telah dihapus dari daftar pengikut kamu dan juga kamu telah tidak mengikuti akun tersebut lagi bila sebelumnya kamu mengikuti akun tersebut.


Jadi sudah tau kan apa yang terjadi jika kita memblokir seseorang di Instagram. Orang tersebut masih bisa membuka akun Instagram kamu lewat pesan DM walaupun tidak bisa lagi melihat postingan kamu dan lain-lain.

Selain itu, setelah memblokir seseorang, tanda suka dan komentar mereka akan dihapus dari foto dan video kamu. Batal memblokir seseorang tidak akan memulihkan tanda suka dan komentar mereka sebelumnya.

Orang yang kamu blokir tetap bisa melihat suka dan komentar Anda di postingan yang dibagikan akun publik atau akun yang diikutinya.

Seseorang yang kamu blokir bisa menyebut nama pengguna kamu di Instagram, tetapi penyebutan ini tidak akan muncul di Aktivitas kamu.

Jika kamu memblokir seseorang, lalu mengubah nama pengguna kamu, mereka tidak akan bisa menyebut kamu kecuali mereka tahu nama pengguna kamu yang baru. Sumber: help Instagram.

Bagaimana setelah mengetahui apa yg terjadi jika kita memblokir orang di Instagram, apakah kamu memutuskan ingin memblokir seseorang di Instagram?

Cara lainnya agar orang tersebut tidak bisa mengirim lagi kamu pesan, mengomentari postingan kamu lagi tanpa harus memblokir atau menghapus dirinya dari daftar followers kamu adalah denagan cara membatasi akun tersebut.

Apa itu batasi Instagram dan bagaimana cara membatasi akun di Instagram? Caranya bisa dilihat pada artikel cara menggunakan fitur batasi di Instagram.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas apa yang terjadi saat kita memblokir orang di Instagram. Bila terdapat masalah atau hal lainnya yang dingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

1 komentar so far

saya komen di dalam komentarnya, lalu sya blokir dia, apakah komen saya sebelumnya masih ada dan apakah dia masih bs membalas komentar saya?

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon