Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Dihapus Di Instagram

Bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di Instagram? Instagram adalah media sosial berbagi foto yang sangat banyak jumlah penggunanya.

Karena media sosial berbagi foto, sudah tentu kamu dapat membagikan foto kamu ke Instagram selain mengikuti akun teman.

Ada kalanya seseorang itu merasa bosan dan tidak suka lagi melihat foto yang pernah di upload nya ke Instagram dengan berbagai alasan, seperti mungkin tone warnanya sudah kuno, malu dengan pose nya, dan lain sebagainya.

Alih-alih mengarsipkannya, namun kamu malah memilih langsung untuk menghapusnya secara permanen yang sudah pasti tidak dapat dikembalikan lagi.

Apakah kamu sekarang menyesal telah menghapusnya secara permanen dan tidak ada lagi salinan foto tersebut di memori hp atau pc kamu?

Apakah bisa foto yang telah dihapus secara permanen bisa dikembalikan di Instagram? Jawabannya bisa banget. Kamu bisa kok mengembalikan foto yg dihapus atau tidak sengaja terhapus di Instagram tanpa aplikasi.

Nah tidak usah bersedih lagi, langsung saja, berikut cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di Instagram tanpa aplikasi dengan mudah:

Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Dihapus Di Instagram

Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Dihapus Di Instagram


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di Instagram adalah login terlebih dahulu ke akun kamu, selanjutnya buka profil dan klik icon menu pilihan sudut kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Klik pada menu "Pengaturan".


3. Klik pada "Keamanan".


4. Klik "Unduh Data".


5. Dapatkan salinan atas apa yang telah kamu bagikan di Instagram. Instagram akan mengirimkan file tautan yang berisi foto, komentar, informasi profil, Instagram story, dan lain-lain melalui alamat email. Proses pengumpulan data ini dan mengirimkan ke email kamu memerlukan waktu paling lama dua hari atau 48 jam. Silahkan masukkan alamat email kamu, lalu klik "Minta Unduhan".


6. Silahkan masukkan kata sandi akun Instagram yang ingin kamu ambil kembali fotonya yang sudah terhapus tersebut. Bila sudah klik "Selanjutnya".


7. Unduhan telah diminta. Instagram telah membuat file yang berisi hal-hal yang dibagikan di Instagram termasuk foto yang telah dihapus dan mengirim tautan ke email yang telah kamu masukkan diatas tersebut. Dibutuhkan waktu hingga 48 jam untuk mengumpulkan data tersebut dan mengirimkan kepada kamu. Klik "Selesai".


8. Bila sudah lebih dari 24 jam, maka silahkan buka kotak masuk email kamu, lalu buka email dari Instagram tersebut. Cobalah periksa kotak masuk spam bila kamu belum menerimanya.


9. Langsung aja klik "Unduh Data" untuk langsung mendownload foto-foto yang terhapus di Instagram dan lain-lain. Ingat, tautan tersebut hanya dapat bekerja selamat empat hari kedepan. Jadi bila lebih dari empat hari tautan tersebut tidak dapat bekerja lagi. Karena mungkin berisi informasi pribadi, pastikan tautan tersebut tidak dibuka orang lain, dan kamu harus mengunduhnya di hp sendiri atau pc sendiri.


10. Sebelum mendownload nya, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Instagram kamu tersebut. Klik "Log In" bila kamu sudah memasukkan username dan password nya.


11. Silahkan download data Instagram kamu. Berikut ini file yang diminta dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya yang pernah kamu bagikan di akun Instagram kamu tersebut. Tautan ini hanya dapat bekerja selama empat hari kedepan. Karena mungkin berisi informasi pribadi, pastikan kerahasiaan tautan dan hanya unduh di komputer atau hp kamu sendiri. Klik "Unduh Data" untuk langsung mendownload nya.


12. Selamat kamu telah berhasil mendownload file tersebut. Selanjutnya silahkan buka "File Saya" pada hp kamu, lalu buka menu "Download" atau "Unduhan". Nah karena file jenis zip, maka kamu harus mengekstrak terlebih dahulu. Silahkan buka file zip dari Instagram yang telah berhasil kamu download seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


13. Lalu pilih semua, kemudian klik pada "EKSTRAK ZIP".


Selamat kamu telah berhasil mengembalikan foto-foto yang sudah dihapus di Instagram atau tidak sengaja terhapus di Instagram. Silahkan buka galeri hp kamu untuk melihat foto-foto tersebut.


Seperti yang tampak pada gambar diatas, tidak hanya foto-foto yang telah dihapus saja yang dikembalikan, namun semua postingan yang ada pada akun Instagram kamu juga akan didownload semua, seperti postingan foto, video, foto profil, Instagram story, serta informasi lainnya seperti komentar, like, pesan, dan lain-lain.

Namun entah kenapa tidak semua foto yang sudah dihapus di Instagram dikembalikan, ada beberapa foto lainnya yang telah dihapus tidak dikembalikan. Semoga ini tidak terjadi sama kamu saat mencoba cara ini dan semua foto yang telah kamu hapus di Instagram dapat dikembalikan semua.

Bagaimana dengan Instagram story yang telah kamu hapus dan tidak masuk kedalam arsip? Ternyata untuk Instagram story yang telah kamu hapus secara permanen yang tidak masuk ke dalam arsip tidak dikembalikan, hanya postingan story yang ada dalam arsip saja yang di download.

Selain itu, postingan yang telah kamu arsipkan juga di download dan pastikan memori hp kamu cukup untuk menyimpan kesemua file ini.

Nah bila postingan kamu di Instagram cukup banyak, ratusan bahkan ribuan, maka file yang bakalan kamu download nanti juga akan besar, pastikan juga kuota internet kamu cukup dan media penyimpanan hp kamu juga cukup.

Perhatian


Pada tutorial cara mengembalikan foto yang sudah dihapus diatas menggunakan hp Android merek Samsung, mungkin agak sedikit berbeda caranya bila ho kamu bukan Samsung atau menggunakan iPhone. Silahkan sesuaikan dengan merek dan jenis hp kamu.

Kesimpulan


Mengunduh data Instagram adalah satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus atau terhapus di Instagram, namun tidak ada jaminan foto atau postingan yang telah kamu hapus di Instagram dapat dikembalikan semua.

Bila kamu sangat memerlukan foto-foto yang telah kamu hapus tersebut dan tidak berhasil dikembalikan setelah mencoba cara diatas, maka kamu bisa mencoba cara yang terakhir yaitu dengan cara mengontak langsung pihak Instagram.

Lihat juga:

Demikian artikel singkat yang membahas cara mengembalikan foto yang terhapus di ig tanpa aplikasi ini. Semoga dapat mengembalikan data atau foto kamu yang telah dihapus atau tidak sengaja dihapus di Instagram.

Bila terdapat masalah atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah. Sekian semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon