Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram

Sudah tau belum bagaimana cara menggunakan atau cara penggunaan fitur batasi di Instagram? Atau kamu belum tau apa maksud batasi di Instagram atau Restrict yang ada pada Instagram?

Apa itu batasi di Instagram?


Batasi atau Restrict adalah salah satu fitur yang lama ada pada aplikasi Instagram. Fitur batasi ini bisa kamu gunakan untuk mencegah bullying atau gangguan dari teman atau dari orang yang mengikuti kamu di Instagram tanpa perlu memblokir atau menghapus dari daftar followers kamu.

Fungsi akun yang dibatasi di Instagram


Fitur batasi ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang merasa tidak enak atau sungkan melaporkan atau memblokir akun teman-temannya yang sering mengolok-ngolok, mengomentari dengan kata-kata tidak pantas di postingan dan juga di DM.

Maksud akun yang dibatasi di Instagram


Nah akun yang masuk dalam daftar batasi tersebut memang akan dapat mengirim kamu pesan dan mengomentari postingan kamu, akan tetapi pesan dm tersebut akan masuk ke dalam permintaan pesan dan kamu bisa membacanya tanpa dia tau.

Arti batasi di ig


Selain itu akun yang telah kamu batasi tersebut juga dapat mengomentari postingan kamu, namun postingan tersebut disembunyikan alias tidak bisa dilihat oleh orang lain dan juga kamu sendiri. Namun kamu dapat memilih untuk melihatnya, memilih hapus dan mempublikasikannya.

Apa maksud batasi di Instagram?


Jadi maksud batasi di Instagram ya seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu untuk mencegah bullying atau gangguan dari teman atau dari orang yang mengikuti kamu di Instagram tanpa perlu memblokir atau menghapus dari daftar followers kamu. Sangat menarik bukan?

Akun yang sudah dibatasi juga tidak dapat mengetahui bahwa kamu sedang aktif menggunakan Instagram lewat direct messenger.

Bagaimana apakah kamu sudah paham maksud dari batasi akun di Instagram? Bila belum paham maka kamu dapat melihat cara kerjanya langsung dibawah ini. Berikut cara menggunakan fitur batasi di Instagram dengan mudah:

Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram

Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram


Cara mengaktifkan atau menggunakan fitur batasi di Instagram ini dapat dilakukan lewat berbagai cara. Berikut cara lengkapnya:

Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram Lewat Menu Pengaturan


1. Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunakan fitur batasi di Instagram ini adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di hp Android atau iPhone yang kamu gunakan. Selanjutnya buka profil akun Instagram kamu, klik pada icon menu pilihan seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Kemudian klik pada "Pengaturan".


3. Pilih "Privasi".


4. Klik pada "Akun yang Dibatasi"


5. Klik "Lanjutkan".


6. Silahkan klik pada kotak pencarian tersebut akun yang ingin kamu batasi. Bila sudah klik pada "Batasi" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


Nah sekarang akun tersebut telah berhasil kamu batasi. Kamu bisa klik "Batal batasi" bila ingin membatalkannya.


Ternyata sangat mudah bukan cara membatasi akun seseorang di Instagram lewat menu pengaturan. Selain lewat menu pengaturan kamu juga dapat membatasi akun di Instagram dengan cara lewat profil akun tersebut langsung. Berikut caranya:

Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram Langsung Lewat Profil Akun Tersebut


1. Langsung aja cari akun yang ingin kamu batasi tersebut dan buka profil akunnya. Kemudian klik pada titik tiga pojok kanan atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


2. Langsung aja klik "Batasi" untuk membatasi akun tersebut.


Selamat kamu telah berhasil membatasi akun tersebut langsung lewat profil akun Instagram nya.


Ternyata sangat cepat bukan cara membatasi akun di Instagram langsung lewat profilnya. Bagaimana apakah kamu sudah bisa melakukannya?

Selain itu, kamu juga bisa membatasi akun Instagram lewat komentar langsung. Berikut caranya:

Cara Menggunakan Fitur Batasi Di Instagram Lewat Komentar Langsung


1. Silahkan buka salah satu postingan kamu yang dikomentari oleh akun yang ingin kamu batasi tersebut. Lalu klik tahan pada komentarnya sampai muncul jendela munculan diatas.


2. Lalu klik pada icon tanda seru seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.


3. Kemudian klik "Batasi....." pada akun tersebut.


Selamat kamu telah berhasil juga membatasi akun di Instagram lewat komentar.


Sekarang akun yang telah kamu batasi memang masih bisa mengomentari postingan kamu, namun komentar tersebut hanya dia sendiri yang dapat melihatnya, kamu dan para followers kamu tidak akan dapat melihatnya. Tapi bagi kamu sendiri akan melihat "Komentar terlarang" pada postingan kamu tersebut seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Klik pada "Lihat komentar" bila kamu ingin mengetahui isi komentar tersebut.


Nah disini Kamu bisa memilih untuk menyetujui komentar tersebut untuk dilihat oleh orang lain atau menghapusnya.


Pada DM (direct messenger), akun yang telah kamu batasi tersebut masih dapat mengirim kamu pesan, namun pesan tersebut akan masuk ke menu "Permintaan Pesan". Kamu bisa pada pesan tersebut untuk melihat apa isi pesannya.


Disini kamu dapat memilih "Batal batasi", "Hapus", dan "Blokir". Bila kamu memilih batal batasi, maka akun tersebut akan secara otomatis terhapus dari daftar akun yang dibatasi.


Cara Membatalkan Batasi Di Instagram


Untuk membatalkan batasi akun di Instagram, caranya cukup mudah, kamu bis membuka menu pengaturan, terus privasi, selanjutnya klik pada akun yang dibatasi. Silahkan pilih akun mana yang ingin kamu batal batal batasi. Bila profil akun Instagram tersebut telah terbuka, maka kamu bisa langsung klik pada "Batal batasi" seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, maka secara otomatis akun tersebut dihapus dari batasi.


Selain lewat menu pengaturan, kamu juga langsung dapat membuka aku yang telah dibantasi tersebut. Lali klik "Batal batasi" seperti yang tampak pada gambar diatas untuk membatalkan batasi akun nya.

Bagaimana apakah kamu telah berhasil menggunakan fitur batasi di Instagram atau sudah paham apa yang dimaksud batasi akun di Instagram?

Nah bila kamu adalah seorang pejabat, artis atau selebgram, fitur ini sangat cocok untuk kamu coba bila cukup banyak akun-akun yang mengomentari postingan kamu dengan kata-kata yang tidak pantas dilihat orang, dan juga sering mengirim kamu pesan dm, apalagi orang-orang tersebut teman kamu yang tidak mungkin kamu blokir.

Dengan membatasi orang-orang tersebut kamu tidak perlu kuatir merasa tidak enak karena akun-akun tersebut tidak akan dapat mengetahui bahwa dia telah kamu batasi.

Lihat juga:

Demikian artikel lengkap yang membahas cara menggunakan fitur batasi di Instagram. Bagaimana apakah kamu telah berhasil mencoba fitur ini atau sudah paham dengan apa yang dimaksud batasi akun di Instagram?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Tambahkan Komentar

Auto Approve! Silahkan pilih "Name/URL" bila ingin menyisipkan link. Menaruh link hidup di dalam komentar akan sia-sia, karena akan otomatis terhapus. Komentar diluar topik atau bersifat promosi akan dihapus juga. Terimakasih atas pengertiannya :)
EmoticonEmoticon